Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar

Uranus yaitu planet yang berada pada urutan ke-7 dalam tata surya. Siapakah tokoh yang menjelajah luar angkasa hingga menemukan planet Uranus? Apa yang dilakukannya? Tahukah kamu, siapa penemu planet Uranus? Mengapa dinamakan Uranus? Untuk mengetahui hal ini, ayo pelajari uraiaan berikut ini.

William Herschel
Bernama orisinil Friedrich William Herschel, ilmuwan ini yaitu tokoh astronomi Inggris yang lahir di Jerman pada tahun 1738. Karena rasa ingin tahunya yang tinggi terhadap apa yang ada di langit, ia pun membuat sebuah teleskop. Ia telah mengalami beberapa kali kegagalan dalam membuat teleskop. Namun, dengan kegigihannya karenanya teleskop yang ia ingin kan pun sanggup diciptakan.

Dengan teleskop ciptaannya itu, Herschel menemukan planet Uranus pada tahun 1782. Awalnya ia memberi nama planet ke-7 dari Matahari itu dengan nama Georgium Sidus, sebagai penghormatan terhadap Raja George III dari Inggris. Kemudian, Johann Bode, seorang astronom Jerman mengusulkan nama “Uranus” yang berasal dari nama tuhan Yunani kuno. Willian Herschel tentunya membuka mata kita bahwa angkasa luar menyimpan banyak misteri yang sanggup kita cari terus.

Setelah membaca info tersebut di atas, menurutmu apa dampak dari inovasi tersebut bagi manusia? Penemuan teleskop oleh William Herschel  memudahkan insan mempelajari alam semesta.

Ayo Analisis
William Herschel menjelajah angkasa luar dengan teleskopnya hingga menemukan planet Uranus. Tahukah kau bahwa para hebat astronomi membagi planet-planet dalam tata surya menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar? Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars merupakan planet
dalam. Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus merupakan planet luar.

Tahukah kau apa yang membedakan planet dalam dan planet luar? Selain keduanya dipisahkan oleh sabuk asteroid, kau sanggup mengetahui perbedaannya dengan membaca info pada tabel berikut ini.
No.Faktor PembedaPlanet DalamPlanet Luar
1.Ukuran PlanetBerukuran kecilBerukuran besar
2.Material Penyusun PlanetTerdiri atas benda padatTerdiri atas benda gas
3.Jarak dari MatahariBerjarak bersahabat dari MatahariBerjarak jauh dari Matahari
4.Kala RevolusiMengelilingi Matahari dalam waktu yang pendekMengelilingi Matahari dalam waktu yang panjang
Ayo Menulis
Setelah mengetahui wacana planet dalam dan planet luar, sekarang saatnya kau menulis teks eksplanasi yang menjelaskan wacana perbedaan keduanya. Gunakan tabel sebelumnya sebagai bekal informasimu. Sebelum menulis, perhatikan kriteria yang dibutuhkan dalam tulisanmu berikut ini.
1. Menjelaskan ciri-ciri planet dalam dan planet luar.
2. Menggunakan kosakata baku.
3. Menggunakan aksara besar/kecil dan tanda baca yang tepat.
4. Menggunakan kalimat efektif.
5. Menulisnya rapi dan gampang terbaca rapi.

Planet Luar dan Planet Dalam
Delapan planet dalam tata surya kita dikelompokkan menjadi dua, yaitu planet luar dan planet dalam. Planet luar yaitu planet-planet yang terletak diluar sabuk asteroid dilihat dari matahari. Sedangkan Planet dalam yaitu planet-planet yang terletak antara matahari dengan sabuk asteroid.

Planet Luar
Beberapa planet yang  termasuk planet luar adalah: Neptunus, Uranus, Saturnus, dan Yupiter. Semua planet luar, merupakan bola gas raksasa. Bagian pada dasarnya mungkin berbentuk padat, tetapi permukaannya tidak. Semua planet luar mempunyai cincin yang tersusun dari debu dan gas beku.

Planet Dalam
Planet dalam yaitu planet yang terletak antara matahari dan sabuk asteroid. Yang termasuk planet dalam adalah: Mars, Bumi, Venus, dan Merkurius. Planet-planet dalam bersifat padat dan berbatuan. Bagaimana kita bisa mengetahuinya? Informasi wacana planet-planet tersebut kita peroleh atas jasa pesawat ruang angkasa yang mengirimkan data ke bumi.

Perbedaan diantara planet dalam dan planet luar antara lain sebagai berikut.
  1. Ukuran Planet. Palnet dalam biasanya berukuran kecil, sedangkan planet luar erukuran besar
  2. Material Penyusun Planet. Material penyusun planet dalam terdiri atas benda padat, sedangkan materi penyusun planet luar terdiri atas benda gas
  3. Jarak dari Matahari. Planet dalam berjarak bersahabat dari Matahari, sedangkan planet luar berjarak jauh dari Matahari
  4. Kala Revolusi. Planet dalam mengelilingi Matahari dalam waktu yang pendek, sedangkan planet luar mengelilingi Matahari dalam waktu yang panjang
Ayo Diskusikan
Sistem tata surya dan planet-planet telah banyak kau ketahui. Tentunya pengetahuanmu akan semakin baik kalau kau sanggup mendiskusikannya lebih lanjut. Sekarang, diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1. Menurutmu, planet mana yang mungkin sanggup dihuni oleh insan selain Bumi? Jelaskan alasanmu. Planet Mars merupakan planet yang mungkin bisa ditinggali manusia. Berikut alasan-alasan planet Mars layak ditempati insan di masa mendatang.
  • Permukaan Planet yang Basah. Kondisi Mars mempunyai kelembaban yang justru relatif cukup tinggi kalau dibandingkan dengan planet lain. 
  • Suhu Udara yang Hangat. Setiap wilayah Mars diperkirakan mempunyai potensi tinggi untuk keberadaan makhluk hidup.
  • Adanya kandungan air bukan satu-satunya alasan Mars menjadi planet yang diprediksi layak untuk ditempati manusia. Namun, keadaan suhu udara Mars menjadi salah satu faktor lainnya. 
  • Pada beberapa wilayah tertentu di Planet Mars, terdapat flora ibarat lumut yang rupanya sanggup hidup dan bertahan dalam suhu hangat yang mencapai 70 persen.
  • Terbentuknya Air. Diketahui, Planet Mars mempunyai suhu yang menurun pada malam hari, sehingga kemungkinan air menjadi embun alasannya yaitu tekanan dan suhu yang cukup tinggi bisa terjadi.
2. Andaikan kau tinggal di Planet Mars, apa kesulitan yang akan kau hadapi? Bagaimana kau akan menghadapi kesulitan tersebut?
  • Radiasi. Mars mempunyai tingkatan radiasi yang tinggi, terdapat dua kandungan radiasi berbahaya di Mars, di antaranya ada Solar Energetic Particles (SEPs) dan Galactic Cosmic Rays (GCRs). Keduanya bisa membombardir insan kalau tidak disokong alat antiradiasi yang memadai ketika berada di Mars.
  • Temperatur. Temperatur menjadi salah satu hambatan besar insan untuk bisa hinggap di Mars. Temperatur rata-rata di Bumi yaitu sekitar 57 derajat Fahrenheit (14 derajat Celsius). Namun, temperatur rata-rata di Mars berada di suhu sekitar -81 derajat Fahrenheit (-63 derajat Celsius) yang mana menjadi suhu yang sangat mustahil membuat insan bisa bertahan tanpa adanya dukungan alat canggih. 
  • Atmosfer. Atmosfer juga menjadi hal yang diperhatikan alasannya yaitu perbandingan lapisan atmosfer Bumi 100 kali lebih padat daripada lapisan atmosfer Mars. Lapisan atmosfer Mars mempunyai kandungan karbondioksida sebanyak 96 persen yang mana sangat beracun bagi manusia. 
  • Gravitasi. Tingkat gravitasi di Mars hanya sebesar 38 persen sehingga masih bisa memungkinkan bagi para insan untuk sanggup berjalan di Mars. Namun insan nantinya ditakutkan tidak sanggup berjalan dan bergerak dengan leluasa alasannya yaitu terbatas oleh tingkatan gravitasi Planet Merah. 
  • Infrastruktur. Meski Mars telah diungkap sanggup mempunyai kemungkinan untuk menumbuhkan tanaman, namun hal tersebut masih diragukan. Kelembapan suhu Mars nyatanya masih sulit dikontrol. 
  • Kondisi Mental. Delapan bulan perjalanan ke Mars tentunya akan 'mengacak' kondisi mental. Jika nantinya insan harus bertahan menghadapi segala ketidakmungkinan yang ada di Mars? Tak gampang mengetahui masing-masing orang bahwa mereka mempunyai kondisi mental yang baik ketika hendak pergi ke luar angkasa.
3. Jika Bumi yaitu planet yang paling baik untuk dihuni, apa yang harus kau lakukan untuk menjaganya? Berikan misalnya dalam kehidupan sehari-hari paling sedikit 4 hal.
  • Mencegah jangan hingga terjadi pencemaran udara.
  • Mencegah penyebab pemanasan global
  • Menjaga kelestarian air dengan memanfaatkan air dengan bijak.
  • Mengurangi penggunaan materi bakar fosil biar tidak menimbulkan pemanasan global.

Ayo Berkreasi
Para penjelajah angkasa luar telah meneliti planet-planet. Namun, berdasarkan penelitian belum ada planet yang paling sempurna untuk dihuni insan selain Bumi. Sekarang, buatlah poster yang menginspirasi orang lain. Isi poster yaitu permintaan untuk lebih menyayangi Bumi.

Menurutmu, bagaimanakah cara membuat poster yang baik? Apa tujuan membuat poster? Poster yang kau buat harus lengkap dengan ajakan, alasan, dan fakta. Lengkapi dengan gambar biar menarik.

Mintalah sahabat kau untuk menilai poster yang kau buat. Mintalah temanmu untuk menjelaskan alasan penilaiannya. Lihatlah tabel berikut untuk menilai. Berilah tanda centang () pada hasil yang sesuai.
No.KriteriaBaikCukupKurang
1.Aku bisa memakai kalimat permintaan dengan tepat---
2.Aku sanggup menyajikan info atau fakta yang benar.---
3.Aku sanggup menyajikan gambar yang sesuai topik.---
4.Aku sanggup membuat poster dengan goresan pena dan gambar yang rapi---
5.Aku sanggup menjaga kebersihan kertas posterku.---
Ayo Berlatih
Planet-planet dalam sistem tata surya menempati posisi sesuai dengan orbitnya. Tentunya kau masih ingat ketika berlatih meletakkan titik-titik benda angkasa luar pada bidang koordinat Kartesius. Sekarang, coba berlatih lagi.

1. Gambarkan titik-titik pada koordinat Kartesius dengan x yaitu 2, 3, 4, 5 dan 6. Jika hubungan x dan y yaitu 2x + 2.
Data Masuk (x)Data keluar (y)Pasangan titik (x,y)
22 x 2 + 2 = 6(2,6)
32 x 3 + 2 = 8(3,8)
42 x 4 + 2 = 10(4,10)
52 x 5 + 2 = 12(5,12)
62 x 6 + 2 = 14(6,14)

2. Perhatikan tabel berikut!
Data Masuk (x)Data keluar (y)Pasangan titik (x,y)
22 x 3 - 3 = 3(2,3)
33 x 3 - 3 = 6(3,6)
44 x 3 - 3 = 9(4,9)
55 x 3 - 3 = 12(5,12)
66 x 3 - 3 = 15(6,15)
88 x 3 - 3 = 21(8,21)

a. Pola apa yang kau lihat pada tabel di samping? Data masuk x 3 dikurangi 2
b. Tuliskan pola tersebut dalam bentuk persamaan. y = 3x - 3
c. Gambarkan grafik Kartesius untuk tabel di samping. Gunakan pensil dan penggaris biar rapi.
d. Dimanakah letak titik untuk x = 8?
e. Dimanakah letak titik untuk y=21?

Ayo Mencoba
Buatlah sebuah persamaan, lalu tentukan data masuk dan data keluarnya.
Buatlah grafik Kartesius untuk mengatakan persamaan tersebut.

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel