Soal Try Out Ipa Sd 2017

Sebagai materi persiapan menghadapi Ujian Sekolah tentunya membutuhkan banyak belajar. Selain itu siswa juga sanggup melaksanakan banyak mengerjakan soal-soal latihan Ujian. Latihan Ujian sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara. Salah satu cara tersebut yaitu dengan mengerjakan soal-soal ujian dari banyak sekali variasi. Dengan mengerjakan soal dengan banyak sekali variasinya diharapkan semua Kompetensi dasar yang akan diujikan sanggup dikuasai dengan baik.

Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas VI Sekolah Dasar, materi diambil dari kleas IV, kelas V, dan Kelas VI. Sebagai materi persiapan mengikuti Ujian Sekolah berikut ini beberapa rujukan soal Try Out Ujian Sekolah.

1. Ikan kerapu mempunyai bentuk kulit yang ibarat dengan batuan karang di sekitarnya. Fungsi ciri khusus tersebut yaitu . . . .
A.melindungi diri dari pemangsaC.memudahkan menemukan pasangannya
B.memudahkan menemukan mangsaD.mencegah binatang lain menjadi benalu di tubuhnya
Adaptasi tingkah laris yaitu penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya dengan penampakkan tingkah laku. Adaptasi dilakukan untuk membela diri dari serangan musuh-musuhnya. Contoh pembiasaan tingkah laris yaitu bunglon dan ikan kerapu yang akan mengubah warna kuitnya sesuai dengan tempatnya.

2. Perhatikan gambar-gambar binatang berikut!

Berdasarkan jenis makanannya, kedua binatang tersebut dimasukkan ke dalam kelompok yang sama, yaitu . . . .
A.pemakan daun-daunanC.pemakan daging
B.pemakan biji-bijianD.pemakan daging
Kupu-kupu dan burung kolibri yaitu binatang pemakan nektar

3. Perhatikan rantai kuliner berikut!

Makhluk hidup yang tepat untuk melengkapi (I), (II), dan (III) pada rantai kuliner terse
A.(I): ulat, (II): ular, dan (III): sapiC.(I): ular, (II): ulat, dan (III): burung elang
B.(I): ulat, (II): ular, dan (III): burung elangD.(I): ayam, (II): ular, dan (III): burung merpati
Rantai kuliner yaitu rangkaian insiden makan dan dimakan antar makhluk hidup untuk kelansungan hidupnya. Dalam ekosistem ini makhluk hidup mempunyai kiprahnya masing-masing, mulai dari yang berperan sebagai peroduser, konsumen dan beberapa sebagai dekomposer (pengurai).
  1. Produsen yaitu makhluk hidup yang sanggup memproduksi zat organik dari zat anorganik. Produsen tidak memakan makhluk hidupnya. Melainkan membuatnya sendiri. Satu-satunya jenis makhluk hidup yang bisa melaksanakan proses tersebut yaitu tumbuhan dengan cara fotosintesis.
  2. Konsumen yaitu makhluk hidup yang tidak bisa menciptakan makanannya sendiri dan tergantung kepada organisme lain. Konsumen mengonsumsi organisme lainnya untuk bertahan hidup. Dalam suatu ekosistem yang berperan sebagai konsumen biasanya yaitu hewan. Konsumen dibagi atas beberapa tingkatan dalam suatu rantai makanan. Pertama konsumen primer, yaitu binatang yang memakan tumbuhan (herbivora) secara langsung, contohnya sapi, kelinci, dan lain-lain. Konsumen II (sekunder) yaitu binatang yang memakan konsumen primer (karnivora). Seterusnya konsumen II dimakan oleh konsumen III (tersier). Seterusnya kegiatan makan-memakan berlangsung terus hingga hingga kepada konsumen terakhir atau biasa disebut konsumen puncak. Konsumen puncak yaitu tingkatan dari konsumen dimana tidak ada lagi makhluk hidup lain yang memakannya. Seperti singa, beruang, buaya dan tentunya manusia
  3. Dekomposer (pengurai) merupakan pemeran terakhir dalam suatu rantai makanan, dimana organisme ini berperan menguraikan materi organik menjadi materi anorganik.

4. Alasan terjadinya interaksi kedua makhluk hidup pada gambar berikut yaitu . . .

A.ikan badut akan memakan benalu yang melekat pada tentakel anemon, sedangkan anemon akan melindungi ikan badut dari pemangsaC.ikan badut mendapatkan kuliner dari anemon laut, sedangkan anemon maritim diuntungkan lantaran benalu yang melekat dimakan oleh ikan badut
B.ikan badut mendapatkan kuliner dari kotoran anemon laut, sedangkan anemon maritim dirugikan lantaran ikan badut membuang
kotorannya di sekitarnya
D.keberadaan ikan badut di dalam anemon maritim sanggup menimbulkan janjkematian pada anemon lantaran anak ikan badut memakan anemon
Ikan badut akan terlindung dari pemangsanya lantaran hidup di antara tentakel-tentakel anemon. Anemon akan melindungi Ikan badut dari pemangsa dan Ikan badut akan membersihkan Anemon dengan memakan sisa - sisa kuliner Anemon.

5. Tumbuhan-tumbuhan berikut yang sanggup dikembangbiakkan dengan cara menyetek dan tunas
adventif, yaitu . . . .
StekTunas Adventif
A.ManggaMawar
B.KangkungUbi jalr
C.StroberiBawang merah
D.TebuCocor bebek
Stek tumbuhan merupakan salah satu cara perbanyakan tumbuhan memakai teknik perbanyakan vegetatif dengan cara menanam kepingan tumbuhan tertentu yang bisa membentuk akar dengan cepat. Bagian tumbuhan yang biasa digunakan untuk perbanyakan dengan cara stek ini yaitu batang atau cabang, akar, dan anakan. Contoh tumbuhan yang sanggup diiakan dengan stek yaitu singkong, tebu, dan mawar.

Tunas adventif yaitu tunas yang tumbuh pada bagian-bagian tertentu mirip pada akar, daun, dsb. Contoh tumbuhan bertunas adventif yaitu mirip pohon cemara, kesemek, sukun, cocor belibis dll.

6. Kupu-kupu mencari kuliner di lingkungan yang mempunyai tumbuhan dengan bunga bermekaran.
Cara penyesuaian diri kupu-kupu terhadap lingkungannya yaitu . ..
A.bentuk lisan mirip jarum untuk mengambil cairan buahC.bentuk kaki yang tebal dan lengket untuk merayap di dinding dan batang pohon
B.bentuk lisan mirip belalai untuk memudahkan mengambil nektarD.bentuk sayap mirip mata burung pemangsa untuk menakuti pemakan serangga
Untuk memperoleh makanannya, serangga mempunyai cara tersendiri. Salah satu bentuk penyesuaian dirinya yaitu bentuk lisan yang bebeda-beda sesuai dengan jenis makanannya. Mulut pengisap pada serangga bentuknya mirip belalai yang sanggup digulung dan dijulurkan. Contoh serangga yang mempunyai lisan pengisap yaitu kupu-kupu. Kupu-kupu memakai lisan pengisap untuk mengisap nektar.

7. Melestarikan hutan bakau di tempat pesisir sangat penting bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan
hutan bakau berkhasiat untuk . .
A.mengurangi dampak erosi pantai oleh hantaman ombakC.mencegah banjir dan tanah longsor ketika animo hujan
B.mengurangi populasi larva udang, capung, dan kepitingD.meningkatkan kesejahteraan penduduk pesisir
Tumbuhan Bakau merupakan Tumbuhan yang hidup di Antara Daratan dan juga lautan, sehingga sangat di pengaruhi oleh pasang surut, tentu saja sanggup dengan gampang kita jumpai di Pertemuan antara Muara sungai dan Air laut, Nah anda mau tau lebih dalam lagi mengenai Tumbuhan bakau ini silahkan lihat di bawah ini. Manfaat Tumbuhan Bakau
  1. Mengurangi dampak erosi air laut
  2. Menjernihkan air
  3. Mengawali rantai makanan
  4. Melindungi dan memberi nutrisi
  5. Bahan Pembuat Obat-obatan

8. Upaya yang termasuk pencegahan banjir di tempat perkotaan yaitu . . .
A.memperbanyak pembangunan permukiman pendudukC.membangun lapangan di sentra kota
B.membersihkan susukan air dari sampah dan lumpurD.menebang pepohonan di jalur hijau
Menyelamatkan kota dari banjir besar bukan hanya lantaran berarti menyelamatkan harta benda pribadi, namun juga menyelamatkan wajah bangsa ini di mata dunia.langkah-langkahnya sebagi berikut
  1. Membuat lubang-lubang serapan air Berkurangnya lahan resapan air dan penggunaan air tanah yang sangat hiperbola mengakibatkan turunnya permukaan air tanah.
  2. Memperbanyak ruang terbuka hijau. Ruang terbuka hijau yang ideal yaitu 30 % dari luas wilayah.
  3. Mengubah sikap masyarakat supaya tidak lagi menjadikan sungai sebagai tempat sampah raksasa
  4. Membersihkan susukan air dari sampah dan lumpur sehingga air sanggup mengalir lancar.

9. Manfaat batang tebu bagi insan yaitu . . .
A.bahan baku industri sirop dan gula pasirC.bahan baku pembuat atap rumah
B.fondasi bangunan rumah atau jembatanD.bahan baku pembuatan sampan
Tebu merupakan tumbuhan penghasil gula yang sanggup digunakan untuk materi baku industri sirop dan gula pasir

10. Perhatikan bagan daur hidup binatang berikut!

Tahapan metamorfosis binatang yang menguntungkan bagi industri kain sutra ditunjukkan oleh angka .
A.(1)C.(3)
B.(2)D.(4)
Ada 4 tahap dalam yang harus dilalui seekor kupu-kupu dalam proses metamorfosis yang dilaluinya.
  1. Metamorfosis kupu kupu diawali dengan fase telur. Induk betina kupu-kupu, sesudah terbuahi ia akan bertelur dan meletakan telurnya tersebut di dedaunan.
  2. Dalam metamorfosis kupu kupu, fase larva atau ulat kupu kupu akan melewati beberapa tahapan pergantian kulit. Pada fase larva ini biasanya sangat merugikan manusia.
  3. Fase pupa atau disebut juga fase kepompong yaitu tahap peristirahatan pada proses metamorfosis kupu kupu dari fase larva ke fase imago (kupu kupu dewasa). Sutra dihasilkan kepompong ulat sutera. Sutera merupakan materi pembuat kain.
  4. Pasca keluar dari selubung pupa, kupu-kupu biasanya tidak akan pribadi terbang. Ia akan merangkak ke atas kepingan pupa dan mengeringkan sayap-sayapnya yang berair dan kusut lantaran cairan yang terikut dari dalam pupa.

11. Perhatikan gambar rangka insan di samping!

Jenis sendi yang terdapat pada kepingan badan yang ditunjuk oleh angka 1 dan 2 berturut-turut, yaitu . .
A.putar dan peluruC.pelana dan engsel
B.engsel dan peluruD.pelana dan peluru


12. Fungsi kepingan indera pendengaran yang ditunjuk anak panah pada gambar di bawah yaitu . . . .

A.menangkap getaran bunyiC.mengolah dan meneruskan getaran ke otak
B.menjaga keseimbangan tekanan udaraD.meneruskan getaran bunyi ke indera pendengaran kepingan dalam
Fungsi kepingan indera pendengar yaitu sebagai berikut :
  1. Daun telinga, lubang telinga, dan liang pendengaran berfungsi menangkap dan mengumpulkan gelombang bunyi;
  2. Gendang indera pendengaran berfungsi mendapatkan rangsang bunyi (timbul getaran pada gendang telinga) dan meneruskanya ke kepingan yang lebih dalam;
  3. Tiga tulang pendengaran (tulang martil, landasan, dan sanggurdi) berfungsi mempekuat getaran dan meneruskanya ke koklea;
  4. Tingkap jorong, tingkap bundar, tiga susukan setebgah lingkaran, dan koklea berfungsi mengubah impuls dan diteruskan ke otak. Tiga susukan setengah lingkaran juga berfungsi mengendalikan keseimbangan tubuh;
  5. Saluran eustachius berfungsi menghubungkan rongga lisan dengan indera pendengaran tengah.

13.Perhatikan gambar sistem pernapasan di bawah!

Fungsi kepingan yang ditunjuk oleh X yaitu . .
A.tempat masuknya udaraC.tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida
B.tempat penyaringan udara tahap keduaD.saluran keluar-masuknya udara dari dan ke paru-paru
Bagian Organ Pernapasan Manusia
OrganFungsi
Rongga hidungMenghangatkan, melembabkan dan menyaring udara yang masuk ke sistem pernapasan
FaringJalur yang menghubungkan rongga hidung ke trakea
EpiglotisMencegah kuliner tidak memasuki trakea ketika menelan – mencegah udara masuk lambung ketika bernapas di
LaringUntuk menghasilkan bunyi untuk komunikasi
TrakeaMemungkinkan udara untuk melewati dari faring ke dalam paru-paru – cincin tulang rawan mencegah trakea tidak runtuh dan menyediakannya dengan dukungan
Paru-paruOrgan utama dari sistem pernapasan
BronkusUntuk membawa udara ke paru-paru
BronkiolusUntuk mengurangi ukuran dan membawa udara ke alveoli
AlveoliAdalah tempat pertukaran gas oksigen dan karbondioksida

14. Berikut merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah merah yaitu . . .
A.hepatitisC.hipertensi
B.leukemiaD.diabetes melitus
Macam-macam Penyakit pada Sistem Peredaran Darah
  1. Anemia yaitu penyakit yang disebabkan kekurangan sel darah merah atau sel darah merah kekurangan homoglobin
  2. Hemofilia yaitu penyakit yang disebabkan lantaran darah sukar membeku dan penyakit ini biasanya turun menurun.
  3. Varises yaitu penyakit yang diakibatkan oleh pembuluh darah kaki yang melebar lantaran tekanan darah, sehingga fungsinya sedikit terganggu dan menimbulkan pembuluh darah jadi terlihat.
  4. Leukemia yaitu penyakit yang disebabkan adanya kelebihan produksi sel darah putih.

15. Fungsi ginjal insan yaitu . .
A.menghasilkan sel darah merahC.menghasilkan enzim amilase dan lipase
B.menyaring darah dan membentuk urineD.memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh
Berikut akan kami jelaskan perihal fungsi utama ginjal insan : Membentuk dan Mengeluarkan Urine
  1. Fungsi pertama dari ginjal yaitu sebagai salah satu organ dalam sistem ekskresi manusia. Ginjal akan menyaring Cairan dan kemudian melaksanakan absorpsi terhadap zat-zat yang berkhasiat bagi tubuh, dan zat sisa atau buangannya akan dibuang yang disebut dengan urine.
  2. Bertugas Untuk Menyaring Darah. Makanan yang telah dicerna oleh sistem percernaan insan tentu menghasilkan limbah atau zat sisa dan racun. Bila racun dan zat limbah tersebut tidak dikeluarkan dari badan maka akan sangat berbahaya. Seseorang bisa mati lantaran teracuni oleh toksin atau zat beracun tadi bila tidak mempunyai ginjal.
  3. Mengatur Kadar Kalium Di Dalam DarahKalium yaitu mineral yang mempunyai fungsi untuk menciptakan jaringan, sel atau organ badan bekerja dengan baik dan sempurna. Kalium ini sangat penting untuk badan tapi kalau kadar kalium dalam darah sudah berlebih maka sangat berbahaya lantaran bisa mengakibatkan otot jantung berhenti berdenyut atau hiperkalamia. Disinilah ginjal memainkan kiprahnya dengan cara menyerap dan membuang kadar kalium dalam darah, supaya kadar kalium di dalam darah tetap seimbang.
  4. Mengatur Keseimbangan Air Di Tubuh. Kadar air yang berlebih dalam darah sangatlah berbahaya lantaran akan menciptakan darah menjadi encer. Oleh lantaran itu sebagian air dibuang dari badan melalui ginjal. Setidaknya hingga 2 liter air tiap harinya yang dibuang oleh ginjal.
  5. Mengeluarkan Zat Berbahaya Bagi Tubuh. Zat beracun akan sangat berbahaya kalau tetap di dalam tubuh, dan ginjal lah yang berfungsi untuk membuangnya. Antara lain zat berbahaya bagi badan : amoniak, bakteri, urea, creatinin dan lain-lain.

16. Perhatikan tabel benda dan sifatnya berikut.....
No.BendaSifat Benda
1.Batang besiKaku dan penghantar panas yang buruk
2.Karet banLentur dan penghantar listrik yang baik
3.Kain katunMudah terbakar dan gampang menyerap keringat
4.KertasRingan, gampang sobek, dan gampang terbakar
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan benda dan sifatnya yang tepat yaitu . .
A.1 dan 2C.2 dan 4
B.2 dan 3D.3 dan 4
Sifat Bahan
No.BahanSifat BendaNo.BahanSifat Benda
1.LogamKeras, kuat, dan tidak lentur;
Tidak menyerap air;
Tidak gampang terbakar api;
Penghantar panas dan listrik yang baik;
Dapat ditempa/mudah dibentuk;
5.KayuKeras dan kuat;
Isolator panas dan listrik;
Tidak tahan terhadap api  dan air;
Praktis dibentuk;
2.PlastikTidak tembus air;
Praktis dibuat dan dicetak;
Ringan;
Tidak gampang pecah;
Praktis terbakar;
Lentur;
Tembus pandang;
Isolator panas dan listrik
6.KaretKuat;
Lentur atau elastis;
Tidak tahan api (mudah meleleh);
Isolator panas dan listrik;
Tidak tembus air.
3.KacaKuat;
Tembus pandang;
Tahan panas;
Praktis dibuat dan dipanaskan;
Tidak menyerap air;
7.KertasMudah menyerap air dan gampang terbakar.
Ringan
4.KertasRingan, gampang sobek, dan gampang terbakar8.KertasMudah menyerap air
Praktis terbakar

17. Perhatikan tabel kegiatan dan perubahan wujud yang terjadi berikut!
No.KegiatanPerubahan Wujud
1.Pembuatan minyak kayu putihMenguap kemudian membeku
2.Proses membatik kain dengan malamMencair kemudian menguap
3.Menahan uap air panas pada gelas
dengan tutup gelas
Menguap kemudian mengembun
4.Pemanasan mentega hingga keringMencair kemudian membeku
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan kegiatan dan perubahan wujud yang tepat yaitu . . . .
A.1C.3
B.2D.4
Perubahan wujud benda ada 6 yaitu ; membeku, mencair, menyublim, menguap, mengembun, dan mengkristal. Kita akan membahasnya beserta dengan contohnya.
  1. Padat ke Cair : Mencair / Melebur. Perubahan wujud dari benda padat menjadi benda cair. Contohnya :Es kerikil yang mencair. Lilin mencair terkena api.
  2. Cair ke Padat : Membeku. Perubahan wujud dari benda cair menjadi benda padat. Contohnya : Air yang membeku di dalam kulkas (freezer). Lilin yang membeku dengan sendirinya.
  3. Gas ke Cair : Mengembun. Perubahan wujud dari benda gas menjadi benda cair. Contohnya : Embun pada tumbuhan di pagi hari.
  4. Cair ke Gas : Menguap. Perubahan wujud dari benda cair menjadi benda gas. Contohnya : Air yang menguap terkena sinar matahari. Air yang direbus usang kelamaan habis.
  5. Padat Ke Gas : Menyublim. Perubahan wujud dari benda padat menjadi benda gas. Contohnya : Kapur barus yang disimpan di tempat terbuka usang kelamaan habis.
  6. Gas ke Padat : Mengkristal / Mendeposisi. Perubahan wujud dari benda gas menjadi benda padat. Contohnya : Parfum yang disemprotkan ke badan akan terlihat mirip butiran-butiran kecil

18. Halaman pada buku renta biasanya ringkih dan tampak berbercak-bercak hitam. Hal tersebut dikarenakan. . . .
A.pertumbuhan jamur yang menimbulkan pelapukanC.reaksi kimia antara udara dengan air yang melekat pada kertas
B.aktivitas basil pembusuk yang memakan serat kertasD.kertas yang sudah terpengaruhi usia akan menghasilkan bercak hitam
Penyebab Perubahan Benda
  • Pelapukan biologis/organik: merupakan pelapukan yang disebabkan oleh makhluk hidup. contoh: kerikil yang ditumbuhi lumut usang kelamaan akan hancur atau pecah, pelapukan pada dinding/tembok lantaran ditumbuhi lumut.  Pelapukan biologis disebabkan oleh acara organisme, yaitu jamur dan jasad renik lainnya. Contohnya, kayu yang tadinya keras, lama-kelamaan akan hancur dimakan rayap
  • Pelapukan fisika/mekanik: merupakan pelapukan yang disebabkan oleh perubahan suhu atau iklim .contoh : perubahan cuaca, kerikil yang ketetesan air usang kelamaan akan mengikis dan hancur menjadi tanah, kerikil yang usang kelamaan hancur lantaran terkena panasnya sinar matahari
  • Pelapukan kimia: merupakan pelapukan yang disebabkan oleh tercampurnya batuan dengan zat - zat kimia . contoh: tercampurnya kerikil oleh limbah pabrik yang mengandung materi kimia, batuan gamping melapuk lantaran bercampur air

19. Perhatikan gambar berikut!

Air di kepingan permukaan daun lama-kelamaan akan bergerak ke bawah kemudian jatuh ke tanah. Gaya yang bekerja pada air tersebut yaitu . . .
A.gaya gesekC.gaya magnet
B.gaya gesekD.gaya gravitasi
Jenis - Jenis Gaya dan Contohnya
1. Gaya Otot dan Contohnya
Gaya Otot yaitu gaya berupa tarikan atau dorongan terhadap suatu benda  yang ditimbulkan/dihasilkan oleh tenaga otot insan dan hewan.Contoh gaya otot, antara lain:
  • menendang bola
  • tarik tambang
  • membawa air dalam ember
  • sapi/kerbau menarik pedati
2. Gaya Gesek dan Contohnya
Gaya gesek yaitu gaya yang ditimbulkan lantaran adanya dua benda yang saling bergesekkan. Contohnya:
  • mengasah pisau
  • gaya yang bekerja pada rem sepeda
  • mengamplas kayu/dinding
  • mengepel lantai dengan alat pel
  • menyapu lantai atau halaman
3. Gaya Pegas dan Contohnya
Gaya pegas yaitu gaya yang ditimbulkan/dihasilkan oleh pegas/benda yang sifatnya elastisitas. Contohnya:
  • karet gelang yang ditarik
  • gaya ketika kita bermain ketapel
  • panah yang dilepaskan dari busurnya sesudah ada tarikan
  • peer/pir pada pulpen ketika kita tekan
  • shockbreaker motor ketika motornya dipakai
4. Gaya Magnet dan Contohnya
Gaya magnet yaitu adalah gaya dasar yang terjadi lantaran gerakan muatan listrik. Contohnya:
  • pasir besi akan melekat pada magnet kalau didekatkan
  • jarum melekat pada pucuk gunting yang mengandung magnet
  • besi akan melekat pada magnet kalau didekatkan
5. Gaya Gravitasi dan Contohnya
Gravitasi yaitu gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam. Contohnya :
  • buah mangga jatuh dari pohonnya
  • benda, contohnya kerikil yang dilempar ke atas akan kembali ke bumi
  • air yang melekat pada daun akan jatuh ke bawah.
6. Gaya Listrik dan Contohnya
Gaya listrik yaitu gaya yang dialami oleh obyek bermuatan yang berada dalam medan listrik. Contohnya:
  • serpihan kertas akan bergerak naik turun ketika didekatkan dengan sisir atau penggaris plastik yang telah digosokkan ke rambut/buku
  • kipas angin listrik ketika dihubungkan dengan sumber listrik akan bergerak

20. Perhatikan kegiatan pada gambar berikut!

Pengaruh gaya yang diberikan pada bola sesuai kegiatan tersebut yaitu . . . .
A.mempercepat gerak bolaC.mengubah arah gerak bola
B.memperlambat gerak bolaD.membuat bola membisu menjadi bergerak
Gaya menimbulkan adanya perubahan pada benda. Dengan kata lain, gaya sanggup mempengaruhi suatu benda. Pengaruh gaya terhadap benda yaitu sebagai berikut.
  1. Gaya sanggup menggerakkan benda diam.
  2. Gaya sanggup menciptakan benda bergerak menjadi diam.
  3. Gaya sanggup mengubah kecepatan gerak benda.
  4. Gaya sanggup mengubah arah gerak benda.
  5. Gaya sanggup mengubah bentuk benda.

21. Perhatikan gambar berikut!

Bentuk energi yang dihasilkan benda tersebut ketika digunakan yaitu . . . .
A.energi gerakC.energi listrik
B.energi bunyiD.energi cahaya
Berikut ini ialah beberapa rujukan perubahan energi:
  1. Energi listrik menjadi energi panas Contohnya solder listrik, setrika , kompor listrik, dan pemanas ruangan.
  2. Energi mekanik menjadi energi bunyi Contohnya bisa dilakukan dengan mengosok-gosokkan kedua telapak tangan sehingga akan terasa panas dan mengosok-gosokkan pipi dengan kedua telapak tangan sehingga pipi menjadi hangat.
  3. Energi mekanik menjadi energi bunyi. Contohnya ketika bertepuk tangan dan memukul-mukulkan dua benda keras.
  4. Energi kimia menjadi energi listrik. Contohnya bisa dilihat pada baterai dan aki.
  5. Energi listrik menjadi energi cahaya dan panas. Contohnya pada pijaran bohlam. Kemudian, dekatkan telapak tangan ke bohlam tersebut. Lama-lama, telapak tangan akan terasa panas. Televisi dan komputer juga termasuk rujukan perubahan energi ini.
  6. Energi cahaya menjadi energi kimia. Contohnya pada proses pemotretan hingga menjadi sebuah foto dan fotosintesis.
  7. Energi panas menjadi energi gerak. Contohnya bisa dilihat pada kertas nan dipilin akan berputar ketika dipanaskan di atas lilin menyala.
  8. Energi kimia menjadi energi panas. Contohnya, berasal dari sumber kuliner nan menghasilkan energi panas sesudah dimakan. Timbulnya panas ditandai dengan keluarnya keringat sesudah makan.
  9. Energi listrik menjadi energi gerak. Contohnya bisa dilihat pada kipas angin dan blender.
  10. Energi cahaya menjadi energi panas. Contohnya bisa dilihat pada pembakaran kertas dengan memakai beling pembesar atau lup.
  11. Energi listrik menjadi energi bunyi. Contohnya bisa dilihat pada tape recorder.
  12. Energi mobilitas menjadi energi listrik. Contohnya bisa dilihat pada dinamo sepeda nan sedang digunakan.

22. Perhatikan gambar berikut!

Benda yang mengalami perubahan energi yang sama yaitu . . . .
A.(1) dan (2)C.(2) dan (3)
B.(1) dan (4)D.(3) dan (4)

23. Berikut yang mengatakan acara yang memakai energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari yaitu . .

Energi Alternatif ialah energi yang sanggup digunakan atau dimanfaatkan sebagai pengganti energi atau materi bakar konvensional.
  1. Matahari-Energi matahari sanggup digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air, sumber energi pada panel surya, kendaraan beroda empat tenaga surya
  2. Ombak ( gelombang maritim )-Sebagai pembangkit listrik tenaga ombak
  3. Angin-Sebagai pembangkit listrik tenaga angin, aktivis kapal layar
  4. Air-Untuk menggerakan turbin pada pembangkit listrik tenaga air
  5. Panas bumi ( geotermal )- Sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi
  6. Biodiesel/biosolar-Dibuat dengan mengolah biji jarak, minyak sawit, dan minyak dari biji bunga matahari. Biodiesel dimanfaatkan untuk pengganti solar ( materi bakar kendaraan beroda empat dan diesel )
  7. Gasohol- Campuran antara alkohol dengan bensin. Untuk materi bakar motor ( sebagai pengganti bensin )
  8. Biogas- Dibuat dari pengolahan kotoran binatang dan sampah organik. Digunakan untuk pengganti LPG dan LNG ( pengganti materi bakar kompor 

24. Mematikan televisi sesudah selesai menonton mengatakan sikap . . .
A.menghemat energi listrik sesudah menonton televisiC.menjaga ruangan supaya tetap gelap
B.mengurangi polusi bunyi ketika menonton televisiD.waspada terhadap ancaman kebakaran
Penggunaan alat-alat listrik dilakukan dengan cara penghematan energi (konservasi energi) supaya pembayaran rekening listrik setiap bulan ke PLN tidak terlalu besar.
  1. Menggunakan daya listrik sesuai denga kebutuhan (alat listrik yang mempunyai daya kecil)
  2. Menyalakan peralatan listrik hanya ketika digunakan saja (mengurangi waktu pemakaian)
  3. Membuka jendela pada siang hari dan tidak menyalakan lampu pada siang hari
  4. Tidak membiarkan alat-alat listrik menyala kalau tidak dipakai
  5. Jika memakai pompa air otomatis, lengkapilah dengan tangki penampung air.
  6. Pasanglah suatu rangkaian perbaikan faktor daya yang berfungsi memperkecil daya sehingga sanggup menghemat biaya yang harus dibayarkan ke PLN

25. Saat berangkat ke kantor, Paman menyeberang perlintasan rel kereta dengan hati-hati. Paman
melihat sambungan rel kereta dibuat bercelah. Alasan pemasangan sambungan rel yang dibuat bercelah yaitu untuk . . . .
A.mencegah rel menyusut pada malam hariC.mengurangi gaya gesek antara rel dengan roda kereta
B.mencegah rel melengkung ketika terjadi pemuaianD.mencegah timbulnya genangan air di dalam rel pada animo hujan
Setiap benda (padat, cair dan gas) akan memuai kalau dipanaskan. Memuai yaitu bertambahnya ukuran  benda. Contoh insiden pemuaian yang terjadi dalam insiden sehari - hari :
  1. Pemuaian pada benda padat. Sambungan pada rel kereta dibuat renggang. Hal ini dibuat dengan tujuan bahwa renggangan tersebut sebagai tempat ruang muai. Karena kalau sambungan dibuat rapat maka ketika terjadi pemuaian akhir terik matahari rel akan melengkung. 
  2. Pemuaian pada benda cair. Air raksa dalam wadah termometer akan memuai kalau terkena suhu tubuh. Akibat pemuaian air raksa tersebut maka akan mendorong angka pencatat termometer. 
  3. Pemuaian pada benda gas. Ban sepeda yang telah dipompa kalau dibiarkan  secara terus-menerus terkena terik matahari akan meletus. Meletusnya ban sepeda tersebut dikarenakan udara (gas) yang ada dalam ban terus bertambah akhir pemuaian.
Menyusut yaitu berkurangnya ukuran benda (padat, cair dan gas) yang disebabkan lantaran adanya penurunan suhu atau suhu rendah. Penyusutan yaitu kebalikan dari pemuaian.
  1. Penyusutan pada benda padat. Kabel telpon pada siang hari mengendur dan pada padi hari esoknya akan mengencang, hal itu lantaran pada sore hari dan malam harinya ada penurunan suhu. 
  2. Penyusutan pada benda cair. Contohnya yaitu Ketika agar-agar buatan ibu masih bersuhu tinggi (berbentuk cair) dalam wadah penuh, tetapi sesudah adanya penurunan suhu maka ukurannya sedikit berkurang, tetapi volumenya tetap. Penyusutan tersebut lantaran merapatnya partikel zat cair. 
  3. Penyusutan pada benda gas. Pernahkan kau menyimpan sepada yang bannya telah dipompa pada teras rumah yang terbuat dari keramik dan ban mengempis. Hal ini disebabkan lantaran penyusutan udara dalam ban.

26. Benda berikut yang merupakan konduktor panas yaitu .
A.sudip kayuC.sendok plastik
B.sumpit bambuD.mencegah binatang lain menjadi benalu di tubuhnya
Konduktor Panas merupakan benda-benda yang gampang dan cepat mengantarkan panas. Sedangkan Isolator Panas merupakan benda-benda yang tidak gampang dan lambat menghantarkan panas.
Bahan-bahan yang paling sering digunakan untuk menciptakan alat yang bersifat konduktor dan isolator panas sebagai berikut:
  1. Logam. Panci, penggorengan dan kepingan utama setrika terbuat dari logam. Ada banyak sekali jenis logam. Logam yang paling banyak digunakan untuk menciptakan alat-alat tersebut yakni besi, aluminium, dan tembaga. Logam merupakan penghantar panas yang baik (konduktor panas).
  2. Kaca. Jika ujung sebuah batang beling dipanaskan, ujung lainnya akan tetap dingin. Hal tersebut lantaran beling tidak menghantarkan panas dengan baik. Kaca merupakan isolator yang baik.
  3. Kayu. Berbagai gagang sudip terbuat dari kayu. Dengan hal tersebut, panas dari minyak goreng tidak menjalar ke tangan kita. Ada pula sudip yang terbuat seutunya dari kayu. Kayu merupakan penghantar panas yang buruk. (Isolator panas).
  4. Kain. Serbet digunakan untuk memegang pegangan panci yang panas. Taplak melindungi meja dari mangkuk yang panas berisi sayur yang gres matang. Serbet dan taplak meja terbuat dari kain yang sanggup menahan panas. Kain merupakan pengantar panas yang buruk.
  5. Plastik. Banyak benda yang terbuat dari plastik  untuk menahan panas. Tatakan gelas dan pegangan panci merupakan rujukan benda-benda yang terbuat dari plastik yang tahan panas. Plastik merupakan pengantar panas yang buruk.
27. Perpindahan panas secara radiasi terjadi pada insiden . .
A.ibu menjemur pakaian ketika cuaca terikC.ayah mengaduk air kopi panas dengan sendok logam
B.koki memasak air dengan panci aluminiumD.pembuangan uap panas dapur melalui cerobong asap
Kalor (panas) sanggup berpindah dengan cara Konduksi, Radiasi dan Konveksi.
  1. Konduksi. Pada konduksi perpindahan energi panas (kalor) tidak di ikuti dengan zat perantaranya. Contohnya ketika mengaduk kopi gagang sendok terasa panas.
  2. Radiasi. Merupakan proses terjadinya perpindahan panas (kalor) tanpa memakai zat perantara. Contohnya anda bisa melihat bagaimana matahari memancarkan panas ke bumi dan dan mengeringkan pakaian yang basah.
  3. Konveksi. Merupakan perpindahan kalor (panas) yang disertai dengan berpindahnya zat perantara. Contoh konveksi dalam kehidupan sehari-hari sanggup anda lihat pada proses pemasakan air. Saat air dimasak maka air kepingan bawah akan lebih dulu panas, ketika air bawah panas maka akan bergerak ke atas 

28. Benda berikut yang sanggup meredam gaung dalam ruangan teater, yaitu . .
A.kaca dan logamC.kardus dan kaca
B.karet dan busaD.asbes dan plastik
Gedung teater mempunyai jarak dinding yang bersahabat sehingga timbul gaung. Oleh lantaran itu, dinding perlu dilapisi dengan materi yang lunak sehingga sanggup menyerap bunyi dan mengatasi gaung. Bahan yang lunak mirip karet dan busa.

29. Gitar dan kecapi merupakan alat musik yang mempunyai senar sebagai sumber bunyinya. Alat musik tersebut dimainkan dengan cara . .
A.dipetikC.dipukul
B.digesekD.digetarkan
Alat musik jenis Chordophone menggunakan dawai yang dibentangkan secara besar lengan berkuasa antara dua titik tertentu. Dawai tersebut kemudian digetarkan untuk menghasilkan suara. Umumnya, alat musik jenis ini mempunyai rongga resonansi di bawah dawai-dawainya. Rongga ini berkhasiat untuk memperkuat bunyi yang dihasilkannya. Contoh alat musik jenis ini yaitu gitar, biola, harpa, dan piano.

30. Sebelum berenang, Gina sempat melihat bayangan awan pada permukaan kolam. Hal tersebut
mengatakan salah satu sifat cahaya, yaitu sanggup . . .
A.dibiaskanC.merambat lurus
B.dipantulkanD.menembus benda bening
Sifat-sifat cahaya
1. Cahaya merambat lurus
 Contoh:
  • cahaya senter membentuk garis lurus
  • cahaya mercusuar di pinggir maritim membentuk garis lurus
2. Cahaya menembus benda bening
Contoh :
  • cahaya yang menembus kaca/gelas bening.
  • saat kita berjalan di siang hari terlihat bayangan badan kita, hal ini lantaran cahaya hanya menembus benda bening, apabila bendanya tidak bening maka akan membentuk bayangan
3.  Cahaya sanggup dibiaskan
Contoh :
  • pensil, paku, pulpen tampak patah ketika dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air jernih
  • ikan di akuarium terlihat lebih besar dan dekat
  • kolam/sungai  yang airnya jernih terlihat/terkesan dangkal
  • melihat bintang dengan teleskop
  • melihat benda kecil dengan memakai mikroskop atau lup
4. Cahaya sanggup dipantulkan
Contoh :
  • bayangan ketika kita bercermin
  • bayangan kita di air jernih
  • alat periskop
5.  Cahaya sanggup diuraikan
Contoh :
  • terjadinya pelangi
  • gelembung air sabun yang terkena cahaya matahari tampak mempunyai bermacam-macam warna
  • terjadinya halo yang seolah-olah mengelilingi bulan atau matahari
  • cakram warna yang diputar akan membentuk warna putih

31. Perhatikan rangkaian listrik berikut!

Jika sakelar 1 (S1) dihubungkan dan sakelar 2 (S2) dilepas, lampu yang akan menyala dan lampu yang padam yaitu . . . .
A.lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L5 dan lampu padam: L6C.lampu menyala: L1, L2, L4, L5, L6 dan lampu padam: L3
B.lampu menyala: L1, L2, L3, L5, L6 dan lampu padam: L4D.lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L6 dan lampu padam: L5

32. Perhatikan gambar di bawah!

Agar batang besi sanggup menjadi magnet, sifat magnet sanggup diberikan ke batang besi dengan cara . . .
A.dipukul-pukul dengan magnetC.ditempelkan magnet selama 15 menit
B.digosok dengan magnet ke satu arahD.mencegah binatang lain menjadi benalu di tubuhnya

33 Rambut dari binatang domba sanggup dimanfaatkan untuk materi baku pembuatan . . .
A.kain sutraC.benang wol
B.kain katunD.serat kapas
Serat wol tumbuh dari bulu domba dan merupakan serat yang lebih halus, lebih lembut dan lebih hangat cenderung mempunyai lebih banyak sisik dan lebih halus. Serat yang lebih tebal dan kurang hangat mempunyai lebih sedikit sisik dan kasar.

34. Contoh sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui, antara lain . .
A.serat sutra, udang windu, dan ikan bandengC.serat kapas, kayu gaharu, dan timah
B.minyak bumi, emas putih, dan bijih besiD.batu bara, singkong, dan air
A. Contoh Sumber Daya Alam ( SDA ) yang sanggup diperbaharui:
  • Tumbuhan ( karet/lateks, terpentin, kapas, biosolar, biodiesel, spiritus, alkohol, dsb ), Hewan ( biogas, wol, serat sutra, dsb ), Angin/udara, Tanah, Air, Cahaya matahari, Mutiara, Minyak gondorukem, Kertas, Pupuk kompos, Minyak nilam, Pala, Kopra
B. Contoh Sumber Daya Alam yang tidak sanggup diperbaharui:
  • Emas dan perak, Alumunium, Tembaga, Besi, Nikel, Perunggu, Gypsum, Belerang, Intan, Grafit atau karbon, Asbes, Batu Marmer, Hasil pengolahan minyak bumi ( bensin, solar, kerosin/minyak tanah, avtur, aspal, paraffin )

35. Dampak penambangan minyak bumi di daratan secara terus-menerus yaitu . .
A.menurunnya populasi burung elangC.meningkatnya kualitas air bersih
B.menurunnya permukaan tanahD.meningkatnya kesuburan tanah
Dampak penambangan minyak bumi terhadap daratan yaitu menurunnya permukaan tanah

36. Dampak animo kemarau yang panjang akhir pemanasan global terhadap daur air yaitu . . .
A.perubahan animo menjadi teraturC.bertambahnya debit air sungai di daerah tertentu
B.naiknya permukaan air sungai, danau, dan lautD.air hujan yang turun ke permukaan Bumi menjadi berkurang
Pemanasan global berimplikasi negatif terhadap siklus hidrologi. Adanya pergantian musim, air bisa tiba dan bisa pergi. Di animo hujan, air melimpah. Adapun di animo kemarau, air berkurang bahkan terjadi kekeringan.

37. Waktu yang diharapkan Bulan untuk satu kali berputar pada porosnya sama dengan waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Bumi. Hal itu mengakibatkan . . .
A.kenampakan sisi Bulan selalu sama kalau dilihat dari BumiC.pasang naik dan pasang surut air laut
B.Matahari, Bulan, dan Bumi terletak satu garisD.gerhana Bulan sebagian
Waktu yang diharapkan Bulan untuk satu kali revolusi yaitu sebulan (29½ hari). Saat berevolusi, luas kepingan Bulan yang terkena Matahari berubah-ubah. Oleh lantaran itu, bentuk Bulan dilihat dari Bumi juga berubah-ubah.

38. Posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ketika terjadi gerhana Bulan sebagian ditunjukkan oleh gambar

Pada gerhana sebagian bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lain berada di daerah penumbra. Sehingga masih ada sebagian sinar Matahari yang hingga ke permukaan bulan

39. Perhatikan gambar tata surya berikut!

Planet yang ditunjukkan angka 1 dan 2 berturut-turut yaitu . .
A.Merkurius dan NeptunusC.Venus dan Yupiter
B.Merkurius dan UranusD.Bumi dan Uranus
Delapan planet anggota tata surya yaitu (1) Merkurius, (2) Venus, (3) Bumi, (4) Mars, (5) Jupiter, (6) Saturnus, (7) Uranus, (8) Neptunus

40. Satu tahun pada kalender Hijriah terdiri dari 12 bulan. Satu bulan terdiri dari 29 atau 30 hari. Hal
ini didasarkan pada perhitungan . .
A.perputaran Bumi pada sumbunyaC.perputaran Bumi mengelilingi Matahari
B.perputaran Bulan pada sumbunyaD.perputaran Bulan mengelilingi Bumi dan bersama Bumi mengelilingi Matahari
Penangalan Masehi dihitung menurut peredaran bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi).
Satu tahun dalam kalender Masehi yaitu lamanya bumi mengelilingi matahari yaitu 365 1/4 hari. Empat kali seperempat hari digabung menjadi satu hari. Oleh lantaran itu, setiap 4 tahun sekali dalam satu tahun ada 366 hari. Tahun dengan jumlah 366 disebut sebagai Tahun Kabisat. Tambahan satu hari ditempatkan pada bulan Februari. Pada tahun kabisat, jumlah hari pada bulan Februari 29 hari.

0 Response to "Soal Try Out Ipa Sd 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel