Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 2 Manfaat Masakan Sehat Dan Bergizi

Tahukah kau bahwa susu yakni minuman sehat dan bergizi? Susu sapi murni merupakan susu yang paling pas dan cukup tepat kandungan nutrisinya. Pasalnya di setiap 100 gram, sama saja dengan kandungan 70,5 kilo kalori. Cukup banyak bukan? Selain itu, juga ada protein 3,4 gram dan lemak sekitar 3,7 gram. Tingginya angka nutrisi penting itulah yang menciptakan badan anda sehat kalau selalu mengkonsumsinya setiap hari.

Dayu sedang berada di sebuah peternakan sapi. Tahukah kau bahwa sapi menghasilkan minuman yang sehat dan bergizi? Sayangnya, tidak semua anak Indonesia sanggup minum susu. Perhatikan grafik batang berikut. Masukkan data tersebut ke dalam tabel yang tersedia, kemudian bulatkanlah!

Apa yang sanggup kau simpulkan dari data di atas? India merupakan negara pengonsumsi susu terbesar di Asia dan Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya paling sedikit mengonsumsi susu.

Mengapa Indonesia merupakan negara yang paling rendah dalam mengonsumsi susu? Diskusikan bersama dengan temanmu!
  1. Produksi Susu Peternak Lokal Minim sebab produksi susu sapi peternak lokal masih sangat rendah. Sehingga tak mengherankan 70% kebutuhan susu di Indonesia dipasok dari impor.
  2. Susu di Indonesia Masih Dianggap Barang Mewah bebeda dengan negara lain yang punya budaya minum susu tiap harinya sebab melihat pentingnya nutrisi susu
Ayo Berlatih
Bagaimana kandungan gizi dalam susu? Perhatikan tabel berikut! Bulatkanlah angkaangka pada data tabel di bawah ini!
Data kandungan gizi susuPembulatan
KomponenBanyaknyaKomponenBanyaknya
Protein3,20 gramProtein30
Lemak3,50 gramLemak40
Karbohidrat4,30 gramKarbohidrat40
Kalsium0,143 gramKalsium143
Fosfor0,05 gramFosfor60
Besi0,06 gramBesi2
Ubah data di atas menjadi data dalam bentuk grafik batang.

Apa yang sanggup kau simpulkan dari data tersebut? Susu paling banyak mengandung kalsium dan sedikit mengandung zat besi

Tugas kelompok:
Dalam kelompok beranggotakan 6 orang, kumpulkanlah data wacana banyaknya siswa yang setiap hari minum susu di sekolahmu. Perhatikan langkah-langkah berikut!
  1. Satu anggota akan mengumpulkan data di satu tingkat kelas.
  2. Kumpulkan data dari kelas I sampai kelas VI.
  3. Tuliskan data dalam bentuk tabel.
  4. Ubah data tabel menjadi data grafik batang.
  5. Tuliskan kesimpulan dari data tersebut.
KelasKelas IKelas IIKelas IIIKelas IVKelas VKelas VI
Hanya siswa yang setiap hari
minum susu
15171912821
Jumlah Siswa324033342836
Grafik batang konsumsi susu kelas I sampai kelas VI

Bagaimana konsumsi susu siswa di sekolahku? Kesimpulan: Dari hasil pengumpulan data siswa yang dilakukan di sekolah kami ternyata sebagian besar siswa masih belum mengkonsumsi susu setiap hari.

Ayo Diskusikan
Segelas Susu Setiap Hari
Bagi rakyat Indonesia, susu masih merupakan ‘barang mewah’ sebab harganya yang cukup mahal. Susu mengandung kalori sebagai sumber energi yang cukup tinggi. Susu juga mempunyai kandungan gizi yang sangat lengkap, menyerupai protein untuk pertumbuhan, lemak untuk cadangan energi, kalsium untuk penguat tulang dan gigi, zat besi untuk daya tahan tubuh, magnesium memperkuat kerja jantung dan otak. Susu juga dijuluki sebagai materi makanan dengan kandungan vitamin paling lengkap, juga sebagai “darah putih” yang membantu kesehatan badan manusia.

Segelas susu setiap hari akan bermanfaat bagi tubuh, menyerupai menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kerja otak, menjaga kesehatan kulit, menambah kekuatan tulang (mencegah penyusutan dan patah tulang), meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan luka dengan cepat, meningkatkan ketajaman penglihatan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Ternyata susu mempunyai kandungan gizi lengkap yang diperlukan oleh tubuh. Diskusikan isi teks tadi. Bagaimana kandungan gizi dalam susu? Tuliskan dalam sketsa berikut!

Ayo Cari Tahu
Lalu bagaimana proses pengolahan susu sapi tersebut? Perhatikan gambar dalam tabel berikut!
TahapanTeknologi SederhanaKelebihan dan KekuranganTeknologi ModernKelebihan dan Kekurangan
Pemerahan-Susu kurang bersih dan membutuhkan waktu yang lama-Susu lebih bersih dan waku lebih cepat
Pasteurisasi-Susu lebih alami namun susu kurang higienis-Proses lebih cepat dan bersih namun susu kurang alami
Ternyata proses pengolahan susu sapi sanggup memakai dua cara, yaitu mengunakan teknologi sederhana dan teknologi modern. Bandingkan kedua teknologi tersebut dan jelaskan kelebihan dan kekurangannya dalam kolom yang telah tersedia. Bagaimana manfaat teknologi proses pengolahan susu tersebut bagi kehidupan? Simpulkan!
Manfaat teknologi pengolahan susu tersebut akan menciptakan banyak anak di seluruh pelosok Indonesia sanggup minum susu, sebab susu akan lebih tahan usang dan kemasannya akan menciptakan susu lebih gampang untuk dikirim ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan adanya pabrik susu juga akan menyerap tenaga kerja bagi masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah tersebut.
Nah, kini kau akan mencoba menciptakan susu lebih tahan lama. Perhatikan aba-aba berikut.
  1. Siapkan kaleng bekas, cuci, dan bersihkan.
  2. Masukkan susu cair ke dalam kaleng, kemudian tutup.
  3. Simpan kaleng berisi susu dalam wadah (baskom, panci), letakkan es batu, sekam (kulit padi kering), dan potongan kertas di sekitar kaleng.
Sebagai perbandingan, siapkan segelas susu cair, kemudian simpan kedua susu dengan perlakuan yang berbeda tersebut di daerah yang sama. Setelah beberapa hari, perhatikan kondisi kedua susu tersebut.

Tuliskan proses yang telah kau lakukan!
  1. Siapkan terlebih dahulu kaleng bekas kemudian dicuci dan dibersihkan.
  2. Selanjutnya masukan susu ke dalam kaleng kemudian ditutup.
  3. Susu dalam kaleng disimpan dalam ember yang berisi es batu, sekam, dan potongan ketas.
Buat kesimpulannya!
Pendinginan susu bertujuan untuk menahan mikroba perusak susu semoga jangan berkembang, sehingga susu tidak mengalami kerusakan dalam waktu yang relatif singkat.

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 2 Manfaat Masakan Sehat Dan Bergizi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel