Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi
Saturday, December 15, 2018
Add Comment
Selain tanaman, binatang juga menjadi sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi manusia. Apa saja ya sumber daya alam yang bermanfaat itu? Siti pernah mendengar informasi dari pamannya perihal udang windu. Pernahkah kau mendengar perihal udang windu?
Udang windu mempunyai ciri istimewa pada badan, yaitu terdapat 2 garis ungu hitam pada masing-masing ruas. Warna tersebut terang sekali pada udang yang masih hidup. Udang merupakan salah satu materi masakan sumber protein hewani bermutu tinggi. Udang mengandung vitamin A dan vitamin B1. Kandungan mineral penting dalam udang yaitu zat kapur dan fosfor.
Udang sanggup diolah dengan beberapa cara, di antaranya udang beku, kering, kaleng, dan kerupuk. Udang yang sudah diolah pun masih mempunyai manfaat. Limbah pengolahan udang yang berupa jengger (daging di pangkal kepala) sanggup dipakai untuk menciptakan pasta udang. Limbah yang berupa kepala dan kaki udang sanggup dibentuk tepung udang. Tepung udang sumber kolesterol bagi pakan udang budidaya.
Chitosan yang terdapat dalam kepala udang sanggup dimanfaatkan dalam industri kain, alasannya yaitu tahan api dan sanggup menambah kekuatan zat pewarna dengan sifatnya yang tidak gampang larut dalam air.
Lokasi yang cocok untuk tambak udang yaitu pada tempat sepanjang pantai. Tambak yaitu lahan sepanjang pantai yang dipergunakan untuk pemeliharaan ikan, udang, dan binatang air lainnya.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
- Menurutmu, apa saja mata pencaharian penduduk yang tinggal di tempat habitat udang windu?Sebutkan minimal 4. Petani Udang, Penjual udang, Pekerja tambak, dan Karyawan pabrik pengolahan udang
- Apa saja yang sanggup dimanfaatkan oleh masyarakat dari udang windu? Udang sanggup dijadikan udang beku, kering, kaleng, terasi, dan kerupuk. Limbah udang sanggup dimanfaatkan sanggup dibentuk tepung, dan Chitosan.
- Setelah kau mengetahui perihal tempat hidup (habitat) udang windu, apa yang sebaiknya kau lakukan terhadap habitat tersebut biar udang windu sanggup terus berkembang biak? Habitat udang harus tetap dijaga biar udang tidak mati atau mengalami kepunahan.
- Menurutmu, apa yang sanggup kau ceritakan perihal insan dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya? Letak geografis mensugesti jenis pekerjaan penduduknya menyerupai teladan di atas di tempat pantai penduduknya bekerja sebagai petani udang.
- Apa saja yang ingin kau ketahui perihal udang windu, pemanfaatan, dan budidayanya? Darimana Udang Windu berasal? Bagaimana cara membudidayakan Udang windu? Bagaimana cara memanfaatkan udang windu untuk keperluan hidup kita?
Bagaimana dengan sumber daya alam binatang di daerahmu? Hewan apa yang sanggup dimanfaatkan oleh masyarakat? Ayo cari tahu! Ternyata binatang kecil yang satu ini banyak keuntungannya ya. Gunakan skema berikut ini untuk membantumu mencatat informasi.
Ayo Ceritakan
Sampaikan informasi tadi dalam bentuk laporan lisan. Presentasikan dalam kelompok kecil yang terdiri atas 3 siswa. Presentasimu harus berisi keempat informasi tadi ya.
Hewan sapi banyak dipelihara di tempat pedesaan. Sapi dipelihara untuk diambil daging, susu, kulit dan tulangnya untuk materi makanan. Petani di desa memanfaatkan sapi untuk dimanfaatkan tenaganya menarik bajak. Udang windu banyak dipelihara oleh masyarakat sekitar pantai. Udang windu dipelihara untuk diambil dagingnya sebagai materi makanan. Bahan masakan yang berbahan dasar udang misalnya yaitu kerupuk dan terasi udang. Limbah kepala udang juga sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan tepung. Ayam merupakan binatang yang paling gampang dipelihara sehingga banyak orang yang memelihara ayam. Ayam dipelihara untuk diambil daging dan telurnya untuk materi makanan. Sedangkan bulu ayam biasanya dipakai untuk menciptakan kerajinan kemoceng. Ikam merupakan binatang yang hidup di dalam air. Ikan dipelihara untuk diambil dagingnya sebagai materi makanan. Selain itu ternyata tulang ikan sanggup dibentuk tepung yang kaya akan gizi.Evaluasi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!
1. Sebutkan 5 jenis masakan yang sehat dan bergizi beserta contohnya!
No. | Jenis Makanan | Contoh |
---|---|---|
1. | Karbihidrat | Kemtang, nasi, singkong, ubi jalar |
2. | Protein | Kacang kedelai (protein nabati) |
3. | Vitamin | Buah mangga (vitamin C) |
4. | Mineral | Susu (kalsium) |
5 | Lemak | Daging sapi, kacang tanah (lemak hewani) |
- Wortel mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata.
- Wortel sanggup dikonsumsi dengan majemuk cara, yaitu dimakan mentah, direbus, dikukus, ataupun dipanggang.
- Wortel sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.
- Wortel berfungsi sebagai penguat tulang dan gigi.
- Warna jingga wortel menunjukkan adanya zat beta karoten yang di dalam tubuh insan akan menjelma vitamin.
- Konsumsi makanan
- Olahraga
- Faktor keturunan
a. Sayuran apakah yang paling banyak konsumsi? Kacang Panjang.
b. Berapa banyak siswa yang mengonsumsinya? 18
Buatlah 3 pertanyaan berikut jawabannya yang berkaitan dengan grafik batang tersebut!
c. Berapa selisih jumlah siswa yang gemar kacang panjang dan kangkung? (18 - 4 = 14)
d. Apa sayuran yang paling tidak disukai? kangkung
d. Berapa banyak siswa yang menyukai sayur bayam? 15 siswa
5. Apa saja data yang sanggup ditampilkan dalam grafik batang? Berikan 3 contohnya!
- Perbandingan jumlah siswa yang menyukai kentang atau nasi
- Jumlah siswa yang menyukai ikan dibandingkan ayam
- Jumlah siswa yang tidak menyukai susu
No. | Tumbuhan | Kegunaan |
---|---|---|
1. | Padi | Makanan pokok |
2. | Teh | Membuat minuman |
3. | Jambu | Minuman, sumber vitamin C |
No. | Hewan | Kegunaan |
---|---|---|
1. | Sapi | Diambil susu, daging, kulit, dan tulangnya untuk makanan. |
2. | Ayam | Diambil dagingnya untuk makanan. Diambil bulunya untuk peralatan rumah tangga, yaitu kemoceng. |
3. | Udang | Diambil dagingnya untuk makanan. Limbah (sisa) dipakai untuk menciptakan pasta udang. |
No. | Nama Daerah | Kondisi geografis | SDA yang dihasilkan | Mata pencaharian penduduk |
---|---|---|---|---|
1. | Puncak (Jawa Barat) | Pegunungan | teh | Petani teh dan Penjual teh |
2. | Batu (Jawa Timur) | Pegunungan | apel | Petani apel dan Penjual apel |
3. | Cirebon (Jawa Barat) | Dekat dengan laut | ikan, udang | Nelayan, dan Penjual ikan, udang |
4. | Danau Singkarak (Sumbar) | Danau | ikan bilih | Nelayan dan Penjual ikan |
mata pencahariannya. Contohnya di tempat pegunungan penduduknya banyak bertani, ditepi pantai banyak penduduknya menjadi nelayan.
0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi"
Post a Comment