Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh

Pernahkah kau mendengar pepatah ‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh?’. Apa makna pepatah tersebut bagi bangsa Indonesia?

Ayo Amati
Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia, alasannya yakni negara kita terdiri atas banyak sekali suku, agama, dan ras. Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan. Bersatu Kita Teguh mengandung makna menyatunya banyak sekali unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan harmonis sehingga muncul suatu kekuatan. Bangsa Indonesia telah menunjukan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita bisa menghadapi penjajah dan risikonya meraih kemerdekaan.

Ayo Bertanya
Setelah mengamati poster dan membaca teks, tulis hal-hal yang kau ingin ketahui lebih lanjut pada potongan kertas dalam bentuk pertanyaan. Tempatkan potongan-potongan kertas berisi pertanyaan tersebut di tengah meja. Baca pertanyaan tersebut satu per satu secara bergiliran. Diskusikan jawabannya secara berkelompok. Tulis kesimpulan menurut hasil diskusi!

Ayo Diskusikan
Secara berkelompok, diskusikan gosip penting yang ada dalam teks di awal pembelajaran! Jawab pertanyaan berikut!
  1. Apa makna ‘Bersatu Kita Teguh’ pada poster? Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh yakni jikalau melaksanakan suatu pekerjaan atau berjuang tolong-menolong akan mempunyai kekuatan yang lebih besar daripada melaksanakan sesuatu sendiri-sendiri, atau bersatu lebih berpengaruh daripada terpecah belah yang akan membuat kita tercerai-berai.
  2. Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Karena persatuan dan kesatuan bangsa yang sangat bermacam-macam baik suku bangsa, agama, dan budayanya jadi persatuan dan kesatuan tersebut sangat penting untuk mencapai suatu tujuan bersama
  3. Berikan rujukan sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!  Berteman dengan semua orang tanpa membeda-bedakan suku bangsa,a gama, kondisi sosial ekonomi serta pendidikannya Mendukung upaya pemerintah dalam mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia. Belajar dan bekerja, atau berkarya dengan jujur dan bersungguh-sungguh sehingga masa depan Indonesia bisa bertambah baik. Mencari gosip mengenai sejarah bangsa dan negara dalam mewujudkan kemerdekaan dan upaya mempertahankan negara ini dari serangan pihak luar sehingga menguatkan keyakinanmu untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara (belajar dari masa lalu) Memperingati hari-hari besar negara menyerupai hari kemerdekaan, sumpah cowok dan lain-lain dengan hati senang. Memperingati hari kemerdekaan dengan upacara bendera dan lomba yakni wujud sikap cinta tanah air. Bersikap adil pada semua temanmu, dan senantiasa membantu jikalau ada sobat yang membutuhkan (meski berbeda suku atau agama).

Tahukah Kamu?
Mari kita cermati pidato Ir. Soekarno berikut:
. . . . “Tuan-tuan sekalian! Kita kini menghadapi satu dikala yang maha penting. Tidakkah kita mengetahui, sebagaimana telah diutarakan oleh berpuluh-puluh pembicara, bahwa bahwasanya internasionaalrecht, Hukum Internasional, menggampangkan pekerjaan kita? Untuk menyusun, mengadakan, mengakui satu negara yang merdeka, tidak diadakan syarat yang neko-neko, yang menjelimet, tidak! Syaratnya sekadar bumi, rakyat, pemerintah yang teguh! Ini sudah cukup untuk internasionaalrecht. Cukup, saudara-saudara. Asal ada buminya, ada rakyatnya, ada pemerintahan,
kemudian diakui oleh salah satu negara yang lain, yang merdeka, inilah yang sudah bernama: Merdeka . . . .

Janganlah kita gentar, zwaarwichtig, lantas mau menuntaskan lebih dulu 1001 soal yang bukan-bukan! Sekali lagi saya bertanya: Mau merdeka atau tidak? Mau merdeka atau tidak?” (Hadirin serempak menjawab: Mauuu!)

Jawab pertanyaan berikut menurut teks pidato tadi!
  1. Apakah yang dimaksud dengan hal ‘maha penting’ dalam pidato tersebut?. Yang dimaksud maha penting dalam pidato tersebut kemerdekaan Indonesia.
  2. Apa syarat untuk menyusun, mengadakan, mengakui satu negara yang merdeka? Mempunyai wilayah/ kawasan tertentu, adanya rakyat, adanya pemerintahan, dan adanya legalisasi negara dari negara-negara lain.
  3. Bagaimana pendapatmu ihwal kalimat yang dipakai Soekarno?. Kalimat-kalimat yang dipakai oleh Ir. Soekarno bersifat membujuk/mengajak dan mempengaruhi rakyat Indonesia.
  4. Kata-kata apa yang dipakai Soekarno untuk menyemangati dan mengajak pendengar? Mau merdeka atau tidak?
  5. Apa yang sanggup kau simpulkan dari pidato Soekarno tersebut? Ir. Soekarno mengajak rakyat Indonesia untuk merdeka dan membentuk sebuah negara yang berdaulat.
Tahukah kau bahwa pidato yang gres saja kau baca yakni merupakan pidato persuasif.

Apa Ciri-Ciri Pidato Persuasif?
Pidato persuasif yakni pidato yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, atau membujuk pendengar untuk mengikuti keinginan kita secara sukarela. Naskah pidato terdiri atas tiga bagian, yaitu:
1. Pembukaan.
2. Isi.
3. Penutup.

Dalam menyusun naskah pidato persuasif, kau perlu mengetahui maksud, tujuan pidato, sasaran, dan rencana. Hal-hal yang harus ada dalam naskah pidato persuasif yakni sebagai berikut:
  1. Pembukaan dengan salam pembuka.
  2. Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi.
  3. Isi atau materi pidato secara sistematis: maksud, tujuan, sasaran, rencana, dan langkah-langkah.
  4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup).
Perhatikan rujukan pidato persuasif berikut!

Selamat siang,
Salam sejahtera untuk kita semua,
Hadirin yang saya hormati. Pertama-tama perkenankan saya bangkit di sini untuk memberikan sepatah dua patah kata ihwal sikap cinta tanah air. Sebagai bangsa Indonesia, kita patut bersyukur dan gembira alasannya yakni tinggal di negeri yang subur, kaya akan sumber daya alam, dan memilki suku, agama, dan budaya yang berbeda-beda. Rasa gembira akan menumbuhkan rasa cinta kita kepada Indonesia. Jika sudah gembira dan cinta tentunya kita akan selalu berusaha menjaga keutuhan dan kerukunan. Apa yang sanggup kita lakukan untuk menjaga keutuhan dan kerukunan sebagai wujud cinta tanah air?

Hadirin yang berbahagia,
Cinta tanah air berarti kita menghargai perbedaan yang ada dan senantiasa menjaga kerukunan dalam keberagaman. Hidup rukun yakni merupakan pondasi untuk terciptanya persatuan. Bagaimana caranya membuat persatuan dan kesatuan di tengah-tengah perbedaan? Mari kita mulai dari hal yang paling kecil. Mari kita menghargai setiap perbedaan. Mari kita saling bekerja sama untuk kemajuan bangsa. Mari kita saling membantu dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita terapkan semua itu di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Demikian hal-hal sederhana yang sanggup saya sampaikan untuk menjaga persatuan dan kesatuan sebagai wujud rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

Sekian pidato saya, biar bermanfaat. Mohon maaf jikalau ada kata-kata yang kurang berkenan.

Terima kasih atas perhatiannya.

Setelah membaca teks pidato di atas, tulis beberapa kalimat singkat yang berisikan undangan sehubungan dengan pentingnya persatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
  1. Mari kita mulai dari hal yang paling kecil. 
  2. Mari kita menghargai setiap perbedaan. 
  3. Mari kita saling bekerja sama untuk kemajuan bangsa. 
  4. Mari kita saling membantu dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita terapkan semua itu di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Tahukah Kamu?
Hyena Adalah Hewan Paling Pintar di Dunia
Apabila ada anggapan bahwa simpanse, anjing, atau lumbalumba yakni binatang terpintar dikala ini, mungkin pernyataan tersebut betul namun kurang tepat.

Menurut penelitian, binatang terpintar di muka bumi yakni Hyena. Dr. Sarah Benson-Amram dari University of St Andrews menyampaikan bahwa Hyena yakni binatang terpintar alasannya yakni binatang tersebut sanggup mengatasi dilema secara naluri dan juga sanggup ‘berhitung.’ Dalam penelitiannya,

Sarah berhasil menyimpulkan bahwa tingkat kepintaran seekor binatang ditentukan dari cara mengatasi masalah. Hyena mempunyai strata sosial lebih tinggi dari jenis lainnya dan sanggup mempertahankan daerahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir binatang lain yang masuk ke daerahnya dengan cara bergerombol. Hewan ini sanggup menghitung jumlah penyusup di daerahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya. “Hyena mempelajari cara untuk mengatasi dilema dari kesalahan dan percobaan. Hal ini menyerupai yang dilakukan insan ketika menghadapi masalah,” ungkap Sarah menyerupai yang dikutip Telegraph (09/09).

Dia juga menjelaskan bahwa walaupun banyak binatang lain yang melaksanakan metode menyerupai yang dilakukan Hyena, namun binatang ini lebih cepat dalam melakukannya. “Hyena lebih kreatif daripada binatang lainnya,” lanjut Sarah.

Mungkin, di kemudian hari, alasannya yakni dikatakan lebih pintar, maka NASA sanggup memakai Hyena sebagai penelitian ke luar angkasa. Selama ini, NASA hanya memakai simpanse dan beberapa binatang kecil lainnya untuk hal tersebut.

Jawablah
  1. Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya? Hyena memanggil rekan mereka dan mengusir binatang yang masuk daerahnya dengan cara bergerombol.
  2. Apa perbedaan Hyena dengan binatang lainnya dalam mengatasi masalah?. Hyena lebih kreatif dari binatang lainya.
  3. Tulis kesimpulanmu ihwal bacaan tadi! Hyena yakni binatang yang bisa mengatasi dilema secara naluri dan berhitung. Hyena bisa menghitung berapa musuhnya dan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya.
Sekarang kau sudah mengetahui bagaimana Hyena mempertahankan diri, kini kita akan mencari tahu bagaimana cara binatang lain mengikuti keadaan Perhatikan gambar dan baca teks!

1. Mimikri
Hewan menyesuaikan diri dengan kondisi tempat yang sesuai dengan tubuhnya, contohnya belalang daun dan belalang sembah. Belalang sering hinggap pada daun untuk menyesuaikan warna dan bentuk tubuhnya.

Bunglon menyesuaikan diri dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya berada, contohnya dari hijau menjadi kecoklatan dan kehitaman, atau sebaliknya, ketika berada di batang kayu. Perubahan warna ini membuat bunglon bisa membaur dengan lingkungan.

2. Melepas bab tubuh
Untuk melindungi dirinya cicak dan kadal melepaskan ekornya. Cara ini disebut autotomi. Ekor yang telah putus akan tumbuh lagi menyerupai semula.

3. Menggulungkan diri
Trenggiling melaksanakan adaptasi diri dengan menggulungkan tubuhnya membentuk spiral. Cara ini dilakukan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Contoh binatang lain: Lipan

Ayo Cari Tahu
Sekarang cari tahu bagaimana binatang berikut menyesuaikan diri.
  1. Bau menyengat. Walang sangit merupakan hama bagi tanaman padi. Cara walang  sangit melindungi diri dari musuhnya yaitu dengan mengeluarkan wangi yang sangat menyengat.
  2. Menyemprotkan cairan. Cumi – cumi yakni homogen ikan yang hjidup di laut. Cumi – cumi dalam melindungi diri dari musuhnya dengan menyemprotkan cairan hitam dan berwarna menyerupai tinta.
  3. Memiliki kulit keras.  Siput, keong racun dan kura – kura yakni binatang yang mempunyai tempurung yang keras. Tempurung itulah yang dipakai sebagai derma diri dari musuhnya.

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel