Pembelajaran 6 Tema 7 Subtema 1 Kerajaan Islam Di Indonesia

Pada masanya, keberadaan kerajaan-kerajaan Islam dan penjajah di Indonesia lainnya dan juga telah banyak membawa efek terhadap kehidupan masyarakatnya. Pengaruh dalam bidang apa sajakah itu? Coba sebutkan! Agama, Ekoomi, Sosial-budaya, dan pendidikan.

Sekarang kita akan berguru tentahg kondisi masyarakat Indonesia pada masa tumbuhnya rasa kebangsaan.

Keberadaan Kerajaan Demak dan kerajaan-kerajaan Islam lainnya di Indonesia telah banyak membawa efek bagi kehidupan masyarakatnya. Bahkan efek tersebut masih bisa kita rasakan kini ini. Selain peninggalan yang berupa benda, ada juga peninggalan yang berupa nilai-nilai. Seperti nilai toleransi yang ditunjukkan oleh Raden Patah dan Sunan Kalijaga. Selain itu, ada nilai kepahlawanan menyerupai yang ditunjukan oleh Sultan Agung Dan Sultan Agung Tirtayasa serta Sultan Hasanuddin. Nilai persatuan menyerupai yang terjadi pada insiden penyatuan Kerajaan Gowa-Tallo.

Bacalah
Sultan Agung Hanyokrokusumo Melawan VOC
Lahir di Kota Gede, Kesultanan Mataram pada tahun 1593. Dia ialah sultan ketiga yang memerintah pada tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya Mataram menjelma kerajaan besar di Jawa dan Nusantara.

Salah satu kisah yang populer ialah penyerangan Sultan Agung Hanyokrokusumo terhadap VOC di Batavia. Pada Agustus hingga Oktober 1628, pasukan Sultan Agung di bawah pimpinan Bupati Kendal dan Pangeran Mandureja (Ki Juru Martani) datang di Batavia. Jumlah pasukannya mencapai 10.000 orang. Perang Besar terjadi di di Benteng Holandia. Namun, pasukan Mataram mengalami kehancuran alasannya ialah kurangnya perbekalan.

Pada Mei-Juni 1629 Sultan Agung kembali mengirim pasukan untuk menyerang VOC di Batavia. Kali ini pasukan di bawah pimpinan Adipati Ukur dan Adipati Juminah. Jumlah pasukannya mencapai 14.000 orang.

Agar tidak mengalami kegagalan lagi, Sultan Agung mengantisipasinya dengan mendirikan
lumbung-lumbung perbekalan beras di kawasan Karawang dan Cirebon. Namun taktik ini berhasil diketahui oleh VOC. Lumbung-lumbung perbekalan beras pun berhasil dimusnahkan. Akhirnya serangan kedua ini pun kembali gagal. Namun Sultan Agung dan pasukannya berhasil membendung dan mengotori Sungai Ciliwung, yang menimbulkan timbulnya wabah penyakit kolera melanda Batavia. Gubernur Jendral VOC, J.P Coen meninggal jawaban wabah tersebut.

1. Kamu sudah membaca teks mengenai Sultan Agung Hanyokrokusumo melawan VOC. Sekarang ceritakan kembali isi bacaan yang tersebut dengan menciptakan Rekam Jejak menyerupai berikut:
Siapakah Sultan Agung Hanyokrokusumo itu?
Sultan Agung Hanyokrokusumo ialah sultan ketiga yang memerintah pada tahun 1613-1645.

Apa kisah usaha yang dilakukan Sultan Agung Hanyokrokusumo
Sultan Agung Hanyokrokusumo menyerang VOC di Batavi pada Agustus hingga Oktober 1628. Namun, pasukan Mataram mengalami kehancuran alasannya ialah kurangnya perbekalan. Pada Mei-Juni 1629 Sultan Agung kembali mengirim pasukan untuk menyerang VOC di Batavia. Kali ini pasukan di bawah pimpinan Adipati Ukur dan Adipati Juminah.

Nilai-nilai apa sajakah yang sanggup kau ambil dari kisah kepemimpinan Sultan Agung Hanyokrokusumo?
  1. Berani mengambil resiko. Pada tahun 1614, dikala VOC mengirim duta untuk mengajak Sultan Agung bekerja sama, dia menolaknya mentah-mentah. Sifat berani mengambil resiko, tegas terhadap keputusan dan konsisten pada prinsip menyerupai inilah yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin negara sejati.
  2. Keinginan dan semangat tinggi. Perang besar di benteng Holandia dan pasukan Mataram mengalami kehancuran alasannya ialah kurang perbekalan. Serangan tersebut memperlihatkan rasa harapan yang besar lengan berkuasa dan semangat yang tinggi untuk memajukan negara.
  3. Pantang menyerah. Walaupun kembali mengalami kekalahan, serangan kedua ini berhasil membendung dan mengotori Sungai Ciliwung sehingga menimbulkan timbulnya wabah penyakit kolera di Batavia. Hal ini menawarkan pelajaran bahwa semangat pantang mengalah dari seorang pemimpin niscaya akan membawa hasil.
  4. Sikap adil. Sultan Agung sangat membenci pemberontakkan. Bahkan pada sepupunya sendiri, Adipati Pragola (1627). Beliau tidak segan-segan mengirim algojo untuk menghukum pemberontak. Beliau tidak pandang bulu dalam mengadili siapapun yang bersalah. Sikap adil dan tidak pandang bulu ini harus dimiliki oleh pemimpin negara.
Tahukah Kamu?
Munculnya rasa kebangsaan Indonesia berasal dari harapan besar lengan berkuasa rakyat Indonesia untuk merdeka dan berdaulat. Sejak kala 19 dan 20, mulai muncul benih-benih rasa kebangsaan atau nasionalisme bagi bangsa-bangsa di Asia dan Afrika, khususnya Indonesia.

Banyak faktor yang memicu munculnya rasa kebangsaan di Indonesia. Salah satunya kenangan kejayaan masa lalu. Kenangan kejayaan masa lalu, khususnya pada kejayaan Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya serta kebesaran kerajaan-kerajaan Islam. Pada masa Majapajit, mereka bisa menguasai seluruh Nusantara. Adapun masa Sriwijaya bisa berkuasa di lautan alasannya ialah maritimnya kuat.

Ayo Diskusikan
1. Pada bacaan di atas disebutkan salah satu faktor munculnya rasa kebangsaan di Indonesia, yakni:
Kenangan kejayaan masa kemudian yaitu kerajaan Majapahit dan Sriwijaya yang bisa menguasai Nusantara.

2. Sekarang diskusikan bersama kelompokmu mengenai faktor-faktor lain yang memicu munculnya rasa kebangsaan Indonesia.
Sebagai materi diskusi, kau sanggup mencari rujukan dari buku atau artikel. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut!
Faktor InternalFaktor Eksternal
  1. Perlakuan membeda-bedakan dari penjajah Barat (Belanda) menimbulkan kesengsaraan dan penderitaan terhadap rakyat Indonesia yang balasannya menimbulkan perasaan senasib.
  2. Adanya kenangan kejayaan masa lalu. Khususnya pada kejayaan Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya serta kebesaran kerajaan-kerajaan Islam.
  3. Timbulnya kaum terpelajar jawaban adanya politik Ethis Van Derenter. Mereka memperoleh pendidikan Barat dan Islam dari luar negeri. Golongan terpelajar itu menyadari akan nasib bangsanya sehingga terbentuk kepribadian, contoh pikir dan etos juang yang tinggi untuk membebaskan diri dari penjajahan.
  4. Lahirnya kelompok terpelajar islam telah menyadarkan bangsa Indonesia terjajah yang sebagian besar penduduknya beragama Islam. Mereka menjadi biro perubahan cara pandang masyarakat, bahwa nasib bangsa Indonesia tidak sanggup diperbaiki melalui belas kasih penjajah menyerupai melalui politik etis. Nasib bangsa Indonesia harus ubah oleh bangsa Indonesia sendiri melalui peningkatan taraf hidup baik dibidang ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya.
  5. Muncul dan berkembangnya semangat persamaan derajat pada masyarakat Indonesia dan menjelma gerakan politik yang sifatnya nasional. Kesadaran Bangsa Indonesia akan harga dirinya sebagai suatu bangsa yang ingin hidup bebas, merdeka menyerupai bangsa-bangsa yang lain. 
  1. Munculnya fase kesadaran pentingnya semangat nasional dan perasaan senasib, serta harapan untuk mendirikan negara berdaulat lepas dari cengkeraman imperialisme di seluruh negara-negara jajahan di Asia, Afrika, dan Amerika latin pada simpulan kala ke-19 dan awal kala ke-20.
  2. Peristiwa Perang Dunia I menyadarkan para terpelajar mengenai penentuan nasib sendiri. Perang tersebut merupakan perang memperebutkan kawasan jajahan. Tokoh-tokoh pergerakan nasional di Asia, Afrika dan Amerika Latin telah menyadari bahwa kini saatnya telah datang bagi mereka untuk melaksanakan perlawanan terhadap panjajah yang sudah lelah berperang.
  3. Munculnya dorongan untuk melawan imperialisme barat alasannya ialah adanya konflik ideologi antara kapitalisme / imperialisme dengan sosialisme / komunisme. Hal ini dipengaruhi oleh lahirnya golongan terpelajar yang memperoleh pengalaman pergaulan internasional serta mendapat pemahaman wacana ide-ide gres  dalam kehidupan bernegara yang lahir di Eropa, menyerupai demokrasi, liberalisme, dan komunisme melalui pendidikan formal dari negara-negara barat.
  4. Lahirnya nasionalisme di Asia dan Afrika memberi ide kaum terpelajar di Indonesia bahwa imperialisme harus dilawan melalui organisasi modern.
  5. Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1904-1965, telah menyadarkan bangsa Asia khususnya Indonesia akan kekuatan dan kemampuannya sebagai bangsa Asia yang telah bisa mengalahkan bangsa Eropa yang selalu menganggap bangsa yang super.
Tahukah Kamu?
Perkembangan masyarakat Indonesia pada masa munculnya rasa kebangsaan terjadi di aneka macam bidang kehidupan, di antaranya sebagai berikut.
No.BidangPerkembangan
1.Bidang
Pendidikan
Perkembangan pendidikan menimbulkan munculnya para cendekiawan baik hasil dari pendidikan barat maupun pendidikan Indonesia sendiri. Para cendikiawan ini menjadi penggerak dan pemimpin muculnya organisasi-organisasi pelajar dan mahasiswa untuk melawan penjajah, menyerupai Perhimpunan Indonesia
2.Bidang
Ekonomi
Ada upaya untuk abolisi eksploitasi ekonomi asing. Tujuannya untuk membentuk masyarakat yang bebas dari kesengsaraan dan kemalaratan serta meningkatkan taraf hidup bangsa Indonesia.
3.Bidang
Politik
Banyak muncul organisasi-organisasi pergerakan yang menyuarakan aspirasi masyarakat pribumi yang telah hidup dalam penindasan penjajah. Mereka ingin menghancurkan kekuasaan kolonial di Indonesia. Salah satunya Partai Nasional Indonesia yang diketuai oleh Ir. Soekarno.
4.Bidang
Sosial dan
Budaya
Melakukan pembentukan identitas nasional, menyerupai penggunaan nama Indonesia untuk menyebut negara kita. Ada upaya untuk melindungi, memperbaiki, dan mengembalikan budaya bangsa Indonesia yang hampir punah alasannya ialah masuknya budaya abnormal sejalan dengan masuknya penjajah di Indonesia
Ayo Diskusikan
No.BidangPengaruh
1.Bidang
Pendidikan
Ciri umum sistem pendidikan Belanda ialah pembagian jenjang pendidikan menurut tahun, contohnya Sekolah Dasar 5-6 tahun dan Sekolah Lanjutan selama 3 tahun. Sistem pendidikan menyerupai itu masih berlaku di Indonesia.
2.Bidang
Ekonomi
Kaum kapital (pemilik modal Barat) masih menguasai perekonomian Indonesia di bidang industri
3.Bidang
Politik
Kitab undang-undang aturan pidana dan perdata yang digunakan di pengadilan Indonesia masih mengacu pada Undang Undang Pemerintah Belanda
4.Bidang
Sosial dan
Budaya
Budaya feodalisme (sistem sosial yang mengagung-agungkan jabatan atau pangkat dan bukan mengagung-agungkan prestasi kerja) masih ada di Indonesia. Sampai kini kebudayaan Eropa yang bertentangan dengan nilai budaya bangsa menyerupai pergaulan bebas masih banyak dijumpai di Indonesia.
Tahukah Kamu?
Salah satu kawasan yang mempunyai keunikan dan keindahan motif hiasnya ialah di Kalimantan, khususnya yang dibentuk oleh Suku Dayak. Motif hias Kalimantan bisa dijumpai pada tameng atau perisai. Bisa juga dijumpai pada rumah-rumah budpekerti Suku Dayak.

Kelembit
Kelembit pada awalnya difungsikan sebagai alat penangkis untuk mempertahankan diri dari serangan musuh. Kelembit biasanya terbuat dari kayu yang ringan tetapi tidak gampang pecah. Bagian depan perisai dihiasi dengan ukiran.

Namun, kini ini lebih banyak dihiasi dengan lukisan yang memakai warna hitam putih atau merah putih. Motif yang digunakan untuk menghias kelembit terdiri dari tiga motif dasar.
  1. Motif Kalung Tebenggang ( burung enggang)
  2. Motif Kalung Aso’ (naga/anjing)
  3. Motif Kalung Udo’ (topeng)
Selain berfungsi sebagai alat penangkis, kelembit juga berfungsi sebagai berikut.
  1. Alat penolong sewaktu kebakaran atau melindungi dari nyala api.
  2. Alat untuk melerai perkelahian.
  3. Perlengkapan untuk upacara adat.
Ayo Temukan
Coba temukan istilah dalam bahasa kawasan berkaitan dengan kerajinan pada bacaan di atas.
No.IstilahArti
1.KelembitKelembit ialah perisai yang terbuat dari kayu yang ringan dan besar lengan berkuasa serta dihiasi dengan goresan pada penggalan luarnya.
2.TebenggangMotif perisau suku Dayak yang berupa gambar burung enggang
3.AsoMotif perisai suku Dayak yang berupa gambar anjing
4.UdoMotif perisai suku Dayak yang berupa gambar topeng

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 7 Subtema 1 Kerajaan Islam Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel