Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 3 Memelihara Ekosistem

Energi dalam Ekosistem
Berbagai jenis tumbuhan menangkap sinar matahari dan menjadikannya sebagai sumber energi. Ketika kau memakan tumbuhan tersebut, berapa energi yang kau dapatkan dari tumbuhan tersebut? Semua makhluk hidup membutuhkan energi untuk hidup. Tumbuhan produsen mendapat energi dari sinar matahari. Hewan-hewan konsumen mendapat energi dari kuliner yang mereka makan. Namun, makhluk hidup tidak bisa membuat energi. Makhluk hidup hanya memindahkan dan memakai untuk melaksanakan banyak sekali kegiatan.

Perpindahan energi dari matahari ke tumbuhan hijau melalui proses fotosintesis. Pada waktu tumbuhan hijau dimakan oleh herbivora, energi dalam tumbuhan berpindah ke dalam badan herbivora dan sebagian energi hilang berupa panas. Sama halnya ketika herbivora tersebut dimakan oleh karnivora. Oleh karenanya, aliran energi pada rantai kuliner jumlahnya akan semakin berkurang.

Perhatikan gambar piramida kuliner di atas! Jumlah kuliner yang tersedia pada bab bawah piramida lebih banyak dibandingkan pada bab atasnya. Semakin ke atas, jumlah kuliner semakin sedikit. Jumlah makhluk hidup pada bab bawah piramida juga lebih banyak dibandingkan bab atasnya. Semakin ke atas, jumlah makhluk hidup semakin sedikit. Semakin sedikit jumlah kuliner yang tersedia, semakin sedikit energi yang ada. Semakin ke atas bab piramida, semakin sedikit energi yang tersedia.

Kamu akan melaksanakan beberapa acara sebagai berikut.
1. Tugas Kelompok: Membuat piramida kuliner pada ekosistem tertentu.
  1. Pilihlah sebuah ekosistem sedemikian rupa sehingga setiap kelompok mendapat ekosistem yang berbeda.
  2. Tentukan sebuah rantai kuliner yang mungkin terjadi di dalam ekosistem tersebut!
  3. Gambarlah rantai kuliner tersebut ke dalam sebuah piramida makanan.
  4. Lengkapilah piramida makananmu dengan gambar makhluk hidup yang sesuai, kemudian berilah label, mana yang disebut produsen, konsumen tingkat I, II, III.

2. Tugas perorangan: Membuat sebuah goresan pena dalam beberapa paragraf yang menjelaskan interaksi yang terjadi di dalam piramida kuliner tersebut. Jelaskan apa yang akan terjadi pada masing-masing tingkat di dalam piramida makanan, apabila terjadi perubahan pada salah satu bagiannya.

Piramida kuliner merupakan citra secara umum hubungan antar komponen biotik dalam suatu ekosistem. Berbeda dengan rantai makanan, piramida kuliner menggambarkan interaksi antar komponen biotik lebih dari sekedar insiden makan dan dimakan dalam rantai makanan. Hubungan yang terbentuk antar organisme dalam piramida kuliner ialah kerucut, menyerupai piramid. Dalam piramida kuliner membuktikan suatu jumlah organisme dalam tingkat trofik suatu ekosistem.

Komponen biotik sanggup dibedakan menurut peranannya:
Produsen : peranan produsen dimiliki oleh kelompok tumbuhan dan alga, yaitu kelompok organisme yang bisa membuat makanannya sendiri (autotrof). Energi yang diserap dari produsen ini yang akan dipindahkan ke organisme lainnya dalam suatu ekosistem. Pada piramida di atas produsen yakni tumbuhan wortel

Konsumen : yaitu kelompok organisme heterotrof, yang mendapat makanannya dengan memakan organisme lain. Berdasarkan makanannya konsumen dibedakan menjadi:

  1. Konsumen pertama yakni kelompok organisme yang mendapat makanannya lagsung dari produsen. Kelompok ini disebut juga dengan pemakan tumbuhan (herbivora). Contohnya yakni kelinci.
  2. Konsumen sekunder yaitu kelompok organisme yang sumber makanannya ialah konsumen tingkat pertama. Kelompok organisme ini tidak bisa untuk menyerap energi yang berasal dari produsen. Konsumen sekunder ialah kelompok karnivora misalnya yakni serigala.
  3. Konsumen tersier yakni kosumen puncak yang merupakan kelompok karnivora. Konsumen tersier merupakan organisme yang menjadi titik terujung dalam suatu ekosistem yang subjeknya bervariasi pada tiap – tiap ekosistem. Pada pola di atas kelompok tersier ini diwakili oleh singa
3. Tugas perorangan: Pada suatu hari, kau sedang makan siang. Setelah kau perhatikan, salah satu lauk yang diberikan ibumu yakni ikan tuna goreng.

  1. Gambarkanlah ke dalam sebuah rantai kuliner yang melibatkan dirimu pada ketika kau memakan makan siangmu.
  2. Jelaskanlah hubungan yang terjadi di dalam rantai makananmu, dalam satu paragraf.
  3. Buatlah sebuah piramida kuliner yang melibatkan dirimu dan ikan tuna goreng yang kau makan.
  4. Jelaskanlah aliran energi yang terjadi dalam piramida makananmu dalam sebuah paragraf!
  5. Secara bergantian, presentasikanlah hasil pekerjaanmu bersama kelompokmu!

Ayo Berlatih
Kamu tentu masih ingat segala sesuatu perihal kubus, bukan? Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukan beberapa hal berikut ini!
  1. Buatlah sebuah poster dengan memakai kertas ukuran A3.
  2. Tulis dan gambarlah semua yang kau ketahui perihal kubus: Sifat kubus, Jaring-jaring kubus Volume kubus dengan memakai kubus satuan, Benda-benda di sekitar yang berbentuk kubus.
  3. Presentasikanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas!
  4. Tempelkanlah hasil pekerjaanmu di dinding kelas, biar kau gampang mengingatnya!
Setelah melaksanakan acara di atas, kau jadi ingat kembali pembelajaranpembelajaran sebelumnya perihal kubus, bukan? Kubus memang salah satu bangkit ruang yang unik. Keunikannya antara lain alasannya kubus dibangun oleh sisisisi yang berbentuk persegi. Sehingga, kubus memiliki panjang sisi yang sama!

Nah, kalau sebuah kubus diketahui volumenya, bisakah kau menggambarkan jaring-jaring kubus tersebut? Bisakah kau membuat kubus dengan memakai jaring-jaring
yang kau buat? Dengan memakai pola dan pemahamanmu perihal sifat-sifat kubus,
lengkapilah tabel berikut ini! Berusahalah untuk membuat jarring-jaring kubus yang
berbeda-beda!

Ayo Lakukan
Membuat Bangun Ruang Berbentuk Kubus
Bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah beberapa pangkah acara berikut!
  1. Pilihlah salah satu dari jaring-jaring kubus di atas!
  2. Buatlah sebuah jaring-jaring kubus dengan memakai kertas berpetak sesuai dengan ukuran yang sebenarnya!
  3. Buatlah sebuah kubus dari jaring-jaring kubus yang kau buat!
  4. Amatilah setiap langkah kerja yang kau ambil. Perhatikan apa yang terjadi?
  5. Apakah kau menemui kesulitan untuk membentuk kubus yang kau inginkan?
  6. Tuliskanlah kesulitan-kesulitanmu!
  7. Berdiskusilah dengan teman sebangkumu, apa yang perlu kau lakukan untuk memperbaiki bentuk kubusmu!
  8. Lakukanlah beberapa percobaan hingga kau berhasil mendapat kubus yang sempurna!

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 3 Memelihara Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel