Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 3 Perjuangan Pelestarian Lingkungan

Setiap hari kita membutuhkan air higienis untuk minum, memasak, mandi, mencuci dan sebagainya. Dengan air yang higienis tentunya menciptakan kita terhindar dari penyakit. Saat ini problem air higienis merupakan barang yang langka di negeri tercinta kita ini, apalagi di kota-kota besar menyerupai Jakarta, air higienis merupakan barang yang mahal dan sering diperjualbelikan.

Tidak menyerupai halnya beberapa puluh tahun yang lalu, dikala itu air higienis gampang diperoleh dan selalu berlimpah mengalir di setiap sudut tanah negeri kita ini, lantaran pada waktu itu belum banyak terjadi polusi air dan udara. Dari rasa dan warnanya pun dikala ini berbeda tidak sealami dulu dikarenakan oleh polusi tersebut. Berikut yakni beberapa manfaat air bagi tubuh:

Hari ini Beni, Siti, dan Edo berkumpul di rumah Dayu. Mereka sedang berdiskusi mengenai air bersih. Apakah yang dimaksud air bersih?

Ayo Diskusikan
Buatlah kelompok diskusi. Setiap kelompok terdiri atas lima anak. Diskusikan beberapa hal berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan air bersih?
2. Dari mana sumber atau asal air bersih?
Tuliskan hasil diskusi kelompokmu dalam kolom berikut! Kemudian bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain.

Air higienis yakni salah satu jenis sumberdaya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh insan untuk dikonsumsi atau dalam melaksanakan kegiatan mereka sehari-hari Untuk konsumsi air minum berdasarkan departemen kesehatan, syarat-syarat air minum yakni tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung logam berat.

Sumber air bersih
Air Atmosfer
Air angkasa yakni air yang terjadi lantaran proses penguapan yang kemudian terkondensasi dan hasilnya jatuh sebagai air hujan, salju dan es. Dalam keadaan murni, sangat bersihakan tetapi air angkasa ini mempunyai sifat yang berangasan terutama terhadap pipa-pipa penyalur maupun bak-bak reservoir sehingga hal ini akan mempercepat terjadinya korosi atau karat. Akan tetapi air angkasa ini mempunyai sifat lunak, sehingga akan boros terhadap pemakaian sabun.

Air Permukaan
Air permukaan yakni  air hujan yang mengalir dipermukaan bumi, yang berada pada tempat atau wadah atas permukaan daratan yaitu sungai, rawa, bendungan danau. Air permukaan sanggup terjadi melalui tiga cara yaitu aliran permukaan bumi, aliran air tanah, dan adonan dari keduanya. Air permukaan ada dua macam yakni :
  1. Air sungai dalam penggunaannya sebagai air higienis haruslah mengalami suatu         pengolahan yang sempurna, mengingat bahwa air sungai ini pada umumnya mempunyai derajat pengotoran yang sangat tinggi.
  2. Kebanyakan air rawa atau danau ini berwarna yang disebabkan oleh adanya zat-zat organik yang telah membusuk, contohnya asam humus yang larut dalam air yang mengakibatkan warna kuning coklat. Sehingga dengan demikian pada umumnya kadar Besi (Fe) dan Mangan (Mn) akan tinggi pula. Sedangkan kandungan oksigen (O2) sangat kurang sekali. Ini menjadikan permukaan air akan ditumbuhi algae (lumut) lantaran ada sinar matahari.
Air Tanah
Air tanah yakni air yang bergerak dalam tanah, terdapat di antara butir-butir tanah atau dalam retakan bebatuan. Air tanah lebih banyak tersedia daripada air hujan. Air tanah biasanya mempunyai kandungan Besi (Fe) yang cukup tinggi.

Ayo Bacalah
Hari Air Sedunia
Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya hari airsedunia ini, kita diingatkan bahwa persediaan air higienis semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Kebutuhan air per hari per orang sanggup digambarkan dalam piramida hirarki kebutuhan air berikut.

Persediaan air higienis semakin berkurang lantaran cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang lantaran air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan pribadi mengalir ke parit, selokan, kemudian ke sungai dan terus ke lout. Air hujan tidak sanggup masuk ke dalam tanah lantaran tidak ada akar-akar pohon yang sanggup menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau bermetamorfosis perumahan, perkantoran, dan tempat industri.

Berkurangnya cadangan airtanah menjadikan banyak mota air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering di isu terkini kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah pedesaan kesulitan mendapat air higienis untuk keperluan seharihari. Hasil panen pun jauh berkurang lantaran tanaman pangan kekeringan dan tidak sanggup panen.

Ada beberapa tindakan yang sanggup kita lakukan untuk ikut membantu
mengurangi krisis air higienis sebagai berikut.
  1. Menghemat penggunaan air.
  2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan mempunyai kegunaan untuk menampung air hujan agar terserap ke dalam tanah.
  3. Menanam pohon agar akar-akar pohon sanggup menahan air di dalam tanah.

Ayo Simpulkan
Apakah yang dimaksud air bersih? Mengapa air higienis penting bagi kehidupan? Apa saja yang mengganggu ketersediaan air bersih? Berdasarkan bacaan di atas, buatlah kesimpulan wacana hal tersebut. Tulis kesimpulan pada kolom berikut.
No.AspekKeterangan
1.Kebutuhan air higienis per orang per hari
  1. Minum : 10 liter
  2. Memasak: 20 liter
  3. Kebersihan diri: 30 liter
  4. Mencuci pakaian: 40 liter
  5. Membersihkan rumah: 50 liter
  6. Menumbuhkan materi makanan: 60 liter
  7. Sanitasi : 70 liter
2.Hal-hal yang mengakibatkan persedaiaan
air higienis berkurang
  1. Karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan pribadi mengalir ke parit, selokan, kemudian ke sungai dan terus ke laut. 
  2. Air hujan tidak sanggup masuk ke dalam tanah lantaran tidak ada akar-akar pohon yang sanggup menahan air di dalam tanah. 
  3. Banyak pohon di hutan ditebangi. 
  4. Lahan-lahan hijau bermetamorfosis perumahan, perkantoran, dan tempat industri
3.Akibat kekurangan air bersihBerkurangnya cadangan air tanah menjadikan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering di isu terkini kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah pedesaan kesulitan mendapat air higienis untuk keperluan sehari-hari. Hasil panen pun jauh berkurang lantaran tanaman pangan kekeringan dan tidak sanggup panen.
4.Upaya yang sanggup dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih
  1. Membuat lubang resapan. Lubang resapan mempunyai kegunaan untuk menampung air hujan agar terserap ke dalam tanah.
  2. Menanam pohon agar akar-akar pohon sanggup menahan air di dalam tanah.
Ayo Berlatih
Salah satu kebutuhan yang memakai air higienis yakni mencuci pakaian. Berikut banyak air yang dipakai oleh ibu Dayu untuk mencuci pakaian selama satu minggu.
No.HariBanyak Air yang
Digunakan (liter)
Jawaban
1.Senin1201. Jumlah : 120+110+105+110+120+115+110 = 790 liter
2. Rata-rata :790:7 = 112,8 liter
3. Paling sedikit : mencuci pakaian: 105 liter
Paling banyak : mencuci pakaian: 120 liter
4. Urutan : 105 110 110 110 115 120 120
5. Paling sering muncul : 110
Mean: 112,8 liter
Median: 110 liter
Modus: 110 liter
2.Selasa110
3.Rabu105
4.Kamis110
5.Jumat120
6.Sabtu115
7.Minggu110

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 3 Perjuangan Pelestarian Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel