Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi

Buah-buahan apa yang paling kau sukai? Mengapa kau menyukainya? Kali ini kita akan bantu-membantu makan buahbuahan.

Indonesia terdiri atas wilayah yang luas, terbentang dari Sabang hingga Merauke. Banyak sekali hasil tanaman yang dihasilkan untuk masyarakatnya. Berbagai macam buah-buahan yang sehat dan bergizi sanggup tumbuh di negeri kita yang subur ini. Cobalah berpasangan dengan seorang temanmu. Bergantianlah menyebutkan buah-buahan yang kalian ketahui sebanyak-banyaknya.

Buah-buahan apa saja yang sanggup kau sebutkan? Pepaya, Mangga, Pisang, Jambu

Buah-buahan apa saja yang berasal dari daerahmu? Pepaya

Nah, kali ini, kita akan mengenal lagu perihal buah-buahan. Tahukah kau perihal lagu Pepaya Mangga Pisang Jambu? Yuk kita bernyanyi bersama! Perhatikan panjang pendek dan tinggi rendahnya nada ya.

Ayo Mencoba
Kini waktunya mencoba menyanyikan lagu ini dengan gerakan tanganmu. Berlatihlah membedakan panjang-pendek dan tinggi-rendahnya nada dengan memakai gerakan tanganmu.

Lakukan secara berpasangan dengan saling menilai. Berikan bukumu kepada pasanganmu, kemudian biarkan ia memakai tabel berikut untuk menilaimu.
Berilah tanda centang (√) pada bab yang sesuai.
No.KriteriaYaTidak
1.Menyanyikan lagu dengan nada yang benar sesuai not angka yang ada--
2.Membedakan panjang-pendek nada dengan memakai gerakan tangan--
3.Membedakan tinggi-rendah nada dengan memakai gerakan tangan--
Penilai🙌
Komentar🙌
Buah apakah yang paling kau sukai di antara pepaya, mangga, pisang, dan jambu?
Mengapa? Pisang, alasannya yaitu pisang mengandung banyak karbohidrat.

Jangan lupa selalu menyantap buah-buahan ya, alasannya yaitu buah-buahan yaitu masakan sehat dan bergizi yang baik untuk tubuhmu.

Ayo Berkreasi
Jika tadi kau telah berlatih menyanyikan lagu perihal buah-buahan, kini saatnya berkreasi menciptakan minuman sehat dari buah. Kira-kira, minuman apa yang membuatmu berselera namun tetap menyehatkan?

Ayo kita coba menciptakan teh lemon!
Teh Lemon
Bahan:
  1. 1 gelas air teh hangat atau dingin
  2. 2 sendok teh gula pasir
  3. 1 buah jeruk lemon (*jika tidak ada lemon, jeruk nipis sanggup menjadi penggantinya)
Alat:
  1. 1 buah gelas
  2. 1 buah sendok teh
  3. 1 buah pisau (sebaiknya guru yang menggunakan)
Cara membuat:
  1. Siapkan 1 gelas air teh yang sudah diseduh dengan air putih hangat atau dingin.
  2. Masukkan 2 sendok teh gula pasir ke dalam gelas, kemudian aduk hingga gula larut.
  3. Buat 1 irisan jeruk lemon dengan pisau. Iris sedikit bab tengah ke pinggir lemon semoga sanggup diletakkan di bibir gelas sebagai hiasan atau untuk dimasukkan ke dalam teh.
  4. Peras sedikit jeruk lemon yang belum diiris ke dalam teh.
  5. Aduk semoga air perasan jeruk lemon menyatu dengan teh.
  6. Teh lemon siap dinikmati.
  7. Letakkan irisan lemon di bibir gelas sebagai hiasan.
Ayo Ceritakan
Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 orang. Ceritakan kembali kepada kelompokmu perihal bahan, alat, dan cara menciptakan teh lemon secara lisan dengan memakai kosakata baku. Katakan pada teman-temanmu bahwa mereka sanggup mengomentari caramu bercerita sehabis selesai.
Teh lemon merupakan salah satu minuman yang menyehatkan.  Rasa anggun yang dipadukan dengan rasa asam dari perasan air jeruk lemon akan menambah kesejukan pada badan anda. Untuk menciptakan segelas teh lemon diharapkan 1 gelas teh hangat, 2 sendok gula, dan 1 buah lemon. Sedangkan alat yang diharapkan yaitu 1 buah gelas, 1 buah sendok teh, dan 1 buah pisau. Cara membuatnyapun sangat simpel dan mudah. Pertama siapkan segelas air teh, masukan 2 sendok gula, peras jeruk lemon ke dalam gelas, kemudian diaduk supaya lemon dan teh menyatu. Setelah final lemon teh siap dinikmati. Jangan lupa letakan irisan lemon di bibir gelas untuk hiasan. Gampang sekali kan?

Ayo Menulis
Tentunya kau juga mempunyai resep masakan atau minuman yang sanggup diketahui teman-temanmu. Amati ibumu menyiapkan masakan atau minuman. Catat resepnya. Bagaimana jikalau kau menyampaikannya sekarang? Lakukan secara tertulis dengan memilah dan menentukan kosakata baku dalam tulisanmu.
Nama makanan/minuman:Tempe Mendoan
Bahan:Bahan yang digunakan :
  1. 250 gr tempe
  2. 100 gr tepung terigu yang berkualitas baik
  3. 50 gr tepung beras
  4. 2 batang bawang daun polong ( iris halus )
  5. garam secukupnya
  6. gula pasir secukupnya
  7. penyedap rasa secukupnya
  8. air secukupnya
  9. minyak untuk menggoreng secukupnya
Bumbu yang dihaluskan :
  1. 2 cm kunyit
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 butir bawang merah
  4. 1/2 sendok teh ketumbar
  5. 1/4 sendok teh merica butiran ( disangarai )
Alat:Kompor, Wajan, Soled, Sorok, Piring
Cara Membuat:
  1. Tempe diris tipis terlebih dahulu, sisihkan sejenak
  2. Campurkan tepung terigu, tepung beras, bumbu yang dihaluskan,irisan bawang daun polong,garam, gula pasir dan penyedap rasa dalam satu wadah
  3. Tuang air bertahap kedalam adonan tepung sambil diaduk-aduk hingga adonan pas
  4. Celupkan tempe yang sudah diiris tipis kedalam adonan tepung hingga seluruh permukaan tempe tertutup rapat
  5. Panaskan minyak kemudian goreng tempe yang sudah dicelupkan dengan tepung
  6. Tunggu hingga berwarna kuning kecoklatan sambil dibolak balik, angkat tiriskan
  7. Tempe mendoan siap untuk disajikan
Gambar
Tunjukkan tulisanmu kepada 3 orang temanmu. Kalian sanggup saling mengembangkan resep dan isu perihal masakan atau minuman yang kalian tulis.

Ayo Amati
Perhatikan gambar berikut!
Ayo kita pelajari lebih lanjut perihal jeruk. Buah jeruk dinikmati alasannya yaitu rasanya yang segar. Jeruk menjadi buah favorit untuk melepas dahaga dan juga sebagai buah pencuci mulut.

Buah jeruk sanggup diolah menjadi minuman atau makanan, menjadi obat, dan sanggup menurunkan demam. Buah jeruk kaya kandungan vitamin C. Kulitnya sanggup digunakan adonan sabun pencuci piring dan menghilangkan busuk amis.

Jeruk yang ada di Indonesia bermacam-macam. Ada jeruk nipis, jeruk limau, jeruk besar, dan ada juga jeruk jeruk keprok serta jeruk lemon. Beberapa tempat di Indonesia menjadi sentra penghasil jeruk, yaitu Garut (Jawa Barat), Tawangmangu (Jawa Tengah), Batu (Jawa Timur), Tejakula (Bali), Selayar (Sulawesi Selatan), Pontianak (Kalimantan Barat) dan Medan (Sumatra Utara).

Jeruk sanggup ditanam di dataran rendah maupun tinggi, tergantung pada jenis jeruk yang akan dibudidayakan. Satu hal yang penting, jeruk hanya sanggup tumbuh di tempat yang selalu terkena sinar matahari. Teknologi atau peralatan yang digunakan para petani jeruk ini pada umumnya yaitu cangkul, alat untuk menyemprot obat, dan gunting pangkas.

Setelah dipanen, jeruk harus dicuci dengan air bersih, dilap, kemudian dikemas. Pengemasan ini bertujuan semoga jeruk terlindung dari luka, untuk mempertahankan mutu, dan untuk menarik perhatian konsumen. Jika akan dikirim ke suatu tempat, jeruk biasanya dimasukkan ke dalam karung, keranjang bambu, atau peti kayu. Jeruk pun siap dijual dan dikonsumsi masyarakat.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Menurutmu, apa saja pekerjaan penduduk yang tinggal di dataran tempat jeruk tumbuh? Sebutkan minimal 4 pekerjaan yang kau ketahui! Petani Jeruk, Pengemas Jeruk, Sopir Angkutan, Buruh tani (mencangkul)
  2. Teknologi apa yang digunakan petani jeruk dalam teks tadi? Teknologi sederhana.
  3. Apa saja yang sanggup dimanfaatkan oleh masyarakat dari jeruk? Dibuat minuman, pencuci piring, menghilangkan busuk amis, pelepas dahaga dan pencuci mulut
Ayo Diskusikan
Perhatikan gambar-gambar berikut!

Diskusikan dengan sahabat sekelompok yang terdiri atas 3 orang! Pilih 1 gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Apa saja yang sanggup dihasilkan dari sumber daya alam di atas? Minuman segar (teh)
  2. Teknologi atau alat apa yang digunakan pada proses produksinya? Teknologi sederhana
  3. Apa saja manfaat sumber daya alam tersebut bagi masyarakat di sekitar? Sebagai penghasil materi minuman, sebagai tempat pariwisata, dan sebagai penampung air hujan, dan mencegah erosi.
  4. Bagaimanakah hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat pada gambar-gambar di atas? Masyarakat memanfaatkan teh sebagai materi pembuat minuman. Teh diolah dengan memakai teknologi sederhana. Manusia memanfaatkan sumber daya alam yang ada dengan memakai teknologi untuk mengolahnya,
Ayo Membuat Laporan
Secara individu, buatlah laporan tertulis perihal pemanfaatan sumber daya alam di wilayahmu oleh masyarakat. Isi laporan harus berisi tentang:
  1. Jenis sumber daya alam yang dimanfaatkan (dikonsumsi atau digunakan masyarakat sebagai makanan)
  2. Bagaimana pemanfaatannya (apa saja yang dimanfaatkan dan apa produknya)
Salah satu sumber daya alam yang banyak terdapat di sekitar lingkunganku yaitu singkong. Singkong banyak dibudidayakan alasannya yaitu cara penanamanya yang simpel dan sanggup memakai teknologi yang sederhana.

Untuk menanam singkong hal pertama yang perlu dilakukan yaitu menyiapkan lahan. Lahan dicangkul terlebih dahulu kemudian diratakan sambil menciptakan bedengan bedengan kecil. Bagian tanaman singkong yang digunakan untuk perbanyakan yaitu bab batangnya. Batang singkong yang sudah bau tanah dipotong sekitar 20 cm kemudian ditanam pada bedengan-bedengan yang telah dibentuk sebelumnya. Masa panen singkong sekitar 8 bulan. Selama masa menunggu panen harus dilakukan penyiangan di bawah pohon singkong semoga terbebas dari gulma. Agar tumbuh subur tanaman singkong juga perlu dipupuk.

Setelah 8 bulan singkong sudah siap panen. Singkong dicabut dari tanah kemudian dipotong dari batangnya. Bersihkan tanag yang masih menepel pada singkong kemudian dimasukan dalam karung dan singkong siap untuk dipasarkan. Biasanya singkong yang ada di daerahku dijual ke pabrik pembuat tepung tapioka. Singkong-singkong hasil panen petani diangkut ke pabrik untuk diolah menjadi tepung tapioka. Dari tepung tapioka tersebut sanggup dihasilkan banyak sekali macam jenis makanan. Selain itu singkong juga sanggup dibentuk camilan misanya saja keripik singkong.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 1 Makananku Sehat Dan Bergizi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel