Pembelajaran 3 Tema 7 Subtema 1 Kepemimpinan Di Sekitarku

Di sekitar kita banyak pemimpin yang baik. Mereka mengajak orang-orang di sekitarnya untuk melaksanakan perbuatan yang baik. Siapa pemimpin idolamu?

Ayo Cari Tahu
Pemimpin yang baik bekerja untuk kepentingan masyarakat luas. Ia pun harus memberikan kebaikan-kebaikan yang dibutuhkan akan diikuti oleh orangorang di sekitarnya. Untuk memberikan apa yang ada dalam pikirannya, seorang pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan baik. Simaklah dongeng berikut semoga kita bisa berguru kebaikan dari tokohnya.

Catatlah nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki Pak Abdi dengan menjawab pertanyaan berikut.
  1. Manfaat apa yang diperoleh penduduk dari jadwal atau aktivitas Pak Lurah? (Dapat menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, sanggup bersilaturahmi, mengenal budaya)
  2. Apakah Pak Lurah sudah mengajak penduduknya mengamalkan perilaku persatuan? Jelaskan! (ya, Pak Lurah mengajak penduduk untuk bersatu, menjaga kekeluargaan, menyayangi budaya)
  3. Apa yang ingin kau ketahui lagi perihal Pak Lurah? Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya!
  4. Berdasarkan jawabanmu, buatlah goresan pena perihal Pak Abdi tersebut. Kamu sanggup menggambar sosoknya sesuai imajinasimu. Pak Abdi dipilih oleh masyarakat. Apa yang dilakukannya ditujukan untuk kepentingan rakyatnya. Ia tidak ingin mengecewakan penduduknya. Sungguh pemimpin yang patut dicontoh.
Pak Abdi dipilih oleh masyarakat. Apa yang dilakukannya ditujukan untuk kepentingan rakyatnya. Ia tidak ingin mengecewakan penduduknya. Sungguh pemimpin yang patut dicontoh.

Ayo Lakukan
Dalam pidatonya, Pak Lurah menyatakan betapa pentingnya menjaga budaya lokal. Hal ini tentunya patut dicontoh oleh pemimpin lainnya. Pikirkan seorang pemimpin di sekitarmu yang sanggup membuat perubahan, contohnya ketua RT/RW, camat, lurah, kepala desa atau pemuka agama. Bagaimana mereka membuat perubahan di lingkunganmu? Tulislah aktivitas atau jadwal yang menawarkan ide bagimu.

Kamu juga bisa menyerupai mereka. Buatlah teks pidato yang berisi permintaan untuk membuat suatu perubahan. Berikut ialah teladan topik pidato yang sanggup dipilih.
  1. Pentingnya senam pagi
  2. Jalan bersama
  3. Bersepeda pagi
  4. Lingkungan bersih
  5. Gerakan bebas rokok
Kamu bisa menentukan topik lainnya sesuai kebutuhan daerahmu. Pidato yang kau buat harus memuat warta perihal topik yang dibahas. Pidato berisi kalimat permintaan atau kalimat yang meyakinkan, dilengkapi dengan contoh-contoh aktivitas untuk meyakinkan pendengar dan memberi ide bagi mereka. Perhatikan struktur pidato menyerupai yang sudah kau pelajari sebelumnya.

Lingkungan Bersih

Assalamualaikum wr.wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, yang saya hormati Bapak Ibu guru dan karyawan , dan teman – teman semua yang saya cintai.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, alasannya ialah berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita sanggup berkumpul pada siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan. Perkenankanlah saya memberikan sedikit ulasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan mengurangi penyebaran penyakit dan akan menawarkan kenyamanan dikala berada di lingkungan tersebut.

Lingkungan sekolah merupakan faktor pendorong keberhasilan proses berguru mengajar di sekolah. Siswa dan guru sanggup melaksanakan aktivitas pembelajaran secara efektif alasannya ialah didukung oleh keadaan lingkungan yang nyaman. Maka dari itu, marilah kita sebagai warga sekolah sanggup menjaga kebersihan lingkungan sekolah dimulai dari diri sendiri, menyerupai membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci meja alasannya ialah sanggup menjadi sarang nyamuk. Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna membuat lingkungan yang sehat dan nyaman.

Kesimpulannya ialah kebersihan lingkungan sangat penting bagi keberhasilan proses berguru mengajar di sekolah. Upaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah sanggup dimulai dari hal yang sangat kecil yaitu dari diri- sendiri. Lingkungan yang sehat sangat penting dan harus diusahakan.
Semoga kita semua sanggup menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terimakasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb
Ayo Diskusikan
Seorang pemimpin mempunyai nilai melayani, disiplin, rendah hati dan bekerja sepenuh hati. Kita juga sanggup bisa berguru nilai-nilai tersebut dari seorang dokter yang bekerja untuk masyarakat.

Nilai Kepemimpinan Dokter Rara
  1. Cita-citanya menjadi dokter dulu muncul alasannya ialah melihat kesadaran hidup sehat masyarakat desa yang sangat rendah.
  2. Ilmu yang dimilikinya sebagai seorang dokter bisa bermanfaat untuk kampung halamannya sendiri.
  3. Beliau kreatif dan cerdas sehingga membuat warga aktif dan bijak mengelola sampah.
  4. Beliau menjadi teladan melalui dedikasi, tanggung jawab, dan kerendahhatiannya dalam menolong warga.
Nilai Kepeminpinan Guru di Sekolah
  1. Guru memperlihatkan keterampilan kepemimpinannya dalam membantu siswa semoga sanggup menyebarkan segenap potensi yang dimilikinya,
  2. Guru membantu rekan sejawat dalam mengeksplorasi dan mencobakan gagasan-gagasan gres dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.
  3. Guru mendukung kebijakan dan jadwal pendidikan di sekolah (dinas pendidikan), mendukung kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan reformasi pendidikan
Seorang dokter, guru, kepala sekolah atau pemimpin lainnya mempunyai tempat yang berbeda dikala bekerja. Namun, kepemimpinan mereka sangat penting bagi orang-orang di sekitarnya. Menurutmu, apa yang akan terjadi apabila para pemimpin tersebut tidak mempunyai nilai-nilai kepemimpinan yang baik? Kepada siapa saja pemimpin tersebut bertanggung jawab? Apa yang perlu disyukuri oleh seorang pemimpin?

Ayo Mencoba
Dokter Rana menyiapkan 3 jenis paket yaitu:
  1. Paket A berisi Sabun batang dan handuk
  2. Paket B berisi Sabun gel antiseptik dan handuk
  3. Paket C berisi Sabun cair dan handuk
Apabila ketiga paket dimasukkan ke dalam kardus, berapa peluang untuk setiap paket terambil? Lakukan untuk 30 kali percobaan mengambil paket. Lakukan pula untuk 40 kali percobaan pengambilan. Setiap kali mengambil paket, kembalikan lagi kedalam kardus.
  1. Peluang Paket A, B, dan C =1/3 x 30 =30/3 = 10
  2. Peluang Paket A, B, dan C =1/3x40 = 40/3
Berikut ialah citra hasil percobaan seseorang mengenai peluang untuk setiap paket.

Dari diagram di atas.
  1. Berapa kali percobaan dilakukan? Jelaskan jawabanmu! 25 + 35 + 40 = 100 kali
  2. Berapa peluang empirik untuk setiap paket? Peluang Paket A =25/100=1/4, Peluang Paket B =35/100 =7/20, dan Peluang Paket C =40/100 =2 5
  3. Berdasarkan hasil percobaan tersebut, berapa masing-masing jenis sabun yang harus dibeli? Sabun batang 25, sabun gel 35, dan sabun cair 40.

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 7 Subtema 1 Kepemimpinan Di Sekitarku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel