Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 1 Temanku Sahabatku

Tenggang Rasa
Hari Minggu Edo, Udin, Beni, Siti, Lani, dan Dayu berencana untuk berguru bersama. Mereka akan berguru bersama di rumah Lani. Karena itu hari Minggu, mereka harus mengatur waktu yang sempurna untuk bertemu. Lani, Edo, dan Beni harus pergi ke gereja pada hari Minggu pagi. Dayu juga harus beribadah di pura. Udin dan Siti tidak mempunyai aktivitas apa-apa pagi itu.

Namun, Udin dan Siti menghormati teman-temannya. Mereka berjanji bertemu di rumah Lani pukul 13.00. Setelah Udin dan Siti melakukan shalat Zuhur. Beni, Edo, Lani, dan Dayu pun sudah kembali dari gereja dan pura.

Edo, Udin, Lani, Siti, Beni, dan Dayu selalu memelihara perilaku tenggang rasa. Mereka saling menghormati teman-teman yang berbeda agama. Perbedaan diantara mereka tidak pernah menjadi masalah. Walau mereka berbeda agama, mereka tetap saling menyayangi. Perbedaan menciptakan persahabatan mereka semakin indah. Perilaku menyerupai ini mencerminkan Pancasila, terutama sila kedua.

Ayo Amati
Temukan dan lingkari kata-kata dari teks di atas di dalam kotak aksara di bawah ini!

Ayo Certitakan
Apakah kau mempunyai sahabat yang berbeda agama? Bagaimana sikapmu kepadanya? Tuliskan pada kotak di bawah ini!

Dalam pergaulan baik di sekolah maupun lingkungan kita akan bertemu dengan sahabat yang berbeda latar belakangnya. Baik latar belakang agama, budaya dan juga sosial. Seperti yang saya alami di sekolah, beberapa sahabat saya mempunyai agama yang berbeda dengan saya. Perbedaan agama bukan suatu alasan untuk tidak berteman dengannya. Sebagai warga negara Indonesia yang mempunyai bermacam agama kita tetap akrab dengan siapapun.

Sikap kita terhadap sahabat yang berbeda agama ialah sebagai berikut
  1. Saling menghormati, menyayangi, dan menghargai
  2. Toleransi, memperlihatkan kebebebasan kepada sahabat untuk menjalankan anutan agamanya.
  3. Tidak menghina sahabat yang beda agama
  4. Tidak boleh ada perilaku diskiriminatif hanya alasannya beda agama

Ayo Lakukan
Setelah membaca teks Tenggang Rasa, tulislah sebuah surat yang menceritakan perilaku empati diantara sahabat, yang ditujukan pada salah satu sahabat sekelasmu. Tuliskan pula bagian-bagian surat dalam suratmu.

Ayo Latihan
Udin, Siti, Edo, Beni, dan Dayu datang di rumah Lani sempurna pukul 13.00. Waktu berlalu begitu cepat dan
menyenangkan ketika mereka berguru bersama. Tak terasa, jam sudah memperlihatkan pukul 16.00. Edo, Beni, Siti, Dayu, dan Udin pamit untuk pulang ke rumah masing-masing. Pukul 16.00 Beni pulang.

Pukul 16.10 ia hingga di rumah. Edo pulang 10 menit sehabis Beni. Ia datang di rumah pukul 16.25. Siti pulang 5 menit sebelum Beni dan datang di rumah pukul 16.15. Dayu pulang bersamaan dengan Beni, ia datang di rumah pukul 16.20. Sedangkan Udin pulang 15 menit sehabis Beni pulang, ia datang di rumahnya pukul 16.30.

Berdasarkan dongeng di atas lengkapilah tabel pada halaman berikut

Tanpa kita sadari, waktu telah menjadi kebiasaan yang seringkali kita remehkan. Waktu berjalan dengan begitu cepat tanpa kita sadari. Sedikit saja kita lengah, maka waktu yang sempurna niscaya lewat. Dan waktu yang telah lewat itu tidak dapat dibalik lagi.

Betapa pentingnya waktu dalam hidup kita. Akan tetapi meskipun waktu begitu penting, tidak banyak dari kita yang dapat mengatur dan memanage waktu dengan baik, termasuk saya di dalamnya.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 1 Temanku Sahabatku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel