Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 3 Memelihara Ekosistem

Mengenal Lembaga Pendidikan
Kegiatan pendidikan telah dilakukan semenjak insan masih berada di dalam kandungan. Pendidikan pertama kali didapatkan dari keluarga. Pendidikan di dalam keluarga dilakukan oleh orang bau tanah atau setiap orang cendekia balig cukup akal yang ada dalam keluarga tersebut. Orang bau tanah mengajarkan anaknya berjalan, berbicara, juga tata krama.

Pendidikan diselenggarakan melalui dua bentuk, yaitu melalui pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah. Pendidikan melalui sekolah terdiri dari beberapa jenjang pendidikan, yaitu jenjang pendidikan dasar, jenjang pendidikan menengah, dan jenjang pendidikan tinggi. Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan dasar. Setelah menuntaskan pendidikan dasar, mereka berhak melanjutkan pendidikan sesuai kebutuhannya. Sedangkan belum dewasa yang mempunyai kebutuhan khusus, mereka berhak mendapat pendidikan luar biasa.

Lembaga-lembaga pendidikan, baik pendidikan sekolah maupun luar sekolah, mempunyai kiprah yang sangat penting terhadap perubahan masyarakat. Perubahan yang dimaksud yaitu untuk membuatkan masyarakat semoga menjadi lebih baik. Anak didik yang mendapat pengetahuan diharapkan sanggup menciptakan kehidupan bangsa menjadi lebih baik sesuai yang dicita-citakan.

Ayo Lakukan
Berdasarkan bacaan di atas, buatlah beberapa daftar pertanyaan, kemudian pilihlah dua pertanyaan di antaranya untuk dituliskan ke dalam Kartu Tanya. Bergabunglah dengan kelompok piketmu, kemudian bahas pertanyaan dari setiap orang, termasuk pertanyaanmu. Tuliskan hasil diskusi kelompok ke dalam selembar kertas, kemudian bacakanlah di depan kelas!
  1. Dimana pertama kali insan memperoleh pendidikan?
  2. Apa saja bentuk penyelenggaraan pendidikan?
  3. Apa hak warganegara sesudah menempuh pendidikan dasar?
  4. Apa saja kiprah forum pendidikan?
Membuat Artikel Sederhana
Kembalilah ke kelompokmu, lantaran kau akan mengerjakan satu acara bersama kelompokmu lagi. Kamu akan melaksanakan sebuah riset sederhana wacana bentuk forum pendidikan yang ada di sekitarmu. Ikutilah langkah-langkah berikut ini:
  1. Tentukan pilihanmu untuk membahasan lebih dalam wacana forum pendidikan  berupa sekolah atau pendidikan di luar sekolah.
  2. Lalu, gunakanlah lima jenis pertanyaan dengan memakai lima jenis kata tanya : apa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaimana.
  3. Carilah balasan dari pertanyaanmu.
  4. Berdasarkan balasan pertanyan-pertanyaanmu, buatlah sebuah artikel sederhana wacana forum pendidikan yang kau ketahui!
Apa yang dimaksud dengan pendidikan? Pendidikan yaitu pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.

Mengapa kita membutuhkan pendidikan? Manusia membutuhkan pendidikan disebabkan insan sangat labil dan dinamis. Labil lantaran insan semenjak pertama dilahirkan belum mempunyai kemampuan untuk sanggup mempertahankan dan memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga dengan pendidikan insan sanggup dengan serta merta menguasai banyak sekali pengetahuan yang sanggup dimanfaatkan untuk kehidupannya. Manusia bersifat dinamis lantaran insan selalu termotivasi untuk senantiasa melaksanakan perubahan dalam kehidupannya.

Di mana kita memperoleh pendidikan? Kegiatan pendidikan telah dilakukan semenjak insan masih berada di dalam kandungan. Pendidikan diselenggarakan melalui dua bentuk, yaitu melalui pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah. Pendidikan pertama kali didapatkan dari keluarga. Setelah menuntaskan pendidikan dasar, mereka berhak melanjutkan pendidikan sesuai kebutuhannya.

Kapan forum pendidikan dibutuhkan? Lembaga Pendidikan merupakan sebuah institusi pendidikan yang memperlihatkan pendidikan formal mulai dari jenjang pra-sekolah hingga ke jenjang pendidikan tinggi, baik yang bersifat umum maupun khusus (misalnya sekolah agama atau sekolah luar biasa). Lembaga pendidikan juga merupakan sebuah institusi sosial yang menjadi distributor sosialisasi lanjutan sesudah forum keluarga.

Bagaimana kiprah forum pendidikan? Peranan sekolah sebagai forum yang membantu lingkungan keluarga, maka sekolah bertugas mendidik dan mengajar serta memperbaiki dan memperhalus tingka laris anak didik yang dibawa dari keluaganya. Sementara itu dalam perkembagan kepribadian anak didik, peranan sekolah dengan melalui kurikulum, antara lain:
  1. Anak didik berguru bergaul sesama anak didik ,antara guru dengan anak didik ,dan antara anak didik dengan orang yang bukan guru (karyawan).
  2. Anak didik berguru mentaati peraturan-peraturan sekolah.
  3. Mempersiapkan anak didik untuk menjadi anggota masyrakat yang mempunyai kegunaan bagi agama ,bangsa dan Negara.
Membuat Pantun
Buatlah sebuah pantun hikmah wacana pentingnya mendapat pendidikan. Lengkapilah pantunmu dengan beberapa hikmah wacana pentingnya berguru dengan sungguh-sungguh semoga bisa mencapai impian yang diinginkan. Bacakanlah pantunmu di depan kelas. Simaklah pantun-pantun yang dibacakan teman-temanmu, dan tuliskan pesan dari pantun-pantun itu di buku catatanmu!
Pohon kelapa tumbuh berjajar
Tumbuh berjajar ditepi pantai
Barang siapa rajin belajar
Tentu ia lekas pandai

Buah kelapa dibelah belah
Bawa kepasar dalam pedati
Barang siapa malas sekolah
Bila besar menyesal nanti

Pohon limau dimana tumbuh
Tumbuh akrab pohon rambutan
Tuntutlah ilmu bersungguh sungguh
Supaya selamat dihari kemudian
Tahukah Kamu?
Aneka Tradisi Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW
Masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, mempunyai kebiasaan unik dalam
memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. Mereka melaksanakan acara yang disebut dengan bungo lado. Bungo lado merupan pohon hias berdaunkan uang, atau disebut dengan pohon uang. Biasanya uang kertas dari banyak sekali macam nominal ditempel pada ranting-ranting yang dipercantik dengan kertas hias.

Tradisi bungo lado menjadi kesempatan bagi warga juga perantau untuk menyumbang pembangunan rumah ibadah di kawasan itu. Karenanya, masyarakat dari beberapa desa akan membawa bungo lado. Peringatan maulid tersebut digelar secara bergantian di beberapa kecamatan.

Sedangkan warga di Loram Kulon, Jati, Kudus, Jawa Tengah, juga mempunyai tradisi tersendiri. Mereka melaksanakan kirab Ampyang di depan Masjid Wali. Pada awalnya acara ini merupakan media penyiaran agama Islam di wilayah tersebut. Tradisi itu dilakukan oleh Ratu Kalinyamat dan suaminya Sultan Hadirin.

Tradisi yang tidak kalah unik yaitu tradisi Keresen, yaitu merebut banyak sekali hasil bumi dan pakaian yang digantung pada pohon kers. Tradisi ini dilakukan oleh sejumlah warga di Dusun Mengelo, Mojokerto, Jawa Timur. Berbagai hadiah tersebut melambangkan bahwa semua pohon di muka bumi sedang berbuah menyambut kelahiran Nabi Muhammad saw.

Ayo Lakukan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, kemudian diskusikanlah dengan sobat sebangkumu!
1. Bagaimana tradisi maulid di tempatmu?
2. Jika kau tidak mempunyai tradisi maulid, ceritakanlah tradisi masyarakat di kawasan tempat tinggalmu yang paling sering dirayakan bersama?
3. Bagaimana kau ambil penggalan dalam perayaan-perayaan tradisi di lingkunganmu?

Ceritakanlah pengalamanmu dalam mempersiapkan acara bersama ibarat perayaan tradisi masyarakat tersebut!

Ayo Cari Tahu
Berbagai Bentuk Bangun Ruang
Kamu tentu sudah mempelajari banyak sekali bangkit ruang sebelumnya! Dengan mempelajari sifat-sifat bangkit ruang, kau akan bisa mengidentifikasi bangunbangun datar apa saja yang membentuk sebuah bangkit ruang. Dengan demikian kau pun akan bisa mengetahui volume sebuah bangkit ruang. Sebagaimana telah kau ketahui, bahwa:
Volume Bangun Ruang = Luas Alas Bangun Ruang x Tinggi bangkit Ruang
Luas Alas Bangun Ruang = Volume Bangun Ruang : Tinggi bangkit Ruang
Tinggi bangkit Ruang= Volume Bangun Ruang : Luas Alas Bangun Ruang
Pecahkanlah soal-soal berikut! Temukan semua info yang diharapkan untuk menciptakan jaring-jaring bangkit ruang yang dimaksud! Lalu buatlah jaring-jaring yang tepat! Setelah itu, bekerja samalah dengan sobat sebangkumu untu menciptakan bangkit ruang tersebut dengan memakai jaring-jaring bangkit ruang yang sudah kau buat!

  1. Berikut yaitu sebuah gambar sebuah tabung yang mempunyai diameter 14 cm. Jika volume tabung yaitu 1.540 cm3, tentukan tinggi tabung!
  2. Sebuah kotak berbentuk balok mempunyai volume 720 cm3. Jika luas alasnya yang berbentuk persegi panjang yaitu 120 cm2, tentukan tinggi balok. Jika selisih panjang dan lebar ganjal kotak tersebut yaitu 2 cm, tentukan panjang dan lebar kotak balok tersebut!
  3. Perhatikan gambar berikut. Sebuah wadah berbentuk adonan antara tabung dan kubus. Tinggi tabung sama dengan tinggi kubus.
  4. Diketahui volume kubus yaitu 2.744 dm3 dan diameter tabung yaitu 3/4 dari tingginya. Tentukanlah volume tabung tersebut!

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 3 Memelihara Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel