Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 2 Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Pagi itu Dayu terkesima melihat sebuah foto yang ditunjukkan Lani kepadanya. Pada foto itu terlihat Lani mengenakan busana tari yang indah. Ia mengenakan kain panjang berwarna terang dan bermotif awan. Pada bahunya terdapat kain menjuntai serupa sayap berwarna hijau. Di bab kepala, terdapat sebuah mahkota berbentuk kepala burung. Rambut Lani tampak disanggul rapi ke belakang. Tampak pada foto, Lani bersama temannya berpakaian sama sedang melaksanakan sebuah gerakan tari.

Ada banyak ragam tari tradisional di negeri kita. Aku ingin sekali mempelajarinya, meskipun itu bukan tarian dari kawasan asalku. Dengan mempelajari beberapa tari tradisional, kau akan menyadari, betapa banyaknya ragam budaya negeri kita.

Ayo Lakukan
Setelah membaca bacaan di atas, lakukanlah beberapa kegiatan berikut!
1. Buatlah pertanyaan sehubungan dengan bacaan di atas. Tuliskanlah pada Kartu Tanyamu.
  • Apa saja nama tari tradisional Indonesia?
  • Mengapa kita harus mempelajari tari tradisional?
  • Apa nilai-nilai yang terkandung dalam tarian tradisional?
  • Bagaimana cara melestraikan tari tradisional>
2. Lakukanlah sebuah survei singkat di antara teman-temanmu dengan memakai tabel di bawah ini. Perhatikan contoh!
No.Nama TemanAsal DaerahBudaya khas Suku Asal Orang Tua
1.DayuBaliNgaben, Subak, Tari Kecak, Tari Legong
2.SitiSumatera BaratRumah Gadang, Tabuik, Tari Piring, Upacara Meresek
3.BeniMalukuRumah Adat Baileo, Tari Lenso, Cakalele, Lagu Kole kole, Mande mande, Rasa Sayang  Sayange.
4.SusantiJawa TengahRumah Joglo, Kethoprak, Wayang Kulit, Tari Bedhaya, Lagu Gambang Suling
5.AsepJawa BaratTari Jaipong, Angklung, Lagu Bubuy Bulan, Lagu Tokecang
3. Tuliskan kesimpulanmu wacana keberagaman budaya yang ada di kelasmu!
Kebudayaan dikelasku sangat bermacam-macam sesuai dengan asal orang bau tanah mereka.

4. Apa saja yang dibutuhkan supaya sanggup hidup berdampingan dengan sahabat atau orang lain yang mempunyai budaya berbeda?
  • Jangan pernah mengejek atau menghina suku lain. Mungkin saja budaya suku bangsa yang lain berbeda dengan kita, terkadang kita sendiri merasa aneh, sebagai pola suku Sunda yang biasanya kesulitan untuk mengucapkan abjad "f" dan bermetamorfosis abjad "p". Kita harus menghargainya sebagai kekayaan dialek bahasa kawasan yang ada di Indonesia.
  • Menerima dan menghargai perbedaan antar suku yang ada alasannya bahu-membahu perbedaan itu membuat bangsa kita lebih kaya. Dengan perbedaan tersebut sanggup terjalin persatuan dan kesatuan.
  • Jangan hanya mau berteman dengan suku yang sama saja. Bergaulah dengan siapa saja yang bertujuan baik, tidak pandang suku apa ia berasal. Semakin bermacam-macam sahabat yang kita miliki semakin banyak pengetahuan yang sanggup kita pelajari dari mereka. 
  • Jangan pernah menganggap suku sendiri yang paling baik dan suku lain yang lebih jelek. Hal ini untuk menghindari perselisihan. Masing-masing suku mempunyai kelebihan dan kekurangan, dan tidak ada yang paling sempurna. Baik berdasarkan evaluasi kita belum tentu baik berdasarkan evaluasi suku yang lain.
5. Pikirkan sebuah kegiatan yang sanggup dilakukan di sekolah untuk memelihara keberagaman budaya di sekolah! Membuat program pertunjukan tari daerah.

6. Ceritakanlah sebuah pengalaman yang tidak terlupakan wacana kegiatan bersama temanmu yang mempunyai suku atau budaya yang berbeda denganmu. Tuliskanlah pengalamanmu itu di dalam goresan pena tiga paragraf.

7. Bacakanlah ceritamu di depan kelas. Lalu jelaskanlah pesan watak yang ingin kau sampaikan melalui ceritamu tersebut.

8. Pilihlah salah satu dari gambar yang ada pada awal pembelajaran. Lalu buatlah sebuah syair yang terdiri atas tiga paragraf berdasarkan gambar tersebut.

9. Bacakanlah syairmu dengan memakai intonasi yang tepat sehingga syairmu indah untuk didengarkan!

Keragaman budaya bangsa Indonesia yang sangat bermacam-macam menjadi kebangggan tersendiri, tidak ada negara lain yang seunik bangsa kita. Oleh karenanya, kita harus terus memelihara dan mempertahankan keragaman budaya ini sebagai identitas bangsa kita.

Kegiatan budaya juga telah menyumbangkan banyak pendapatan ke negara secara tidak langsung. Keunikan negara kita mengundang para turis mancanegara untuk tiba dan mengunjungi negara kita. Kegiatan ekonomi di sektor pariwisata menyumbang devisa yang besar bagi negara kita.

Bagaimana dengan kegiatan ekonomi di bidang lainnya? Apakah jenis-jenis perjuangan yang ada dalam kegiatan ekonomi kita?

Ayo Bacalah
Kegiatan Ekonomi dan Jenis Usaha
Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh insan untuk memenuhi kebutuhannya atau mencapai kemakmuran atau kesejahteraan. Di dalam masyarakat ditemui aneka macam macam jenis perjuangan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Semua jenis perjuangan ekonomi berada dalam sebuah siklus yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Oleh karenanya, hampir semua perjuangan ekonomi bergantung pada perjuangan ekonomi lainnya.

Menurut usahanya, jenis perjuangan dalam masyarakat terdiri atas perjuangan pertanian, perjuangan industri, perjuangan dagang, perjuangan jasa dan perjuangan ekstratif. Usaha pertanian yakni perjuangan mengolah tanah menjadi lahan pertanian. Lahanlahan ini kemudian ditanami aneka macam jenis tanaman yang sanggup memenuhi kebutuhan manusia. Kegiatan yang termasuk dalam perjuangan ini antara lain, menanam padi, menanam kacang tanah, palawija, perkebunan karet, kopi, teh dan lainnya.

Usaha industri merupakan perjuangan yang mengolah materi mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi. Misalnya, perjuangan roti, perjuangan kerajinan, atau lainnya. Usaha dagang merupakan perjuangan yang mengumpulkan dan menyalurkan barang-barang hasil produksi dari produsen ke konsumen. Sedangkan perjuangan jasa merupakan sebuah perjuangan yang menyelenggarakan jasa untuk para konsumen (pemakai) dengan memperoleh imbalan. Usaha jasa terdiri atas dua perjuangan jasa, yaitu perjuangan jasa transportasi dan perjuangan jasa lainnya. Yang terakhir yakni perjuangan ekstratif. Usaha ini merupakan perjuangan yang memungut secara eksklusif benda-benda yang tersedia di alam. Misalnya, kegiatan menangkap ikan di maritim atau sungai, kegiatan penebangan kayu di hutan belantara, pertambangan, pembuatan garam dan sebagainya.

Ayo Lakukan
Membuat Peta Pikiran
Bersama dengan temanmu, buatlah sebuah peta pikiran berdasarkan bacaan di atas! Lengkapilah dengan beberapa gambar yang sesuai, dan buatlah semenarik mungkin. Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Mari Membuat Artikel Sederhana
Dari peta pikiranmu, pilihlah salah satu jenis perjuangan yang berkembang baik di daerahmu. Lakukanlah survei sederhana dan catatlah di kotak berikut: Dengan memakai catatan di atas, susunlah sebuah artikel sederhana wacana perjuangan ekonomi yang terjadi. Tuliskan ke dalam paragraf yang terdiri paling sedikit tiga paragraf.

Nama Usaha : Tahu Enak
Jenis Usaha : Pembuatan Tahu
Tahun Berdiri :1980
Bahan Mentah :Kedelai
Cara memperoleh materi mentah: Membeli di Pasar

Tahapan produksi :
  1. Pembersihan Kedelai. Langkah pertama yaitu membersihkan kedelai dari segala macam kotoran yang melekat memakai air bersih. 
  2. Pengelupasan kulit Kedelai dan Menghaluskan. Setelah kedelai dicuci higienis kemudian kulit ari atau kulit tipis yang ada di kedelai dikelupas memakai alat khusus yang masih tradisional untuk mengelupasnya. Setelah semua kulit pada kedelai terkelupas, tinggal menggilingnya atau menumbuknya hingga halus. Hal ini dilakukan supaya tahu yang lembut dan enak sanggup dibentuk dengan sempurna.
  3. Pemasakan. Tahap yang ketiga merupakan tahap pemasakan. Pada tahap ini kedelai yang telah dihaluskan tadi dimasukkan ke dalam wadah besar untuk dimasak hingga matang.
  4. Penyaringan. Pada tahap ini sesudah tahu dimasak dengan memakai air hingga mendidih tadi telah masak, saatnya ke proses penyaringan. Saringlah kedelai yang telah menjadi menyerupai bubur tadi dengan memakai air asam sambil terus diaduk secara perlahan. 
  5. Pemisahan Air. Setelah dilakukan tahap penyaringan dan mengalami proses penggumpalan, saatnya Anda sanggup mencetak tahu sesuai ukuran Anda. Tapi sebelum mencetaknya Anda perlu memisahkan air asam yang ada pada tahu dengan bubur kedelai yang telah menggumpal. Setelah itu, gres sanggup mencetak tahu sesuai selera.
  6. Proses Mencetak Tahu. Dalam proses pencetakan tahu ini, memerlukan alat berupa saringan tahu yang berupa kain tipis dan kemudian di press. Proses ini dilakukan dengan memakai derma alat tersebut supaya tahu yang dihasilkan menjadi lebih padat dan juga sesuai dan sama bentuk tahu antara satu dengan yang lainnya.
  7. Proses Perebusan. Tahu yang telah selesai dicetak selanjutnya masuk ke tahap atau proses berikutnya yaitu proses perebusan. Proses ini dilakukan supaya tahu yang dicetak akan lebih padat dan kenyal serta tahan lama. Dalam proses perebusan, ada dua pilihan pewarnaan. Tahu sanggup dibiarkan putih atau kuning. Jika tahu kuning, maka perlu ditambahkan bubuk kunyit dikala proses perebusan ini.
Hasil produksi : Tahu Mentah

Tempat dan cara pemasaran: Dijual ke pasar

Dengan memakai catatan di atas, susunlah sebuah artikel sederhana wacana perjuangan ekonomi yang terjadi. Tuliskan ke dalam paragraf yang terdiri paling sedikit tiga paragraf.

Perusahaan Tahu Enak bangun semenjak tahun 1980. Bahan utama pembuatan tahu yakni biji kedelai yang sanggup diperoleh di pasar-pasar tardisional terdekat.

Tahapan produksi tahu dimulai dengan pembersihan biji kedelai supaya terbebas dari kotoran. Setelah kedelai higienis selanjutnya yakni pengelupasan kulit dan penggilingan biji kedelai supaya berbentuk cairan menyerupai susu. Kedelai yang sudah berbentuk menyerupai susu tersebut dimasak menggunkan kuali besar dan di atas tungku. Setelah mendidih air tahu disaring supaya ampasnya tidak terbawa dan dilakukan penyaringan.Bahan tahu selanjutnya dipisahkan dari air yang masih tersisa kemudian tahu dicetak. Setelah tahu dicetak selanjutnya tahu direbus.

Dari proses tersebut di atas diperoleh tahu yang masih mentah. Agar tahu sanggup eksklusif dikonsumsi tahu harus digoreng terlebih dahulu. Setelah dogoreng tahu sanggup dijual ke pasar atau biasanya ada pedagang yang sengaja tiba ke tempat pembuatan tahu untuk dijual kembali.

Ayo Bernyanyi
Pelajari kembali lagu Si Patokaan termasuk artinya di bawah ini!
Si Patokaan

Sayang sayang si patokaan
matigo-tigo gorokan sayang
Sayang sayang si patokaan
matigo-tigo gorokan sayang
Sako mangêmo nan tana jauh
mangemo milei lek la ko sayang
Sako mangêmo nan tanah jauh
mangemo milei lek la ko sayang

Arti dalam bahasa indonesia:

sayang-sayang orang patokaan
pucat dan sakit-sakitan sayang
sayang-sayang orang patokaan
pucat dan sakit-sakitan sayang
kalau kau pergi ke tanah jauh
pergilah dengan berhati-hati sayang
kalau kau pergi ke tanah jauh
pergilah dengan berhati-hati sayang
Dengan memakai lagu Si Patokaan kau dan kelompokmu akan menyanyikan bersama dengan iringan musik ritmis. Agar penampilan kelompokmu lebih anggun lagi, kau sanggup melatih beberapa gerakan tari bersama yang dinamis sebagai bab dari pertunjukan yang akan kau buat.

Langkah Kegiatan :
  1. Pelajari kembali lagu Si Patokaan. Pahami arti liriknya.
  2. Tentukan siapa yang akan mengisi bunyi satu dan bunyi dua.
  3. Sisa anggota kelompok akan mengiringinya dengan memakai alat musik ritmis yang ada.
  4. Berlatihlah melaksanakan gerakan tari dengan memakai kaki.
  5. Ikutilah gerakan-gerakan berikut ini : a. Dua langkah kecil ke kanan, b. kembali ke tempat, c. kemudian mundur satu atau dua langkah ke belakang, d. kemudian maju ke depan sambil berputar e. Mengulang-ulang gerakan sesuai irama lagu.
  6. Pelajari dan berkreasilah dengan alat musik ritmis yang ada untuk membuat iringan musik yang padu.
  7. Berlatihlah kembali, kali ini bersama dengan vokal.
  8. Berlatihlah berulang-ulang hingga setiap orang di dalam kelompokmu sanggup melaksanakan bagiannya masing-masing dengan optimal.
  9. Tampillah di depan kelas dengan percaya diri!

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 2 Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel