Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman
Friday, September 7, 2018
Add Comment
Bacalah teks berikut.
Perbedaan Bukanlah Penghalang
Tidak menyerupai biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta tiba ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga tiba ke sekolah. Pembagian kiprah menciptakan hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.
Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melaksanakan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, kemudian ke rumah Martha untuk mengambil materi dan hiasan kelas yang telah disiapkan.
Edo dan Martha. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik Protestan. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kolaborasi mereka.
Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul tiba ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman menyebarkan tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa sobat lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas.
Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
.
Dari teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tulislah pada tabel berikut.
Pargraf | Gagasan Utama | Gagasan Pendukung |
---|---|---|
Paragraf 1 | Menghias kelas tanggungjawab bersama | Hari Minggu sekolah ramai. Siswa menghias kelas. Lomba menyambut kemerdekaan. Pembagian kiprah menciptakan hiasan |
Paragraf 2 | Siswa semua hadir | Edo dan Marta terlambat. Mengambil materi hiasan di rumah Marta |
Paragraf 3 | Perbedaan waktu ibadah | Hari ahad merupakan waktu ibadah umat Kristen |
Paragraf 4 | Sekolah ramai | Kelas terlihat indah. Mereka menyebarkan tugas. Menjalankan ibadah. |
Paragraf 5 | Perbedaan bukan penghalang kerjasama | Pekerjaan selesai. Kelas terlihat semarak |
Masyarakat Indonesia sangat populer dengan kebiasaanya bekerjasama. Berikut ialah contoh-contoh kerjasama yang biasa di lakukan dalam masyarakat.
Duduklah dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Carilah isu wacana salah satu kerjasama di lingkunganmu. Presentasikan kesudahannya di depan kelas.
Ayo Mencoba
Tahukah kau wacana Jam Gadang. Jam Gadang ialah menara jam yang terletak di sentra kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang sebab menara ini mempunyai jam dengan ukuran besar pada empat sisinya. Temukan sudut-sudut yang ada di Jam Gadang tersebut. Ukurlah besarnya sudut dengan menggukan busur.
Mengukur Susut Pada Rumah Gadang | ||
---|---|---|
Bagian rumah Gadang | Prediksiku | Besar Sudut Sebenarnya |
Bagian atap | 50° | 40° |
Bagian pondasi | 160° | 140° |
Bagian pondasi sebelah kanan | 90° | 90° |
0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman"
Post a Comment