Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari, Dan Bulan

Belajar dari keterkaitan Bumi, Matahari, dan Bulan, ternyata antarmanusia pun saling berkaitan dan saling membutuhkan. Nah,saatnya kita melaksanakan sesuatu untuk membantu teman-teman kita yang membutuhkan melalui aktivitas di bawah ini.

Ayo Berkreasi
Kamu telah berguru menjahit dengan teknik feston. Sekarang saatnya kau menciptakan sebuah kerajinan flanel yang menerapkan teknik feston. Setelah selesai membuatnya, hasil kerajinan ini sanggup kau jual dan kesannya sanggup disumbangkan kepada mereka yang kurang mampu. Yuk, kita menciptakan gantungan kunci dari kain flanel dengan teknik jahit feston.

Membuat Kerajinan Flanel
Persiapan

Sebelum mulai pastikan kau sudah memiliki alat, bahan, dan pola.
Alat dan Bahan
  1. Gunting kain.
  2. Jarum jahit dan jarum pentul.
  3. Gantungan kunci dan lem.
  4. Pola flanel berbentuk bintang.
  5. Kain flanel merah dan putih.
  6. Benang sulam hitam, benang jahit hitam dan merah.
  7. Dakron dan manik-manik hitam.
Langkah-Langkah Cara Membuat Kerajinan Flanel

1. Pola Kerajinan Flanel
Setelah alat dan materi flanel siap, kau sanggup mulai cara menciptakan gantungan kunci flanel bintang. Pastikan dulu kau sudah menciptakan pola flanel berbentuk bintang atau bentuk lain yang berafiliasi dengan Bumi, Matahari, dan Bulan.
  1. Ambil pola flanel bintang dan kain flanel merah.
  2. Tumpuk kain flanel merah menjadi dua tumpukan.
  3. Sematkan jarum pentul untuk memegang pola dan kain.
  4. Guntinglah kain flanel sesuai pola flanel bintang.
  5. Lepaskan jarum pentul dari pola flanel.
Hasilnya ialah dua buah bentuk flanel bintang merah sesuai pola flanelnya.

2. Ekspresi Boneka Flanel
Selanjutnya kau akan menciptakan mata dan ekspresinya.
  1. Ambil kain flanel putih.
  2. Buatlah bundar 2 mata sesuai pola flanel.
  3. Ambil satu sisi flanel bintang merah.
  4. Tempelkan kedua bundar mata dengan lem.
  5. Ambil manik-manik hitam untuk bola mata.
  6. Siapkan benang hitam dan jarum.
  7. Pasang kedua bola mata hitam.
  8. Siapkan benang sulam hitam dan jarum.
  9. Buatlah lisan wajah tersenyum.
Hasilnya ialah satu sisi bintang merah, kedua mata putih dan bola mata hitam dari mote dengan lisan wajah tersenyum.

3. Menggabungkan kedua sisi flanel bintang dengan tusuk feston.
Tahap ke-4 ialah menggabungkan kedua sisi flanel bintang bab depan dan belakang, kemudian memasang gantungan kuncinya.
  1. Ambil bab depan dan belakang sisi flanel bintang.
  2. Gunakan tusuk feston untuk menjahit semua bab sisinya.
  3. Kaitkan gantungan kunci kunci dan pastikan jahitannya cekung kuat.
  4. Jangan lupa, sisakan sedikit lubang untuk memasukkan dakron.
Proses menjahit selesai. Siapkan dakron.

4. Masukkan Dakron
  1. Pastikan lubang tempat dakron cukup longgar.
  2. Masukkan dakron sedikit demi sedikit.
  3. Pastikan ujung-ujung bintang terisi penuh.
  4. Gunakan alat bantu tusuk sate/ sumpit.
  5. Sesuaikan banyak dakron dengan bentuknya.
  6. Tutup lubang dakron dengan tusuk feston.
5. Kemasan Kerajinan Flanel
Setelah gantungan kunci flanel bintang selesai, masukkan ke dalam kemasan plastik mika, kemudian tambahkan tag kemasan. Hasil karyamu sudah siap untuk dijual. Kamu sanggup melaksanakan aktivitas jual beli di lingkungan sekolahmu. Saat menjualnya, kau juga sanggup memberitahukan sahabat lainnya bahwa aktivitas ini untuk membantu mereka yang kurang mampu. Ajaklah mereka untuk peduli kepada orang lain.

Ayo Ceritakan
Setelah aktivitas selesai, buatlah laporan kegiatanmu hari ini. Jelaskan awal kegiatan, cara menciptakan gantungan kunci, aktivitas jual beli serta kesanmu sehabis melaksanakan hal tersebut!

EVALUASI
1. Berikan pola keragaman yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalmu!
Keragaman suku, keragaman agama, keragaman budaya, keragaman profesi.

2. Tuliskan beberapa kawasan asal sahabat atau tetangga di sekitar tempat tinggalmu! Tuliskan pula aktivitas yang biasa kau lakukan bersama biar lingkungan tempat tinggalmu kondusif dan maju bersama!
  • Albert berasal dar Maluku, kebiasaan biasa kami lakukan ialah bermain dan berguru bersama, kami juga saling tolong menolong.
  • Sitompul berasal dari medan, kami biasa saling mengunjungi dan dekat dengan baik dengan tidak memandang asal kawasan dan budaya.
3. Dalam berinteraksi dengan sahabat dan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu, tentunya kau dan keluargamu banyak melaksanakan aktivitas gotong royong dan saling tolong-menolong. Mengapa kamu
melakukannya? Berikan alasannya
Manusia merupakan makhluk sosial, dan tidak bisa hidup sendirian, dengan adanya tolong menolong, maka kehidupan kita didunia semakin mudah. pola : ketika kita sedang kesusahan, tetangga, sahabat kita membantu, maka berkurangnya kadar kesusahan kita.

4. Bagaimana cara untuk memperkokoh kehidupan berbangsa dari keragaman yang ada di Indonesia? Jelaskan.
  • Meningkatkan semangat kekeluargaan, gotong-royong, dan musyawarah;
  • Meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia dalam banyak sekali aspek kehidupan;
  • Meratakan pembangunan serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
  • Melaksanakan otonomi kawasan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah;
5. Perhatikan gambar berikut!

6. Tuliskan perbedaan dari kedua gambar di atas dan akhir yang ditimbulkan dari bencana yang terjadi pada tiap gambar itu!
  1. Perbedaan yang terdapat pada kedua gambar di atas ialah letak bumi.
  2. Akibat perbedaan letak bumi terjadi gerhana matahari yang terjadi apabila matahari bulan dan bumi berada dalam satu garis lurus dan bulan terletak diantara matahari dan bumi.
  3. Akibat letak bumi yang kedua ialah terjadinya gerhana bulan yang terjadi jikalau matahari bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus dan bumi terletak diantara matahari dan bulan
7. Mengapa perlu adanya kalimat pembuka dan epilog pada dikala melaksanakan presentasi?
Kalimat pembuka dan epilog perlu dilakukan dikala presentasi. Kalimat pembuka biasanya dipakai untuk mengajak pemirsa mengetahui apa saja yang akan kita presentasikan. Sedangkan epilog presentasi biasanya berisi kesimpulan presentasi yang telah kita lakukan.

8. Bagaimana memelihara diri biar terhindar dari banyak sekali macam penyakit?
  • Istirahat yang cukup
  • Makan masakan yang bergizi dan terjamin kebersihannya
  • Menghindari makan di luar rumah
  • Memperbanyak minum air putih dan makan buah dan sayuran
9. Perhatikan tabel berikut!
Data MasukData Keluar
11 x 2 - 2 = 0
22 x 2 - 2 = 2
33 x 2 - 2 = 4
44 x 2 - 2 = 6
55 x 2 - 2 = 8
  • Pola apa yang kau temukan pada tabel di atas? Data keluar sama dengan data masuk dikali dua dikurangi dua.
  • Tulislah bentuk persamaannya! x = x x 2 - 2
  • Jika data masuk ialah 7, tentukan data keluarnya! 7 x 2 - 2 = 14 - 2 = 12.
  • Jika data keluar ialah 14 tentukan data masuknya! Bagaimana kau menemukkanya? Jelaskan. 14 = x x 2 - 2, x = 14 + 2 : 2 = 16 : 2 = 8
10. Perhatikan tabel berikut.
Data MasukData Keluar
1 x 3 - 2 = 1
22 x 3 - 2 = 4
33 x 3 - 2 = 7
44 x 3 - 2 = 10
55 x 3 - 2 = 13
  • Pola apa yang kau temukan pada tabel di atas? Data keluar sama dengan data masuk dikali tiga dikurangi 2
  • Tulislah bentuk persamaannya! x = x x 3 - 2
  • Jika data masuk ialah 7, tentukan data keluarnya! 7 x 3 - 2 = 21 -2 = 19
  • Jika data keluar ialah 22, tentukan data masuknya! Bagaimana kau menemukannya! Jelaskan.22 = x x 3 - 2 , x = 22 + 2 : 3 = 24 : 3 = 8

11. Perhatikan tabel berikut.
Data MasukData Keluar
11 x 3 - 2 = 1
22 x 3 - 2 = 4
33 x 3 - 2 = 7
44 x 3 - 2 = 10
55 x 3 - 2 = 13
  • Pola apa yang kau temukan pada tabel di atas? Data keluar sama dengan data masuk dikali 3 dikurangi 2
  • Tulislah bentuk persamaannya! x = x x 3 - 2
  • Jika data masuk ialah 30, tentukan data keluarnya! 30 x 3 - 2 = 90 - 2 = 88.
  • Jika data keluar ialah 37, tentukan data masuknya! Bagaimana kau menemukkanya? Jelaskan. 37 = x x 3 - 2, x = 37 + 2 : 3 = 39 : 3 = 13

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari, Dan Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel