Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan

Apakah kau masih ingat semangat kolaborasi lebah? Bagaimana dengan bangsa Indonesia? Apakah bangsa Indonesia juga mempunyai semangat kolaborasi untuk mencapai tujuan? Dalam upaya mencapai kemerdekaan, diharapkan adanya kolaborasi antar sesama masyarakat, golongan, atau kelompok. Terjalinnya kolaborasi yang baik di segala bidang kehidupan sanggup mencerminkan eratnya kekerabatan masyarakat dalam mencapai keinginan bangsa.

Ayo Menyimak
Simaklah teks pidato Bung Tomo yang akan dibacakan guru!  Dengarkan dengan saksama dan coba untuk mengingat beberapa isu penting yang kau temukan!
Merdeka!!!

Saudara-saudara rakyat jelata di seluruh Indonesia,
Kita semuanya telah mengetahui bahwa hari ini,
tentara Inggris telah membuatkan pamflet-pamflet
yang memperlihatkan suatu bahaya kepada kita semua.
Mereka telah minta biar kita tiba pada mereka itu dengan mengangkat tangan. dengan membawa bendera putih tanda menyerah.

Saudara-saudara,
didalam pertempuran-pertempuran yang lampau,
kita sekalian telah memperlihatkan bahwa rakyat Indonesia di Surabaya;
pemuda-pemuda yang berasal dari Maluku,
pemuda-pemuda yang berasal dari Sulawesi,
pemuda-pemuda yang berasal dari Pulau Bali,
pemuda-pemuda yang berasal dari Kalimantan, dari seluruh Sumatera,
cowok Aceh, cowok Tapanuli & seluruh cowok Indonesia yang ada di Surabaya
Ini, telah memperlihatkan satu pertahanan yang tidak sanggup dijebol,
telah memperlihatkan satu kekuatan sehingga mereka itu terjepit di mana-mana.

Hai tentara Inggris!
kau menghendaki bahwa kita ini akan membawa bendera putih takluk kepadamu,
menyuruh kita mengangkat tangan tiba kepadamu,
Tetapi inilah tanggapan kita:

Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah
yang sanggup membikin secarik kain putih menjadi merah & putih,
maka selama itu tidak akan kita mau mengalah kepada siapapun djuga!
Bersama Patung Sudirman

Saudara-saudara rakyat Surabaya,
siaplah keadaan genting
tetapi saya peringatkan sekali lagi, jangan mulai menembak,
gres kalau kita ditembak, maka kita akan ganti menyerang mereka itu.
Kita tunjukkan bahwa kita yakni benar-benar orang yang ingin merdeka.
Dan untuk kita, saudara-saudara, lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka.
Semboyan kita tetap: MERDEKA atau MATI.
Dan kita yakin, saudara-saudara, pada hasilnya pastilah kemenangan akan jatuh ke tangan kita
percayalah saudara-saudara, Tuhan akan melindungi kita sekalian.

Merdeka!!!
Jawab pertanyaan berikut!
1. Di mana latar daerah bencana dalam isi pidato? Surabaya

2. Perkirakanlah! Tahun berapa bencana yang terjadi dalam isi pidato? 1945

3. Apa yang dilakukan Bung Tomo dan para cowok dikala itu?
Bung Tomo mengajak kepada semua cowok Surabaya untuk bersatu mempertahankan kemerdekaan melawan Belanda.

4. Bagaimana bentuk kolaborasi Bung Tomo dengan para cowok Surabaya dikala itu? Apa tujuan mereka bekerja sama? Jelaskan dengan singkat!
Kerja sama para cowok Surabaya saling pundak membahu dengan tujuan yang sama yaitu mempertahankan kemerdekaan.

Bacalah pidato Bung Tomo dengan bunyi lantang dan penuh semangat. Kamu sanggup bergantian dengan sobat dalam satu kelompok untuk membacakan teks pidato Bung Tomo dengan percaya diri dan penuh semangat perjuangan!

Jawab pertanyaan berikut!
1. Apa kesimpulan isi pidato Bung Tomo?
Kesimpulan isi pidato Bung Tomo yakni seruan kepada semua cowok Surabaya untuk bersatu mempertahankan kemerdekaan melawan Belanda.

2. Jelaskan dengan singkat bagaimana situasi kota Surabaya dikala itu!
Situasi kota Surabaya dikala itu genting dan mencekam alasannya yakni Belanda mengancam akan menyerang kota Surabaya kalau tidak menyerah.

3. Nilai-nilai apa yang terkandung dalam pidato tersebut?
Nilai-nilai yang terkandung dalam pidato tersebut yaitu cinta tanah air, bersatu dan bekerja sama, berani melawan ketidakadilan.

4. Bagaimana semangat persatuan dan kolaborasi para cowok Surabaya dikala itu?
Semangat persatuan dan kolaborasi para cowok Surabaya dikala itu yakni sangat tinggi alasannya yakni memliki tujuan yang sama yaitu mempertahankan kemerdekaan

Apa tujuan yang akan dicapai? Jelaskan dengan singkat! Para cowok Surabaya mempunyai satu tujuan yaitu mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Ayo Menulis
Buatlah satu teks pidato persuasif dengan tema semangat persatuan dan cinta tanah air! Perhatikan kriteria yang harus ada dalam teks pidatomu:
  1. Berisi seruan untuk bersatu dan bekerja sama atas dasar cinta tanah air.
  2. Terdapat rujukan kolaborasi dan tujuan yang akan dicapai.
  3. Kalimat rapi, memakai kosakata baku, dan pemakaian karakter beserta tanda baca dengan sempurna dan benar.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yang terhormat Bapak/Ibu......, serta teman-teman yang saya cintai.
Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, alasannya yakni atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga pada kesempatan ini kita masih sanggup berkumpul di daerah ini dalam keadaan sehat walafiat.

Pada kesempatan ini, izinkanlah saya untuk memberikan sebuah pidato yang berjudul Marilah Kita Cintai Tanah Air dan Menjaga Persatuan Bangsa.

Hadirin yang saya muliakan.
Bangsa Indonesia sanggup bertahan hingga dengan dikala ini alasannya yakni selalu menjaga rasa persatuan dan kesatuan. Pada masa usaha kemerdekaan Indonesia, persatuan dan kesatuan merupakan sumber semangat, motivasi dan penggagas usaha Indonesia. Hal itu tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi sebagai berikut : “ Dan usaha pergerakan Indonesia telah sampailah pada dikala yang berbahagia dengan selamat sentausa menghantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur “.

Arti Penting Persatuan dan Kesatuan bagi bangsa Indonesia yakni sebagai alat untuk mencapai keinginan proklamasi kemerdekaan yakni masyarakat yang adil dan makmur. Persatuan sangatlah penting bagi sebuah negara yang ingin hidup sejahtera. Dengan persatuan pula sebuah negara bahkan sanggup bersatu dengan negara lain. Persatuan juga akan mewujudkan kerjasama yang baik diantara orang di dalamnya.

Sebagai generasi penerus bangsa marilah kita jaga persatuan dan kesatuan tersebut. Perjuangan bangsa ini belumlah usai. Semangat usaha mereka dalam mempersatukan bangsa ini harus tetap dipelihara dan dipertahankan, dengan mewujudkan perilaku cinta tanah air dan bangsa.

Cinta tanah air bukanlah sebuah jargon belaka, namun merupakan sebuah dorongan untuk menghargai negeri di mana kita dilahirkan dan dibesarkan. Bentuk penghargaan tersebut bermacam-macam, namun pada pada dasarnya yakni bagaimana cara kita memperlihatkan manfaat kepada negeri ini.

Cara paling gampang untuk mengasihi tanah air yakni bersikap hidup tenang dengan sesama dan saling menghormati serta saling bertenggang rasa. Ketiga hal tersebut kalau sanggup dicapai dengan baik, maka akan menumbuhkan perilaku hidup yang damai. Dengan hidup yang damai, maka masyarakat pun akan terpacu untuk berkarya dengan sebaik-baiknya untuk mengisi kehidupan berbangsa dan bernegara. Di sinilah rasa cinta tanah air akan terbentuk dengan sendirinya dan merasuk ke dalam hati secara sungguh-sungguh.

Cinta tanah air juga sanggup tumbuh melalui ketaatan kita terhadap aturan aturan yang berlaku serta kesadaran dalam mengamalkan tata tertib yang ada di masyarakat. Kehidupan yang tertib yakni salah satu cikal bakal terciptanya rasa nasionalisme di dalam hati yang kemudian mendorong munculnya rasa cinta tanah air.

Kemakmuran menurut keadilan dan Ketuhanan Yang Maha Esa hingga dengan dikala ini belum kita capai. Kemerdekaan sebagai warisan para hero kita ini hendaknya kita isi dengan menjaga persatuan kesatuan dan meningkatkan rasa cinta tanah air. Sebagai generasi penerus, hendaknya mempertahankan persatuan dan kesatuan ini demi keutuhan bangsa kita yang tercinta ini. Persatuan dan kesatuan yang terbangun akan membentuk rasa cinta tanah air.

Insya Allah harapan bangsa Indonesia mencapai kehidupan yang adil dan makmur menurut Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala tercapai dengan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan nasional dan cinta tanah air Indonesia. Amin, amin, yaa robbal ‘alamin.

Hadirin yang saya muliakan
Demikian pidato dari saya, mohon maaf apabila ada kata atau kalimat yang kurang tepat. Terima kasih.

Wassalamualikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Ayo Diskusikan
Gambar berikut ini yakni rujukan kolaborasi yang biasa ada di sekitar kita, dapatkah kau jelaskan tujuan kolaborasi mereka?

Pada gambar 1 mereka berhubungan mendapat hiadiah yang ada di atas pohon pinang, pada gambar 2 mereka bekerja sama dalam memenangkan pertandingan, dan pada gamabr 3 mereka berhubungan membuat alunan musik yang indah.

Ayo Berkreasi
Tari Kuda Lumping
Kuda Lumping yakni seni tari yang berasal dari Jawa Tengah. Kuda Lumping yang dimainkan memakai kuda tiruan terbuat dari anyaman bambu. Instrumen yang dipakai yakni kendang, kenong, gong, dan selompret.

Konon, tari Kuda Lumping merupakan bentuk penghargaan dan pinjaman rakyat jelata kepada pasukan berkuda Pangeran Diponegoro, serta menggambarkan cerita usaha Raden Patah dan Sunan Kalijaga melawan penjajah Belanda. Versi lain menyebutkan bahwa tarian ini mengisahkan
latihan perang pasukan Mataram yang dipimpin Raja Mataram Sultan Hamengkubuwono I melawan pasukan Belanda.

Tari Kuda Lumping menggambarkan semangat kepahlawanan dan aspek kemiliteran pasukan berkuda. Hal ini terlihat dari gerakan-gerakan ritmis, dinamis, dan agresif, melalui kibasan anyaman bambu, menirukan gerakan layaknya seekor kuda di tengah peperangan.

Setelah membaca teks di atas, bersama sobat dalam satu kelompok, cobalah bekerja sama untuk membuat beberapa gerakan serta deretan sederhana. Kamu sanggup berkreasi memakai barang-barang yang ada di sekitar sekolah, menyerupai batang daun pisang atau sapu bekas, untuk Kuda Lumpingmu.

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel