Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan
Sunday, September 16, 2018
Add Comment
Terlebih kebudayaan Indonesia pada umumnya sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan. Hal ini yang kemudian mendorong tercipta nya jenis permainan tradisional. Sayang nya perkembangan jaman khususnya perkembangan teknologi yang semakin pesat menciptakan jenis permainan ini perlahan mulai menghilang.
Pengertian Sprint atau lari
Sprint merupakan salah satu nomor lomba dalam cabang olahraga atletik. Sprint atau lari cepat merupakan semua perlombaan lari di mana akseptor berlari dengan kecepatan maksimal semenjak start hingga finish sepanjang jarak yang ditempuh.
Pembelajaran Lari
Bentuk-bentuk Pembelajaran Lari
Bentuk-bentuk pembelajaran teknik dasar lari jarak pendek antara lain sebagai berikut:
a. Permainan sederhana, pemburu, dan badak
- Siswa menciptakan bulat besar dengan bergandeng tangan.
- Tunjuk 2 siswa untuk menjadi si pemburu dan si badak.
- Badak harus berlari menghindari tangkapan pemburu.
- Jika warak ingin menyelamatkan diri, warak harus menepuk punggung sahabat lain yang berada di bulat untuk bergantian menjadi badak.
- Jika warak tertangkap oleh pemburu, maka warak akan menjadi pemburu, dan sebaliknya.
- Begitu seterusnya hingga semua siswa mencicipi menjadi pemburu dan badak.
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sama banyak.
- Siapkan lintasan lari dengan jarak 8-10 meter, di garis finish ditaruh patok sebagai penanda.
- Semua anggota tim berdiri di belakang garis start.
- Pada isyarat tertentu anggota pertama dari masing-masing tim lari menuju patok, kemudian berputar pada patok ini dan kembali menuju garis start kawasan di mana anggota tim berikutnya berdiri.
- Begitu seterusnya hingga semua anggota tim mendapat giliran.
- Siswa bersiap di garis start.
- Siapkan lintasan lari dengan jarak 20 meter, di garis finish ditaruh bola sebagai penanda.
- Setelah ada arahan “ya”, berlari menuju ke arah bola dan mengambilnya.
- Siswa yang paling awal menyentuh bola dinyatakan pemenang.
1. Lomba lari membawa kelereng
2. Balap karung
EVALUASI
1. Baca dalam hati teks berikut!
Gotong Royong
Peluh membasahi seluruh tubuhnya. Kaosnya mulai berair oleh keringat. Bongkahan-bongkahan watu besar acak-acakan menjadi kepingan-kepingan kecil ditimpa ayunan besi dari para warga desa.
Batu-batu yang acak-acakan itu kemudian berjajar rapi membentuk barisan yang tampak bagaikan sungai yang berliku membelah hijaunya hamparan hutan dan perkebunan di desa.
Warga desa Kenongo kecamatan Gucialit hari ini sedang bergotong royong membangun jalan di desa mereka. Mereka setuju secara swadaya membangun jalan untuk mempermudah kehidupan warga. Dengan kecintaan akan desanya serta semangat persatuan, mereka bergotong royong mengembangkan kiprah untuk mewujudkan jalan desa cita-cita mereka. Sebagian warga bertugas menyiangi rumput yang masih tersisa, sebagian lagi bergantian memecah watu dan menyusunnya di sepanjang jalanan yang telah terbuka.
Waktu makan yaitu ketika yang ditunggu-tunggu oleh para warga. Mereka gotong royong menggelar daun pisang dan menikmati masakan yang telah disiapkan oleh para ibu di dapur umum. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Itulah peribahasa yang sempurna untuk menggambarkan semangat persatuan dan kolaborasi para warga desa.
Jawab pertanyaan berikut!
- Apa yang dilakukan oleh warga desa Kenongo? Bergotong royong membangun jalan desa.
- Bagaimana nilai-nilai persatuan warga desa tersebut? Mereka bergotong royong mengembangkan kiprah untuk mewujudkan jalan desa cita-cita mereka.
- Bagaimana kekerabatan antara kemerdekaan dengan acara warga desa tersebut? Jelaskan! Kegiatan warga desa membangun jalan desa merupakan bentuk warga negara dalam melakukan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.
- Apakah tujuan mereka tercapai? Jelaskan! Mereka berhasil membangun jalan dengan cara gotong royong.
Warga desa Kenongo Kecamatan Gucialit bergotong royong membangun jalan desa mereka. Mereka bergotong royong mengembangkan kiprah untuk mewujudkan jalan desa cita-cita mereka. Sebagian warga ada yang memecah watu menjadi pecahan-pecahan kecil, ada yang menyiangi rumput, dan menyusun batu-batu di sepanjang jalan. Saat makan mereka menggelar daun pisang dan menikmati kuliner oleh para ibu di dapur umum. Semangat persatuan mereka bisa mencapai tujuan membangun sebuah jalan.
3. Sudut di sekitarku
Temukan besar sudut berikut tanpa memakai busur!
Besar sudut a = sudut a sudut dalam sepihak jumlahnya 180° sehingga a = 180° - 119° = 61°
Besar sudut b = sudut b sudut sehadap besarnya sama yaitu 131°
Besar sudut c = sudut c sudut dalam berseberangan besarnya sama yaitu 120°
Besar sudut d = sudut d sudut dalam berseberangan besarnya sama yaitu 106°
Besar sudut e = sudut e sudut dalam berseberangan besarnya sama yaitu 51°
Besar sudut f = sudut f sudut sehadap sama besarnya yaitu 59°
Besar sudut g = sudut g sudut sehadap sama besarnya yaitu 79°
Besar sudut h = sudut dalam sepihak sepihak jumlahnya 180° sehingga h = 180° - 125° = 55°
Besar sudut j = sudut dalam sepihak sepihak jumlahnya 180° sehingga j = 180° - 105° = 75°
Besar sudut m = sudut m berseberangan dengan n sehingga m = 103°
Besar sudut n = sudut n sudut berpelurus jumlahnya 180° sehingga n = 180° - 77° = 103°
Besar sudut p = sudut p sudut bertolak belakang dengan q sehingga p = 138°
Besar sudut q = sudut p sudut luar sepihak sehingga q = 180° - 42° = 138°
4. Ceritaku wacana sudut
Buatlah soal kisah wacana sudut dalam kehidupan sehari-hari.
Hari ini yaitu pukul 03.00 ( tiga tepat) besar sudut pada tiga sempurna yaitu 90 derajat. apakah nama sudut yang mempunyai sudut sebesar 90 derajat? jawabanya siku siku
Tukarlah soal kisah yang telah kau buat untuk dijawab oleh temanmu.
Periksa tanggapan temanmu dan diskusikan bersama!
5. Bandingkan sistem pembiasaan dua jenis binatang berikut!
Gambar Hewan | Sistem Adaptasi | |
---|---|---|
Itik | Bentuk paruh | Paruh itik ibarat sudu dan pangkal bergerigi mempunyai kegunaan untuk menyaring kuliner dari air dan lumpur. |
Bentuk kaki | Fungsi ciri khusus belibis mempunyai kaki berselaput yaitu memudahkan belibis dalam berenang. | |
Jenis makanan | Hewan kecil | |
Tempat hidup | Air | |
Ayam | Bentuk paruh | Paruh ayam pendek, tebal, runcing, dan tajam sesuai dengan makanannya yaitu binatang kecil dan biji-bijian |
Bentuk kaki | Jari kaki panjang mempunyai kegunaan untuk mengais maknan yang ada di dalam tanah. | |
Jenis makanan | Biji-bijian | |
Tempat hidup | Darat |
b. Simpulkanlah apa fungsi dari sistem pembiasaan hewan! Sistem pembiasaan binatang mempunyai kegunaan untuk mengikuti keadaan dengan kawasan hidupnya dan untuk mencari maknan.
0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan"
Post a Comment