Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 3 Memelihara Ekosistem

Ada beberapa jenis gerakan senam senam lantai dengan memakai alat. Senam ini merupakan olahraga dasar, alasannya ialah senam lantai yang akan kalian lakukan, melibatkan seluruh anggota badan, baik untuk olahraga itu sendiri, maupun untuk olahraga lainnya. Dalam senam lantai, setiap belahan tubuh dilatih biar mempunyai kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, kelincahan dan ketepatan. Tetapi, ingatlah! Hal paling penting dalam olahraga ini ialah keselamatan. Untuk menghindari cedera, kalian harus mendengarkan aba-aba Pak Guru, dan lakukanlah dengan sungguh-sungguh! Jangan bergurau selama melaksanakan senam lantai.

Terdapat dua acara dasar yang dilakukan para siswa hari ini, yaitu:
1. Latihan Gerakan Lompat Kangkang Melewati Rintangan.
Lompat kangkang sanggup memakai punggung sobat atau peti lompat sebagai rintangan. Gerakan ini dilakukan dengan beberapa langkah:
  1. Sikap awal: bangun tegak dan pandangan mata ke depan ke arah rintangan.
  2. Berlari menuju rintangan
  3. Sesampainya di rintangan, kedua tangan diletakkan di atasnya, kemudian melompat
  4. Saat melayang, posisi kaki kangkang atau diangkat dan kedua tangan menekan di atas rintangan
  5. Kemudian, mendarat dengan memakai kedua kaki secara bersamaan
2. Latihan Guling Depan
Gerakan guling depan dilakukan dengan cara :
  1. Sikap awal bangun tegak di tepi matras
  2. Jongkoklah dengan kedua tangan diletakkan di matras bersahabat kaki.
  3. Tempelkan dagu ke dada, kemudian menolak dengan kedua telapak kaki dan berguling ke depan
  4. Saat berguling tempatkan tengkuk pada matras, bukan dahi.
  5. Bergulinglah dengan keadaan tubuh dibulatkan, sehabis itu mendarat dengan perilaku setengah jongkok. Selanjutnya, bangun tegak menyerupai semula.
Ayo Bacalah
Perubahan dalam Keseimbangan Lingkungan di Sekitar Kita
Kamu tentu tahu bahwa keseimbangan lingkungan sanggup terwujud apabila terjadi keselarasan dan keseimbangan antara komponen biotik dan abiotik. Apabila terjadi gangguan pada kedua komponen tersebut, maka keseimbangan lingkungan akan terganggu. Sejauh ini diketahui terdapat dua jenis faktor yang menimbulkan perubahan keseimbangan di dalam ekosistem, yaitu faktor alami dan faktor manusia.

Faktor alami yang menimbulkan perubahan keseimbangan lingkungan ialah insiden alam. Peristiwa alam ada yang mengakibatkan bencana, disebut sebagai peristiwa alam. Bencana alam menyerupai letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, badai, dan tsunami sanggup menimbulkan terputusnya rantai makanan. Apabila salah satu rantai masakan terputus pada sebuah ekosistem, maka jaring-jaring masakan akan terganggu. Dengan terganggunya jaringjaring makanan, maka keseimbangan ekosistem secara keseluruhan juga akan terganggu.

Faktor kedua yang tidak kalah dahsyat ialah faktor manusia. Manusia mempunyai dampak yang sangat besar terhadap perubahan ekosistem.Dengan kemampuan berpikirnya, insan sanggup meningkatkan kestabilan ekosistem, tetapi insan juga sanggup dengan mudahnya memusnahkan sebuah ekosistem, baik itu disengaja maupun tidak disengaja.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, insan bisa merubah lingkungan sesuai keinginannya, tanpa terpikir akibatnya. Ketika insan memerlukan lahan untuk daerah tinggal, insan membuka hutan dengan menebangi banyak sekali jenis flora yang ada di sana, bahkan membakarnya. Tindakan ini menimbulkan berkurangnya jumlah tumbuhan produsen yang menjadi sumber masakan binatang herbivora.

Akibatnya, hewan-hewan herbivora ini akan memasuki permukiman penduduk dan memakan tumbuhan yang ditanamnya. Tak hanya binatang herbivora, hewanhewan karnivora pun akan melaksanakan hal yang sama dengan memasuki pemukiman penduduk untuk mendapat makanan. Sehingga tidak heran, sering terdengar kabar, ternak-ternak penduduk tiba-tiba mati dimangsa oleh binatang buas.

Ayo Lakukan
Membuat Peta Pikiran
Lengkapilah Peta pikiran di bawah ini menurut bacaan di atas!

Berdasarkan peta pikiran di atas, tulislah sebuah ringkasan dalam satu paragraf!
Keseimbangan lingkungan sanggup terwujud apabila terjadi keselarasan dan keseimbangan antara komponen biotik dan abiotik. Apabila terjadi gangguan pada kedua komponen tersebut, maka keseimbangan lingkungan akan terganggu. Terdapat dua jenis faktor yang menimbulkan perubahan keseimbangan di dalam ekosistem, yaitu faktor alami dan faktor manusia. Bencana alam menyerupai letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, badai, dan tsunami sanggup menimbulkan terputusnya rantai makanan. Ketika insan memerlukan lahan untuk daerah tinggal, insan membuka hutan dengan menebangi banyak sekali jenis flora yang ada di sana, bahkan membakarnya
Ayo Amati
Ekosistem Taman
Amatilah sekelilingmu! Pergilah ke sebuah taman yang rindang di sekitar sekolahmu. Amati makhluk hidup apa saja yang ada dan berinteraksi di dalamnya. Pikirkanlah apa yang akan terjadi jikalau seseorang menebang salah satu pohon yang ada di sana. Apa yang akan terjadi terhadap ekosistem taman akhir penebangan salah satu pohon yang ada di sana!

Misalnya saja, sebelumnya pohon itu menjadi daerah beberapa burung dan serangga untuk mencari makanan, berlindung dan menciptakan sarang. Bahkan beberapa jenis cacing tanah serta organisme lainnya hidup dan mencari masakan di antara perakaran pohon tersebut.

Lalu perhatikan beberapa tumbuhan yang sebelumnya tumbuh dengan baik di bawah kerindangan pohon tersebut, tiba-tiba mendapat terlalu banyak sinar matahari. Apa yang akan terjadi dengan makhluk hidup yang usang hidup bersama pohon tersebut?

1. Tuliskanlah hasil pengamatan dan perkiraanmu dalam bentuk diagram alur dengan melibatkan semua makhluk hidup yang dijelaskan di atas! Gambarlah semua komponen yang terlibat dengan memakai gambar ilustrasi!

2. Jelaskanlah perubahan-perubahan apa saja yang mungkin terjadi sehabis pohon tersebut ditebang. Setelah pohon ditebang beberapa perubahan yang terjadi antara lain binatang menyerupai burung tidak bisa lagi menciptakan sarang, dan beberapa binatang kecil tidak bisa lagi memperoleh makanan.

3. Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatanmu ke dalam goresan pena satu paragraf.
Ketidakseimbangan ekosistem terjadi apabila semua komponen biotik maupun abiotik tidak berada pada porsi yang seharusnya baik jumlah maupun perananya dalam lingkungan. Sehingga sanggup dikatakan tidak seimbang jikalau salah satu komponen pada ekosistem tersebut rusak.

Ayo Berkreasi
Membuat Keterangan Gambar Ilustrasi
Berikut ini disajikan dua jenis gambar gambaran yang diambil dari sebuah buku perihal ekosistem. Amatilah kedua gambar tersebut, kemudian jelaskan pendapatmu perihal komposisi dan proporsi gambar gambaran tersebut. Buatlah keterangan gambar tersebut dalam goresan pena satu paragraf. Tuliskanlah kedua hal tersebut pada daerah yang telah tersedia.

Proporsi
Suatu benda tersusun dari satu kesatuan menurut ukuran antara belahan satu dengan belahan lainnya. Kesebandingan, keseimbangan, atau kesesuaian bentuk dan ukuran suatu benda antara belahan yang satu dengan belahan yang lain itulah yang dinamakan proporsi. Dengan memakai proporsi yang tepat, maka gambar benda yang dihasilkan akan tampak wajar. Jika gambar yang dibentuk tidak sesuai dengan proporsi maka akan terkesan janggal.

Komposisi
Komposisi ialah tata susunan yang menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama, dan keselarasan dalam suatu karya seni rupa. Gambar bentuk yang baik harus memerhatikan komposisi sehingga gambar yang dibentuk sanggup menghasilkan kesan yang seimbang, menyatu, berirama, dan selaras.

Keterangan Gambar:
Pada gambar pertama menandakan konsidi ekosistem yang berjalan seimbang dan pada gambar kedua menandakan keseimbangan ekosistem yang terganggu oleh ulah manusia

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 3 Memelihara Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel