Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 3 Kebiasaan Makanku

Seberapa jauh kau menguasai bahan pembelajaran pekan ini? Sebelumnya telah mempelajari ihwal tentang kebiasaan mengkonsumsi masakan sehat. Mengonsumsi aneka macam kelompok masakan yakni kunci biar badan mendapat nutrisi lengkap. Memilih untuk hanya mengonsumsi jenis masakan tertentu dan menolak masakan lain berisiko menciptakan badan kekurangan nutrisi tertentu. Kebiasaan mengonsumsi sayuran yang berserat tinggi sanggup membantu pencernaan. Serat tinggi sanggup kita peroleh dari sayuran mirip tomat, bayam, kacang-kacangan, dan juga brokoli. Ayo, tunjukkan da lam aneka macam kegiatan berikut

Ayo Amati
Perhatikan tabel di bawah ini. Tabel tersebut berisi hasil wawancara yang dilakukan Siti kepada 30 orang siswa (14 pria dan 16 perempuan) di sekolahnya ihwal kebiasaan makan yang sehat.
SiswaSelalu Mencuci tangan
sebelum
makan
Selalu
Makan pagi
Suka
Makan Buah
Suka
Makan Sayur
Suka
Minum Susu
Selalu makan
sempurna waktu
Laki laki13108595
Perempuan1612116137
a. Sajikan tabel tersebut dalam bentuk grafik (pilih grafik yang sesuai).

b. Apa makna yang terkandung dalam tabel tersebut?
Kebiasaan hidup sehat yang paling banyak dilakukan siswa yakni selalu mencuci tangan. Sedangkan yang paling sedikit dilakukan yakni suka makan sayur.

c. Deskripsikan data yang terdapat pada grafik tersebut memakai kata-katamu sendiri.
Data yang dikumpulkan di atas mengambarkan kebiasaan makan siswa. Dari 30 orang siswa pria dan wanita ternyata siswa wanita lebih banyak melaksanakan kebiasaan makan sehat daripada siswa laki-laki.

d. Tulis kesimpulanmu ihwal data dan grafik
Kebiasaan makan siswa masih kurang baik. Sebaiknya siswa banyak menonsumss Sayuran yang mengandung rendah sedikit namun mengandung jumlah vitamin dan mineral yang tinggi. Semua jenis sayuran, mirip sayur berdaun hijau dan orange merupakan sumber yang kaya kalsium, magnesium, kalium, zat besi, beta – karoten, vitamin B – kompleks, vitamin C, vitamin A , dan vitamin K.

Ayo Ceritakan
Ceritakan pengalamanmu dalam menerapkan kebiasaan makan masakan sehat.
Kebiasaan makan masakan sehat sanggup dilakukan dengan mengonsumsi masakan yang mangandung Karbohidrat , Vitamin, Protein, Mineral, dan Lemak. Zat gizi yang termasuk sumber energi yakni karbohidrat dan lemak yang berfungsi sebagai penghasil energi dan dimanfaatkan untuk acara fisik.

Makanan yang banyak mengandung lemak yakni aneka macam jenis kue, keripik, dan masakan kecil lain. Protein yang berfungsi sebagai pembentuk selsel pada jaringan badan manusia. Jika kekurangan mengonsumsi protein maka pertumbuhan dan perkembangan insan akan terhambat.Vitamin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan fungsi bagian-bagian tubuh. Buah, sayur, dan susu banyak mengandung vitamin dan mineral.

Supaya masakan yang kita makan benar-benar sehat sebaiknya kita membawa bekal masakan dari rumah.

Evaluasi
1. Sebutkan jenis-jenis grafik yang telah kau ketahui. Grafik garis, grafik batang, dan grafik lingkran.

2. Gambarkan grafik-grafik tersebut.
a. Diagram Lingkaran

b. Diagram Garis

c. Diagram Batang

3. Jelaskan kapan atau untuk keperluan apa saja grafik tersebut digunakan.
  1. Diagram batang: Berbentung memanjang keatas, dengan bentuk ibarat balok.Grafik . Grafik ini dipakai apabila ingin mendapat grafik dalam bentuk masakan ringan bagus (lingkaran) dari sebuah deret data tunggal. Fungsinya mengatakan bagaimana point data bekerjasama dengan keseluruhan data.batang dipakai untuk membandingkan nilai antar deret.
  2. Diagram garis: Hanya terdiri dari titik - titik, dan dihubungkan dengan garis. Diagram ini biasanya dipakai untuk menyajikan data statistik yang diperoleh menurut pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan.
  3. Diagram lingkaran: Berbentuk lingkaran, memakai ukuran derajat maupun persen. Fungsinya mengatakan bagaimana point data bekerjasama dengan keseluruhan data.
4. Buat peta pikiran ihwal kebiasaan memakan masakan sehat yang telah kau pelajari beserta penjelasannya.

5. Apa kekerabatan antara hak dan kewajiban dengan penyesuaian memakan makan sehat? Jelaskan.
Dengan melaksanakan kewajiban kita yaitu memakan masakan yang sehat maka kita akan memperoleh ka kita yaitu mempunyai badan yang sehat dan kuat. Jika kita tidak memenuhi kewajiban kita maka hak kita pun tidak akan diperoleh.

6. Apa manfaat yang kau peroleh jikalau kau menjalankan hak dan kewajiban tersebut dengan baik?
Apabila kewajiban dan hak dilaksanakan dengan baik maka hidup akan berjalan seimbang.

7. Apa kerugiannya jikalau kau tidak menjalankan hak dan kewajiban tersebut dengan baik?
Apabila kita tidak menjalankan hak dan kewajiban kita maka kita akan rugi. Misalnya jikalau kita tidak menjalankan kewajiban kita makan masakan yang sehat maka kita akan sakit.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 3 Kebiasaan Makanku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel