Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 3 Memelihara Ekosistem

Nelson Rolihlahla Mandela (1918 – 2013)
Nelson Mandela ialah seorang tokoh internasional yang populer gigih memperjuangkan persamaan hak antar-ras. Hampir selama lebih dari tiga dekade, ia telah berjuang melawan ketidakadilan yang terjadi di negaranya, Afrika Selatan. Karena usaha yang tak kenal lelah itu, maka pada tahun 1993, Nelson Mandela dianugerahi Nobel Perdamaian.

Nelson Mandela populer dengan banyak sekali kata-kata bijaknya yang menginsipirasi orang lain untuk berbuat baik. Salah satu pesannya ialah untuk saling menyayangi orang lain, lantaran tidak ada orang yang dilahirkan untuk membenci orang lain lantaran warna kulit, latar belakang sosial, atau pun agamanya. Oleh karenanya, menyayangi ialah hal yang secara alami dimiliki oleh semua orang.

Pada dikala menjadi presiden Afrika Selatan, ia bahagia sekali mengenakan baju batik. Salah satu batik kesukaannya ialah batik dari Indonesia. Ia ingin memperlihatkan bahwa perbedaan tidak menghalangi siapa pun untuk menikmati keindahan karya masyarakat, meskipun bukan masyarakat dari negaranya sendiri. Hal ini mendorong para pejabat dikala itu untuk mulai mengenakan bajubaju tradisional Afrika yang berwarna cerah.

Ayo Lakukan

Perhatikanlah gambar di atas baik-baik! Pernahkah kau melihat acara tersebut terjadi di lingkungan daerah tinggalmu? Pada dikala acara itu berlangsung, acara apa yang sanggup kau lakukan untuk turut serta dalam acara tersebut?

Ceritakanlah salah satu acara di lingkungan daerah tinggalmu yang pernah kau ikuti! Jelaskan apa yang kau lakukan untuk turut serta dalam acara tersebut! Apa yang kau rasakan pada dikala mengikuti acara bersama tersebut?

Bekerja sama dan ikut serta dalam acara kemasyaratakan di lingkungan daerah tinggalmu akan memperlihatkan banyak manfaat. Selain kau mengenal lebih baik lingkungan daerah tinggalmu, kau juga akan mencar ilmu nilai-nilai kemasyarakatan. Belajar nilai-nilai gres dan melakukannya di dalam lingkungan masyarakat akan membantumu menjadi pribadi yang peduli terhadap lingkungan di sekitarmu!

Ayo Bacalah
Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem
Pada pembelajaran sebelumnya kau sudah mengetahui bahwa terdapat dua faktor utama yang menghipnotis keseimbangan ekosistem. Kedua faktor tersebut ialah faktor alami, berupa musibah yang sebagian besar di luar kendali manusia. Bencana alam yang dimaksud antara lain letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, dan musibah lain yang tidak disebabkan oleh acara manusia. Faktor yang lain ialah faktor insan yang melaksanakan banyak sekali acara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Terdapat beberapa acara insan yang secara eksklusif menghipnotis keseimbangan ekosistem. Kegiatan tersebut antara lain acara penebangan pohon dan pembakaran hutan, perburuan binatang hutan yang tidak terkendali, termasuk memperjualbelikan binatang langka dan dilindungi. Kegiatan lainnya berupa pemakaian pupuk kimia yang berlebihan, acara pembuangan sampah dan limbah secara sembarangan, serta beberapa acara pencemaran lingkungan lainnya.

Penebangan pohon terang akan merusak ekosistem hutan dan menghilangkan fungsi tumbuhan sebagai penahan air dan penghasil oksigen. Pembakaran hutan berakibat terbunuhnya banyak sekali jenis organisme hutan yang mempunyai tugas untuk mempertahankan keseimbangan ekosistem. Demikian halnya dengan perburuan binatang hutan secara sembarangan serta penangkapan banyak sekali satwa langka dan dilindungi. Hal ini berakibat pada terganggunya rantai makanan, jejaring kuliner dan piramida kuliner serta punahnya beberapa jenis satwa.

Kegiatan pertanian intensif yang menginginkan hasil panen dalam jumlah besar pada waktu yang singkat menimbulkan terjadinya pemakaian pupuk kimia secara berlebihan. Pada dikala yang sama, pembasmian hama pun dilakukan dengan memakai zat-zat kimia berbahaya. Kedua acara ini akan merusak tanah daerah sumber kuliner dan daerah tinggal banyak sekali jenis organisme. Penggunaan insektisida kimia juga akan membunuh hewan-hewan selain hama yang menghipnotis keseimbangan ekosistem.

Kegiatan insan lainnya yang menimbulkan dampak sangat besar ialah kebiasaan membuang sampah dan limbah berbahaya secara sembarangan. Kegiatan ini akan menimbulkan pencemaran lingkungan yang berakibat fatal bagi komponen-komponen ekosistem yang tinggal di dalamnya. Tidak hanya itu, banyak sekali jenis acara insan sanggup menimbulkan pencemaran air, tanah, udara, bahkan bunyi. Semuanya menimbulkan terganggunya keseimbangan ekosistem.

Ayo Lakukan
Mencari Arti Kosakata Baru
Simaklah dengan saksama bacaan di atas! Kamu akan menemukan beberapa kosakata gres di dalamnya. Tuliskanlah kosakata barumu dalam sebuah tabel. Carilah arti kosakatamu dengan memakai Kamus Besar Bahasa Indonesia. Lalu buatlah sebuah kalimat dengan memakai kosakata gres tersebut pada kolom berikutnya! Pilihlah lima kosakata untuk dibuat kalimatnya!
No.Kosa Kata BaruArtiContoh Dalam Kalimat
1.OrganismeSegala jenis makhluk hidup (tumbuhan, hewan, dan sebagainya); susunan yang bersistem dari banyak sekali penggalan jasad hidup untuk suatu tujuan tertentu:Semua organisme yang hidup pada lingkungan tertentu akan terpengaruh oleh keadaan lingkungan tersebut sehingga mereka harus beradaptasi.
2.InsektisidaSenyawa kimia yang dipakai untuk membunuh serangga (biasanya dengan mengusapkan atau menyemprotkannya); obat pembunuh seranggaPengertian insektisida secara umum ialah materi kimia yang dipakai untuk mengendalikan organisme pengganggu tanaman
3.EkosistemKeanekaragaman suatu komunitas dan lingkungannya yang berfungsi sebagai suatu satuan ekologi dalam alam;Ekosistem dibedakan atas ekosistem buatan dan ekosistem alami.
4.PiramidaBangunan dari watu yang berbentuk limas sebagai daerah menyimpan mumi raja-raja Mesir dahuluAda dua jenis piramida  biomassa  yaitu piramida tegak dan piramida terbalik. 
5.FatalMematikan, tidak sanggup diubah atau diperbaiki lagi (tentang kerusakan, kesalahan)Kegiatan ini akan menimbulkan pencemaran lingkungan yang berakibat fatal bagi komponen-komponen ekosistem yang tinggal di dalamnya
Ayo Cari Tahu
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!
  1. Apa sajakah faktor-faktor yang menghipnotis keseimbangan ekosistem? Faktor alam dan faktor manusia
  2. Bagaimana insan mempunyai andil besar terhadap keseimbangan ekosistem?  Manusia mempunyai keahlian untuk memanfaatkan apa saja yang ada di sekitarnya, baik lingkungan biotik maupun lingkungan abiotiknya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  3. Kegiatan insan apa sajakah yang sanggup mengganggu keseimbangan ekosistem? Kegiatan insan ibarat penebangan pohon dan pembakaran hutan, perburuan binatang hutan yang tidak terkendali, termasuk memperjualbelikan binatang langka dan dilindungi.
Ayo Lakukan
Membuat Buklet
Kamu akan menciptakan sebuah buklet wacana banyak sekali macam acara insan yang sanggup menghipnotis keseimbangan ekosistem. Lakukanlah beberapa langkah acara berikut!
1. Bersama dengan teman sebangkumu, buatlah sebuah peta pikiran untuk memahami bacaan di atas! Kamu sanggup menambahkan beberapa cabang dalam peta pikiranmu dengan memakai sumber-sumber lainnya!

2. Buatlah peta pikiranmu selengkap mungkin dan buatlah dengan rapi dan menarik

3. Berdasarkan peta pikiranmu, pilihlah salah satu acara insan yang menghipnotis ekosistem. Lengkapilah isu wacana acara pilihanmu dengan memakai banyak sekali sumber.

4. Dengan memakai isu yang kau dapatkan, buatlah sebuah buklet. Kegiatan ini merupakan acara perorangan.

5. Gunakan kertas ukuran A4 atau folio, kemudian lipatlah menjadi tiga penggalan yang sama. Rapikanlah lipatan yang kau buat. Kamu akan mendapat enam penggalan pada kedua halaman kertas tersebut.

6. Ikutilah petunjuk berikut:
  • Bagian pertama ialah sampul buklet. Tuliskanlah judul yang menarik, dan tuliskan namamu.
  • Bagian kedua: Jelaskan apa yang dimaksud dengan acara insan yang kau pilih.
  • Bagian ketiga: Buatlah sebuah diagram alur yang menarik wacana acara insan pilihanmu.
  • Bagian keempat: tunjukkanlah berupa gambar, tempat-tempat terjadinya acara insan tersebut.
  • Bagian kelima: jelaskan akhir yang ditimbulkan oleh acara insan tersebut. Gunakan gambar wacana rantai makanan, atau jejaring makanan, atau piramida kuliner untuk memperlihatkan akhir acara tersebut terhadap komponen ekosistem.
  • Bagian keenam: Tuliskan sumber-sumber isu yang kau gunakan.
  • Rapikan dan buatlah bukletmu semenarik mungkin!
Mengenal Lebih Dalam Tentang Balok
Balok merupakan satu berdiri ruang yang dibuat oleh tiga pasang persegi panjang, dan setiap pasang persegi panjang mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Tetapi kadang-kadang, salah satu sisi balok berbentuk persegi. Tiga pasang persegi panjang atau persegi itu merupakan sisi-sisi balok itu. Perhatikanlah gambar berikut ini!

Jika ganjal balok berbentuk persegi panjang, maka volume balok adalah:
V balok (V) = p x l x t
Seperti halnya, kubus, balok juga mempunyai bentuk jaring-jaring yang berbedabeda.
Berikut ini terdapat beberapa isu dan pola yang sanggup kau pelajari!

Manusia mencar ilmu nilai-nilai dari lingkungannya. Manusia melaksanakan banyak acara untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan sosial maupun kebutuhan untuk hidupnya. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang mempunyai logika untuk berkreasi dan mengadakan yang sebelumnya tidak ada. Manusia mempunyai keahlian untuk memanfaatkan apa saja yang ada di sekitarnya, baik lingkungan biotik maupun lingkungan abiotiknya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 8 Subtema 3 Memelihara Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel