Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3 Lestarikan Binatang Dan Tumbuhan

Salah satu permainan yang sering dimainkan belum dewasa ialah permianan kasti. Kasti merupakan salah satu jenis permainan bola kecil beregu. Kasti merupakan bentuk permainan tradisional yang mengutamakan beberapa unsur kekompakan, ketangkasan dan kegembiraan. Permainan ini biasa dilakukan di lapangan terbuka, pada belum dewasa usia sekolah dasar, permainan ini sanggup melatih kedisiplinan diri serta memupuk rasa kebersamaan dan solidaritas antar teman.

Sekarang kita akan bermain kasti, biar badan kita sehat dan kuat. Sudahkah kau makan pagi dengan masakan sehat dan bergizi? Berdoalah sebelum memulai latihan, praktikkan memukul dan menangkap bola dengan teknik yang benar sebelum melaksanakan permainan, dan ingat untuk selalu bermain dengan sportif dan jujur!

Ingatkah kau dengan bahan pecahan, yaitu potongan biasa, potongan campuran, dan potongan desimal yang telah dipelajari di kelas sebelumnya? Perhatikan bentuk-bentuk potongan senilai berikut! Apakah pecahan-pecahan berikut bernilai sama?

1. Kita telah mempelajari cara untuk mengubah potongan biasa, desimal, dan persen. Tuliskan bab yang diarsir pada gambar di atas dalam tiga bentuk pecahan.
Bentuk PecahanABCD
Pecahan Biasa25/10020/10056/10068/100
Pecahan Desimal0,250,200,560,68
Pecahan Persen25%20%56%68%
2. Ingatkah kau perihal perbandingan pada pembelajaran ahad kedua yang lalu? Untuk mengingat, ayo kita kerjakan latihan berikut! Tuliskan perbandingan yang menggambarkan banyaknya dua jenis serangga berikut!

3. Buatlah soal perbandinganmu sendiri! Gunakan gambar sehingga menarik.

Evaluasi
Ayo Menulis
1. Menulis paragraf sederhana
Buatlah paragraf sederhana yang berisi perihal pentingnya melestarikan binatang dan tumbuhan. Sertakan beberapa pola acara dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan perilaku tersebut dan tuliskan hubungannya dengan nilai-nilai Pancasila. Perhatikan pemakaian aksara besar dan tanda
baca serta pemilihan kosakata.

Pelestarian binatang dan tumbuhan harus dilakukan semenjak ketika ini biar binatang dan tumbuhan tersebut mengalami kepunahan. Pelestarian binatang dan tumbuhan merupakan perjuangan untuk melindungi binatang dan tumbuhan biar tidak punah. Kelestarian binatang dan tumbuhan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup generasi insan pada ketika ini dan pada ketika yang akan datang. Berikut ini beberapa upaya pelestarian binatang dan tumbuhan.
  1. Melakukan penangkaran hewan-hewan langka dan penanaman bibit tumbuhan yang sudah langka. Penangkaran ialah upaya perbanyakan melalui pengembangbiakan dan pembesaran tumbuhan dan satwa liar dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya. Melakukan penangkaran binatang menerangkan perilaku kasih sayang terhadap sesama makhluk hidup yang merupakan pengamalan sila kedua dari Pancasila.
  2. Mendirikan tempat-tempat proteksi binatang dan tumbuhan langka. Misalnya suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional. Melindungi binatang langka merupakan pengamalan sila kedua dari pancasila dan sila kelima Pancasila.
2. Kerjakan soal berikut dengan teliti!
Pak Warjoyo akan membangun sebuah Puskesmas di desanya. Ia memerlukan sumbangan untuk merancang desain ruangan yang harus tersedia di puskesmasnya. Ayo, kau bantu Pak Warjoyo! Gunakan penggaris, pensil warna, dan kertas berpetak. Perhatikan rancang bangkit yang harus kau buat, yaitu sebagai berikut.

Puskesmas tersebut sanggup dalam bentuk apapun, tetapi harus mempunyai luas 100 unit persegi.
Puskesmas tersebut harus mempunyai ruangan-ruangan, sebagai berikut.
  • Satu ruang untuk registrasi dan ruang tunggu.
  • Satu ruang apotek daerah pengambilan obat.
  • Dua ruang periksa untuk dokter umum dan kebidanan.
  • Satu ruang perawatan pasien inap.
  • Satu ruang operasi.
  • Satu ruang dapur.
  • Satu kamar mandi dengan toilet.

Ruang registrasi dan ruang tunggu harus mempunyai luas 2 kalinya ruang apotek.
Ruang perawatan pasien rawat inap dan kamar mandi harus mempunyai luas 40% dari total luas Puskesmas.
Perbandingan luas dapur dan kamar mandi ialah 2:5.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3 Lestarikan Binatang Dan Tumbuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel