Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 3 Memelihara Ekosistem

Gerak ritmik sederhana sanggup dilakukan sesuai irama melalui musik atau tanpa musik melalui ketukan. Gerak ritmik ini biasa juga disebut dengan senam irama yang merupaan perpaduan antara gerak tari dan olahraga. Kali ini kau akan menitikberatkan beberapa gerakan ayunan lengan dipadu dengan gerakan lain bertema budaya daerah. Pada dikala melaksanakan acara ini, sebaiknya diiringi dengan lagu-lagu tempat setempat yang riang. Maka pilihlah beberapa lagu tempat yang sesuai dengan gerakan-gerakan yang akan kau lakukan secara bersama-sama!

Gerakan empat langkah sambil mengayunkan dan merentangkan tangan.
Cara melakukan:

  1. Sikap awal bangkit tegak, kaki rapat kedua tangan lurus di samping badan, jari mengepal.
  2. Hitungan 1: Langkahkan kaki kanan ke depan sambil mengayunkan kedua tangan ke depan lurus setinggi pundak (setengah mengepal)
  3. Hitungan 2: Tarik kaki kiri ke belakang merapat di samping kaki kiri (jinjit) sambil merentangkan kedua tangan selebar mungkin. Kemudian, tangan kiri menyiku (seperti orang memanah)
  4. Hitungan 3: Tarik kaki kiri ke depan sambil mengayunkan kedua tangan ke depan lurus setinggi pundak (tangan mengepal)
  5. Hitungan 4: Tarik kaki kanan ke belakang merapat di samping kaki kanan (jinjit) sambil merentangkan kedua tangan selebar mungkin asisten menyiku (seperti orang memanah)
  6. Hitungan 5: Langkahkan kaki kanan ke belakang sambil mendorong kedua tangan ke bawah mengepal (seperti orang memompa)
  7. Hitungan 6: Langkahkan kaki kiri ke depan (jinjit) di samping kaki kanan sambil menarik kedua tangan ke atas menyiku setinggi pundak (tangan mengepal)
  8. Hitungan 7: Langkahkan kaki kiri ke belakang sambil mendorong kedua tangan ke bawah mengepal
  9. Hitungan 8: Langkahkan kaki kanan ke belakang jinjit di samping kaki kiri sambil menarik kedua tangan ke atas menyiku setinggi pundak (tangan mengepal)
Ayo Bacalah
Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem
Manusia dianugerahi kemampuan berpikir untuk memanfaatkan alam sekitarnya guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Seringkali, kegiatankegiatan insan tersebut mengabaikan kebutuhan komponen ekosistem semoga tetap berada dalam keseimbangannya.

Banyak acara insan justru mengganggu keseimbangan ekosistem, yang bersifat permanen, sehingga beberapa komponen ekosistem tidak bisa bertahan. Misalnya saja acara para nelayan yang hanya berpikir untuk mendapat ikan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan upaya pelestarian ekosistem bawah laut.

Atau beberapa industri menyerupai industri tekstil yang membuang limbah beracun ke beberapa ekosistem air tawar, menyerupai danau, sungai, atau kolam-kolam. Belum lagi kebiasaan insan membuang sampah rumah tangga ke sungai-sungai, yang berakibat tercemarnya air, dan berkurangnya sumber air bersih. Jika acara ini dilakukan secara terus menerus, insan juga yang akan menuai akibatnya.

Oleh karenanya, sebagai makhluk paling berakal, insan seharusnya mengusahakan beberapa cara untuk memulihkan keseimbangan ekosistem. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain, mengurangi penebangan hutan secara sembarangan, mengurangi penggunaan materi kimia dalam acara pertanian.

Menangkap ikan dengan alat dan cara yang tidak merusak ekosistem, contohnya dengan menghindari penggunaan pukat harimau dan materi peledak. Membuat suaka margasatwa, cagar alam, hutan lindung, atau taman nasional yang dilindungi negara.

Selain hal-hal besar di atas, di tingkat rumah tangga, ada banyak hal yang bisa dilakukan, antara lain : menanam pohon sebanyak-banyaknya dan menciptakan lebih banyak taman terbuka untuk serapan air. Memelihara wilayah aliran sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai dan menanam lebih banyak pohon di bantaran sungai. Selain itu, berguru menciptakan kompos dengan memanfaatkan sampah rumah tangga akan mengurangi pencemaran tanah dan sungai. Mengurangi sampah plastik, melaksanakan daur ulang dan menghindari memakai alat-alat rumah tangga sekali pakai. Kegiatan-kegiatan sederhana yang sangat mungkin dilakukan, bukan?

Ayo Lakukan
Tuliskanlah hal-hal dari bacaan di atas yang ingin kau ketahui lebih banyak. Tuliskanlah dengan memakai kata-kata tanya yang sesuai. Lalu tuliskanlah pertanyaanmu pada Kartu Tanya di bawah ini!
  1. Mengapa kebutuhan insan sangat banyak?
  2. Apa saja acara insan yang sanggup mengganggu keseimbangan ekosistem?
  3. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh insan semoga keseimbangan ekosistem tetap terjaga?
  4. Bagaimana cara kita menjaga kesembangan alam?
Membuat Daftar Kata Sulit
Cermati kembali bacaan di atas. Temukan kata-kata sulit dari bacaan di atas. Lalu dengan memakai Kamus Besar Bahasa Indonesia, carilah arti kata-kata tersebut. Gunakanlah kata-kata sulit tersebut dalam beberapa kalimat, semoga pemahamanmu menjadi lebih baik!
No.Kata SulitArti
1.KomponenBagian dari keseluruhan; unsur: 
2.PermanenTetap (tidak untuk sementara waktu); berlangsung usang (tanpa perubahan yang berarti)
3.PukatJaring (jala) besar dan panjang untuk menangkap ikan (bermacam-macam bentuk dan namanya
4.CagarDaerah pinjaman untuk melestarikan tumbuh-tumbuhan, binatang, dan sebagainya; lindungan;
5KimiaIlmu wacana susunan, sifat, dan reaksi suatu unsur atau zat;

Membuat Peta Pikiran
Ada banyak hal penting dari bacaan di atas yang perlu kau ketahui. Dengan memakai sebuah peta pikiran, kau akan sanggup memahami kekerabatan antara warta yang ada dalam bacaan tersebut. Buatlah peta pikiran untuk mencatat hal-hal penting dari bacaan di atas. Tuliskan peta pikiranmu di tempat yang telah disediakan

Salah satu jawaban dari acara insan yang tidak ramah lingkungan yaitu terjadinya pencemaran. Sampah sebagai materi buangan dari sebuah acara seringkali mencemari tanah dan air. Buangan dari pabrik yang mengandung materi kimia berbahaya seringkali dibuang ke sungai. Sungai-sungai sebagai salah satu sumber air higienis pun mengalami penurunan kualitas, sehingga berbahaya bagi makhluk hidup. Salah satu cara sederhana untuk mengurangi pencemaran yaitu dengan mengolah kembali sampah, terutama sampah dapur. Sampah dapur yaitu sisa buangan dari materi makanan yang dimasak. Sebagian besar sampah dapur bersifat organis yang mengandung nutrien yang baik untuk tanah dan organisme yang hidup di dalamnya. Sampah organik sanggup diolah kembali menjadi kompos.

Kompos dipakai sebagai pupuk tumbuhan atau diberikan ke tanah semoga organisme dalam tanah mendapat makanan yang baik. Berikut yaitu cara menciptakan kompos yang bisa kau lakukan di rumah atau di sekolah:
  1. Sediakan ember, pot, kaleng bekas, atau wadah lainnya.
  2. Lubangi bab dasar dari wadah tersebut. Letakkan wadah lain yang sanggup menampung rembesan air dari dalam wadah yang sudah dilubangi tadi.
  3. Masukkan sampah organik ke dalam wadah setiap hari.
  4. Taburi dengan sedikit tanah, serbuk gergaji, atau kapur secara berkala.
  5. Bila terdapat kotoran hewan bisa ditambahkan untuk meningkatkan kualitas kompos, contohnya kotoran kambing, sapi atau ayam.
  6. Setelah penuh, tutup wadah tersebut dengan tanah dan diamkan selama sebulan.
  7. Setelah sebulan, buka wadah dan aduk tanah dan sampah organis.
  8. Kompos siap digunakan.
Setelah menciptakan kompos, buatlah sebuah laporan singkat wacana cara menciptakan kompos. Catat hal-hal penting dan menarik yang terjadi selama menciptakan kompos. Catatlah tahap demi tahap yang kau lakukan, dan catat kesulitan-kesulitan yang kau hadapi untuk menciptakan kompos. Buatlah sebuah laporan singkat pada tempat yang telah tersedia di bawah ini!

Membuat Gambar Ilustrasi Langkah-Langkah Membuat Kompos
Kamu akan menciptakan dan menjelaskan cara-cara menciptakan kompos dengan memakai gambar. Dengan memakai pengetahuan dan keterampilanmu sebelumnya dalam menciptakan gambaran gambar, buatlah sebuh poster. Poster itu akan memuat cara dan langkah-langkah menciptakan kompos dalam bentuk gambar yang menarik. Poster itu ditujukan untuk menawarkan klarifikasi kepada orang lain cara menciptakan kompos melalui gambar ilustrasi. Tempelkanlah postermu di beberapa tempat di sekitar sekolah, semoga anggota komunitas sekolah sanggup memahami cara menciptakan kompos. Selamat berkarya!

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 3 Memelihara Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel