Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh

Kamu telah berlatih untuk penampilan tari yang kau rancang secara berkelompok. Ayo, tampilkan
tari yang sudah dirancang tersebut!

Ayo Lakukan
Secara berkelompok, kau akan menampilkan tari yang dilandasi nilai-nilai persatuan dengan diiringi musik. Ketika kelompok lain melaksanakan penampilan, silakan menciptakan catatan penting perihal isi penampilan tersebut. Kamu juga sanggup menunjukkan komentar dan saran sehubungan dengan penampilan yang dilakukan temanmu.

Ayo Bertanya
Ketika penampilan berlangsung, kau sanggup menulis pertanyaan yang akan kau usikan kepada kelompok lain sesudah mereka selesai melaksanakan penampilan.

Ayo Menulis
Setelah menyaksikan semua penampilan tari, tulis klarifikasi perihal makna nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tarian tersebut. Kamu sanggup melaksanakan wawancara kepada kelompok lain untuk menggali gosip lebih lanjut.

Sebelumnya kau telah mengetahui bahwa salah satu nilai-nilai luhur yang terdapat pada tari Lego-lego yaitu nilai-nilai persatuan. Hal tersebut mengambarkan bahwa nilai-nilai persatuan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, baik pada Masa Perjuangan Pergerakan Kemerdekaan hingga kepada ketika ini.
  1. Sekarang tulis analisismu perihal kekerabatan alasannya akhir antara persatuan dan kemajuan bangsa!
  2. Apa akhir dari persatuan dan kesatuan bangsa?
  3. Apa pula kesannya bila tidak terjalin persatuan dan kesatuan?
Dalam kehidupan sehari-hari baik di masyarakat, sekolah, dan keluarga persatuan dan kesatuan sangat penting. Persatuan sangat penting dalam mencapai tujuan. Dengan persatuan dan kesatuan yang kita miliki pekerjaan yang sulit terasa ringan apabila dikerjakan bersama-sama. Seperti filosofi yang kita lihat pada sapu lidi, sapu lidi mewujudkan pepatah bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, dimana satu ikat sapu lidi yaitu bentuk konkret dari sebuah persatuan. Sebuah usaha dalam mencapai tujuan tidaklah tepat bila dilakukan seorang diri.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragam lantaran terdiri dari beragam suku, budbahasa istiadat, bahasa, dan agama. Kemajemukan tersebut, disatu sisi menjadi suatu potensi kemungkinan terjadinya konflik, disisi lain sanggup menjadi unsur perekat dalam rangka membina persatuan dan kesatuan bangsa.

Masalah persatuan dan kesatuan bangsa menjadi dilema utama negara untuk mencapai kemajuan dan tujuan bangsa Indonesia. Upaya itu telah ditempuh oleh bangsa Indonesia semenjak masa pergerakan nasional, lantaran pada masa itu persatuan dan kesatuan bangsa sangat diharapkan dan menjadi modal utama dalam menghadapi kekuasaan kolonial ( penjajahan ).

Apa akhir dari persatuan dan kesatuan bangsa?
Dalam masyarakat persatuan dan kesatuan mempunyai arti sangatlah penting. Misalkan dalam sebuah keluarga, keluarga yaitu bentuk kecil dari masyarakat yang terdiri dari beberapa orang. Apabila dalam keluarga sudah terjalin persatuan dan kesatuan akan lebih gampang menerapkan persatuan dan kesatuan tersebut dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam hidup bermasyarakat semua anggota masyarakat haruslah mempunyai perilaku persatuan dan kesatuan. Karena persatuan dan kesatuan mempunyai arti penting bagi masyarakat diantaranya:
  1. Apabila dalam bernegara persatuan dan kesatuan terjalin akan menciptakan hidup tentram dan tenang antar warga negara itu sendiri.
  2. Akan menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang antar warga negara.
  3. Akan memperkuat rasa kekeluargaan.
  4. Hilangnya konflik yang sanggup memecah belah negara.
  5. Silaturahmi akan terjaga dengan baik.
Apa akhir tidak adanya persatuan dan kesatuan dalam masyarakat?
  1. Tidak adanya kolaborasi antar sesama warga masyarakat.
  2. Terjadi permusuhan antara warga masyarakat yang satu dengan yang lainya.
  3. Masyarakat lebih mementingkan kepentingan suku atau golongannya
  4. Tidak peduli terhadap kesedihan dan penderitaan orang lain.
Ayo Berlatih
Sekelompok siswa sedang berdiskusi merancang sebuah tari kreasi perihal nilai-nilai persatuan. Gerakan dan susunan penari lebih banyak dalam bentuk segi tiga. Siswa tersebut mendiskusikan aneka macam kemungkinan barisan penari dalam deretan segi tiga. Berikut yaitu pertanyaan yang belum terjawab dalam diskusi tersebut. Bisakah kau membantu menjawabnya? Apakah memungkinkan susunan penari berbentuk segi tiga dengan syarat-syarat sebagai berikut? Jelaskan jawabanmu memakai gambar dan katakata.

  1. Lebih dari satu sudut tumpul? Tidak mungkin
  2. 2 sudut siku-siku? Tidak mungkin
  3. 3 sudut lancip? Mungkin
  4. Jelaskan kesimpulanmu! Kemungkinan tiga buah sudut membentuk segitiga antara lain satu sudut siku-siku dan dua sudut tumpul satu sudut tumpul dan dua sudut lancip, dan tiga buah sudut lancip.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel