Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 1 Penemu Yang Mengubah Dunia

Untuk meningkatkan konsentrasi saat belajar, kita harus memelihara kebugaran dan kesehatan. Dengan konsentrasi yang baik, banyak hal yang akan kita peroleh. Bukan mustahil suatu hari nanti kita menjadi ilmuwan yang bisa mengubah dunia. Nah, kini mari lomba lari kelompok untuk menjaga kesehatan.

Ayo Lakukan
Berdoalah dahulu sebelum memulai latihan. Praktikkan dengan teknik yang benar dan ingat untuk selalu bermain dengan sportif dan jujur. Buatlah beberapa kelompok yang terdiri dari 5-10 teman, semua anggota tim berdiri di belakang garis start, buatlah beberapa kelompok yang terdiri dari 5-10 teman.

Lomba lari berkelompok

  1. Buat lintasan lari dengan jarak 8-10 meter.
  2. Letakkan patok penanda di garis finish.
  3. Setelah aba-aba, anggota pertama dari tiap kelompok lari menuju patok, memutari patok, kemudian lari kembali ke garis start.
  4. Anggota kelompok berikutnya lari mengikuti pola yang sama.
Ayo Menulis
Tulislah teks fiksi sejarah sederhana dengan tema “Keutuhan Wilayah Nusantara”. Rancanglah dahulu kerangka goresan pena yang akan kau buat. Kembangkan karangan yang kau buat, dan berimajinasilah seluas-luasnya. Setelah kau menulis, mintalah temanmu memperlihatkan pendapat ihwal tulisanmu.

Inilah Yang Dapat Kami Lakukan
Parto dan Dulah ialah anggota tentara pelajar dari suatu negara gres yang telah bisa menahan tentara gila yang hampir menjajah kembali. Sengketa Indonesia - Belanda telah dibicarakan dalam lembaga internasional di Dewan Keamanan PBB. Nama Republik Indonesia mulai dikenal di seluruh dunia. Tentunya banyak pihak yang ingin mengenal kami, tentara yang telah berhasil mempertahankan kemerdekaan negara. Sebagai Tentara Pelajar, kami ingin menampilkan kesan bahwa kami tidak hanya gagah berani, tetapi juga berpendidikan. Kami membutuhkan seragam yang sanggup mencitrakan kami dengan baik.

Selama Parto dan Dulah ikut bergabung dengan Tentara Pelajar ada tiga tragedi penting yang mereka alami. Pertama, suatu hari ada laporan bahwa TBS (Territorial Batalyon Surakarta, bentukan Belanda) berpatroli ke arah timur dan melewati kawasan tanggul. Kami pun bersama pasukan yang lain pasang posisi. Komandan kami menemui komandan TBS tersebut dan meminta semoga mereka kembali, sebab melanggar demarkasi. Mereka pun kembali.

Kedua, suatu malam ada laporan sebuah Jeep PM Belanda masuk ke kawasan kami. Kami pun segera pasang posisi untuk mengepung jeep tersebut. Komandan memerintahkan saya untuk maju dan memberitahu bahwa mereka melanggar demarkasi dan masuk ke kawasan RI. Setelah diberitahu, mereka pun mundur dan berputar keluar dari kawasan kekuasaan kami. Kerja keras yang kami lakukan berhasil mengusir mereka dari kawasan kekuasaan Indonesia.

Ketiga, saat penyerahan kembali kota Solo di bulan November (Serangan Umum terjadi di bulan Maret). Seksi III Kompi II menerima kiprah mendapatkan penyerahan asrama/markas Beteng. Dari Kampung Sewu kami berbaris rapih dan gagah (karena berseragam) menuju jembatan depan Balaikota untuk menunggu. Kemudian berbaris menuju Beteng. Banyak wartawan dalam negeri dan gila yang mengabadikan tragedi tersebut sehingga kami semakin besar hati dengan seragam gres kami. Itulah bukti cinta tanah air yang sanggup kami persembahkan untuk bangsa dan negara ini.

EVALUASI
1. Manakah bentuk berikut yang termasuk poligon convex? Jelaskan.

2. Manakah di antara poligon berikut yang merupakan poligon tidak beraturan? Jelaskan.

3. Termasuk jenis apakah poligon berikut (poligon beraturan, tidak beraturan, convex dan concave). Jelaskan.

4. Perhatikan poligon berikut ini! Tariklah poligon berikut ini sampai menghasilkan 10 poligon.

5. Apakah bentuk berikut termasuk poligon? Jelaskan.

6. Tuliskan proses konversi dan transmisi energi listrik menurut gambar di atas. Perhatikan penggunaan kosakata, abjad besar, dan tanda baca.

No.Nama bagianFungsi
1.Pusat pembangkit energi listrik.Tempat proses perubahan energi gerak dari sumber daya alam menjadi energi listrik.
2.Saluran penghantar.Menyalurkan energi listrik ke transformator penaik tegangan.
3.Transformator penaik tegangan.Berfungsi untuk menaikan tegangan menjadi 500 kV
4.Jaringan transmisi tiang SutetSaluran transmisi, menyalurkan energi listrik tegangan tinggi.
5.Transformator penurun teganganMenurunkan tegangan sebelum didistribusikan ke gardu-gardu di aneka macam wilayah.
6.Jaringan distribusiMenyalurkan energi listrik bertegangan rendah dari gardu ke rumah-rumah warga 
7.Kotak listrik di rumahBerfungsi untuk menyalurkan energi listrik ke bagian-bagian dalam rumah
8.Jaringan distribusiMenyalurkan energi listrik bertegangan rendah dari gardu ke rumah-rumah warga
7. Tuliskan sebuah dongeng fiksi sejarah, perhatikan langkah-langkah berikut:
  • Tentukan fakta dari era/masa yang akan menjadi materi tulisan, contoh: masa usaha kemerdekaan, masa orde baru, masa reformasi. (masa mempertahankan kemerdekaan)
  • Tentukan tokoh fiksi rekaan yang akan hidup di masa tersebut.(Parto dan Dulah)
  • Sertakan nilai-nilai yang telah dipelajari: kerja keras, kreatif, pantang menyerah, cinta tanah air, disiplin, dan tertib.(Kerja Keras, cinta tanah air, dan pantang menyerah)
  • Perhatikan penggunaan abjad besar, tanda baca, pemilihan kosa kata baku, dan kerapihan tulisan.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 1 Penemu Yang Mengubah Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel