Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 3 Gembira Tempat Tempat Tinggalku

Saat saya berlibur di rumah nenek dan kakekku, saya bahagia sekali melihat kehidupan masyarakat desa yang ada di sana. Inilah ceritaku.

KEGIATAN KERJA BAKTI ATAU GOTONG ROYONG
Gotong royong merupakan suatu kegiatan sosial yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia dari zaman
dahulu kala sampai ketika ini sebagaimana yang tertuang dalam Pancasila yaitu sila ke- 3 “Persatuan
Indonesia”. Perilaku gotong royong telah dimiliki bangsa Indonesia semenjak dahulu. Gotong royong merupakan keperibadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong tumbuh dari kita sendiri, sikap dari masyarakat.

Rasa kebersamaan ini muncul alasannya yakni adanya sikap sosial tanpa pamrih dari setiap individu untuk meringankan beban yang sedang dipikul. Hanya di Indonesia, kita bisa menemukan sikap gotong royong ini.

Ini merupakan sikap positif yang harus dilestarikan biar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kokoh dan berpengaruh di segala lini. Tidak hanya di pedesaan bisa kita jumpai sikap gotong royong, tetapi di kawasan perkotaan pun bisa kita jumpai dengan mudah. Karena secara kultur, budaya tersebut memang sudah ditanamkan semenjak kecil sampai dewasa.

Karena ini merupakan salah satu cermin yang menciptakan Indonesia bersatu dari Sabang sampai Merauke, walaupun berbeda agama, suku dan warna kulit, kita tetap menjadi kesatuan yang kukuh. Inilah alah satu budaya bangsa yang menciptakan Indonesia, dipuja dan puji oleh bangsa lain alasannya yakni budayanya yang unik dan penuh toleransi antarsesama manusia.

Gotong royong yakni sikap hidup, cara kerja, dan kebiasaan yang sudah dikenal bangsa Indonesia secara bebuyutan semenjak zaman dahulu. Dalam gotong royong, orang menuntaskan suatu kegiatan secara bersama-sama dengan menyebarkan kiprah dan saling tolong menolong.

Dengan bergotong royong, banyak hal yang telah dilakukan bangsa kita di masa lalu, mulai dari mendirikan rumah, mengerjakan sawah, membantu tetangga yang sedang berduka sampai saling bersama-sama berjuang dan memproklamasikan kemerdekaan negara. Dengan bergotong royong, semua kiprah berat akan menjadi lebih ringan.

Kita hidup di dunia ini bukan seorang diri. Sebagai rakyat Indonesia, kita hidup bersama orang lain sebagai satu bangsa. Sebagai sesama, bangsa kita punya tujuan yang sama yaitu memajukan bangsa ini. Untuk meraih tujuan tersebut maka kita seyogianya selalu siap untuk bekerja sama dengan semangat gotong royong. Akan lebih banyak yang sanggup kita raih kalau kita melaksanakan gotong royong dengan orang lain.

Secara nyata, tradisi gotong royong telah melembaga dan mengakar kuat. Ini diwujudkan dalam banyak sekali kegiatan keseharian masyarakat Indonesia. Khususnya di pedesaan Jawa, praktik gotong royong, walau cenderung mengalami penurunan baik dari sudut pandang lingkup kegiatan maupun jumlah orang yang terlibat secara umum masih mendapat apresiasi positif dari warga masyarakat.

Hal ini sepertinya juga dipengaruhi oleh salah satu karakteristik khusus, yaitu keeratan relasi sosial yang dimiliki oleh masyarakat Jawa.

Aktivitas gotong royong dalam banyak sekali dimensinya menunjukkan implikasi semangat dan nilai untuk saling menunjukkan jaminan atas hak dan kelangsungan hidup antarsesama warga masyarakat yang masih menempel cukup berpengaruh di perdesaan. Hal ini juga sanggup diacu sebagai salah satu taktik tradisional. Contoh kegiatan yang sanggup dilakukan secara bergotong royong antara lain pembangunan kemudahan umum dan membersihkan lingkungan sekitar.

Sikap gotong royong itu seharusnya dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan adanya kesadaran setiap lapisan masyarakat mau melaksanakan setiap kegiatan dengan cara bergotong royong. Dengan demikian segala sesuatu yang akan dikerjakan sanggup lebih gampang dan cepat diselesaikan dan pastinya pembangunan di kawasan tersebut akan semakin lancar dan maju. Bukan itu saja, tetapi dengan adanya kesadaran setiap elemen atau lapisan masyarakat dalam menerapkan sikap gotong royong maka relasi persaudaraan atau silaturahim akan semakin erat.

Bandingkan dengan cara individualisme yang mementingkan diri sendiri yang akan memperlambat pembangunan di suatu daerah. Karena individualisme itu sanggup menimbulkan keserakahan dan kesenjangan di antara masyarakat di kota tersebut.

Sifat gotong royong di kawasan perdesaan lebih menonjol dalam pola kehidupan mereka, menyerupai memperbaiki dan membersihkan jalan, atau membangun/memperbaiki rumah. Adapun di kawasan perkotaan gotong royong sanggup dijumpai dalam kegiatan kerja bakti di RT/RW, di sekolah dan bahkan di kantor-kantor. Misalnya, pada ketika memperingati hari-hari besar nasional dan keagamaan, mereka bekerja tanpa imbalan jasa, alasannya yakni demi kepentingan bersama. Dari sini timbullah rasa kebersamaan, kekeluargaan, tolong menolong sehingga sanggup terbina rasa kesatuan dan persatuan nasional. Semangat gotong royong didorong oleh:
  1. Bahwa insan tidak hidup sendiri, tetapi hidup bersama dengan orang lain atau lingkungan sosial;
  2. Pada dasarnya insan itu bergantung pada insan lainnya;
  3. Manusia perlu menjaga relasi baik dengan sesamanya;
  4. Manusia perlu menyesuaikan dirinya dengan anggota masyarakat yang lain.
Ayo Belajar
Masyarakat Indonesia sebagian besar hidup di kawasan pedesaan. Banyak kegiatan yang dilakukan yang menciptakan saya kagum. Inilah beberapa citra kehidupan mereka.

Berikan komentarmu wacana kegiatan-kegiatan yang ada pada setiap gambar.
Kegiatan gotong royong sangat baik untuk membina persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan bergotong royong, semua kiprah berat akan menjadi lebih ringan.

Hal baik apa yang sanggup kau pelajari dari kegiatan yang ada pada gambar?
Budaya gotong royong sanggup menunjukkan manfaat bagi kehidupan bermasyarakat dan berwarga negara, diantaranya yakni sbagai berikut : Meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesame anggota masyarakat.Menjalin dan membina relasi sosial yang baik dan serasi antarwarga masyarakat. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional.

Berikan referensi kegiatan kerjasama yang biasa dilakukan bersama-sama di daerahmu.
Kegiatan kerjasama yang sering dilakukan warga masyarakat antara lain kegiatan mendirikan rumah, mengerjakan sawah, membantu tetangga yang sedang berduka, menjaga keamanan lingkungan membersihkan lingkungan dan sebagainya.

Hal baik apa yang sanggup kau pelajari dari kegiatan itu?
Dengan gotong royong pekerjaan berat menjadi ringan, dan dengan gotong royong persatuan dan kesatuan bangsa semakin kokoh.

Siapa saja yang berperan dalam kegiatan itu?
Biasanya kegiatan gotong royong dilakukan oleh sema anggota masyarakat, bau tanah muda, laki-laki wanita. Selain warga masyarakat biasanya tokoh masyarakat (Ketua RT/RW) sebagai penggagas kegiatan gotong royong.

Bagaimana peranmu dalam kegiatan itu?
Sebagai warga negara dan warga masyarakat kita harus ikut berperan aktif dalam kegiatan gotong-royong di lingkungan tempat tinggal. Tentunya sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.
Bagaimana sikap yang ditunjukkan oleh setiap orang dalam kegiatan itu?

Ada beberapa sikap yang ditunjukkan dalam kegiatan gotong royong yaitu antara lain sikap sukarela sikap tolong menolong, dan sikap kebersamaan

Apa yang mungkin terjadi kalau tiap anggota tidak terlibat secara aktif dalam kegiatan itu?
Gotong royong tidak sanggup berjalan dengan baik apabila warga masyarakat tidak aktif terlibat alasannya yakni dalam gotong royong diharapkan kebersamaan dan tolong menolong.

Setiap anggota dalam masyarakat mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Saling membantu akan memengaruhi keberhasilan kegiatan itu. Selain kebersamaan, udara yang sejuk, pepohonan yang rindang, hamparan sawah, kicauan bunyi burung, dan bunyi binatang ternak membuatku semakin menyayangi kehidupan di desa.

Dari ketiga makhluk hidup tersebut, manakah yang paling membutuhkan sumber daya alam? Jelaskan!
Manusialah yang lebih membutuhkan sumber daya alam karena, sumber daya alam sangat penting dalam kehidupan daripada makhluk hidup lainnya. Tanpa tumbuhan, hewan, dan jasad renik, insan tidak akan bisa bertahan hidup. Jika di permukaan bumi itu tidak ada tumbuhan, hewan, dan jasad renik. Dari manakah insan akan memperoleh materi makanan yang mengandung protein nabati dan hewani?

Apa yang sanggup kau simpulkan dari pengelompokan yang telah kau buat?
Makhluk hidup saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya.

Ternyata semua makhluk hidup mempunyai kebergantungan yang tinggi dengan yang lain, terutama manusia. Manusia tidak akan bisa hidup apabila tidak ada makhluk lain di bumi ini. Untuk itu insan harus sanggup menjaga bumi dan melestarikan keberadaan makhluk hidup dengan sebaik-baiknya.

Ayo Amati

kegiatan seni yang ada pada gambar.
1. Nilai positif apa yang sanggup dikembangkan dari kegiatan-kegiatan itu?
Nilai positif pada kegiatan panen raya yang dilaksanakan warga masyarakat yakni bahwa kegiatan perayaan panen raya merupakan bentuk syukur kepada Tuhan Yang Esa atas segala limpahan karunia berupa hasil pertanian yang berlimpah.

2. Hal baik apa yang perlu dikembangkan dari kegiatan-kegiatan itu?
Kegiatan perayaan panen raya merupakan kegiatan positif pada sektor pertanian. Acara menyerupai ini pun bisa menjadi sebuah ritual kawasan yang akan menarik perhatian wisatawan ke daerah. Karena agenda perayaan yang tak hanya sekadar tanda adanya panen raya. Namun hiburan menyerupai tarian daerah, alunan musik khas kawasan menjadi penggalan yang sangat menarik

3. Berikan idemu, biar kegiatan-kegiatan tersebut tetap ada!
Kegiatan perayaan panen raya perlu dilestarikan, secara positif selain menjadi menandakan adanya panen raya tetapi juga menjadi ajang perayaan suatu kawasan di sektor pertanian. perayaan yang juga digelar sebagai wujud syukur atas karunia yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa bisa menjadikan kegiatan pada sektor pertanian sanggup bertahan dan berkembang guna memenuhi kebutuhan pangan.

4. Jika kau seorang pemimpin di desa itu, hal apa saja yang sanggup dilakukan biar kegiatan-kegiatan tersebut sanggup terus ada?
Perayaan panen raya selain penggalan dari wujud syukur atas panen raya yang dicapai, sekaligus ajang promosi kawasan di bidang pertanian serta budaya dan tradisi. Diharapkan dengan adanya kegiatan panen raya selain hasil pertanian meningkat juga pendapatan petani ikut meningkat. Sektor pertanian sudah semestinya mendapat perhatian serius, terutama di tengah banyaknya alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan pertambangan

Ayo Lakukan
Kamu juga sanggup menghargai budaya kawasan dengan melaksanakan senam irama diiringi lagu daerah. Lakukanlah kegiatan sesuai gerakan yang dicontohkan oleh gurumu.
No.Nama gerakanCara Melakukan
1.Gerakan ayunan satu lengan depan belakang
  1. Sikap permulaan: berdiri tegak melangkah kedua lengan lurus ke depan dan pandangan ke depan
  2. Hitungan 1: ayunkan lengan kiri ke belakang diikuti kedua lutut mengeper
  3. Hitungan 2: Ayunkan kembali tangan kiri kembali ke depan
  4. Hitungan 3-4 sama dengan hitungan 1-2 hanya dilakukan dengan tangan kanan
  5. Hitungan 5-7 sama dengan hitungan 1-4, melaksanakan secara bergantian
  6. Hitungan ke 8: Kembali ke sikap permulaan atau siap untuk sikap gerakan selanjutnya
2.Gerakan ayunan satu lengan dari depan ke samping
  1. Sikap permulaan: berdiri tegak melangkah kaki kiri kedua lengan lurus ke depan pandangan ke depan
  2. Hitungan 1: ayunkan lengan kiri dari depan ke samping kiri diikuti kedua lutut mengeper
  3. Hitungan 2: Ayunkan kembali lengan kiri kembali ke depan
  4. Hitungan 3-4 sama dengan hitungan 1-2 hanya dilakukan dengan lengan kanan
  5. Hitungan 5-7 sama dengan hitungan 1-4, melaksanakan secara bergantian
  6. Hitungan ke 8: Kembali ke sikap permulaan atau siap untuk sikap gerakan selanjutnya
3.Gerakan Ayunan Satu Lengan ke Samping Bersamaan memindahkan Berat Badan
  1. Sikap permulaan: berdiri tagak kedua kaki dibuka, kedua lengan ke samping kanan pandangan ke depan
  2. Hitungan 1: mengayun lengan kiri ke arah kiri
  3. Hitungan 2: ayunkan lengan kanan ke kiri bersamaan dengan memindahkan berat tubuh ke kiri diikuti kedua lutut mengeper dan berat tubuh dipindahkan kekanan dan kiri
  4. Hitungan 3: Ayunkan lengan kanan kembali ke kanan
  5. Hitungan 4: Ayunkan lengan kiri ke kanan bersamaan memindahkan berat tubuh ke kanan diikuti lutut mengeper
  6. Hitungan 5-7 sama dengan hitungan 1-4, melaksanakan secara bergantian
  7. Hitungan ke 8: Kembali ke sikap permulaan atau siap untuk sikap gerakan selanjutnya
4.Gerakan ayunan dua lengan silang depan di muka badan
  1. Sikap permulaan: berdiri tegakkan kaki kiri ke samping kiri kedua lengan direntangkan pandangan ke depan
  2. Hitungan 1: Mengayunkan kedua lengan silang di muka tubuh ketika mengayun diikuti kedua lutut mengeper
  3. Hitungan 2: ayunkan kedua lengan kembali direntangkan
  4. Hitungan 3: Mengayunkan kedua lengan silang di belakang tubuh ketika mengayun diikuti kedua lutut mengeper
  5. Hitungan 4: ayunkan kedua lengan kembali direntangkan
  6. Hitungan 5-7: Gerakannya sama dngan hitungan 1-4
  7. Hitungan ke 8: Kembali ke sikap permulaan atau siap untuk sikap gerakan selanjutnya
  8. Sikap akhir: Sikap final yakni sikap sesudah melaksanakan semua gerakan, yaitu: Berdiri dengan sikap tegak rileks kedua tangan rapat di samping badan
5.Melakukan rangkaian gerakan secara keseluruhanSiswa melaksanakan rangkaian gerakan ayunan lengan secara keseluruhan dari banyak sekali macam langkah yang sudah dipelajari di atas. Cara melakukannya:
  1. Gerakan ayunan satu lengan depan belakang
  2. Gerakan ayunan satu lengan dari depan ke samping
  3. Gerakan Ayunan Satu Lengan ke Samping Bersamaan memindahkan Berat Badan
  4. Gerakan ayunan dua lengan silang depan di muka badan

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 8 Subtema 3 Gembira Tempat Tempat Tinggalku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel