Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 2 Keunikan Kawasan Tempat Tinggalku

Liburan yang kemudian saya berkunjung ke rumah kakek dan nenek di sebuah kota di Indonesia serpihan timur. Kota tersebut sangat indah.Tahukah kau apa nama kota tersebut? Yuk, kita telusuri bersama!

Bunaken ialah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan serpihan dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman maritim Bunaken yang merupakan serpihan dari Taman Nasional Bunaken.

Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri atas ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir.Saat saya berlibur ke rumah kakek dan nenek, Ayah memotret beberapa tempat yang menarik. Inilah foto-fotonya.

Bagaimana perasaanmu dikala melihat foto-foto tersebut? Tuliskan pada kolom berikut!
Keindahan taman nasional Bunaken sangat mengagumkan alasannya ialah bermacam-macam binatang maritim hidup dengan bebasnya.

Ayo Temukan Jawabannya
Dapatkah kau menebak di mana tepatnya tempat-tempat yang ada pada gambar? Inilah beberapa petunjuk yang sanggup membantumu.

Tempat itu berada di sebuah provinsi di Pulau Sulawesi. Tempat ini mempunyai sebuah wisata bawah maritim yang sangat indah.

Di wilayah ini terdapat 22 desa dengan jumlah penduduk sekitar 35.000 jiwa. Kebanyakan dari mereka bekerja sebagai nelayan atau petani kelapa, ubi jalar, pisang dan rumput maritim untuk diekspor, sementara sebagian lainnya bekerja sebagai pemandu, pekerja di penginapan, dan nakhoda kapal.

Tempat ini terletak di segitiga terumbu karang, menjadi habitat bagi 390 jenis terumbu karang dan juga banyak sekali jenis ikan, moluska, reptil, dan mamalia laut.

Berdasarkan petunjuk tadi, dapatkah kau menebak tempat yang dimaksud? Diskusikan dengan temanmu dan berikan jawabanmu kepada guru. Taman Nasional Bunaken

Ternyata, Indonesia itu sangat indah, ya? Kekayaan sangat beragam. Bagaimana dengan kawasan lainnya?

Ayo Ceritakan
Tuliskan komentarmu perihal keunikan dari tiap gambar berikut.

Suku Toraja ialah suku yang menetap di pegunungan serpihan utara Sulawesi Selatan, Indonesia. Suku ini mempunyai keunikan tersendiri dalam melaksanakan pemakaman. Peti mati sanggup disimpan di dalam gua, atau di makam kerikil berukir, atau digantung di tebing. Di beberapa daerah, gua kerikil digunakan untuk meyimpan mayat seluruh anggota keluarga. Patung kayu yang disebut tau tau biasanya diletakkan di gua dan menghadap ke luar.

Pulau Komodo ialah tempat orisinil dari binatang yang dijuluki Komodo Naga atau Komodo Dragon yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sekilas komodo ini ibarat biawak, akan tetapi komodo meiliki ukuran badan yang lebih besar. Saat ini Pulau Komodo telah menjadi serpihan dari tujuh keajaiban dunia.

Jika berunjung ke Kota Banjarmasin, kota yang dikenal sebagai Kota Seribu Sungai ini jangan hingga terlewatkan ke pasar terapung, pasar yang telah populer diseluruh dunia yang tepatnya di muara Sungai Martapura – Barito. Kenapa disebut terapung? Karena para pedagang di pasar ini menawarkan
barang dagangannya memakai jukung (sebutan bahtera khas Banjar). Begitu pula bagi yang mau beli juga harus memakai jukung.

Baik laki-laki maupun perempuan Papua “mendekorasi” diri mereka dengan bermacam-macam hiasan. Su contohnya (biasa dikenal sebagai Noken), tas anyaman yang dikalungkan di kepala. Buntut anjing dan bulu burung ibarat kasuari dan cendrawasih juga digunakan sebagai hiasan. Selain itu ada juga yang memakai hiasans berupa “taring babi” pada lubang hidungnya pada dikala program khusus. Taring babi merupakan hiasan ciri khas masyarakat Papua yang biasanya digunakan masyarakat setempat dikala pesta watak dan program budaya lainnya.

Temukan Jawabannya
Dalam perjalanan menuju Bunaken, saya membawa beberapa peralatan ibarat yang ada di bawah ini.

Amati gambar di atas.
  1. Gambar topi terletak pada kotak pertemuan antara angka 1 dan karakter A, ditulis (1, A).
  2. Gambar buah-buahan terletak pada kotak pertemuan antara angka 2 dan karakter C, ditulis (2, C).
  3. Gambar kamera terletak pada kotak pertemuan antara angka 4 dan karakter B, ditulis (4, B).
  4. Dengan cara yang sama, tentukan posisi minuman (2, E), kamera (4, B) dan buku (4, D)
  5. Pasangan angka dan karakter (1, A); (2, C); (4, B) dinamakan koordinat.
Kaprikornus apa yang sanggup kau simpulkan perihal koordinat? Tuliskan dalam kolom berikut.
Koordinat ialah bilangan yang digunakan untuk memperlihatkan lokasi suatu titik di garis permukaan atau ruang
Selain membawa benda-benda di atas, Ayah juga membawa peta supaya kami tidak tersesat. Nah, inilah peta yang digunakan. Bantulah ayahku untuk menemukan beberapa wilayah di Sulawesi Utara yang harus kami lewati untuk menuju ke Pulau Bunaken.

  1. Kota Bilungala terletak di koordinat ( 4 ,B )
  2. Kota Tungoi terletak di koordinat (7 , C )
  3. Kota Belang terletak di koordinat ( 10 , D)
  4. Kota Tombatu terletak di koordinat (9 ,E )
  5. Kota Tondano terletak di koordinat (11 ,F )
  6. Pulau Bunaken terletak di koordinat (10 ,H )
Berdasarkan gambar tadi, tuliskan 4 nama tempat lainnya yang terdapat pada gambar Provinsi Sulawesi Utara. Minta temanmu menyebutkan koordinat tempatnya dengan tepat. Tuliskan dalam kolom berikut.
  1. Kota Antigola terletak di koordinat (2, D)
  2. Kota Bintauna terletak di koordinat ( 4, D)
  3. Kota Kotabunan terletak di koordinat (9, C)
  4. Kota Airmadidi terlatk di koordinat (11, G)
Selain mengunjungi Pulau Bunaken, saya juga mengunjungi salah satu teman. Keluarga itu mempunyai anak yang berjulukan Mona. Rumah Mona tidak terlalu jauh dari rumah Kakek Beni. Inilah skema rumah Mona.

  1. Rumah Kakek Beni terletak di sebelah utara danau.
  2. Bank terletak di sebelah timur sekolah dan sebelah utara danau.
  3. Rumah Mona berada di sebelah timur ... dan ....
  4. Danau terletak di posisi 4A
  5. Rumah kakek Beni terletak di posisi (5, E)
  6. Bank terletak di posisi 3C dan 4C
  7. Dari rumah kakek, Beni berjalan ke arah selatan hingga perempatan jalan, kemudian beliau belok ke kanan. Sekarang, Beni berada di jalan Mawar
  8. Jika Beni berjalan dari rumahnya, kemudian dari Jln. Melati ke arah timur, akan hingga di Rumah Sakit
  9. Jika Mona berada di rumah keluarga Kawanua, supaya sanggup hingga ke jalan Anggrek beliau harus berjalan ke arah selatan.
Berbagai jenis ikan banyak ditemukan di Bunaken. Selain itu, Bunaken ialah kawasan yang populer mempunyai terumbu karang terbaik di dunia. Akan tetapi, ada saja orangorang yang tidak bertanggung jawab dengan merusak kehidupan terumbu karang di sana. Lalu bagaimana menanggulanginya? Yuk, kita cari tahu bersama selengkapnya.

Ayo Cari Tahu
Perhatikan langkah transplantasi terumbu karang berikut.

Tuliskan cara pembudidayaan terumbu karang secara sederhana.
Proses dan teknik kebijaksanaan daya yang harus dilakukan ialah dengan memakai beberapa langkah yang tepat.
  1. Memilih bibit yang sempurna juga harus dilakukan oleh petani terumbu karang. Pilih bibit yang unggul dan mempunyai kualitas untuk sanggup tumbuh dengan baik. Pemilihan bibit dengan kriteria sehat dan diameter koloni lebih dari 100 cm.
  2. Agar pembibitan berhasil pemotongan anakan dilakukan dengan cara ukuran ± 4 cm, maaksimal 1/2 serpihan koloni induk, dan dilakukan di dalam air
  3. Selanjutnya substrat dipilih dengan ketentuan diameter 4 cm, tebal 3 cm dan tinggi 8 cm,
  4. Bibit diikat dengan tali plastik atau lem pada substrat.
  5. Bibit diletakan di rangka besi yang sebelumnya sudah dicat anti karat. Ukuran 110 cm x 100 cm x 50 cm dan bantalan rangka besi diberi jaring PE dengan mesh size 1 cm
  6. Dalam satu rangka besi jumlah bibit maksimal 12 buah dan disusun dalam 3 baris dan 4 kolom
Kamu sudah mencar ilmu perihal teknologi di semester 1. Sekarang, berikan pendapatmu perihal jenis teknologi yang digunakan pada kebijaksanaan daya terumbu karang di atas. Jelaskan alasanmu.
Teknologi yang digunakan dalam pembudidayaan terumbu karang di atas memakai teknologi sederhana alasannya ialah hanya memakai media substrat.

Ayo Amati
Teknologi sanggup memudahkan insan dalam pekerjaannya. Nah, kini temukan sebanyak mungkin teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan jawabanmu dalam kolom berikut.
No.Nama TeknologiJenis Teknologi
1.Pembuatan meja sekolahTeknologi sederhana
2.Proses pencetakan foto digitalTeknologi modern
3.Mencuci memakai mesin basuh elektrikTeknologi modern
4.Membajak sawah memakai sapiTeknologi sederhana
5Pembuatan tempe dan tahu dari materi kedelaiTeknologi sederhana

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 2 Keunikan Kawasan Tempat Tinggalku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel