Pembelajaran 5 Tema 3 Subtema 1 Penemu Yang Mengubah Dunia

Pernahkah kau memakai komputer? Tahukah kau siapa tokoh penemunya? Bagaimana inovasi tersebut mengubah dunia?

Tahukah Kamu?
Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya
Charles Babbage ialah spesialis Matematika. Beliaulah penggagas utama dalam inovasi komputer. Mesin penghitung yang ia temukan (1791-1871) ialah kalkulator otomatis pertama. Babbage populer dengan julukan bapak komputer.

Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung. Gagasan tersebut dituangkannya dalam sebuah catatan yang diberi nama “note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables”. Catatan yang dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 ini berisi wacana semua konsep komputasi yang ada dalam benaknya.

Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut.
  1. Apa yang dilakukan oleh Charles Babbage? Babbage ingin membuatkan cara melaksanakan perhitungan secara mekanik, sehingga sanggup mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia.
  2. Apa dampak penemuannya bagi dunia? Dampak inovasi Babbage ialah kemajuan teknologi komputer berkembang pesat. Mesin hitung mempunyai imbas begitu besar di dunia, yang merupakan pinjaman pikiran Babbage terhadap perkembangan komputer.
  3. Apakah kamu, mencicipi manfaat komputer dikala ini. Manfaat apa yang kau rasakan? Dengan adanya komputer aktivitas berguru menjadi lebih gampang dengan mengakses internet melalui komputer kita sanggup mencari banyak sekali informasi yang kita butuhkan.
Charles Babbage, mengubah dunia dengan komputer temuannya. Mesin hitung yang ia temukan mengurangi terjadinya kesalahan hitung. Komputer yang ia temukan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Tahukah kau bagaimana perkembangan komputer sampai dikala ini?
Perkembangan Komputer

Bersama dengan temanmu, carilah informasi untuk melengkapi tokoh penemu dan dampak penemuannya bagi manusia, pada garis waktu di atas.
  1. Tahun 500 AM. Sempoa atau Abacus ialah alat yang dipakai untuk melaksanakan operasi aritmatika yang muncul sekitar 500 tahun sebelum masehi. Di negara Cina dan di beberapa kawasan alat ini masih dipakai sampai dikala ini. Abacus sanggup dianggap sebagai awal mula mesin komputasi (penghitungan). Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, abacus kehilangan popularitasnya.
  2. Tahun 1821. Mesin Buatan Charles Babbage. Banyaknya kesalahan perhitungan dengan manual menginspirasikan seorang ilmuan yaitu Charles Babbage untuk menemukan mesin hitung mekanik. Charles Babbage mengusulkan suatu mesin untuk melaksanakan perhitungan persamaan differensial yang muncul pada tahun 1822. Setelah bekerja dengan mesin differensial selama sepuluh tahun, babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer generasi purpose (multifungsi) pertama, yang di sebut analitycal engine.Atas pinjaman inovasi yang sangat besar ini maka Charles Babbage disebut bapak komputer modern. Charles Babbage.
  3. Tahun 1939. Pada tahun 1937-1939, John Vincent Atanasoff, seorang fisikawan Amerika di Iowa State College dibantu asistennya Clifford Berry mencoba membuat komputer listrik dengan menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit listrik. Atanasoff dan Berry berhasil membuat komputer listrik yang pertama yang disebut Atanasoff-Berry Computer atau ABC.Konsep atanasoff kemudian dipakai John W. Mauchly dan John Presper Eckert,Jr. Dalam pembuatan ENIAC(Electronic Numerical Integrator And Computer).
  4. Tahun 1971. Surat elektronik email ialah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Konsep email pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson pada simpulan tahun 1971. Ray Tomlinson bereksperimen dengan jadwal komputer yang berjulukan SNDMSG. Eksperimen Ray kemudian dilanjutkan dengan menghubungkan SNDMSG melalui file protocol yang berjulukan CYPNET sehingga jadwal SNDMSG sanggup mengirimkan pesan ke komputer lain" namun masih berada dalam satu jaringan ARPAnet. Eksperimen tersebut berhasil dan Itulah awal terciptanya email.
  5. Tahun 1973. Mouse merupakan ide dari Bill English. Pada tahun 1972 English dan Jack Hawley mendisain ulang mouse karya Engelbart dengan mengganti sistem dua gerigi roda dari logam kecil, dengan sebuah bola yang sanggup berputar ke segala arah. Tombolnya pun ditambah menjadi dua. Keyboard pertama kali diciptakan oleh Christopher Latham Sholes. Pada dikala sholes membuat mesin ketik, susunan hurufnya dibuat urut menurut huruf latin, untuk memungkinkan mengetik dengan cepat sehingga tercipta urutan mengacak urutan aksara menjadi QWERTY . Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
  6. Tahun 1975. Tahun 1975 prototype dari Visual Display Module (VDM), di design oleh Lee Felsenstein, ditandai sebagai implementasi dari sebuah memory-mapped alphanumeric video display pertama untuk personal computers.
  7. Tahun 1983. Internet dimulai ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1969, yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork). Pada tahun 1983 ARPANET mengadopsi protokol TCP/IP menjadi protokol standard untuk ARPANET yang merupakan cikal-bakal internet terbentuk. Pada tahun 1985 dibentuklah jaringan NFSNET (National Science Foundation NETwork) untuk menghubungkan supercomputer yang ada diberbagai universitas di Amerika dan disambungkan dengan ARPANET. Jaringan NSFNET dikembangkan terus oleh periset sekolah tinggi tinggi.
  8. Tahun 1994. Penggunaan internet secara komersial dimulai pada 1994 dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut, dan Internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First Virtual. Setahun kemudian, Compuserve, America Online, dan Prodigy mulai menawarkan layanan jalan masuk ke Internet bagi masyarakat umum. Sementara itu, kita di Indonesia gres sanggup menikmati layanan Internet komersial pada sekitar tahun 1994. Sebelumnya, beberapa sekolah tinggi tinggi menyerupai Universitas Indonesia telah terlebih dahulu tersambung dengan jaringan internet melalui gateway yang menghubungkan universitas dengan network di luar negeri.
Ayo Analisis
Jawablah pertanyaan berikut!
  1. Mengapa komputer terus berkembang? Komputer berkembang pesat sebab permasalahan di dunia ini bertambah banyak dan bermacam-macam persoalan itu sanggup dipecahkan dan dikerjakan dengan lebih cepat bila memakai komputer. Contohnya menyerupai permasalahan di bidang matematika, fisika dan biologi. Banyak riset yang membutuhkan perhitungan matematis dan itu sanggup semakin cepat dilakukan dengan adanya komputer.
  2. Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia? Banyak sekali yang sanggup kita manfaatkan dengan adanya komputer contohnya komputer sebagai sarana hiburan, media komunikasi dan informasi. Namun sebagai teknologi komputer juga mempunyai beberapa dampak negatif.
  3. Apa yang terjadi kalau komputer tidak ditemukan? Jika komputer tidak ditemukan mungkin kemajuan teknologi belum menyerupai kini ini. Kalau tidak ada komputer,manusia tidak akan sanggup merancang/membuat alat yang canggih, modern, menyerupai pesawat terbang, alat telekomunikasi telephone, dan akan kesulitan informasi media telekomunikasi.
  4. Menurutmu komputer menyerupai apa yang akan tercipta di masa depan? Gambarlah dan deskripsikan. 

Pen-style Personal Networking Gadget Package ialah paket komputer pena yang meliputi 5 fungsi yaitu : Ponsel bergaya pena dengan cara input data memakai goresan pena tangan, virtual keyboard, royektor kecil, Camera Scanned, Personal ID password yang berfungsi sebagai identitas pemilik

Charles Babbage, mengubah dunia dengan komputer buatannya. Saat ini insan di dunia memakai komputer untuk membantu pekerjaan mereka. Selain dipakai sebagai alat hitung, komputer juga sanggup dipakai untuk menggambar banyak sekali bentuk, misalkan poligon.

Ayo Berlatih
Perhatikan dua bentuk poligon berikut, dan jawab pertanyaan berikut.

a. Bagaimana panjang sisi setiap berdiri tersebut? Keempat sisi persegi dan belah ketupat sama panjang
b. Bagaimana besar sudut setiap berdiri tersebut? Besar sudut persegi sama besar, sedangkan pada belah ketupat sudut yang berhadapan sama besar.
c. Apakah persegi sanggup dikatakan sebagai belah ketupat? Mengapa? Berikan alasannya! Persegi sanggup dikatakan sebagai belah ketupat sebab keempat sisinya sama panjang dan sudut yang berhadapan sama besar.

Ayo Berkreasi
Sekarang, buatlah sebuah bentuk positif yang tersusun dari poligon beraturan, poligon tidak beraturan, poligon convex, dan poligon concave. Warnailah gambar tersubut semoga menarik. Presentasikan gambarmu di depan kelas.

Seorang Charles Babbage, dengan perilaku disiplin dan kerja keras sanggup menemukan kalkulator sebagai mesin hitung pertama untuk manusia. Ternyata
perilaku tersebut sanggup menjadi modal kita dalam mengubah dunia. Apakah kau sudah menerapkan perilaku disiplin dan kerja keras ketika belajar? Menurutmu, mengapa kau harus mempunyai perilaku disiplin ketika belajar? Apa yang akan terjadi kalau kau tidak disiplin?

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 3 Subtema 1 Penemu Yang Mengubah Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel