Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 2 Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Bekerja sama dan saling membantu yakni salah satu budaya yang berkembang baik di negara kita semenjak jaman dahulu. Nenek moyang kita yang berasal dari banyak sekali macam suku dan budaya, terbiasa melaksanakan kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama. Walaupun mereka mempunyai cara dan hukum yang berbeda, mereka tetap sanggup membangun kekerabatan baik dan bekerja sama dengan santun. Perbedaan seharusnya tidak menghalangi kita untuk bekerja sama.

Ayo Lakukan
Mengenal Teman-Temanku
Kamu akan menciptakan sebuah survei sederhana untuk mendapat informasi singkat wacana teman-temanmu. Pilihlah 5 – 7 sobat untuk kau wawancara wacana suku asal orang bau tanah mereka dan agama mereka. Catatlah informasi yang kau dapatkan pada tabel di bawah ini!
Nama TemanSuku Asal Orang TuaBahasa yang DigunakanAgama
Asep InderaSundaBahasa SundaAgama Islam
Ni Komang AriyuniBaliBahasa BaliAgama Hindu
Edison ManurungBatakBahasa BatakKristen
TuginoJawaBahasa JawaBudha
Ang Mei YongBangkaBahasa BangkaKonghucu
Febri SetiawanJawaBahasa JawaIslam
Lalu pilihlah satu orang dari daftar itu untuk diwawancarai secara mendalam untuk mengetahui kebiasaan-kebiasaan atau kegiatan khusus yang mereka lakukan berkaitan dengan suku atau agama mereka. Catatlah hasil wawancaramu pada kotak di bawah ini.

Catatan Wawancara
Nama Narasumber : Ang Mei Yong
Suku asal orang bau tanah : Bangka
Agama : Khonghucu
Kebiasaan atau kegiatan keagamaan dan budaya yang dilakukan di rumah :
Ibadah Kepada Tian
No.Upacara SembahyangTanggal/Waktu
1.Sujud syukurSetiap hari, pagi dan malam hari
2.Dian xiangSetiap tanggal 1 dan 15 Kongzili
3.Malam Penutupan TahunTanggal 30 bulan ke-12 (Shi’eryue sanshiri) Kongzili ketika Zishi pukul 23.00-01.00
4.Jing TiangongTanggal 8 bulan ke-1 (Zhengyue bari) Kongzili, ketika Zishi pukul 23.00-01.00
5.Yuanxiao Malam Purnama RayaTanggal 15 bulan ke-1 (Zhengyue shiwuri) Kongzili
6.DuanyangTanggal 5 bulan ke-5 (Wuyue wuri) Kongzili
7.ZhongqiuTanggal 15 bulan ke-8 (Bayue shiwuri) Kongzili
8.DongzhiTanggal 22 Desember
Ibadah kepada Nabi Kongzi
No.Upacara SembahyangTanggal/Waktu
1.Dian xiangSetiap tanggal 1 dan 15 Kongzili
2.Zhishengdan (Peringatan Hari Lahir Nabi Kongzi)Tanggal 27 bulan ke-8 (Bayue ershiqiri) Kongzili
3.Zhisheng jichen (Peringatan Hari Wafat Nabi Kongzi)Tanggal 18 bulan ke-2 (Eryue shibari) Kongzili
4.Peringatan Hari Genta Rohani (Muduo)Tanggal 22 Desember (bertepatan Dongzhi)
Ibadah kepada Leluhur
No.Upacara SembahyangTanggal/Waktu
1.Dian xiangSetiap tanggal 1 dan 15 Kongzili
2.Peringatan hari wafat leluhurTanggal wafat leluhur
3.Qingming (Sembahyang Sadranan)Tanggal 5 April
4.Sembahyang arwah leluhurSembahyang arwah leluhur
5.Jing heping (Sembahyang arwah umum)Tanggal 29 bulan ke-7 (Qiyue ershijiuri) Kong
6.Chuxi (Sembahyang malam tutup tahun)Tanggal 29 bulan ke-12 (Shi’eryue ershisiri) Kongzili
Kesimpulanku :
Keberagaman masyarakat Indonesia merupakan anugerah yang patut disyukuri. Dengan keberagaman kehidupan berbangsa menjadi lebih berwarna. Kegiatan keagamaan dilakukan oleh setiap pemeluk agama masing-masing baik di rumah maupun di tempat ibadah

Bangsa Indonesia yang terdiri atas beribu-ribu pulau ini memang tersusun atas masyarakat yang beragam. Keberagaman menjadi bab kehidupan bermasyarakat di mana pun kita berada.

Ayo Mencoba
Membuat Syair wacana Keberagaman
Dengan menggunakan informasi dan pengalamanmu dari kegiatan di atas, buatlah sebuah syair! Ikutilah langkah-langkah kegiatan berikut:
  1. Tuliskanlah perasaanmu, pendapatmu dan harapanmu terhadap keberagaman yang ada di sekitarmu melalui syair tiga bait.
  2. Syairmu harus mengikuti hukum menciptakan syair yang benar!
  3. Tuliskanlah syairmu pada selembar kertas, kemudian hiaslah biar menarik.
  4. Bacakanlah syairmu di depan kelas bergantian dengan sobat yang lain
  5. Perhatikan dengan saksama pula, syair-syair yang dibentuk oleh temanmu!
  6. Tempelkanlah hasil karyamu pada dinding kelas!
Memang indah bagai permata
Begitu juga negeri kita
Beragam suku memang nyata
Ada Aceh hingga Jakarta

Semuanya ada di negeri kita
Hidup rukun tenang merata
Saling mengisi saling mencinta
Demi pembangunan yang merata

Bersatu di bhinneka tunggal Ika
Walau berbeda tetap satu jua
Indonesia negara kita tercinta
Anak negeri wajib menjaganya
Menulis Surat kepada Sahabat
Tuliskanlah sebuah surat kepada salah satu sobat di kelasmu. Ceritakanlah di dalam suratmu wacana insiden atau pengalamanmu bekerja sama dan saling membantu dengan teman-teman di kelasmu.
Jakarta, 8 Oktober 2016
Untuk Sahabatku Siti
di Bandung
Assalamu ‘alaikum

Siti, gimana kabarmu? Aku di sini baik-baik saja. Aku harap kau juga baik-baik saja. Gimana adikmu sekarang? Pasti udah gede ya. Terakhir lihat adikmu kan masih belum sanggup jalan.

Aku ingin memberitahu bahwa teman-teman satu kelompok kita dulu hingga kini masih ada dan masih melanjutkan kegiatan-kegiatan mencar ilmu kelompok. Aku. Setiap hari kami mencar ilmu kelompok bergiliran, kadang di Rumah Dayu, kadang di rumahku, kadang juga di sekolah. Kamu masih ingat dengan Dayu kan? Ya.. ia kini menjadi anak yang paling ulet ketika kerja kelompok. Semua anggota kelompok yang belum paham mengenai pelajaran dialah yang mengajarinya.

Aku dan teman-teman sangat merindukan saat-saat dulu kita mencar ilmu bersama, bermain, bersama, dan bercanda bersama. Aku sangat berharap suatu waktu bertemu denganmu Ti, bagaimana?

Oh ya, liburan sekolah nanti kau mau ke mana? Kalau saya sih belum niscaya mau ke mana. Pengennya sih mau ke Bandung biar sanggup mampir ke rumah kamu. Tapi, saya tergantung orang tuaku mau liburan ke mana. Mudah-mudahan sih ke Bandung biar sanggup main ke rumahmu.
Sudah dulu ya. Aku tunggu surat jawaban darimu.

Wassalamu ‘alaikum


Sahabatmu,
(ttd)
Diana
Ayo Bacalah
Lembaga Ekonomi Masyarakat
Lembaga ekonomi dalam masyarakat merupakan forum yang memusatkan pada kegiatan di bidang ekonomi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada umumnya. Lembaga ekonomi ini berfungsi untuk menunjukkan informasi kepada masyarakat bagaimana mendapat materi pangan, dan bagaimana melaksanakan jual-beli barang.

Lembaga ekonomi juga memastikan kegiatan ekonomi berjalan dengan baik di dalam masyarakat. Kegiatan ekonomi terdiri atas kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi. Kegiatan produksi yakni kegiatan untuk menghasilkan barang, atau meningkatkan manfaat barang. Contohnya adalah, kegiatan produksi perikanan, industri masakan ringan, pertanian tanaman pangan dan kegiatan produksi jasa.

Kegiatan distribusi merupakan kegiatan penyaluran barang dari produsen (penghasil) ke konsumen (pemakai) melalui proses jual-beli. Sedangkan kegiatan konsumsi merupakan kegiatan menggunakan atau menghabiskan barang untuk memenuhi kebutuhannya.

Ayo Lakukan
Membuat Karangan Sederhana
Kamu akan menciptakan sebuah karangan sederhana dengan menggunakan ilham pokok pada bacaan di atas.
  1. Lakukan beberapa penelitian sederhana dengan menggunakan banyak sekali sumber informasi yang kau miliki.
  2. Pilihlah salah satu topik karanganmu: Kegiatan produksi, kegiatan distribusi, atau kegiatan konsumsi.
  3. Tuliskanlah pada karanganmu wacana tugas forum ekonomi pada kegiatan ekonomi yang kau pilih.
  4. Setelah meminta masukan dari guru, tempelkanlah karanganmu pada dinding kelas.
  5. Selamat bekerja!
Salah satu sentra produksi genteng yang ada di Jawa Tengah yakni di tempat Kebumen. Genteng produksi tempat Kebumen populer dengan nama genteng Sokka. Untuk memproduksi genteng ternyata dibutuhkan adanya sarana yang memadai. Proses produksi yang dijalankan untuk menghasilkan genteng sokka Kebumen banyak dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Kebumen baik skala kecil, skala menengah maipin skala besar.

Pada prinsipnya untuk menjalankan proses produksi Genteng Sokka Kebumen secara garis besar sama antara skala kecil, mengah dan besar, yang membedakaannya hanya luasan area yang digunakan saja.

Kelengkapan pabrik pembuatan genteng sokka Kebumen antara lain terdiri dari Mesin Press Genteng Manual yang digerakan dengan oleh tenaga manusia. Mesin press ini tentunya lebih baik apabila dibandingkan dengan mencetak genteng menggunakan cetakan dari kayu. Dengan adanya alat ini produksi genteng sanggup lebih meningkat.

Peralatan lain yang digunakan yakni penampan genteng. Penampan genteng merupakan bantalan yang digunakan sebagai dasar untuk menampung genteng. Penampan ini digunakan sebagai penopang genteng alasannya yakni genteng yang pertama kali dicetak masih mempunyai struktur yang lembek sehingga perlu adanya penopang. penampan ini juga berperan sebagai penjaga bentuk genteng biar tidak berubah ataupun mengalami pergeseran bentuk.

Penampan yang digunakan sebagai bantalan genteng berbeda-beda tergantung dari jenis genteng yang akan digunakan. Beberapa diantaranya yakni Penampan Genteng Magaze, Penamapn plentong, Penampan Genteng Press Kodok. Masing-masing penampan ini digunakan untuk bentuk genting yang berbeda, artinya tidak semua genteng sanggup diletakkan di penampan yang sama.

Produksi genteng sokka Kebumen ketika ini sudah dipasarkan hampir ke seluruh kota besar di Jawa. Pada tiap daerah/kota biasanya terdapat agen-agen penjualan yang biasanya mengambil genteng dari kebumen. Kegiatan produksi genteng di Kebumen ketika ini menjadi mata pencaharian sebagian besar masyarakat Kebumen.

Ayo Amati
Membandingkan Volume Bangun Ruang
Terdapat banyak sekali bentuk berdiri ruang di sekitar kita. Suatu berdiri ruang berbentuk kubus, sedang lainnya berbentuk balok. Bagaimana mengetahui dengan tepat, berdiri ruang yang mana yang mempunyai volume lebih besar? Atau lebih kecil? Perhatikan tumpuan berikut! Manakah yang mempunyai volume lebih besar?

Cara pertama dengan menghitung jumlah kubus satuan pada kedua berdiri datar di atas, kemudian membandingkannya.

Bangun ruang A mempunyai 320 kubus satuan
Bangun ruang B mempunyai 192 kubus satuan
Maka, volume berdiri ruang A lebih besar Volume berdiri ruang B.
Cara kedua, dengan memecah-mecah bab banguan ruang menjadi balok dan kubus yang terpisah. Lalu dengan menggunakan rumus volume, sanggup diketahui volume berdiri ruang masing-masing kubus dan balok yang menyusunnya. Lalu volume masing-masing bab tersebut dijumlahkan.

Volume I = 4 x 4 x 8 = 128 kubus satuan
Volume II = 4 x 4 x 4 = 64 kubus satuan
Volume III =4 x 4 x 8 = 128 kubus satuan

Volume total berdiri ruang A = 128 + 64 + 128 = 320 kubus satuan
Dengan cara yang sama, carilah volume berdiri ruang B. Setelah itu bandingkanlah.

Ayo, Kerjakan!
1. Perhatikan gambar-gambar berdiri ruang berikut. Carilah masing-masing volumenya, kemudian urutkanlah dari yang terbesar hingga yang terkecil!

2. Tentukanlah volume bangun-bangun di bawah ini, kemudian urutkan dari yang terkecil ke yang terbesar!

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 2 Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel