Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Permainan tradisional apa yang ada di daerahmu? Bagaimana cara memainkannya? Hari ini kau akan mengenal dan mencoba beberapa permainan tradisional.

Tahukah kamu, bahwa Indonesia juga kaya dengan permainan tradisional?

Benteng-Bentengan
Benteng-bentengan atau Rerebonan yaitu permainan yang dimainkan oleh dua kelompok penawan dan tertawan. Masing-masing kelompok terdiri atas empat hingga dengan delapan orang dan mempunyai satu tempat sebagai markas. Markas atau ‘benteng’ bisa berupa sebuah tiang, pohon atau pilar.

Gobak Sodor
Permainan Gobak Sodor atau Galah Asin atau Galasin dilakukan di lapangan. Arena bermainnya merupakan kotak persegi panjang dan dibagi menjadi beberapa potongan secara horizontal dan vertikal.

Bermain Benteng-bentengan dan Gobak Sodor dengan baik diharapkan beberapa keterampilan, di antaranya jalan, lari, dan lompat. Perhatikan penjelasaan dan cara gurumu memperagakan teknik berjalan, berlari, dan melompat yang baik supaya kau sanggup bermain dengan baik.

Benteng yaitu permainan yang dimainkan oleh dua grup. Setiap grup terdiri dari 4- 8 orang. Setiap grup menentukan suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, sebagai ‘benteng’.

Cara Bermain
Tujuan utama permainan yaitu untuk menyerang dan mengambil alih ‘benteng’ lawan dengan menyentuh tiang yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata benteng. Kemenangan juga bisa diraih dengan ‘menawan’ seluruh anggota lawan dengan menyentuh badan mereka. Tawanan biasanya ditempatkan di sekitar benteng musuh. Tawanan juga bisa dibebaskan jikalau rekannya sanggup menyentuh dirinya. Dalam permainan ini, biasanya setiap anggota mempunyai kiprah ibarat ‘penyerang’, ‘mata-mata, ‘pengganggu’, dan ‘penjaga benteng’.

Permainan ini sangat membutuhkan kecepatan berlari dan juga kemampuan taktik yang handal

Galasin atau Gobak Sodor
Sebelum bermain perlu menciptakan garis-garis penjagaan dengan kapur tulis yang membentuk lapangan segi empat yang kemudian dibagi menjadi 6 bagian. Buatlah garis di tengah lapangan yang memotong keempat persegi panjang tersebut sebagai tempat atau jalan kapten (sodor). Selanjutnya, bagi siswa menjadi dua tim. Masing-masing terdiri dari 3-5 siswa. Satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim yang lain akan menjadi tim “lawan”. Penentuan tim jaga dan tim lawan biasanya dilakukan dengan ping sut oleh kapten dari masing-masing tim.

Anggota tim yang mendapat giliran “jaga” akan menjaga lapangan, yaitu di garis horizontal dan garis batas vertikal (kapten). Penjaga garis horizontal bertugas menghalangi lawan yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan. Penjaga garis horizontal bisa bergerak ke kanan dan ke kiri, sedangkan penjaga garis batas vertikal yaitu menjaga keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan dengan bergerak dari depan ke belakang atau sebaliknya.

Tim yang menjadi lawan, harus berusaha melewati baris pertama hingga baris paling belakang, kemudian kembali lagi melewati penjagaan lawan hingga hingga ke baris awal tanpa tersentuh oleh tim jaga.

Manfaat yang sanggup kita ambil dari permainan ini yaitu kebersamaan dan kerja sama.

Ayo Berdiskusi
Tuliskan pengalamanmu ketika mencoba salah satu permainan tradisional. Diskusikan jawabanmu dengan balasan sahabat sekelompokmu!

1. Apa yang menciptakan kau tertarik dengan kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan. Permainan tersebut sangat gampang dimainkan dan sanggup melatih kerjasama tim.

2. Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut?
Peraturan Permainan Benteng-Bentengan
  1. Permainan bentengan terdiri dari 2 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-6 pemain.
  2. Permainan bentengan dilakukan dengan menjaga benteng yang diwujudkan berbentuk tonggak tiang kayu atau bambu, sanggup juga memakai pohon hidup. Tonggak dijadikan sebagai basecamp masing-masing kelompok.
  3. Permain bentengan yang keluar dari basecamp dianggap menyerbu terlebih dahulu. Pemain ini apabila dikejar oleh musuh dan tersentuh tangan oleh musuh dianggap tertangkap. Pemain yang tertangkap ditempatkan tawanan 
  4. Peman ini sanggup kembali mempertahankan bentengnya apabila telah diselamatkan temannya, dengan cara menyentuh tangan atau potongan tubuhnya.
  5. Kelompok pemain dinyatakan mendapat nilai apabila sanggup menyentuh basecamp musuh. Berakhirnya permainan ditentukan oleh komitmen para pemain. Kelompok yang kalah akan mendapat hukuman, yaitu mengendong kelompok yang menang dari benteng satu ke benteng lainnya, jumlah gendongan tergantung kesepakatan.
Berikut ini peraturan-peraturan yang berlaku dalam permainan Gobak Sodor yaitu sebagai berikut:
  1. Masing-masing pemain dari tim jaga harus bergerak di sepanjang garis melintang yang telah ditentukan. Kaprikornus kakinya harus selalu menginjak garis tersebut.
  2. Yang boleh melalui garis sodor hanyalah penjaga garis melintang pertama yang juga sebagai sodor.
  3. Masing-masing pemain tim serang dari pangkalan harus berusaha melewati semua garis melintang. Jika salah satu pemain saja bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh tim jaga, maka tim serang menang.
  4. Bila pemain tim jaga bisa menyentuh salah satu pemain tim serang, maka tim jaga menang. Lalu tim jaga berganti menjadi tim serang. Begitu seterusnya.
  5. Jika satu petak terisi 2 atau lebih pemain, maka tim serang kalah, dan berganti jadi tim jaga.

3. Bagaimana taktik kelompokmu untuk sanggup memenangkan permainan itu?
Seperti pada perang, benteng dan gobak sodor membutuhkan taktik untuk memenangkan permainan. Salah satu taktik permainan ini yaitu membagi anggota kelompok menjadi penyerang dan penjaga. Penyerang bertugas mencari celah supaya sanggup menyentuh benteng lawan dan penjaga 'benteng' harus menjaga benteng mereka dari pihak lawan yang ingin menyentuh benteng. Satu hal yang sangat diharapkan dalam permainan ini yaitu kerjasama team.

4. Sikap apa yang sebaiknya kau tunjukkan ketika kelompokmu menang atau kalah dalam permainan? Ketika kelompok kita menang bersyukurlah dan jangan sombong karna kemenangan tidak akan selamanya kita pegang.  Ketika kalah, terimalah hasil yang ada, bersyukurlah sudah bisa mengikuti kompetisi itu, dan memberi semangat kelompok supaya di kompetisi selanjutnya bisa lebih baik dan jangan lupa beri selamat pada kelompok yang memenangkan. yang terpenting terima hasil apa adanya jangan menyombongkan hasil yang kita dapatkan

5. Hal baik apa saja yang sanggup kau pelajari dari permainan itu? Dari permainan tersebut kita sanggup berguru bagaimana bergotong royong dan kerjasama tim. Dengan kerjasama permainan sanggup berjalan dengan baik.

Indonesia mempunyai banyak permainan tradisional yang sangat menarik. Banyaknya jenis permainan tradisional ini memperlihatkan keragaman budaya yang harus kita jaga. Selain mempunyai permainan tradisional yang beragam, Indonesia juga mempunyai musik tradisional yang beragam. Bunyi yang dihasilkan suatu benda berbeda-beda. Demikian pula dengan suara yang dihasilkan oleh alat musik tradisional.

Bagaimana suara tersebut bisa hingga ke indera pendengaran kita?
Buatlah pertanyaan ihwal perambatan bunyi! Diskusikan pertanyaan yang kau buat dengan kelompokmu, kemudian sampaikan hasilnya di depan kelas. Lakukan percobaan berikut dalam kelompokmu!

Silahakan lihat percobaan perambatan suara di sini

Ayo Membaca
Sigap Membantu Sesama
Malam itu beberapa warga Kampung Babakan berkumpul di pos jaga. Tiba-tiba terlihat seorang bapak renta yang berjalan pelan. Ia memanggul kardus besar di pundaknya. Oh, rupanya Pak Sammy.

Pak Sammy gres pulang dari kampungnya di Maluku. Sudah dua ahad Pak Sammy pulang ke Maluku. Ia harus menghadiri program moral di sana. Ia memakai kapal laut. Perjalanannya membutuhkan waktu dua hingga tiga hari. Tentu Pak Sammy sangat lelah. Apalagi usianya sudah cukup tua.

Pak Encep memperlihatkan pertolongan untuk membawa kardusnya. Sampai di rumah, Pak Sammy mengeluh kepalanya pusing. Pak Encep memanggil warga yang lain untuk membantu.

Datanglah Pak Made, Pak Udin dan Pak Nur. Mereka dengan cepat membantu Pak Sammy. Pak Made dan Pak Encep membersihkan tempat tidur. Pak Udin mengambilkan menghangatkan air untuk
menciptakan teh. Pak Nur membeli makanan.

Setelah makan dan meminum teh hangat Pak Sammy beristirahat. Ia bahagia warga desa membantunya. Di Kampung ini Pak Sammy merasa mempunyai keluarga.

Bacalah sekali lagi dongeng tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan dtabel  berikut.
No.ParaggrafGagasan UtamaGagasan Pendukung
1.Paragraf 1Warga kampung berkumpul di pos jagaSeorang bapak renta berjalan memanggul kardus dipundaknya.
2.Paragraf 2Pak Sami gres pulang kampungPak Sami pulang ke Maluku untuk menghadiri acara
3.Paragraf 3Pak Encep memanggil warga untuk membantuPak Sami mengeluh kepalnya pusing sebab kelelahan dan usianya yang sudah tua.
4Paragraf 4Mereka membantu pak SamiPak Made dan Pak Encep membersihkan tempat tidur, Pak Udin menghangatkan air, dan Pak Nur membeli makanan.
4Paragraf 5Pak Sami bahagia mempunyai keluargaPak Sami meminum teh dan kemudian beristirahat

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel