Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 3 Perjuangan Pelestarian Lingkungan

Bangsa Indonesia bukanlah bangsa yang tertutup terhadap perubahan. Sebagi buktinya, bacalah bacaan df bawah ini.

Ayo Bacalah
Sebuah Cerita Sederhana wacana Masyarakat Desa Sungai Tonang
Desa Sungai Tonang terletak di Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Di tahun 2000-an desa ini dan desa-desa lain di Kabupaten Kampar terdapat banyak hutan rimba. Saat itu rumah warga yang berupa rumah sopan santun pun masih jarang.

Kini keadaan berbeda. Kita sanggup melihat bukti pembangunan di bidang pertanian, pendidikan yang semakin maju, dan masyarakat yang terus bertambah. Jarak yang bersahabat (hanya 6 kilometer) dari Bangkinang (ibukota kabupaten) juga mendukung kemajuan Desa Tonang. Warga masyarakat pun mulai tersentuh kehidupan modern. Namun, meskipun sudah menikmati kehidupan modern, masyarakat Desa Tonang tetap memegang teguh sopan santun istiadat.

Masyarakt Desa Tonang yang dahulu banyak merantau, kini mereka kembali ke desa. Mereka kembali untuk memajukan desa mereka dengan bersungguh-sungguh menjadi petani. Bukan hanya menjadi petani padi dan palawija, mereka juga mengelola perkebunan kelapa sawit dan karet. Kini yang banyak merantau ialah para remaja. Mereka merantau ke luar kawasan untuk menuntut ilmu ke Bangkinang, Pekanbaru, kawasan Sumatera lain, Pulau Jawa, bahkan hingga ke luar negeri.

Ayo Temukan Jawabannya
1. Temukan abjad bangsa Indonesia yang tercermin dalam bacaaan Bebuah Cerita Sederhana wacana Masyarakat Desa Sungai Tonang.
  • Cinta Tanah Air : Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang membuktikan rasa kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
  • Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.
  • Kerja Keras : Perilaku yang membuktikan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi banyak sekali kendala berguru dan tugas, serta menuntaskan kiprah dengan sebaik-baiknya.
  • Peduli Lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan membuatkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
  • Disiplin : Tindakan yang membuktikan sikap tertib dan patuh pada banyak sekali ketentuan dan peraturan.
  • Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
2. Temukan 3 kata yang kau anggap sulit atau belum kau pahami artinya dari bacaan Sebuah Cerita Sederhana wacana Masyarakat Desa Sungai Tonang.
  • Modern ialah sikap dan cara berpikir serta cara bertindak sesuai dng tuntutan zaman;
  • Istiadat ialah sopan santun atau kebiasaan
  • Merantau ialah pergi ke negeri lain (untuk mencari penghidupan, ilmu, dsb)
Palawija ialah flora selain padi; biasa ditanam di sawah atau di ladang (spt kacang, jagung, ubi).
3. Susunlah kalimat dengan memakai 3 kata sulit yang kau temukan dalam bacaan Sebuah Cerita Sederhana wacana Masyarakat Desa Sungai Tonang.
  • Warga masyarakat Desa Sungai Tonang mulai tersentuh kehidupan modern.
  • Meskipun sudah menikmati kehidupan modern, masyarakat Desa Tonang tetap memegang teguh sopan santun istiadat.
  • Masyarakt Desa Tonang yang dahulu banyak merantau, kini mereka kembali ke desa.
  • Bukan hanya menjadi petani padi dan palawija, mereka juga mengelola perkebunan kelapa sawit dan karet.
Baca sekali lagi bacaan Bebuah Cerita Sederhana wacana Masyarakat Desa Sungai Tonang kemudian buatlah kesimpulan dari bacaan tersebut.
Kesimpulan : Desa Sungai Tonang dahulu daerahnya berupa hutan rimba dan penduduknya masih sangat jarang. Kini keadaan sudah berubah pembangunan di bidang pertanian dan pendidikan sudah maju serta masyarakat yang terus bertambah. Masyarakat mulai tersentuh kehidupan modern, namun mereka tetap memegang teguh sopan santun istiadat. Masyarakat Desa Sungai Tonang yang dahulu banyak merantau, mereka kembali ke desa untuk membangun desa mereka. Para cukup umur merantau ke luar kawasan untuk menuntut ilmu.

Ayo Lakukan
1. Buatlah karangan singkat wacana perubahan kebiasaan/perilaku masyarakat kawasan tempat tinggalmu selama 3 tahun terakhir. Tuliskan karanganmu dalam selembar kertas berukuran folio!
2. Pajanglah karanganmu pada majalah dinding sekolah!

Edo dan Udin berkunjung ke Kasongan. Kasongan merupakan sebuah desa di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Lokasi tepatnya yaitu di kawasan pedukuhan Kajen, desa Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, Bantul. Kasongan menjadi salah satu kawasan tujuan wisata alasannya populer dengan kerajinan gerabahnya. Desa Kasongan disebut-sebut sebagai pemukiman para kundi, yang berarti buyung atau gundi (orang yang menciptakan homogen buyung, gendi, kuali dan lainnya yang tergolong barang dapur juga barang hias).

Setiap wisatawan yang berkunjung ke lokasi pembuatan gerabah/keramik diperbolehkan ikut menciptakan gerabah. Banyak pelajardari banyak sekali kawasan sengaja tiba ke Kasongan untuk berguru menciptakan keramik/gerabah. Demikian pula Edo dan Udin. Mereka berguru menciptakan gerabah. Langkah kerja menciptakan gerabah sebagai berikut.
  1. Menyiapkan materi dan alat. Bahan pembuatan gerabah hanya terdiri atas tanah liat atau lempung. Tanah liat/lempung horus sudah dibersihkan dari banyak sekali unsur lain ibarat pasir, kerikil, dan kotoran lainnya.
  2. Pembentukan. Tanah liat/lempung dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk bendabenda yang dikehendaki, contohnya cangkir, mangkuk, guci, vas, atau asbak.
  3. Pengeringan gerabah yang sudah dibuat dikeringkan dengan cora diangin-anginkan selama 6-7 hari supaya benar-benar kering. Pengeringan dengan cora dikelantang tidak dianjurkan karen a sanggup menciptakan gerabah gampang retak ketika proses pembakaran.
  4. Pembakaran. Gerabah siap bakar dimasukan ke dalam tungku pembakaran. Selanjutnya, proses pembakaran sanggup dimulai.
Ayo Ceritakan
Majulah ke depan kelas. Ceritakan proses pembuatan gerabah dari awol hingga akhir.

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 3 Perjuangan Pelestarian Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel