Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi

Sumber daya alam tidak hanya tumbuhan, tetapi ada binatang juga. Menurutmu, sumber daya alam binatang apa saja yang sanggup dimanfaatkan oleh masyarakat?

Selain tanaman, binatang juga menjadi sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi manusia. Apa saja ya sumber daya alam yang bermanfaat itu? Siti pernah mendengar informasi dari pamannya perihal udang windu. Pernahkah kau mendengar perihal udang windu?

Udang windu mempunyai ciri istimewa pada badan, yaitu terdapat 2 garis ungu hitam pada masing-masing ruas. Warna tersebut terang sekali pada udang yang masih hidup. Udang merupakan salah satu materi masakan sumber protein hewani bermutu tinggi. Udang mengandung vitamin A dan vitamin B1. Kandungan mineral penting dalam udang yaitu zat kapur dan fosfor.

Udang sanggup diolah dengan beberapa cara, di antaranya udang beku, kering, kaleng, dan kerupuk. Udang yang sudah diolah pun masih mempunyai manfaat. Limbah pengolahan udang yang berupa jengger (daging di pangkal kepala) sanggup dipakai untuk menciptakan pasta udang. Limbah yang berupa kepala dan kaki udang sanggup dibentuk tepung udang. Tepung udang sumber kolesterol bagi pakan udang budidaya.

Chitosan yang terdapat dalam kepala udang sanggup dimanfaatkan dalam industri kain, alasannya yaitu tahan api dan sanggup menambah kekuatan zat pewarna dengan sifatnya yang tidak gampang larut dalam air.

Lokasi yang cocok untuk tambak udang yaitu pada tempat sepanjang pantai. Tambak yaitu lahan sepanjang pantai yang dipergunakan untuk pemeliharaan ikan, udang, dan binatang air lainnya.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Menurutmu, apa saja mata pencaharian penduduk yang tinggal di tempat habitat udang windu?Sebutkan minimal 4. Petani Udang, Penjual udang, Pekerja tambak, dan Karyawan pabrik pengolahan udang
  2. Apa saja yang sanggup dimanfaatkan oleh masyarakat dari udang windu? Udang sanggup dijadikan udang beku, kering, kaleng, terasi, dan kerupuk. Limbah udang sanggup dimanfaatkan sanggup dibentuk tepung, dan Chitosan.
  3. Setelah kau mengetahui perihal tempat hidup (habitat) udang windu, apa yang sebaiknya kau lakukan terhadap habitat tersebut biar udang windu sanggup terus berkembang biak? Habitat udang harus tetap dijaga biar udang tidak mati atau mengalami kepunahan.
  4. Menurutmu, apa yang sanggup kau ceritakan perihal insan dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya? Letak geografis mensugesti jenis pekerjaan penduduknya menyerupai teladan di atas di tempat pantai penduduknya bekerja sebagai petani udang.
  5. Apa saja yang ingin kau ketahui perihal udang windu, pemanfaatan, dan budidayanya? Darimana Udang Windu berasal? Bagaimana cara membudidayakan Udang windu? Bagaimana cara memanfaatkan udang windu untuk keperluan hidup kita?
Ayo Cari Tahu
Bagaimana dengan sumber daya alam binatang di daerahmu? Hewan apa yang sanggup dimanfaatkan oleh masyarakat? Ayo cari tahu! Ternyata binatang kecil yang satu ini banyak keuntungannya ya. Gunakan skema berikut ini untuk membantumu mencatat informasi.

Ayo Ceritakan
Sampaikan informasi tadi dalam bentuk laporan lisan. Presentasikan dalam kelompok kecil yang terdiri atas 3 siswa. Presentasimu harus berisi keempat informasi tadi ya.
Hewan sapi banyak dipelihara di tempat pedesaan. Sapi dipelihara untuk diambil daging, susu, kulit dan tulangnya untuk materi makanan. Petani di desa memanfaatkan sapi untuk dimanfaatkan tenaganya menarik bajak. Udang windu banyak dipelihara oleh masyarakat sekitar pantai. Udang windu dipelihara untuk diambil dagingnya sebagai materi makanan. Bahan masakan yang berbahan dasar udang misalnya yaitu kerupuk dan terasi udang. Limbah kepala udang juga sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan tepung. Ayam merupakan binatang yang paling gampang dipelihara sehingga banyak orang yang memelihara ayam. Ayam dipelihara untuk diambil daging dan telurnya untuk materi makanan. Sedangkan bulu ayam biasanya dipakai untuk menciptakan kerajinan kemoceng. Ikam merupakan binatang yang hidup di dalam air. Ikan dipelihara untuk diambil dagingnya sebagai materi makanan. Selain itu ternyata tulang ikan sanggup dibentuk tepung yang kaya akan gizi.
Evaluasi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!
1. Sebutkan 5 jenis masakan yang sehat dan bergizi beserta contohnya!
No.Jenis MakananContoh
1.KarbihidratKemtang, nasi, singkong, ubi jalar
2.ProteinKacang kedelai (protein nabati)
3.VitaminBuah mangga (vitamin C)
4.MineralSusu (kalsium)
5LemakDaging sapi, kacang tanah (lemak hewani)
2. Tuliskan 5 hal yang kau ketahui perihal wortel!
  • Wortel mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata.
  • Wortel sanggup dikonsumsi dengan majemuk cara, yaitu dimakan mentah, direbus, dikukus, ataupun dipanggang.
  • Wortel sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Wortel berfungsi sebagai penguat tulang dan gigi.
  • Warna jingga wortel menunjukkan adanya zat beta karoten yang di dalam tubuh insan akan menjelma vitamin.
3. Tuliskan 3 hal yang sanggup mensugesti pertumbuhan dan perkembangan tubuhmu!
  • Konsumsi makanan
  • Olahraga
  • Faktor keturunan
4. Perhatikan grafik batang perihal sayuran yang paling banyak dikonsumsi di SD Nusantara 01 berikut!

a. Sayuran apakah yang paling banyak konsumsi? Kacang Panjang.
b. Berapa banyak siswa yang mengonsumsinya? 18
Buatlah 3 pertanyaan berikut jawabannya yang berkaitan dengan grafik batang tersebut!
c. Berapa selisih jumlah siswa yang gemar kacang panjang dan kangkung? (18 - 4 = 14)
d. Apa sayuran yang paling tidak disukai? kangkung
d. Berapa banyak siswa yang menyukai sayur bayam? 15 siswa
5. Apa saja data yang sanggup ditampilkan dalam grafik batang? Berikan 3 contohnya!
  • Perbandingan jumlah siswa yang menyukai kentang atau nasi
  • Jumlah siswa yang menyukai ikan dibandingkan ayam
  • Jumlah siswa yang tidak menyukai susu
6. Tuliskan 3 sumber daya alam dari jenis tumbuhan yang memberi manfaat bagi masyarakat beserta kegunaannya.
No.TumbuhanKegunaan
1.PadiMakanan pokok
2.TehMembuat minuman
3.JambuMinuman, sumber vitamin C
7. Tuliskan 3 sumber daya alam dari jenis binatang yang memberi manfaat bagi masyarakat beserta kegunaannya.
No.HewanKegunaan
1.SapiDiambil susu, daging, kulit, dan tulangnya untuk makanan.
2.AyamDiambil dagingnya untuk makanan.
Diambil bulunya untuk peralatan rumah tangga, yaitu kemoceng.
3.UdangDiambil dagingnya untuk makanan.
Limbah (sisa) dipakai untuk menciptakan pasta udang.
8. Isilah tabel berikut dengan kondisi geografis suatu daerah, sumber daya alam yang dihasilkan, dan mata pencaharian penduduknya.
No.Nama DaerahKondisi geografisSDA yang dihasilkanMata pencaharian
penduduk
1.Puncak (Jawa Barat)PegunungantehPetani teh dan Penjual teh
2.Batu (Jawa Timur)PegununganapelPetani apel dan Penjual apel
3.Cirebon (Jawa Barat)Dekat dengan lautikan, udangNelayan, dan Penjual ikan, udang
4.Danau
Singkarak (Sumbar)
Danauikan bilihNelayan  dan Penjual ikan
9. Bagaimanakah imbas kondisi geografis suatu wilayah dengan insan (mata pencahariannya)? Kondisi geografis suatu wilayah sangat besar lengan berkuasa terhadap manusia, yakni
mata pencahariannya. Contohnya di tempat pegunungan penduduknya banyak bertani, ditepi pantai banyak penduduknya menjadi nelayan.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel