Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 2 Inovasi Dan Manfaatnya

Dengan apa kau menulis dan menggambar? salah satunya memakai pensil. Amatilah pensil tersebut. Tahukah kau asal-usul pensil tersebut? Apa manfaat pensil?

Pensil
Pernahkah terbayang olehmu bagaimana insan membuat tanda dan goresan pena sebelum ditemukannya pensil? Awalnya, insan menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipakai untuk membuat tabrakan pada kerikil dan lembar daun papirus.

Perkembangan pensil dimulai semenjak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang sanggup meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang.

Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat oleh kulit domba. Kemudian, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.

Pensil mulai dibentuk secara massal pada tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Selanjutnya, mulai masa 19, Faber Castell, Lyra, Staedler, dan perusahaanperusahaan lain berbagi pensil sebagai alat tulis secara pesat. Pada zaman modern, pensil dibentuk dengan menghancurkan grafit murni dan tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian gabungan ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapis dengan kayu. Jadilah pensil dengan bentuk yang kita kenal ketika ini.

Pensil yaitu salah satu inovasi yang bermanfaat dalam kehidupan. Masih banyak inovasi lainnya yang sanggup menunjang kegiatan sehari-hari. Tanpa benda-benda tersebut, kehidupan insan tidak akan menyerupai kini ini. Apa saja inovasi yang ada di sekitar kita? Ayo, amati gambar berikut.

Buatlah pertanyaan wacana benda-benda yang kau amati dan tuliskan pada potongan kertas. Tukarkan pertanyaan yang kau buat dan diskusikan jawabannya secara berpasangan dengan temanmu. Berdasarkan pengamatanmu, lengkapi tabel berikut. Kamu sanggup menuliskan tanggapan pada kertas aksesori bila tabel di bawah ini tidak cukup.
No.PenemuanManfaatBagaimana bila inovasi tersebut tidak ada?
1.PensilUntuk menulis dan menggambarTidak bisa menulis dan menggambar.
2.JarumMenyatukan bagian-bagian kain dengan benangTidak bisa membuat baju
3.Tusuk GigiMembersihkan gigi dari sisa makananGigi menjadi berlubang alasannya yaitu banyak kuman
4.SisirMerapihkan rambutRambut acak-acakan
5.PenitiMenggabungkan materi kainBagian baju dan celana terbuka dan terlepas
6.SedotanMemudahkan ketika minumTidak bisa minum tanpa bibir menyentuh gelas.
7.ResletingPerakat bab baju, celana, dan lain-lainCelana dan baju sanggup terbuka dan tidak bisa menutup aurat.
8.Karet gelangMengikat barangBarang yang kita bawa berantakan.
Ayo Diskusikan
Perhatikan bola lampu yang terdapat di dalam kelas dan nyalakan lampu tersebut. Menurutmu, apa perbedaan antara masa sebelum ada listrik dan sehabis ada listrik? Diskusikan jawabanmu secara berkelompok. Tuliskan hasil diskusimu pada tabel berikut.
Sebelum Ada ListrikSetelah Ada Listrik
  1. Waktu yang tersedia bagi insan untuk menjalankan kegiatannya terbatas, alasannya yaitu bergantung pada penerangan matahari. 
  2. Kebutuhan tenaga insan untuk menjalankan kegiatan juga lebih besar, alasannya yaitu belum terbantu oleh peralatan elektronik.
  3. Pertukaran gosip pun lebih lambat tanpa kehadiran media komunikasi yang mengandalkan listrik menyerupai televisi, radio, maupun komputer.
  1. Waktu yang tersedia bagi insan tidak terbatas alasannya yaitu pada malam hari kita sanggup memakai lampu sebagai penerangan. Kaprikornus kegiatan sanggup dilakukan kapan saja
  2. Kebutuhan tenaga insan untuk menjalankan aktivitasnya lebih sedikit alasannya yaitu terbantu peralatan elektronik.
  3. Pertukaran gosip lebih cepat dengan pinjaman alat komunikasi menyerupai handphone, televisi, radio maupun komputer dan internet.
Sekarang kau akan melaksanakan wawancara dengan warga sekolah wacana banyak sekali benda yang memakai energi listrik dan keuntungannya dalam
kehidupan sehari-hari. Tulis hasil wawancaramu pada tabel berikut.
No.Benda yang Menggunakan Tenaga ListrikManfaat
1.Lampu listrikSumber penerangan
2.KomputerMempercepat pekerjan menghitung dan menulis
3.Pompa airMenyedot air dari sumur dan memasukan ke kolam penampungan
4.Tape recorderMemutar musik yang ada dalam kaset.
5.TelevisiSarana hiburan dan sumber informasi
Baca teks berikut.
Saat ini, listrik merupakan bab yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Coba bayangkan ketika belum ada listrik. Waktu yang tersedia bagi insan untuk menjalankan kegiatannya terbatas, alasannya yaitu bergantung pada penerangan matahari. Kebutuhan tenaga insan untuk menjalankan kegiatan juga lebih besar, alasannya yaitu belum terbantu oleh peralatan elektronik. Pertukaran gosip pun lebih lambat tanpa kehadiran media komunikasi yang mengandalkan listrik menyerupai televisi, radio, maupun komputer. Kini, sehabis adanya listrik, insan menjalani kehidupannya dengan lebih mudah.

Tahukah kamu, bagaimana perjalanan listrik hingga hingga di rumahmu? Listrik dihasilkan oleh pembangkit dari banyak sekali sumber energi, menyerupai air, gas, angin, solar, dan panas bumi. Dari stasiun pembangkit, listrik akan melewati transformator penaik tegangan untuk kemudian dialirkan ke jalur transmisi melintas ke banyak sekali propinsi. Sampai di gardu induk, tegangan diturunkan dan diteruskan ke area perumahan melalui jalur-jalur distribusi. Transformator yang ada di tiang-tiang listrik akan menurunkan tegangan sebelum listrik dialirkan ke rumahmu. Kini, kau sanggup memanfaatkan listrik untuk memudahkan kegiatanmu sehari-hari. Namun, jangan lupa untuk menghemat penggunaan listrik, alasannya yaitu perjalanannya yang panjang hingga hingga di rumahmu tentu membutuhkan biaya yang besar.

Kesimpulan :
Listrik merupakan bab tak terpisahkan dari manusia. Dengan adanya listrik insan sanggup menjalani kehidupanya dengan mudah. Listrik dihasilkan oleh sumber listrik yang kemudian didistribusikan hingga ke rumah-rumah. Perjalanan yang jauh tersebut membutuhkan biaya yang besar.

Ayo Ceritakan
Apakah kau mempunyai pengalamanmu memakai salah satu inovasi beserta manfaatnya. Ceritakanlah pengalaman itu kepada sahabat di sebelahmu. Setiap insan diciptakan Tuhan dengan potensi yang berbedabeda. Salah satu cara mensyukuri potensi yang kita miliki yaitu dengan cara berbagi secara maksimal biar bisa memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Ayo Menulis
Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang kau lakukan, tulislah klarifikasi wacana salah satu penemuan.
Nama BendaProses Penemuan
JarumSejarah jahit-menjahit dengan memakai jarum yang bermacam-macam, ada yang terbuat dari batu, tembaga, tulang, ataupun gading. Jarum yang masih bernafsu itu dipakai untuk menyatukan kulit binatang menjadi pakaian. Jarum logam dipakai sekitar masa ke-14, yang merupakan jarum dengan memakai lubang yang umum dijumpai pada ketika ini. Pada tahun 1755, seorang imigran Jerman, Charles Weisenthal, yang tiggal di Inggris, mematenkan inovasi jarumnya yang khusus dirancangnya untuk sebuah mesin. Sayangnya patennya tidak merinci mesin yang memakai jarum tersebut.
Tusuk gigiMeski tusuk gigi telah ada jauh sebelum insan modern mengenalnya, namun orang yang dianggap paling berjasa dalam memperkenalkan tusuk gigi ke zaman kita yaitu Charles Forster asal Inggris. Forster menghubungi Benjamin Franklin Sturtevant, jago mesin asal Boston, yang sebelumnya telah membuat mesin pembuat sepatu dengan bantalan berbahan kayu. Melalui mesin yang dibentuk Sturtevant, Charles Forster berhasil memproduksi tusuk gigi kayu dalam jumlah banyak. Pada tahun 1879, ia bisa memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari
SisirSekarang ini sisir telah menjadi barang yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Zaman dulu, sisir dibentuk dari tulang, tanduk, tempurung kura-kura, gading gajah, kayu, dan aneka logam. Pada tahun 1869, dua bersaudara Isaiah dan John Hyatt dari Amerika membuat materi seluloid. Bahan itu kemudian dipakai untuk membuat sisir.
PenitiPeniti yaitu sebuah variasi dari jarum yang dilengkapi dengan prosedur pegas sederhana dan cantelan. Peniti sering dipakai untuk menggabungkan materi kain. Peniti kuno berasal dari Mycenaeans semenjak masa ke-14 sebelum masehi (akhir zaman Mycenaean III). Dikenal dengan nama fibulae (fibula) dan dipakai untuk fungsi yang sama menyerupai peniti modern. Peniti diciptakan kembali pada Juli 1849 oleh Walter Hunt, seorang penemu asal Amerika.
SedotanSedotan pertama dibentuk oleh Sumeria, dan dipakai untuk minum kemudian di Argentina mereka memakai perangkat metalik serupa disebut bombilla. Sedotan yang ketika ini berbahan plastik, ternyata pertama kali dibentuk dengan berbahan kertas yang dipakai untuk membuat pipa untuk rokok. Marvin Stone menemukan materi kertas yang tidak merembes ketika digunakan, kemudian ia juga memilih ukuran yang ideal untuk sedotan yang dibuatnya. Produk pengembangan ini pun ahirnya dipatenkan pada tanggal 3 januari 1888 dan mulai memproduksi banyak sedotan pada tahun 1890.
ResletingRitsleting yaitu alat terkenal untuk menyambung dua sisi kain. Ritsleting dipakai dalam pakaian, koper dan banyak sekali tas, alat-alat olahraga, perlengkapan bertenda , dan benda-benda dari tekstil, kulit, dll. Gideon Sundback yakni insinyur listrik berkebangsaan gabungan antara Amerika & Swedia. Meskipun bukan pelopor perdana dari resleting, pada tahun 1914 Sundback berbagi satu buah version gres dengan instruksi nama “No Hookless 2“, sebagai logam resleting mutakhir menyerupai yang kita kenal waktu ini
Karet GelangKaret gelang atau gelang karet yaitu potongan karet berbentuk gelang yang dibentuk untuk mengikat barang. Karet gelang terdiri dari banyak sekali macam ukuran, dari yang besar hingga yang kecil, dari yang tebal hingga yang tipis. Seorang penemu dan usahawan berkebangsaan Inggris berjulukan Stephen Perry merupakan orang pertama yang berhasil memperoleh paten untuk karet gelang. Stephen Perry yang mempunyai perusahaan karet vulkanisir memperoleh paten untuk karet gelang pada tanggal 17 Mei 1845. Karet gelang yang dipatenkan Perry berbeda dengan karet gelang yang ada sekarang.
Ayo Temukan
Kamu telah mengenal banyak sekali penemuan. Penemuan-penemuan tersebut mempunyai efek terhadap banyak sekali aspek dalam kehidupan kita. Ayo, tuliskan inovasi yang kau ketahui dan pengaruhnya bagi kehidupan pada skema di bawah ini.
PenemuanAspek Kehidupan
SosialEkonomiPendidikanBudaya
JarumMasyarakat lebih percaya diri ketika bergaulKegiatan ekonomi masyarakat lebih berkembangPendidikan tata busana berkembang dengan pesatDengan ditemukannya jarum banyak hasil kerajinan berupa kain
Penemuan LampuDengan inovasi lampu insan bisa dengan gampang berinteraksi dalam kehidupan sosialPenemuan lampu meningkatkan ekonomi masyarakat alasannya yaitu sanggup bekerja pada malam hariDengan ditemukanya lampu siswa sanggup berguru dengan baik pada waktu malam hariDengan adanya lampu sangat menunjang dalam kegiatan seni pertunjukkan
Penemuan komputerDengan adanya komputer masyarakat bisa berintraksi tanpa bertatapan langsungDengan adanya komputer banyak muncul pekerjaan gres menyerupai tukang servis komputer dan perakitan komputerDengan adanya komputer proses berguru mengajar lebih efisien dan efektifKebudaayaan kawasan sanggup dilihat oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui internet
Kita diberi anugerah oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk berpikir. Dari pemikiran tersebut muncul gagasan-gagasan kreatif untuk menemukan hal baru. Kita sepatutnya bersyukur atas anugerah tersebut.

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 2 Inovasi Dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel