Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 3 Lestarikan Binatang Dan Tumbuhan

Kamu telah mempelajari perihal pentingnya melestarikan binatang dan tumbuhan. Perkembangbiakan generatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan melalui perkawinan sel jantan (benang sari) dan sel betina (putik). Perkembangbiakan vegetatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan tanpa perkawinan. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif dibedakan menjadi perkembangbiakan vegertatif alamai dan perkembangbiakan vegetatif buatan. Adakah yang sanggup kau lakukan untuk mempercepat perkembangbiakan tumbuhan?

Ayo Analisis
Analisislah gambar seri berikut!

Apakah persamaan dan perbedaan perkembangbiakan generatif dan vegetatif pada tumbuhan? Analisislah dan tuliskan dalam bentuk diagram venn menyerupai berikut.

Dengan membantu perkembangbiakan tumbuhan, berarti kau telah ikut melestarikan keberadaannya. Itulah wujud syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ayo Mencoba
Dalam kelompok kecil bersama temanmu, kau akan mempraktikkan aktivitas mengembangbiakkan tumbuhan dengan cara vegetatif buatan. Tahapnya sebagai berikut.
  1. Pilih satu cara: mencangkok, menyetek, atau menyambung.
  2. Pilih satu jenis tanaman, yaitu : cangkok: pohon buah-buahan berkayu; setek: singkong, tebu, tumbuhan hias, kangkung; enten: pohon buah-buahan berkayu.
  3. Siapkan alat dan bahan.
  4. Lakukan dengan mengikuti langkah-langkah pada gambar di halaman sebelumnya.
Bekerjasamalah dengan baik, dan pastikan setiap anggota kelompok mendapatkan tugas.

Cara Mencangkok Tanaman
Mencangkok yakni menguliti sampai higienis dan menghilangkan kambium pada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm. Tumbuhan dikotil yang dicangkok akan mempunyai akar serabut, bukan akar tunggang. Menyetek Adalah reproduksi vegetative suatu tumbuhan dari bagian batang,daun,dahan, atau ranting yang kemudian di tanam.

A. Alat dan  Bahan
Alat dan materi yang dipakai dalam mencangkok tumbuhan sangat sederhana dan gampang ditemukan. Beberapa alat yang dipakai dalam aktivitas mencangkok antara lain sebagai berikut.
  1. Pisau atau cutter dipakai untuk menguliti dan membersihkan kambium pada dahan tumbuhan yang akan dicangkok.
  2. Gunting dipakai untuk memotong tali rafia yang dipakai untuk mengikat pembungkus cangkokan.
  3. Tali rafia dipakai untuk mengikat media cangkokan biar tidak terlepas dari dahan.
  4. Plastik, ijuk atau sabut kelapa sebagai pembungkus media cangkokan.
Bahan yang dipakai untuk mencangkok yakni tanah dan pupuk kandang. Bahan ini dipakai sebagai media cangkokan daerah tumbuhnya akar tumbuhan yang dicangkok.

B. Proses Pencangkokan
Seteleah alat dan materi yang akan dipakai untuk mencangkok tumbuhan disediakan selanjutnya yakni proses pencangkokan tanaman. Langkah - langkah mencangkok yakni sebagai berikut berikut :
  1. Pilih cabang atau ranting yang tidak terlalu renta ataupun terlalu muda.
  2. Kuliti sampai higienis cabang atau ranting tersebut sepanjang 5-10 cm.
  3. Kerat kambiumnya sampai bersih, dan angin-anginkan.
  4. Tutup dengan tanah, kemudian dibungkus dengan plastik atau sabut kelapa.
  5. Ikat pada kedua ujungnya menyerupai membungkus permen. Bila memakai plastik,lubangi plastiknya terlebih dahulu biar air siraman sanggup keluar dan tanah tidak terlalu basah.
  6. Jaga kelembaban tanah dengan cara menyiramnya setiap hari (jika demam isu kemarau).
  7. Setelah banyak akar yang tumbuh, potong cabang atau ranting tersebut, kemudian tanam di pot. Setelah tumbuh dengan baik gres ditanam di tanah.
C. Manfaat Mencangkok Tanaman
Mencangkok tumbuhan mempunyai beberapa manfaat yang sangat mempunyai kegunaan bagi kelestarian tumbuhan. Beberapa manfaat mencangkok antara lain sebagai berikut.
  1. Mencangkok merupakan bentuk perbanyakan tumbuhan yang dilakukan insan dengan tujuan tumbuhan akan lebih cepat berbuah dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji. Dengan tumbuhan cepat berbuah berarti kelestarian tumbuhan tetap terjaga dengan baik.
  2. Tumbuhan yang dicangkok mempunyai sifat yang sama dengan induknya. Dengan tumbuhan yang sama dengan induknya berarti kualitas tumbuhan tetap terjaga.
  3. Tingkat keberhasilan cangkokan cukup tinggi, alasannya pada proses mencangkok akar akan tumbuh ketika masih berada di pohon induk. Ketika ditanam sudah siap untuk berkembang alasannya perakaran sudah terbentuk sebelumnya.
Ayo Diskusikan
Diskusikan bersama sahabat dalam kelompokmu yang sama perihal aktivitas mengembangbiakkan tumbuhan yang telah kau lakukan. Perhatikan hal-hal berikut.
  • Tujuan dilakukannya perkembangbiakan vegetatif buatan.
  • Manfaat mempercepat pertumbuhan tumbuhan bagi manusia.
  • Keterkaitan korelasi antara melestarikan tumbuhan dengan nilai-nilai Pancasila.
  • Pengaruh aktivitas mencangkok, melaksanakan setek, dan menyambung tumbuhan dalam kehidupan ekonomi masyarakat.
Tuliskan hasil diskusi kalian pada sketsa berikut.

Perkembangbiakan Tumbuhan
Perkembangbiakan vegetatif, yaitu perkembangbiakan tumbuhan tanpa perkawinan. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif dibedakan menjadi vegetatif alami dan vegetatif buatan. Perkembangbiakan vegetatif alami diantaranya adalah Akar Tinggal Umbi lapis Umbi Batang Umbi Akar, Tunas Adventif,  Spora dan Geragih. Sedangkan perkembangbiakan vegetatif buatan antara lain dengan cara mencangkok, enten, ukulasi, dan stek.

Tujuan perkembangbiakan vegetatif buatan yakni untuk memperoleh tumbuhan yang bermutu tinggi. Tumbuhan bermutu tinggi artinya tumbuhan yang sanggup berbuah banyak, tahan terhadap penyakit, dan akarnya kuat. Dengan adanya tumbuhan yang bermutu tentunya ketersediaan materi kuliner akan tetap terjaga dengan baik.

Perkembangbiakan tumbuhan memilik manfaat yang sangat mempunyai kegunaan bagi kelangsungan hidup manusa. Beberapa diantaranya yakni sebagai berikut.
  1. Sebagai materi makanan, banyak kuliner dan sayuran yang kita makan berasal dari tumbuhan menyerupai padi, jagung, ketela pohon, ubi, buah-buahan dan sayuran.
  2. Sebagai materi untuk membangun rumah dan perabot rumah tangga, tumbuhan tententu sering dijadikan sebagai materi untuk menciptakan bangunan, alat rumah tangga, perabot bahkan kendaraan.
  3. Bahan pembuat kain untuk keperluan menciptakan pakaian atau kain menyerupai rami, serat kayu tertentu.
  4. Bahan pembuat obat, tumbuhan menyerupai kunyit, brotowali, kumis kucing, sereh, sirih, jahe, temulawak, jambu batu, mengkudu, dan sebagainya.
  5. Sebagai penghasil oksigen, banyak tumbuhan di tanam di lingkungan sekitar, sehingga kita mencicipi kesegaran yang ditimbulkan oleh oksigen dari tumbuhan yang berfotosintesis.
  6. Penyerap karbondioksida, udara yang mengandung karbondioksida  diserap oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis sehingga udara  menjadi lebih segar.
Selain itu melestarikan tumbuhan juga merupakan bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila. Hal tersebut sanggup dilihat dari klarifikasi di bawah ini.
  1. Dengan membantu perkembangbiakan tumbuhan, berarti telah ikut melestarikan keberadaannya. Itulah wujud syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berarti hal tersebut menawarkan pengamalan sila pertama pancasila
  2. Salah satu cara mengamalkan sila ke-2 ini yakni dengan peduli terhadap orang lain dan hak-hak mereka, termasuk hak untuk memperoleh lingkungan hidup yang sehat, nyaman, dan baik. Salah satu cara mempertahankan lingkungan hidup yang sehat yakni dengan melestarikan tumbuhan.
Kegiatan membantu perkembangbiakan tumbuhan juga besar lengan berkuasa dalam kehidupan ekonomi masyarakat.
  1. Salah satu laba perkembangbiakan vegetatif buatan yakni tumbuhan yang cepat berbuah sehingga sanggup menunjang ekonomi para petani. Dengan waktu yang lebih singkat kalau dibandingkan dengan menanam memakai biji, maka mencangkok lebih efektif.
  2. Melalui perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan mempunyai keunggulan dalam hal hasil panen. Tanaman hasil okulasi memungkinkan menghasilkan buah yang berkualitas baik sehingga meningkatkan harga jual buah.
Ayo Ceritakan
Sekarang saatnya kau menceritakan pengaplikasian nilai-nilai Pancasila untuk menjaga lingkungan alam. Selain itu juga keuntungannya bagi kehidupan manusia.

Ayo Menulis
Tuliskan laporan aktivitas yang telah kau lakukan ketika percobaan dan hasil diskusinya. Isi goresan pena harus mencantumkan hal-hal berikut.
  1. Langkah aktivitas percobaan yang telah dilakukan serta kesulitan yang dihadapi.
  2. Manfaat perkembangbiakan vegetatif buatan bagi manusia.
  3. Pengaruh perkembangbiakan vegetatif buatan dalam kehidupan bermasyarakat.
Ayo Ceritakan
Dalam kelompok kecil, ceritakan goresan pena laporanmu pada teman-teman.
  1. Berbicaralah dengan teratur dan bunyi yang jelas. Kamu bebas untuk bertanya dan memberi masukan ketika temanmu final mempresentasikannya.
  2. Bersikaplah terbuka dan mendapatkan masukan kasatmata dari temanmu.
Tempelkan hasil goresan pena laporanmu pada dinding kelas, sehingga semua sahabat sanggup membacanya.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 3 Lestarikan Binatang Dan Tumbuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel