Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 2 Keunikan Tempat Tempat Tinggalku

Selain budaya, ternyata setiap kawasan juga mempunyai permainan-permainan yang unik. Apa saja ya? Yuk, kita pelajari bersama.

Pak Hasan bercerita permainan tradisional sanggup dipakai dalam acara olahraga kebugaran jasmani. Lakukan acara olahraga ibarat skipping, lari menggendong teman, dan squad thrust sesuai petunjuk gurumu.

Bentuk –Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani
1. Skipping
Koordinasi ialah satu tumpuan gerak yang terbentuk dari campuran beberapa fungsi komponen kesejukan jasmani. Salah satu cara untuk melatih koordinasi ialah lompat tali (skiping). Lompat tali ini bertujuan melatih kelincahan, kecepatan, daya tahan, dan kekuatan otot tungkai.

Cara melakukannya sebagai berikut.
  1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
  2. Sikap awal berdiri tegak dengan kedua tangan masing-masing memegang ujung tali skiping.
  3. Putarkan tali skiping ke depan atau ke belakang.
  4. Lakukan dengan kedua kaki atau satu kaki.
  5. Lakukan latihan ini beberapa menit.
  6. Siswa melaksanakan secara bergantian.
2. Lomba lari menggendong teman
Gerakan lari menggendong sahabat mempunyai kegunaan untuk melatih kekuatan otot tungkai dan punggung. Cara melaksanakan gerakan lari menggendong sahabat ialah sebagai berikut:
  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok secara berpasangan. satu kelompok terdiri dari dua siswa.
  2. Siswa mencari pasangan yang seimbang.
  3. Guru menciptakan lintasan lari dengan jarak 10 meter.
  4. Siswa yang digendong melekat pada punggung dengan memegang pundak siswa yang menggendong. Kedua paha siswa yang digendong mengapit pinggang siswa yang menggendong, sehingga pahanya berada di sisi kiri dan kanan.
  5. Kedua lengan siswa yang menggendong menahan paha siswa yang digendong biar tidak merosot ke bawah.
  6. Siswa melaksanakan secara bergantian
3. Squat thrust
Squat-thrust ialah mengubah posisi tubuh / jongkok-berdiri Cara melakukannya adalah:
  1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
  2. Posisi berdiri tegak.
  3. Jongkok sambil menyentuhkan kedua telapak tangan di lantai.
  4. Pandangan ke arah depan.
  5. Lemparkan kedua kaki belakang hingga lurus dengan perilaku tubuh telungkup dalam keadaan terangkat.
  6. Dengan serentak kedua kaki ditarik ke depan, kemudian kembali ke tempat semula.
  7. Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang dengan gerakan yang sama selama beberapa menit.
Ayo Amati
Setelah acara berolahraga, kini saatnya kau melihat jenis permainan tradisional lainnya ibarat yang ada di bawah ini.

Gasing / Gangsing ialah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing juga merupakan mainan belum dewasa dan orang dewasa. Sebagian besar gasing dibuat dari kayu, plastik, atau bahan-bahan lain. Kayu diukir dan dibuat hingga menjadi bab tubuh gasing. Tali gasing umumnya dibuat dari nilon atau dari kulit pohon. Panjang tali gasing berbeda-beda bergantung pada panjang lengan orang yang memainkan.

Egrang dimainkan oleh belum dewasa hampir di seluruh penjuru Indonesia tapi dengan julukan yang berbeda. Mulai dari Tengkak- Tengkak di Sumatra Barat, Ingkau di Bengkulu, Batungkau di Kalimantan Selatan hingga Tilako di Sulawesi Tengah. Kendati mempunyai perbedaan nama, tetapi media permainannya tetap sama. Egrang- berarti dolanan atau permainan yang memakai batang kayu atau bambu yang diberi pijakan untuk berjalan.

Permainan sepak takraw ini dimulai dengan salah seorang pemain melambungkan bola kepada rekannya dengan tangan. Rekannya itu akan memantul-mantulkan bola itu dengan kakinya sekali atau beberapa kali, sebelum menendangnya ke arah pemain lain. Pemainpemain yang membentuk bulat bergantian menatulkan bola itu dan menjaganya biar tidak jatuh ke tanah. Jika bola itu jatuh, permainan selesai.

Berikan komentarmu wacana permainan-permainan di atas. Permainan tradisional sangat menarik dan perlu dilestarikan.

Berdasarkan gambar pada halaman sebelumnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
Jelaskan secara singkat cara bermain ketiga permainan di tadi!

  1. Permainan gasing dilakukan melilitkan tali secara teratur pada tangkai atau leher gasing, kemudian melempar gasing itu dengan keras sembari menarik talinya. Maka kemudian gasing akan jatuh ke tanah dan berputar dengan kencang.  Pada awal gasing diputar (dilempar) ia akan berputar secara kasar, namun sehabis mendapat sudut putar yang pas ia akan bisa berputar dengan konstan. Setelah berputar konstan gasing akan kembali berputar secara agresif tidak beraturan sebelum jadinya jatuh dan berhenti. 
  2. Cara bermain egrang antara lai sebagai berikut : naik pada bab yang berfungsi sebagai tangga, tangan berpegangan pada ujung egrang. Angkat egrang dengan kekuatan otot tangan dengan diikuti gerakan kaki,jaga keseimbangan biar tidak terjatuh/roboh. 
  3. Pemainan sepak takraw ini terdiri dari dua tim yang saling berhadapan satu sama lain, tiap - tiap terdiri dari 3 (tiga) orang pemain. Permainan sepak takraw ini memakai kaki dan semua anggota tubuh kecuali tangan. Tujuan dari permainan ini ialah mengembalikan bola sedemikian rupa sehingga bisa jatuh di lapangan lawan ataupun menjadikan lawan menciptakan pelanggaran dengan cara bermain salah. 
Jelaskan sumber daya alam apa saja yang dipakai untuk menciptakan ketiga jenis permainan tersebut?
  1. Sebagian besar memakai kayu sebagai materi utamanya. Hal ini dikarenakan kayu merupakan materi yang cukup kuat.
  2. Egrang batok kelapa dibuat dari batok kelapa yang dipotong menjadi dua bab sama besar (atas dan bawah), kemudian diikat dengan tali untuk pegangan egrang. Pada egrang bambu materi yang dipakai ialah 2 batang bambu yang sama panjang dan pijakan untuk kaki yang sanggup dibuat dari bambu maupun kayu,
  3. Bola takraw umumnya terbuat dari anyaman rotan, namun kini sudah banyak bola takraw yang terbuat dari plastik.
Teknologi apa yang dipakai untuk menciptakan peralatan pada setiap permainan itu? Krtiga permainan tersebut memakai teknologi sederhana.

Menurutmu, manfaat apa saja yang sanggup diperoleh dari permainan tersebut?
  1. Bermain gasing, baik untuk melatih keterampilan, kesabaran, sportifitas sekaligus mengenalkan aturan keseimbangan. Keterampilan dalam permainan gasing ialah keterampilan dalam melemparkan gasing biar sanggup berputar dengan konstan. 
  2. Manfaat permainan egrang ialah kerja keras, keuletan, dan sportivitas. Nilai kerja keras tercermin dari semangat para pemain yang berusaha biar sanggup mengalahkan lawannya. 
  3. Manfaat Takraw untuk melatih koordinasi, kekuatan kaki, dan fleksibilitas; meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk bermain sepak bola, dan sangat murah untuk bermain
Keterampilan apa saja yang diharapkan untuk memainkan ketiga permainan itu?
  1. Keterampilan melempar gasing akan memilih putaran yang dihasilkan. Jika lemparan dilakukan dengan baik dan benar maka gasing akan berputar dengan konstan dan dalam waktu yang cukup lama.
  2. Permainan ini membutuhkan keseimbangan raga kita dalam memainkannya. Kenapa bisa begitu, alasannya ialah si pemain harus berusaha menyeimbangkan berat dan tinggi tubuhnya dalam pijakan dua buah batang bambu yang menopang kedua kakinya untuk berjalan.
  3. Beberapa keterampilan permainan sepak takraw antara lain :Sepak Sila, Sepak Kuda (Sepak Kura), Sepak Cungkil, Menapak, Sepak Simpuh atau Sepak Badek, Main Kepala (heading), Mendada, Memaha, dam Membahu
Bagaimana pendapatmu sebagai bangsa Indonesia yang mempunyai bermacam-macam permainan tradisional?
Sebagai bangsa yang mempunyai aneka permainan tradisional maka permainan tradisional tersebut harus dilestarikan dan dikembangkan sehingga menambah kekayaan budaya bangsa.

Apa yang terjadi kalau gasing mempunyai bentuk yang prisma, kubus, atau bentuk lainnya?
Jika gasing mempunyai bentuk prisma atau bentuk yang lain tentunya kecepatan berputar gasing akan berkurang.

Berikan idemu, biar permainanpermainan itu tetap ada?
Cara melestarikan ketiga permaianan tersebut ialah sebagai berikut
  1. Gasing sanggup dijadikan cabang olahraga yang sanggup diukur dengan skor dan prestasi serta sanggup dikembangkan pada event yang lebih luas contohnya PON, Gasing mengandung nilai seni, dan sebagai sarana hiburan masyarakat dan sanggup aset wisata.
  2. Untuk melestraikan permainan egrang sanggup dilakukan dengan cara memperkenalkannya kembali kepada anak, melalui kegiatan-kegiatan lomba baik di lingkungan sekolah ataupun di lingkungan tempat tinggal. Selain itu juga membangun komunitas, kita bisa membangun komunitas di lingkungan masyarakat.
  3. Saat ini sepak takraw sudah diperlombakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON), Sea Games, dan event olahraga lainnya.
Ayo Ceritakan
Nah, kini ceritakan pengalamanmu bermain salah satu permainan tradisional yang ada di lingkungan tempat tinggalmu.
Bermain egrang sangat mengasyikan alasannya ialah permainan ini membutuhkan koordinasi gerakan kaki dan tangan. Permainan egrang sanggup dilakukan dimana saja asal tidak membahayakan. Permaianan ini biasanya dilakukan pada sore hari yang cerah. Dengan bermain egrang bersama- sama sahabat sanggup mempererat persahabatan.
Ayo Berkreasi
Wayang merupakan salah satu seni yang sangat populer di Indonesia. Kamu sanggup membuatnya dengan memanfatkan sumber daya alam yang ada di daerahmu. Buatlah wayangwayangan dengan memperhatikan langkah-langkah berikut.

  1. Bersihkan batang daun singkong dari daunnya. Jemur di bawah terik matahari hingga layu biar batang gampang dibuat dan tidak patah.
  2. Setelah layu, ambil satu batang, kemudian bentuk ibarat di bawah ini.
  3. Ambil satu lagi, lilitkan ke batang yang tadi hingga terbentuk ibarat gambar berikut.
  4. Lakukan langkah ke-3 tadi sebanyak beberapa kali sehingga terlihat ibarat bentuk hidung, muka, dan rambut.
  5. 5Untuk tubuh dan tangannya, bentuklah ibarat gambar di atas.
Kamu juga sanggup menciptakan kreasi wayang secara bebas. Wayang ini juga sanggup dibuat dari batang tanaman lain, homogen rumput. Kamu sanggup memakai jerami atau rumput yang agak keras. Akan tetapi, semua materi itu harus dijemur dulu biar lentur

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 2 Keunikan Tempat Tempat Tinggalku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel