Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 2 Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Pada masa pertumbuhan, bawah umur harus menerapkan pola hidup yang seimbang. Kegiatan sehari-hari sebaiknya diseimbangkan, semoga perkembangan motorik, baik motorik halus maupun kasar, berkembang optimal. Akibat perkembangan teknologi dan dunia hiburan, menjadikan bawah umur lebih banyak menghabiskan waktunya dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang tidak seimbang. Menghabiskan waktu di depan televisi terlalu lama, bermain permainan elektronik memakai satu jari dalam waktu yang lama, merupakan beberapa pola acara yang kurang baik untuk pertumbuhan.

Daftar Kegiatanku
Buatlah daftar acara yang kau lakukan pada satu hari, dan tuliskanlah pada tabel di bawah ini. Pada kolom selanjutnya tuliskan waktu yang kau habiskan untuk acara tersebut. Pilahlah acara mana yang termasuk ke dalam acara fisik yang baik untuk kesehatan dan kebugaranmu. Pada setiap acara fisikmu, tuliskan cuilan badan mana yang dilatih paling banyak.
No.KgiatanLama WaktuKegiatam FisikBagian Yang Dilatih
BaikKurang Baik
1.Bersepeda30 menit-Otot tungkai dan paha
2.Senam Pagi30 menit-Otot kaki dan Tangan
3.Lari Pagi30 menit-Otot kaki
4.Menimba Air15 menit-Otot tangan
5Menyapu halaman20 menit-Otot tanga

Makhluk hidup memerlukan keadaan yang optimal semoga bisa berkembang dengan baik. Akan tetapi keadaan yang optimal tersebut sering kali harus diusahakan secara maksimal. Hal itu disebabkan, makhluk hidup tidak hidup sendiri, sedangkan kebutuhan makhluk hidup hampir sama, yaitu makanan, air, tempat tinggal, dan sinar matahari. Oleh karenanya, di alam, tidak sanggup dihindarkan terjadinya persaingan antarmakhluk hidup, baik yang homogen maupun yang berbeda jenis, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Persaingan yang terjadi di dalam rantai kuliner dan jejaring kuliner ini akan mempengaruhi ekosistem.

Tahukah Kamu?
Persaingan di dalam Ekosistem
Makhluk hidup yang menempati sebuah ekosistem akan terlibat dalam persaingan untuk bisa bertahan hidup. Persaingan terjadi dikala lebih dari dua jenis makhluk hidup membutuhkan suatu hal yang sama untuk kelangsungan hidupnya. Misalnya, pepohonan yang tinggi di hutan-hutan yang lebat biasanya mendapat sinar matahari yang lebih banyak dibandingkan flora yang lebih kecil atau pendek. Oleh karenanya, pohon-pohon yang lebih kecil harus bersaing dengan pepohonan kecil lainnya untuk mendapat sinar matahari yang tersisa.

Makhluk hidup melaksanakan persaingan untuk mendapat banyak sekali sumber kehidupan. Selain sinar matahari, makhluk hidup akan bersaing untuk mendapat makanan, air, dan ruang untuk hidup. Hanya makhluk hidup yang bisa bersaing yang akan bertahan.

Beberapa makhluk hidup bersaing untuk mendapat kawasan kekuasaan. Misalnya binatang dan manusia. Manusia mengambil alih tempat yang sebelumnya dihuni oleh para hewan, untuk memenuhi kebutuhannya akan tempat tinggal. Akibatnya, beberapa binatang yang tergusur akan memasuki area perumahanyang dibangun oleh manusia.

Beberapa makhluk hidup bersaing untuk mendapat oksigen. Alga ialah salah satu contohnya. Alga yang tumbuh pada ekosistem air akan menyediakan oksigen dan kuliner bagi para ikan dan makhluk hidup lainnya. Akan tetapi kalau populasi alga terlalu banyak, menjadikan beberapa alga tidak mendapat cahaya matahari yang cukup. Sehingga beberapa alga tidak akan bertahan dan mati.

Membuat Peta Pikiran
Peristiwa persaingan di dalam ekosistem terjadi dalam beberapa bentuk. Bersama dengan temanmu, buatlah sebuah peta pikiran menurut bacaan di atas untuk menunjukkan terjadinya persaingan dan pengaruhnya terhadap perubahan ekosistem! Lengkapilah dengan beberapa gambar yang sesuai, dan buatlah semenarik mungkin. Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Ayo Bernyanyi
Kali ini kau akan menyanyikan sebuah lagu dengan menyebarkan suara. Ada beberapa teknik vokal atau bernyanyi yang harus kau ketahui selain intonasi, artikulasi, dan pernapasan. Salah satu teknik yang harus dikuasai ialah pemenggalan kalimat lagu dan pengucapan kata yang jelas, atau disebut frasering. Frasering berafiliasi dengan teknik pernapasan. Selain frasering, hal penting lainnya ialah verbal atau penjiwaan lagu.

Ekspresi lebih menekankan pada kemampuan penyanyi menyesuaikan isi dan jiwa lagu sesuai dengan kehendak penciptanya. Hal-hal yang perlu dikuasai antara lain ialah penguasan materi lagu, pemahaman isi lagu, penerapan frasering yang tepat, dan pemahaman wacana gejala dalam lagu. Dengan memahami teknik bernyanyi yang baik, nyanyikanlah lagu di bawah ini dengan dua suara.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 2 Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel