Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 1 Kerajaan Islam Di Indonesia

Hari ini Udin diajak ayahnya pergi ke Demak, di tempat Jawa Tengah. Ayah Udin ingin memperkenalkan nilai-nilai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam yang ada di sana. Mereka mengunjungi sebuah masjid tua, yakni Masjid Agung Demak. Masjid tersebut mempunyai nilai sejarah yang sangat penting bagi perkembangan penyebaran agama Islam di Indonesia.

Untuk menambah pengetahuannya wacana masjid, Udin juga membaca brosur yang mengisahkan sejarah Masjid Agung Demak.

Ayo Bacalah
Masjid Agung Demak
Masjid Agung Demak yaitu salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid Ini terletak di Desa Kauman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid ini pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama (wali) dalam membuatkan agama Islam di tanah Jawa. Para wali tersebut dikenal dengan sebutan Walisongo. Pendiri masjid ini yaitu Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak.

Masjid ini mempunyai bangunan induk dan bangunan serambi. Bangunan induk mempunyai empat tiang utama yang disebut Saka Guru. Salah satu tiang utama tersebut terbuat dari serpihan-serpihan kayu, sehingga disebut saka tatal. Atapnya berbentuk limas ditopang delapan tiang yang disebut Saka Majapahit. Atap limas masjid terdiri dari tiga penggalan yang menggambarkan: 1). Iman, 2). Islam, dan 3). Ihsan. Adapun bangunan serambi merupakan bangunan terbuka.

Di dalam lokasi kompleks Masjid Agung Demak, terdapat beberapa makam raja Kesultanan Demak dan para abdinya. Selain itu juga terdapat Museum Masjid Agung Demak, yang berisi banyak sekali hal mengenai riwayat Masjid Agung Demak.

1. Agar lebih memahami bacaan di atas, coba temukan kata-kata sulit. Kemudian, tuliskan.
No.Kata SulitArti
1.WaliOrang saleh (suci); penyebar agama
2.KesultananKawasan (daerah) yang diperintah oleh sultan; kerajaan;
3.Saka GuruTiang utama rumah; tiang seri
4.TatalSerpih-serpih kayu yang ditarah (diketam); sampah yang tipis-tipis
5.KompleksKelompok atau lingkungan bangunan
2. Berdasarkan bacaan di atas, buatlah kesimpulannya pada kolom berikut!
Masjid Agung Demak yaitu tempat berkumpulnya para wali penyebar agama Islam di Pulau Jawa.

Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia tersebar ke beberapa pulau, namun yang paling banyak terdapat di Pulau Jawa, antara lain kerajaan Banten, Mataram, Cirebon. Adapun kerajaan-kerajaan Islam di luar Pulau Jawa, antara lain Kerajaan Makasar, Samudera Pasai, Tidore, dan lain-lain. Berikut disajikan letak beberapa kerajaan Islam yang ada di Indonesia.
  1. Kerajaan Samudra Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Berdiri pada periode ke-13. Raja pertamanya yaitu Sultan Malik Al-Saleh. Kerajaan ini terletak di pantai utara Sumatra, kurang lebih di sekitar Aceh Utara.
  2. Kerajaan Mataran Islam terletak di Yogyakarta. Mataram Islam muncul pada pertengahan periode ke-16 sehabis mengalahkan Kerajaan Pajang. Kerajaan Mataram Islam didirikan oleh Penembahan Senopati. Adapun raja yang populer yaitu Sultan Agung.
  3. Kerajaan Banten didirikan oleh Sunan Gunung Jati pada periode ke-15. Sunan Gunung Jati mendirikan Kerajaan Banten sehabis menguasai Banten yang semula merupakan wilayah Kerajaan Hindu Pakuan Pajajaran.
  4. Kesultanan Cirebon merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa Barat. Berdiri pada periode ke-15. Pada waktu itu Cirebon dikuasai oleh Pangeran Cakrabumi, Raja Pakuan Pajajaran. Dia dianggap sebagai Kesultanan Cirebon. Namun, tokoh paling berperan menimbulkan Cirebon sebagai sebuah kesultanan (kerajaan Islam) yaitu Syarif Hidayatullah.
Pilihlah salah satu kerajaan Islam di atas. Cari tahu isu melalui bacaan wacana kerajaan tersebut secara lengkap. Tuliskan kembali bacaan tadi dengan memakai kalimatmu sendiri di selembar kertas! Perhatikan petunjuk berikut.
  1. Tulis tokoh, tempat, waktu, dan hubungan di antara ketiganya.
  2. Gunakan kosakata baku dalam tulisanmu.
  3. Bacakan tulisanmu di depan teman-temanmu.
Kesultanan Cirebon terletak di Cirebon Provinsi Jawa Barat. Kesultanan Cirebon yaitu kerajaan Islam pertama di Jawa Barat yang didirikan oleh Walangsungsang atau Pangeran Cakrabuana pada tahun 1430.& Pangeran Cakrabuana yaitu keturunan Pajajaran. Putera pertama Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi. Tokoh paling berperan menimbulkan Cirebon sebagai sebuah kesultanan (kerajaan Islam) yaitu Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Sunan Gunung Jati kemudian diyakini sebagai leluhur dari dinasti raja-raja kesultanan Cirebon dan kesultanan Banten serta penyebar agama Islam di Jawa Barat menyerupai Majalengka, Kuningan, Kawali (Galuh), Sunda Kelapa, dan Banten
Ayo Amati
Coba amati gambar skema bangunan Masjid Agung Demak buatan Udin berikut.

Sudut yaitu tempat yang dibuat oleh dua garis berpotongan. Sudut di samping disebut Sudut B atau Sudut ABC. Bisa ditulis ∠B, ∠ABC, ∠CBA. Garis AB dan Garis BC disebut Kaki Sudut.

Temukan sudut-sudut yang terdapat pada gambar skema Masjid Agung Demak di atas. Berilah nama sudutnya dengan tepat.
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Apakah yang dimaksud sudut itu? Sudut yaitu tempat yang dibuat oleh dua garis berpotongan.
  2. Bagaimanakah cara memilih besarnya sudut? Besar-kecilnya sudut tidak ditentukan oleh panjang pendeknya kaki sudut. Akan tetapi ditentukan oleh besar-kecilnya bukaan kaki sudut
  3. Apakah yang dimaksud kaki sudut? Kaki sudut yaitu sinar garis yang membentuk suatu sudut.
Tahukah Kamu?
Magnet merupakan suatu objek yang mempunyai medan magnet. Kata magnet berasal dari bahasa Yunani magnithis lithos yang berarti watu magnesian. Magnesian yaitu nama wilayah di Yunani tempat ditemukannya watu magnet. Beberapa bentuk magnet antara lain magnet tapal kuda, magnet jarum, dan magnet batang menyerupai di bawah ini

Ayo Temukann
Kamu sudah tahu asal permintaan magnet. Sekarang, coba lakukan percobaan berikut untuk mengetahui ciri-ciri magnet.
No.Percobaan KeHasil/Kesimpulan
1.Percobaan PertamaAmbillah magnet batang.
Putar sekencang-kencangnya magnet batang tersebut di atas meja.
Amatilah kedua ujung magnet tersebut sehabis berhenti berputar.
Ke manakah arah kedua ujung magnet tersebut?
Lakukan berulang-ulang.
Tuliskan risikonya pada kolom berikut.
Magnet selalu mengarah ke utara dan selatan.
2.Percobaan KeduaAmbilah dua buah magnet batang.
Dekatkan antara kutub utara magnet A dengan kutub utara magnet B.
Catatlah apa yang terjadi.
Kutub yang sama tolak menolak.
Dekatkan antara kutub selatan magnet A dengan kutub selatan magnet B.
Catatlah apa yang terjadi.
Kutub yang tidak senam tarik menarik.
Lakukan berulang-ulang.
Tuliskan risikonya pada kolom berikut.
Ciri magnet kedua
Kutub senama tolak menolah dan kutub tidak senama tarik menarik.
3.Percobaan KetigaAmbilah magnet batang.
Potonglah magnet tersebut menjadi dua bagian.
Amatilah kedua potongan magnet tersebut.
Jawablah pertanyaan berikut. menurut pengamatanmu terhadap potongan magnet.
Benarkah kutub magnet selalu berpasangan? Ya
Benarkah kalau magnet dipotong menjadi dua, maka masing-masing potongan tetap mempunyai dua kutub? Ya.
Kesimpulan
Ciri magnet ketiga.
Magnet mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan
4.Percobaan KeempatAmbilah sebuah magnet dan besi.
Kemudian, dekatkan magnet tersebut ke besi.
Apa yang terjadi? Magnet menarik besi
Ambilah sebuah magnet dan kaca.
Kemudian, dekatkan magnet tersebut ke kaca.
Apa yang terjadi? Magnet tidak menarik kaca
Ambilah sebuah magnet, besi, dan kaca.
Kemudian, tarulah besi di bawah beling dan taruhlah magnet di atas plastik.
Apa yang terjadi? Magnet bisa menarik besi
Kesimpulan
Ciri magnet keempat
Magnet sanggup menarik logam tertentu (besi)
Tahukah Kamu?
Jenis magnet ada dua, yakni magnet alam dan magnet buatan. Khusus mengenai magnet buatan, banyak materi yang ada di sekitar kita sanggup dibuat magnet, menyerupai besi dan baja. Membuat magnet pun juga banyak caranya. Salah satunya dengan menggosok-gosokanan magnet pada besi atau baja.

Ayo Diskusikan
Bersama kelompokmu, carilah isu cara menciptakan magnet. Kamu sanggup bertanya atau mencari rujukan melalui buku atau artikel. Kemudian, tuliskan risikonya pada kolom berikut Presentasikan di hadapan guru dan kelompok lainnya.

No.Cara Membuat MagnetKeterangan
1.Menggosokan Magnet tetapCaranya besi digosok dengan salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan dibuat searah semoga magnet elementer yang terdapat pada besi letaknya menjadi teratur dan mengarah ke satu arah. Apabila magnet elementer besi telah teratur dan mengarah ke satu arah, dikatakan besi dan baja telah menjadi magnet.
2.Menggunakan Cara InduksiBesi dan baja sanggup dijadikan magnet dengan cara induksi. Caranya yaitu besi dan baja diletakkan di dekat magnet tetap. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh atau terinduksi magnet tetap yang menimbulkan letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet sehingga sanggup menarik serbuk besi
3.Menggunakan Arus ListrikBesi dan baja sanggup juga dijadikan magnet dengan arus listrik. Caranya besi dan baja dililiti kawat yang dihubungkan dengan baterai. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh aliran arus searah (DC) yang dihasilkan baterai. Hal inimenyebabkan magnet elementer letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet dan sanggup menarik serbuk besi  yang b

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 1 Kerajaan Islam Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel