Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 3 Besar Hati Kawasan Tempat Tinggalku

Masyarakat yang hidup di tempat perkotaan mempunyai aneka macam hal yang menarik. Salah satunya yaitu keberagaman suku atau etnik yang berbeda-beda, sehingga kami sanggup mengenal kebiasaan mereka. Meskipun begitu, kami tetap sanggup hidup berdampingan dengan baik. Inilah salah satu hal yang membuat kami besar hati hidup di tempat kami.

Nah, Jika kau tinggal di tempat yang terdiri dari aneka macam suku dan agama, apa yang kau lakukan semoga sanggup hidup berdampingan dengan damai? Meskipun memilki perbedaan, kami tetap mempunyai hak dan kewajiban yang sama terhadap kota kami.

Ayo Diskusikan
Perhatikan gambar di bawah ini.

Berikan pendapatmu wacana gambar di atas.
Lingkungan higienis merupakan dambaan semua orang. Namun tidak gampang untuk membuat lingkungan kita sanggup terlihat higienis dan rapi sehingga nyaman untuk dilihat. Tidak jarang alasannya yaitu kesibukan dan aneka macam alasan lain, kita kurang memperhatikan duduk masalah kebersihan lingkungan di sekitar kita, terutama lingkungan rumah.

Jika masyarakat sudah sanggup melaksanakan kewajiban menjaga lingkungan kota, apa saja kenyamanan yang dirasakan oleh seluruh masyarakat?  Kesehatan masyarakat akan terjaga, mengurangi efek negatif dari penyakit, dan  lingkungan menjadi indah

Masyarakat mempunyai hak-hak untuk sanggup hidup dengan lingkungan yang bersih, nyaman, dan udara yang bebas polusi. Hal itu sanggup tercapai bila mereka melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan sekitar.

Di samping keberagaman yang ada, hal lain yang membuatku besar hati hidup di daerahku ialah banyaknya perayaan-perayaan yang biasa diadakan. Ini beberapa di antaranya.

Ayo Ceritakan
Bagaimana di kotamu? Ceritakan sebuah perayaan yang biasa digelar di kotamu.
  1. Jelaskan wacana apa nama perayaannya!
  2. Jelaskan latar belakang terjadinya perayaan itu!
  3. Jelaskan kapan perayaan itu dilakukan!
  4. Jelaskan siapa saja yang ada di perayaan itu!
  5. Jelaskan lokasi diadakan perayaan itu!
  6. Jelaskan juga bagaimana perasaanmu ketika menyaksikan perayaan itu!
Festival Budaya Erau
Beberapa hari yang kemudian saya menyaksikan Festival Budaya Erau. Erau dalam bahasa Kutai berarti ramai, hilir mudik, bergembira, dan bersukacita. Erau pertama kali dilaksanakan sekitar kurun ke-14 ketika  putra tunggal petinggi negeri Jahitan Layar, Aji Batara Agung Dewa Sakti, berusia lima tahun. Sebagai tanda bahwa anak itu diperbolehkan bermain-main ke luar rumah, maka diadakanlah upacara tijak tanah dan mendi ke tepian.

Masyarakat pun bergembira dan berpesta selama 40 hari 40 malam. Sejak ketika itulah Erau selalu digelar ketika upacara pengakuan raja-raja baru. Erau merupakan salah satu pesta budaya tertua di Indonesia. Salah satu prosesi dalam Festival Erau yaitu Upacara Beluluh yang diadakan di halaman depan Kedaton Kasultanan Kutai Kertanagara.

Upacara ini bertujuan semoga Sultan higienis dari unsur-unsur jahat. Prosesi ini dilakukan oleh Dewi dan Belian (shaman istana). Selain Upacara Beluluh, Festival Erau juga menampilkan Upacara Bapelas, tari-tarian yang dipentaskan oleh keluarga kesultanan, juga ada tarian sakral oleh Dewi dan Belian. Kami sangat bahagia menyaksikan pekan raya budaya tersebut alasannya yaitu ternyata kebudayaan bangsaku sangat beragam.

Di daerahku, selain dekat dengan perayaan-perayaan yang ada, kami juga terbiasa hidup dengan aneka macam jenis teknologi dalam kehidupan kami. Teknologi ini sangat memudahkan pekerjaan kami sehari-hari.

Ayo Temukan Jawabannya

Berdasarkan gambar di atas, tuliskan benda-benda apa saja yang memanfaatkan teknologi dan keuntungannya dalam kehidupan. Tuliskan juga sumber daya alam apa yang dimanfaatkan untuk penggunaan teknologi itu!
Kedua benda di atas merupakan barang yang biasa dipakai di dapur yaitu panci dan blender. Panci merupakan alat yang dipakai untuk memasak. Teknologi yang dipakai pada panci merupakan teknologi sederhana. Panci terbuat dari materi aluminium yang merupakan penghantar panas yang baik. Peralatan kedua yaitu blender yang biasanya dipakai untuk menghaluskan materi makanan. Teknologi yang dipakai pada blender merupakan teknologi modern alasannya yaitu sudah memakai mesin dan listrik. Bahan pembuat blender terdiri dari besi dan plastik.

Apa yang kira-kira terjadi apabila teknologi itu dipakai secara terus-menerus?
Kedua teknologi tersebut jikalau dipakai secara terus menerus tentunya akan mengalami kerusakan dan tidal sanggup dipakai lagi.

Tuliskan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi serta alasannya.
  1. Panci apabila dipakai terus menerus akan mengalami kerusakan alasannya yaitu materi aluminium usang kelamaan akan ringkih dan aus.
  2. Blender juga akan mengalami kerusakan apabila dipakai secara terus menerus hal ini alasannya yaitu komponen elektrik pada blender merupakan bab yang gampang rusak.

Jika kau diminta untuk membuat sebuah alat untuk membantu pekerjaan manusia, kira-kira, alat apa yang kau ciptakan? Mengapa kau menentukan alat tersebut? Apa kelebihan dari alat yang kau ciptakan itu? Tuliskan jawabanmu dalam kolom berikut.
Jika saya diminta untuk membuat sebuah alat untuk membantu pekerjaan insan maka saya akan membuat alat penyemprot tumbuhan otomatis. Karena dengan adanya alat penyemprot tumbuhan otomatis kita tidak perlu repot-repot lagi menyiram tumbuhan setiap pagi dan sore. Menurut saya kelebihan alat tersebut yaitu mudah dan ekonomis waktu alasannya yaitu air akan keluar dan menyiram tanaman.

Ayo Menulis
Tuliskan dongeng wacana teknologi ciptaanmu itu pada kolom berikut!
Penyiram tumbuhan otomatis tmemang diciptakan untuk memudahkan acara menyiram tumbuhan alasannya yaitu tidak perlu repot untuk membawa air atau meyemprotkan air dari selang keseluruh tumbuhan yang ada di sekitar area taman.

Cara Membuat Alat Penyiram Tanaman Otomatis Sederhana
Sebuah alat penyiram tumbuhan otomatis sederhana yang kurang lebih cara kerjanya sama dengan alat sprinkler air di tanam taman. Untuk membuat alat ini anda juga hanya membutuhkan alat-alat yang terdapat di sekitar rumah.

Berikut ini alat dan materi yang anda perlukan untuk membuat alat penyiram otomatis untuk tumbuhan pot di rumah:
  1. Botol plastik bekas air mineral dalam kemasan berukuran 1 liter
  2. Selang akuarium
  3. Leter T yang berfungsi untuk membagi susukan air
  4. Kapas, lem, akuarium, kawat dan penjepit kertas
  5. Obeng dan Gunting
Setelah semua alat dan materi yang diharapkan tersedia, selanjutnya ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini :
  1. Buatlah lubang di bab tengah tutup botol dengan memakai obeng. Sesuaikan ukuran lubang tersebut dengan diameter selang plastik aquarium.
  2. Kemudian masukan ujung selang plastik ke dalam lubang di tutup botol tadi.
  3. Oleskan lem akuarium di bab dalam tutup botol. 
  4. Lalu sumbatkan kain atau kapas ke ujung selang yang lainnya. Kapas atau kain tersebut berfungsi sebagai regulator untuk mengatur debit air yang menetes.
  5. Buatlah cantelan atau gantungan di dasar botol, kemudian selipkan kawat tersebut ke dua lubang itu.
  6. Kemudian isi botol plastik tersebut dengan air hingga penuh.
  7. Letakkan bab tutup botol menghadap ke bawah sehingga posisinya terbalik, gantungkan botol padapaku di dinding tembok yang berdekatan dengan lokasi tumbuhan dalam pot. 
  8. Kemudian arahkan ujung selang ke pangkal tumbuhan pot. bila tetesan air masih mengucur deras, jepit selang plastik dengan penjepit kertas, hingga air tersebut menetes perlahan-lahan. Normalnya, kapasitas air sebanyak 1 liter tersebut sanggup bertahan 3-5 jam dan anda sanggup mengisinya kembali jikalau telah kosong.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 8 Subtema 3 Besar Hati Kawasan Tempat Tinggalku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel