Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh

Masih ingat cara bermain Pindah Bintang? Ayo, kita bermain bersama! Pindah Bintang ialah sebuah
permainan tradisional dari Kalimantan Timur. Permainan yang biasanya dimainkan oleh anak-anak, remaja, dan bahkan remaja ini, diperkirakan dibawa ke tanah Melayu pada Masa Kolonial. Permainan Pindah Bintang sanggup memperlihatkan kebugaran dan sekaligus kesenangan bagi pemain.

Ayo Lakukan
Sekarang kau akan bermain pindah Bintang, dalam permainan siswa akan dibagi menjadi dua kelompok. Ketika kelompok pertama bermain, kelompok kedua mengamati dan menciptakan catatan-catatan penting perihal berlangsungnya permainan, dengan memperhatikan gerakan pemain, ketaatan terhadap aturan, serta nilai-nilai yang ditemukan dalam permainan.

Ayo Menulis
Berdasarkan pengamatanmu dan catatan yang kau buat, tulis laporan yang berisikan klarifikasi perihal berlangsungnya permainan Pindah Bintang. Laporan harus memperhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar, khususnya penggunaan tanda baca, abjad besar, dan kosakata baku.

Ayo Bekerjasama
Kamu sudah memahami pentingnya persatuan dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang kau akan bekerja secara berpasangan untuk mengajak teman-teman di sekolahmu untuk selalu bersatu dalam hal kebaikan. Kamu akan merancang pidato secara berpasangan perihal hal tersebut.
  1. Buatlah pidato singkat yang terdiri dari 3 paragraf, yang berisikan seruan untuk persatuan.
  2. Diskusikan dan buat rancangan pidato terlebih dahulu!
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yang terhormat Bapak/Ibu......, serta teman-teman yang saya cintai.
Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, alasannya ialah atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga pada kesempatan ini kita masih sanggup berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Hadirin yang saya muliakan.
Bangsa Indonesia sanggup bertahan hingga dengan ketika ini alasannya ialah selalu menjaga rasa persatuan dan kesatuan. Pada masa usaha kemerdekaan Indonesia, persatuan dan kesatuan merupakan sumber semangat, motivasi dan pencetus usaha Indonesia. Hal itu tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi sebagai berikut : “ Dan usaha pergerakan Indonesia telah sampailah pada ketika yang berbahagia dengan selamat sentausa menghantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur “..

Hadirin yang saya muliakan,
Sebagai generasi penerus bangsa berkewajiban untuk menjaga persatuan dan kesatuan tersebut. Marilah kita menjaga persatuan dan kesatuan dengan bersikap hidup tenang dengan sesama dan saling menghormati serta saling bertenggang rasa. Ketiga hal tersebut jikalau sanggup dicapai dengan baik, maka akan menumbuhkan perilaku hidup yang damai.

Hadirin yang saya muliakan
Demikian pidato dari saya, mohon maaf apabila ada kata atau kalimat yang kurang tepat. Terima kasih.

Wassalamualikum warahmatullahi wabarakaatuh.

EVALUASI
1. Gambar 3 segi tiga yang berbeda pada kertas berpetak berikut!

Tukarkan gambar yang kau buat dengan temanmu, kemudian ukur setiap sudut pada segi tiga tersebut. Apa yang sanggup kau simpulkan perihal besar seluruh sudut segi tiga (jika dijumlahkan? Jumlah sudut segitiga jikalau dijumlahkan ialah 180 derajat.

2. Temukan besar sudut ketiga pada masing-masing deskripsi segi tiga berikut. Kemudian, gambar segi tiga tersebut.

a. Sebuah segi tiga dengan besar sudut 65° dan 55°.
b. Sebuah segi tiga dengan sudut 90° dan 35°.
c. Sebuah segi tiga dengan sudut 45° dan 75°.

3. a. Jelaskan arti persatuan dalam usaha pergerakan kemerdekaan Indonesia. Apa manfaat dari persatuan tersebut?
Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus terus kita pertahankan. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.  Pada masa usaha kemerdekaan Indonesia, pengertian “Persatuan Indonesia “ ialah sebagai faktor kunci yaitu sebagai sumber semangat, motivasi dan pencetus usaha Indonesia. Hal itu tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi sebagai berikut : “ Dan usaha pergerakan Indonesia telah sampailah pada ketika yang berbahagia dengan selamat sentausa menghantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur “.

b. Jelaskan pula pentingnya persatuan dalam pembangunan ketika ini!
Persatuan dan kesatuan merupakan senjata yang paling ampuh bagi bangsa Indonesia baik dalam rangka merebut, mempertahankan maupun mengisi kemerdekaan. Dengan semangat persatuan Indonesia, kita harus sanggup mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur. Persatuan merupakan modal dasar pembangunan nasional.

4. Mengapa binatang perlu mengikuti keadaan dengan lingkungannya? Jelaskan dan beri contoh!
Penyesuaian diri pada binatang bertujuan untuk memperoleh masakan maupun untuk melindungi diri dari musuhnya.

1. Melindungi Diri dari Musuh
Hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya antara lain untuk melidungi diri dari musuh-musuhnya. Beberapa bentuk pembiasaan binatang ini antara lain sebagai berikut.

  1. Landak mempunyai kulit berduri dan kaku yang berfungsi untuk melindungi diri dari musuhnya. Saat terancam ancaman landak akan berbagi durinya. Musuh akan terkena duri tersebut ketika menyerang landak.
  2. Cecak dan kadal memutuskan ekornya. Cecak dan kadal sanggup memutuskan ujung ekornya untuk mengelabui musuh. Jika ada pemangsa menyerang, kedua binatang tersebut segera memutuskan ekornya. Pada ketika perhatian pemangsa tertuju pada ujung ekor yang bergerak-gerak, cecaka atau kadal akan melarikan diri menjauhi pemangsanya.
  3. Kalajengking, lebah, dan kelabang mempunyai alat sengat. Sengat ini dipakai untuk melukai musuh ketika binatang tersebut diserang atau terancam bahaya.
  4. Bunglon mengubah warna tubuhnya. Bunglon bisa mengubah warna tubuhnya sesuai dengan warna lingkungannya. Dengan demikian bunglon sanggup menyamarkan dirinya sehingga sanggup terhindar dari serangan pemangsa.
  5. Belalang daun hidup pada tumbuhan yang bentuk dan warna daunnya menyerupai dengan badan belalang daun. Dari bentuk dan warna daun tumbuhan itulah makanya belalang daun   mengadakan penyamaran sehingga sulit dikenali.

2. Memperoleh Makanan

  1. Burung mempunyai bentuk paruh yang berbeda-beda. Perbedaan paruh tersebut diubahsuaikan dengan makananya.
  2. Selain bentuk paruh dan bentuk kaki, beberapa binatang serangga mempunyai lisan yang berbeda sesuai dengan makanannya. yaitu lisan penghisap, penusuk, pengigit, dan pengunyah.

5. Mengapa tumbuhan perlu mengikuti keadaan dengan lingkungannya? Berikan contoh!
Tumbuhan juga mempunyai cara yang unik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya biar sanggup bertahan hidup di lingkungan tersebut. Pada umumnya tumbuhan hidup di tempat yang berbeda-beda. Ada yang hidup di tempat kering ada pula yang hidupnya di air. Oleh alasannya ialah itu, bentuk penyesuaian dirinya pun berbeda-beda diubahsuaikan dengan lingkungan tempat hidupnya.
  1. Adaptasi morfologi, yaitu penyesuaian makhluk hidup dengan ditandai adanya bentuk tertentu dari bab badan makhluk hidup biar sanggup mempertahankan kelangsungan hidupnya. Adaptasi morfologi dalam tumbuhan dilakukan oleh tumbuhan-tumbuhan xerofit, hidrofit, dan higrofit.
  2. Adaptasi fisiologi, yaitu penyesuaian diri dengan cara melaksanakan proses fisiologi dalam tubuhnya. Contoh tumbuhan yang berbunga umumnya akan menghasilkan nektar untuk menarik serangga sehingga
  3. Adaptasi tingkah laku, yaitu penyesuaian diri dengan cara mengubah tingkah laris biar sesuai dengan lingkungan yang ada. Beberapa pola pembiasaan tingkah laris pada tumbuhan ialah sebagai berikut.  Tigmonasti (Seismonasti) Contoh : tumbuhan putri aib menguncup daunnya jikalau disentuh sehingga tampak menyerupai layu  Termonasti Contoh : bunga pukul empat pada siang hari layu ketika pagi dan sore mekar. Niktinasti contohnya pada tumbuhan polong-polongan (lamtoro/petai cina) Meranggas ialah menggugurkan daunnya pada isu terkini kemarau, contohnya : jati, randu, dan mahoni. Estivasi contohnya jahe, rumput. Tropisme contohnya Cadalah akar bergerak mendekati air

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel