Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan Yang Menakjubkan

Sebagai sentra dari sistem tata surya, Matahari mempunyai peranan yang amat penting bagi kehidupan kita. Apa saja perannya? Untuk memahami hal ini, ayo pelajari lebih lanjut.

Ayo Diskusikan
Bersama seorang temanmu, tuliskanlah paling sedikit 5 tugas penting Matahari yang telah kau ketahui selama ini. Sebagai sentra dari sistem tata surya, Matahari mempunyai peranan yang amat penting bagi kehidupan kita. Matahari yakni sumber energi bagi kehidupan. Matahari mempunyai banyak manfaat dan tugas yang sangat penting bagi kehidupan. Bebrapa tugas penting matahari bagi kehidupan di bumi antara lain sebagai berikut.

  1. Panas matahari memperlihatkan suhu yang pas untuk kelangsungan hidup organisme di Bumi. Bumi juga mendapatkan energi matahari dalam jumlah yang pas untuk membuat air tetap berbentuk cair, yang mana merupakan salah satu penyokong kehidupan. Selain itu panas matahari memungkinkan adanya angin, siklus hujan, cuaca, dan iklim.
  2. Matahari merupakan sumber energi paling besar bagi alam semesta/ tata surya, terutama bagi bumi, seluruh makhluk yang ada di bumi tidak akan sanggup hidup tanpa matahari. Matahari merupakan sumber energi yang paling besar.
  3. Cahaya matahari dimanfaatkan secara eksklusif oleh flora berklorofil untuk melangsungkan fotosintesis, sehingga flora sanggup tumbuh serta menghasilkan oksigen dan berperan sebagai sumber pangan bagi binatang dan manusia. Mahluk hidup yang sudah mati akan menjadi fosil yang menghasilkan minyak bumi dan kerikil bara sebagai sumber energi. Hal ini merupakan tugas dari energi matahari secara tidak langsung.
  4. Matahari menjadi penyatu planet-planet dan benda angkasa lain di sistem tata surya yang bergerak atau berotasi mengelilinya. Keseluruhan sistem sanggup berputar di luar angkasa alasannya yakni ditahan oleh gaya gravitasi matahari yang sangat besar.
  5. Tanpa adanya cahaya matahari, dunia akan gelap gulita. Sehingga kita tak akan sanggup melihat apapun yang ada di lingkungan sekitar kita. Dengan adanya energi cahaya matahari ini, maka kita sanggup melihat lingkungan sekitar. Maka dari itu, cahaya sangat penting peranannya sebagai media penerangan.
Tahukah Kamu?
Indonesia sudah sanggup membuat kendaraan beroda empat bertenaga Matahari. Bahkan sudah berpartisipasi dalam World Solar Challenge 2013. Acara tersebut merupakan upaya mengajak banyak sekali negara di dunia untuk menyelamatkan lingkungan, dengan menggunakan Matahari, bukan dengan materi bakar minyak (BBM), sebagai sumber energinya.

Mobil “Sapu Angin Surya” buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang berpartisipasi dalam World Solar Challenge 2013.

Selain menjadi “bahan bakar” mobil, Matahari juga sanggup digunakan untuk memasak, yakni dengan menggunakan kompor tenaga surya. Yuk, kita coba membuat kompor sederhana bertenaga surya.

Selain menjadi “bahan bakar” mobil, Matahari juga sanggup digunakan untuk memasak, yakni dengan menggunakan kompor tenaga surya. Yuk, kita coba membuat kompor sederhana bertenaga surya. Seperti apa karenanya nanti? Sebelum dimulai, hal-hal apa saja yang ingin kau ketahui wacana kompor tenaga surya ini? Tuliskan pertanyaanmu pada kotak berikut ini.
  1. Apa yang dimaksud dengan kompr surya?
  2. Bagaimana cara membuat kompor surya?
  3. Apa manfaat kompor surya?
  4. Sumber energi apa yang digunakan dalam pembuatan kompor surya?
Ayo Mencoba
Kamu perlu berhati-hati ketika melaksanakan percobaan tersebut alasannya yakni berkaitan dengan panas. Mintalah santunan gurumu untuk hal-hal yang berbahaya dan penting.

Membuat Kompor Surya
A. Bahan dan Alat
  1. Satu (1) buah kotak sepatu dengan tutup kotak yang menyambung (jika tidak ada, kotak sanggup ditempel dengan berpengaruh ke bab wadahnya).
  2. Kertas aluminium (dapat juga menggunakan bungkus masakan dengan materi aluminium).
  3. Plastik bening berperekat.
  4. Lem.
  5. Selotip.
  6. Stik kayu atau benda lain untuk penyangga tutup kotak sepatu.
  7. Gunting.
  8. Panci atau wadah lain yang merupakan penghantar panas yang baik
B. Cara Membuat

  1. Buatlah garis di 3 sisi kotak menyerupai tampak pada gambar. Berikan jarak lebih kurang 4 cm di setiap  sisi nya. Sisi ini akan digunakan untuk meletakkan penyangga antara tutup dengan wadah.
  2. Tutuplah bab dalam tutup kotak dengan kertas aluminium. Begitu juga bab dalam kotak. Rekatkan dengan lem secara halus supaya tampak menyerupai cermin.
  3. Tutuplah bab pinggir atas kotak dan bab dalamnya dengan dua lapis plastik bening. Tujuannya supaya panas dan cahaya tetap masuk.
  4. Pasang stik kayu atau benda lain untuk penyangga tutup kotak sepatu. Gunakan perekat supaya stik itu menancap dengan berpengaruh dan tidak menutup kotak kompor.
  5. Letakkan kompor di bawah sinar Matahari langsung. Panaskan kompor lebih kurang selama 30 m nit.
  6. Cobalah melelehkan gula merah atau mentega di atas panci atau wadah yang gampang menghantar panas. Masukkan wadah tersebut ke dalam kotak. Tutup kotak dengan plastik bening berperekat.
Setelah melaksanakan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa.
  1. Mengapa kompor ini menggunakan kertas aluminium? (Karena kertas aluminium merupakan penghantar panas yang baik.)
  2. Untuk percobaan membuat kompor, menurutmu, dapatkah kertas aluminium diganti dengan materi lain? Bahan menyerupai apa sifatnya? (Dapat diganti dengan materi yang menghantarkan panas dengan baik, menyerupai besi)
  3. Pada langkah ke-2, aluminium diatur sedemikian rupa supaya menjadi menyerupai cermin. Mengapa demikian? (Agar aluminium sanggup memantulkan panas ke dalam kotak.)
  4. Apakah suhu memengaruhi perubahan pada benda? Jelaskan! (Ya, suhu sanggup memengaruhi perubahan benda, contohnya dari warna, rasa, tekstur, dan bau)
  5. Apa saja faktor yang sanggup memengaruhi keberhasilan penggunaan kompor tenaga surya ini dalam kehidupan sehari-hari? (Jenis materi yang digunakan sebagai wadah, terik atau tidaknya Matahari ketika menggunakan kompor, jenis materi masakan yang dimasak, dan waktu yang diharapkan pada ketika digunakan)
Kessimpulan :
Matahari juga sanggup digunakan sebagai materi bakar untuk memasak yang tentunya tidak membutuhkan biaya besar dibandingkan dengan membeli materi bakar minyak. Siswa juga diharapkan sanggup mempunyai ide-ide cemerlang untuk membuat sumber energi gres atau memanfaatkan tenaga Matahari.

Ayo Ceritakan
Kamu telah melaksanakan percobaan membuat kompor tenaga surya dan menjawab pertanyaan-pertanyaannya. Kesimpulan apa saja yang kau temukan dari percobaan ini? Ceritakan dengan menggunakan kosa kata baku, paling sedikit menggunakan 10 kalimat. Jelaskan manfaat kompor tenaga surya bagi kehidupan di Bumi.

Kompor tenaga surya yakni alat masak yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi. Kompor jenis ini tidak menggunakan materi bakar konvensional dan biaya operasinya rendah sehingga menghemat penggunaan kayu sebagai materi bakar untuk keperluan memasak.

Kompor surya sanggup digunakan di luar rumah, terutama dalam situasi ketika konsumsi materi bakar minimal atau risiko kebakaran menjadi pertimbangan penting. Kompor ini sangat bermanfaat faat bagi kehidupan di bumi. Manfaat kompor surya antara lain sebagai berikut.
  1. Menghemat penggunaan materi bakar minyak yang digunakan untuk keperluan rumah tangga.
  2. Menghemat sumber daya alam kayu alasannya yakni kompor surya sanggup menggantikan tugas kayu.
  3. Memanfaatkan energi panas dari matahari untuk menggantikan materi bakar fosil.
Matahari telah memperlihatkan satu lagi manfaat yang penting bagi kehidupan. Bagaimana dengan kesehatan? Apakah Matahari juga penting bagi kesehatan? Berikan contoh-contohnya. Coba diskusikan dengan dua orang temanmu. Tuliskan karenanya dan sampaikan jawabanmu kepada guru.
Beberapa manfaat sinar matahari bagi kesehatan :
  1. Mengandung vitamin D. Pada waktu berkas sinar ultraviolet disaring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D. Menerima paparan sinar matahari selama 5 menit saja sama artinya dengan memperlihatkan 400 unit vitamin D pada tubuh.
  2. Membentuk dan memperbaiki tulang. Meningkatnya vitamin D dalam badan alasannya yakni paparan sinar matahari sanggup meningkatkan perembesan kalsium di dalam tubuh. 
  3. Kekebalan. Saat kulit terkena sinar matahari, terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara tidak eksklusif antibodi-pun akan ikut meningkat.
Ayo Lakukan
Bicara wacana kesehatan, jangan lupa melaksanakan acara fisik yang teratur. Salah satu acara yang sanggup meningkatkan kesehatan dengan berolahraga. Kali ini, kau akan mencar ilmu bermain bola 4 kotak. Hal-hal apa saja yang ingin kau ketahui wacana permainan ini? Tuliskan karenanya pada kotak di bawah ini.

Ayo kita pelajari wacana permainan bola 4 kotak!
Bola 4 Kotak
Lakukan pemanasan sebelum memulai acara inti. Siapkan sebuah bola basket atau bola lain yang sanggup memantul. Sebuah lapangan yang dibatasi menjadi 4 kotak. (Lihat gambar pada halaman 26). Setiap kotak berukuran 1 m x 2 m. Beri nama tiap kotak dengan A, B, C, D atau 1, 2, 3, 4.

Cara Bermain

  1. Untuk permainan ini dibutuhkan 4 orang pemain utama. Sisanya berbaris untuk menunggu giliran. Satu orang pemain akan berada di setiap kotak.
  2. Pemain di kotak 4 akan memantulkan bola di dalam kotaknya dan melempar bola dengan cara menepuknya menuju ke kotak lain (misalnya ke kotak 1).
  3. Pemain di kotak 2 harus eksklusif menepuk bola ke kotak lain, namun dilarang menepuknya ke kotak pemain sebelumnya.
  4. Lakukan seterusnya menyerupai cara ke-2 dan ke-3. Jika ada pemain yang tidak sanggup menepuk bola atau bola keluar dari kotak, maka pemain tersebut harus keluar dari permainan dan digantikan oleh pemain yang sedang menunggu giliran. Pemain yang gagal akan masuk ke dalam antrian.
  5. Setiap ada pemain baru, posisi pemain akan berpindah kotak (lakukan searah jarum jam atau sebaliknya).
  6. Pemain pada kotak 4 akan memulai lagi permainannya. Lakukan pendinginan untuk mengakhiri acara inti.

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan Yang Menakjubkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel