Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 1 Temanku Sahabatku

Saat jam istirahat, Siti, Edo, Udin, dan Dayu serta teman-teman yang ke luar kelas. Mereka menuju ke halaman sekolah untuk bermain galasin. Pada ketika mereka asyik bermain, datanglah Beni. Beni duduk di pinggir lapangan, wajahnya murung.

Siti dan teman-teman yang lain melihat Beni. Mereka berhenti bermain dan menghampiri Beni. Mereka menanyakan problem Beni dan menghiburnya. Mereka mengajak Beni ikut bermain galasin. Beni pun ikut bermain bersama dengan teman-temannya.

Jawablah pertanyaan berikut ini menurut gambar!
1. Apa yang dilakukan Siti dan teman-temannya?
Siti, Edo, Udin, dan Dayu serta teman-teman sedang bermain galasin
2. Di mana mereka bermain?
Mereka bermain galasin di halaman sekolah
3. Siapa yang terlambat tiba ke lapangan?
Beni tiba terlambat ke lapangan.
4. Apa yang ia lakukan sesudah tiba di lapangan?
Beni duduk di pinggir lapangan dan wajahnya murung.
5. Apakah teman-temannya peduli padanya? Buktikan!
Teman-teman Beni peduli dengan cara menghiburnya serta mengajaknya bermain

Ayo Ceritakan
Persahabatan Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani sangat erat. Mereka saling peduli dan saling
menyayangi. Saling peduli dan saling mengasihi antar sobat sesuai dengan sila kedua Pancasila. Mengapa kita harus peduli dan mengasihi sesama teman?

Apakah keuntungannya bila kita saling menyayangi? Yuk, tuliskan pada tempat yang tersedia!

Apakah kalian bahagia mempunyai teman?
Memiliki sobat baik di sekolah maupun di rumah tentunya sangat menyenangkan. Teman dibutuhkan ketika bermain dan ketika belajar.

Bagaimana perilaku yang baik terhadap sesama teman?
  1. Saling menghormati alasannya yakni mereka mempunyai agama, tradisi dan kebiasaan yang berbeda Di sinilah pentingnya saling menghormati.
  2. Saling berafiliasi dan tolong menolong. Ketika sobat kita sedang mempunyai hajat ataupun aktivitas yang membutuhkan  bantuan maka sebisa mungkin kita membantunya kiat harus saling bekerja sama, tolong menolong. Kita harus ingat bahwa ketika nanti, kita juga membutuhkan sumbangan mereka.
  3. Saling Mengasihi dan Menyayangi. Kasih sayang antara sesama sobat ini amat penting. Kasih sayang ini akan melahirkan kerukunan, Seseorang yang mengasaihi temannya dengan tulus, melahirkan sebuah persaudaraan, yang lebih dari saudaranya sendiri.
  4. Saling melindungi. Tatkala sobat kita menerima bahaya serangan dari pihak lain misalnya, kita wajib menawarkan perlindungan, asal ia berada di pihak yang benar. Tetapi bila ia yang salah kita wajib melindunginya
  5. Saling menasehati. Ketika ada sobat kita yang berselisih atau bertengkar ataupun melaksanakan perbuatan yang tidak baik terhadap teman-teman yang lain maka kita wajib menasehatinya.
Mengapa kita harus peduli dan mengasihi teman?
Dengan peduli dan mengasihi sesama sobat tidak akan ada permusuhan antar sesama, menambah teman, dan mempererat persatuan.

Apakah keuntungannya bila kita saling menyayangi?
Dengan berteman, menumbuhkan rasa saling mempunyai antar teman, saling menjaga satu sama lain, saling mengasihi dan menyayangi, saling menasehati, saling melindungi, dan saling berkerjasama dalam kebaikan.

Ayo Membaca
Setelah Persami, Dayu mengirim surat lagi untuk Sindai. Dayu menceritakan pengalamannya
mengikuti Persami. Bacalah surat Dayu untuk Sindai di bawah ini dengan nyaring. Amati bagian-bagian suratnya

Ayo Cari Tahu
Pertanyaan apakah yang muncul di benakmu sesudah membaca surat di atas?
  1. Apa saja bagian-bagian surat balasan pribadi?
  2. Siapa pengirim dan akseptor surat?
  3. Dimanakah surat tersbut ditulis?
  4. Apa isi surat tersbut?
Ayo Lakukan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini berkaitan dengan surat Dayu.
1. Siapakah pengirim surat itu?
Pengirim surat pada surat di atas yakni Dayu
2. Ditujukan untuk siapa surat itu?
Surat tersebut ditujukan untuk Sindai.
3. Dimanakah tempat penulisan surat itu?
Surat tersebut ditulis di Jakarta.
4. Tanggal berapa surat itu ditulis?
Surat tersebut ditulis pada tanggal 1 Desember 2014
5. Di mana alamat akseptor surat?
Alamat akseptor surat di Jalan Adisucipto No. 35 Pontianak
6. Apakah inti surat itu?
Isi surat tersebut menceritakan pengalaman Dayu mengikuti Persami di sekolahnya
7. Bagaimana kalimat epilog surat itu?
Kalimat epilog surat Dayu menanyakan aktivitas Persami di sekolah Sindai dan menceritakannya di surat akhir Sindai.
8. Bagaimana salam epilog yang ditulis di surat itu?
Salam epilog pada surat tersebut adalah Sampai jumpa.

Ayo Berlatih
Susunlah sebuah surat untuk temanmu dengan bagian-bagian surat ibarat di bawah ini.
Tempat dan tanggal surat
Jakarta, 20 Juni 2017

Alamat surat
Yang tersayang Sahabatku Shanti
Jalan Jenderal Soedirman No. 365
Purwokerto

Pembuka surat
Temanku Shanti,
Apa kabarmu?

Inti surat
Hari Minggu saya mengikuti ibu pergi ke pasar. Pasar tersebut letaknya tidak jauh dari rumahku sehingga saya dan ibu cukup berjalan kakai saja. Di pasar ternyata bila hari Minggu sangat ramai. Banyak sekali pedagang yang berjualan di pasar. Ada pedagang sayuran, buaha-buahan, daging, dan banyak yang lainnya. Suasana pasar sangat ramai, banyak pembeli berlalu lalang mencari barang yang dibutuhkan. Aku dan ibuku mencari pedagang sayuran alasannya yakni ibu akan memasak di rumah. Setelah membeli sayuran saya dan ibu pribadi pulang.

Penutup surat
Apakah di daerahmu juga ada pasar ibarat di daerahku?
Ceritakanlah pengalamanmu ketika pergi ke pasar di surat berikutnya.

Salam penutup
Sampai jumpa ya Shin.

Tanda tangan
Melli

Ayo Lakukan
Galasin merupakan permainan kelompok. Kita sanggup memainkan galasin bersama sahabat di lapangan. Bermain galasin memerlukan kelincahan tubuh. Kecepatan berlari dan menghindari lawan menjadi penentu kemenangan. Strategi permainan diharapkan untuk mengecoh lawan penjaga garis.

Semakin banyak sahabat ikut, permainan menjadi lebih mengasyikkan. Yuk, kita praktikkan permainan galasin! Lakukanlah pemanasan dengan berlari keliling lapangan. Buatlah garis permainan galasin ibarat gambar di bawah ini!

Berikut ini peraturan-peraturan yang berlaku dalam permainan Galasin/Gobak Sodor yakni sebagai berikut:
  1. Pemain terbagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari 3 – 5 orang (disesuaikan).
  2. Jika 1 kelompok terdiri dari 5 orang maka lapangan dibagi menjadi 4 kotak persegi panjang, yang berukuran 5m x 3m (disesuaikan).
  3. Tim “jaga” bertugas menjaga biar tim “lawan” tidak sanggup menuju garis finish.
  4. Tim “lawan” berusaha menuju garis finish dengan syarat tidak tersentuh tim “jaga” dan sanggup memasuki garis finish dengan syarat tidak ada anggota tim “lawan” yang masih berada di wilayah start.
  5. Tim “lawan” dikatakan menang apabila salah satu anggota tim berhasil kembali ke garis start dengan selamat (tidak tersentuh tim lawan).
  6. Tim “lawan” dikatakan kalah bila salah satu anggotanya tersentuh oleh tim “jaga” atau keluar melewati garis batas lapangan yang telah ditentukan. Jika hal tersebut terjadi, maka akan dilakukan pergantian posisi yaitu tim “lawan” akan menjadi tim “jaga”, dan sebaliknya.

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 1 Temanku Sahabatku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel