Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan

Pernahkah kau melihat koloni lebah? Lebah selalu bekerja sama untuk mencapai tujuan. Bagaimana cara lebah bekerja sama? Ayo, kita cari tahu!

Tahukah Kamu?
Ngungg ...... dengingan ribuan pasang sayap terdengar memecah kelengangan suasana di ladang Pak Umar. Teriknya sinar matahari yang terasa mengkremasi kulit tidak mempengaruhi para betina lebah pekerja. Dengan nalurinya, para lebah itu bisa bekerja sama menjalankan setiap kiprah mereka.

Sebagian betina lebah pekerja mencari cairan nektar dari bunga-bunga yang tersebar di hamparan ladang pak Umar untuk dibawa ke sarang mereka. Sebagian betina lainnya bertugas merawat sarang semua anggota koloni. Lebah juga mempunyai sengat di bab ekornya untuk mempertahankan diri ketika diserang oleh musuhnya.

Dalam satu sarang, selalu terdapat hanya satu ratu lebah yang tugasnya hanya bertelur untuk menghasilkan lebah-lebah baru. Ratu lebah yang merupakan induk semua lebah gampang dikenali alasannya ukuran tubuhnya yang paling besar di antara semua lebah. Anggota berikutnya yakni lebah pekerja, sebagian bertugas menciptakan sarang dan sebagian lainnya mencari makan. Anggota ketiga yakni lebah jantan yang jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding lebah pekerja betina. Tugas lebah jantan yakni mengawini si ratu lebah.

Lebah-lebah tersebut melaksanakan kiprah masing-masing dengan baik sehingga terciptalah suatu kolaborasi untuk mencapai tujuan, yaitu hidup bersama dalam kedamaian dan mempunyai sarang yang penuh dengan makanan.

Kita sanggup mencontoh kehidupan lebah. Dalam keluarga, kita sanggup bekerja sama membantu menuntaskan pekerjaan rumah sehingga rumah kita akan selalu higienis dan nyaman. Dalam kelas, kita sanggup bekerja sama membuatkan kiprah bersama teman untuk menjaga kebersihan kelas, atau bekerja sama dengan guru untuk menciptakan suasana berguru menjadi tertib dan nyaman. Dengan bekerja sama, tujuan kita akan lebih gampang tercapai.

Jawab pertanyaan berikut!
  1. Mengapa lebah hidup berkelompok? Lebah hidup berkelompok alasannya mereka harus bekerja sama untuk mencari makan, membuat, dan menjaga sarang.
  2. Sebutkan pembagian kiprah ketika lebah bekerja sama! Pembagian kiprah pada kolaborasi lebah: Lebah pekerja bertugas menciptakan dan menjaga sarang, serta mencari makan. Lebah ratu bertugas untuk bertelur memperbanyak keturunan. Lebah jantan bertugas membuahi lebah ratu.
  3. Apa yang akan terjadi pada kehidupan koloni, kalau lebah-lebah tersebut malas dan tidak mengerjakan tugasnya? Jika lebah-lebah itu malas dan tidak mengerjakan tugasnya, maka kehidupan semua lebah akan terganggu dan mereka bisa binasa.
  4. Bagaimana setiap lebah tersebut mempertahankan diri ketika diserang musuh? Apakah setiap lebah mempunyai sistem pembiasaan yang sama? Setiap lebah mempunyai sistem pembiasaan yang sama, yaitu mempunyai sengat untuk mempertahankan diri.
  5. Berikan pola jenis binatang lain yang mempunyai sistem kolaborasi ibarat lebah! Contoh jenis binatang lain yang mempunyai sistem kolaborasi ibarat lebah yaitu semut, dan sebagian besar serangga.
Lebah menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cara yang unik. Mereka melaksanakan kolaborasi untuk bertahan hidup.

Ayo Amati
Lakukan pengamatan untuk menemukan jenis binatang yang hidup menyendiri (solitaire) dan jenis binatang yang hidup dalam kelompok (sosial), beserta sistem adaptasinya. Lakukan pencarian secara teliti untuk menemukan sebanyak mungkin jenis binatang yang ada di sekitar sekolah, contoh: semut, kecoa, kupukupu, ayam, bebek, cacing, siput, katak, burung, dsb. (serangga yakni jenis binatang yang gampang ditemukan)

Tuliskan hasil pengamatan kau pada tabel berikut:
Tabel Pengamatan Sistem Adaptasi Hewan
Hari/tanggal observasi: 21 September 2016
Obyek observasi : Beragam Hewan di Sekitar Sekolah
No.Nama hewanCara HidupSistem Pertahanan Diri
1.Semut koloniMampu mengeluarkan anyir khusus untuk tanda bahaya.
2.Kucing SolitaireMemiliki gigi tajam untuk mencabik kuliner dan cakar untuk mempertahan kandiri
3.Bebek KoloniMemiliki kaki berselaput untuk berenang dan paruh lebar untuk mencari kuliner dalam lumpur.
4.Ayam SolitaireMemiliki taji di kaki untuk menyerang
5.Lebah KolomiMemiliki sengat untuk menyengat musuh ketika diserang.
6.Harimau SolitaireMemiliki gigi tajam dan cakar untuk berburu dan mencabik mangsa
7.Kecoa SolitaireMampu bertahan hidup di kawasan gelap dan lembap.
8.Siput SolitaireMemiliki cangkang yakni untuk melindungi tubuh dari panas dan sebagainya serta melindungi diri dari musuh
9.Burung SolitaireMemiliki bentuk paruh sesuai dengan makananya
10.Cacing SolitaireSistem pertahanan cacing yakni mengeluarkan lendir (selom) dan memutuskan bab tubuhnya.
11.Katak SolitaireKatak membela diri dengan melompat jauh, mengeluarkan lendir dan racun dari kelenjar di kulitnya;
12.Kupu-kupu SolitaireWarna tubuh dan sayap kupu-kupu berwarna-warni yang berfungsi untuk mengelabui musuhnya
Jawab pertanyaan berikut menurut hasil observasi!
  1. Apa ciri-ciri pembiasaan binatang yang hidup dalam kelompok?. Setiap anggota kelompok mempunyai kiprah masing-masing. Ketika bekerja contohnya menciptakan sarang mereka saling kerjasama.
  2. Apa ciri-ciri binatang yang hidup menyendiri?. Hewan yang hidup solitaire dalam mencari makan dan menciptakan sarang dilakukan sendiri.
  3. Jelaskan dengan singkat, apa tujuan binatang hidup berkelompok. Hewan hidup dalam kelompok supaya sanggup saling membantu ketika bertahan maupun menciptakan sarang.
Sarang berbentuk segi enam merupakan bentuk yang terbaik alasannya bisa menyimpan madu dalam jumlah besar. Penggunaan materi baku lilin untuk menciptakan sarang sedikit. Mengapa sarang lebah tidak dibentuk dalam bentuk lain? Karena kalau dalam bentuk yang lain akan terbentuk celah kosong di antara satu kantong dengan kantong lainnya dan lebah akan membutuhkan berbagai materi baku lilin dalam pembuatan sarang tersebut.

Ayo Berlatih
Apakah kau pernah mendengar istilah sudut refleks? Sudut refleks yakni sudut yang besarnya lebih dari 180 derajat tetapi kurang dari 360 derajat.

Ayo, kita cari tahu lebih jauh lagi perihal sudut! Pada pelajaran sebelumnya, kau telah mengetahui jenis-jenis sudut:

Cermati sifat-sifat sudut berikut:
Jika ditarik garis yang memotong dua garis sejajar, akan terbentuk sifat-sifat sudut sebagai berikut:
∠ a = ∠ h , pasangan sudut ini disebut sudut dalam berseberangan.
∠e = ∠ f, pasangan sudut ini disebut sudut luar berseberangan.
∠e = ∠ c, pasangan sudut ini disebut sudut bertolak belakang.

Perhatikan garis di atas! Jika garis g1 dan g2 ditarik searah panah, apakah akan terjadi perpotongan? Mengapa? Jelaskan! Tidak garena garis g1 dan g2 yakni garis sejajar.

Apa yang sanggup kau simpulkan dari pertanyaan di atas?
Dua garis sejajar yakni dua garis yang terletak pada satu bidang yang sama dan keduanya tidak mempunyai titik perpotongan walaupun diperpanjang.
Latihan
Perhatikan gambar berikut.

Ukur memakai busur derajat sudut berikut:
∠∠ DAB besarnya 115°
∠∠ DAC besarnya 115°
Tanpa memakai busur derajat, temukan besar ∠BCE, ∠CBH, dan∠ DAG! Jelaskan taktik yang kau terapkan! Sudut ∠BCE yakni sudut sehadap dari ∠ADC, sehingga ∠BCD= 180° - 115° = 65°. ∠CBH yakni sudut berseberangan dengan∠ADF sehingga ∠CBH = 115°, ∠ DAG yakni sudut dalam sepihak dai ∠ADF sehingga ∠ DAG =180° - 115° = 65°.

Temukan pasangan sudut yang mempunyai besar yang sama! ∠BCE=∠ADC, ∠ADF = ∠BCD, ∠DAG = ∠ABC, ∠BAD = ∠HBC, ∠ADF = ∠BAD, ∠ADC =∠DAG dan lain-lain.

Temukan sudut yang besarnya 180°! ∠ADF +∠ADE, ∠BCD+BCE, ∠GAD+∠BAD, ∠ABC+∠HBE.

Temukan sudut refleks dari sudut-sudut berikut tanpa memakai busur!

Amati bermacam-macam benda berbentuk bangkit datar di sekitar sekolah! Temukan jenis-jenis sudut pada benda tersebut dengan memperhatikan sifat-sifat sudut!

Ayo Membuat Laporan
Tulis laporan perihal sistem pembiasaan hewan. Laporan mencakup informasi berikut:
  1. Sistem pembiasaan dan bentuk kolaborasi lebah.
  2. Contoh sistem pembiasaan pada beberapa binatang yang telah diamati.
  3. Fungsi sistem pembiasaan pada hewan.
  4. Perhatikan pemilihan kosakata baku, penggunaan abjad besar dan tanda baca, serta kerapian tulisan!
Struktur teksKalimat
Penjelasan UmumLebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal alasannya hidupnya berkelompok. Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput).

Sebagai serangga, lebah mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah menciptakan sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.
Fakta-faktaSistem Kerja Sama Lebah dan Tujuannya
Lebah menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cara yang unik. Mereka melaksanakan kolaborasi untuk bertahan hidup. Dalam suatu kelompok (disebut "koloni") terdapat tiga "kasta", yaitu:
  1. Lebah ratu, berjenis kelamin betina merupakan induk semua lebah dalam satu koloni dalam satu koloni hanya satu ekor lebah ratu. Lebah ratu badannya lebih besar alasannya semenjak masih dalam bentuk larva ia diberi makan royal jelly yang kaya akan vitamin dan gizi.
  2. Lebah betina, dikenal sebagai lebah pekerja jumlah lebah pekerja bisa mencapai puluhan ribu, 30.000 ekor lebah dan yang hibrida bisa mencapai hingga 60.000 ekor lebah. Sebagian lebah pekerja bertugas menciptakan sarang dan sebagian lainnya mencari makan.
  3. Lebah jantan, jumlahnya hanya ratusan ekor lebah.  Tugas lebah jantan yakni mengawini si ratu lebah.
Setiap kasta lebah mempunyai kiprah masing-masing. Lebah ratu hanya satu ekor dalam setiap koloni dan mengawal semua acara lebah betina dan lebah jantan.

Sistem Adaptasi Lebah
Setiap lebah mempunyai sistem pembiasaan yang sama, yaitu mempunyai sengat untuk mempertahankan diri. Lebah memakai sengatan ekornya ketika merasa terganggu (terusik). Lebah menusukkan sengatan ekornya berkali-kali ke epidermis musuhnya sehingga merasa sakit. Namun, apa yang dilakukan lebah ini ternyata malah menciptakan sengatnya lepas (tertinggal) di kulit seseorang dan menarik alat sengat dan kantung sengat (yang memang melekat pada sengatnya), dan dalam beberapa menit kemudian lebah pun mati.

Manfaat Lebah Bagi Kehidupan
Lebah di alam berfungsi penting sebagai serangga penyerbuk utama. Kesukaannya akan nektar dan serbuk sari membantu flora untuk terjadinya penyerbukan silang dan penyebaran serbuk sari.

Madu yang dihasilkan lebah disukai oleh banyak hewan, khususnya beruang. Manusia juga memanfaatkan madu sebagai kuliner serta obat. Di beberapa kawasan di Indonesia larva dan pupa lebah dijadikan kuliner (misalnya sebagai botok lebah).

Peternakan lebah modern bisa menghasilkan racun lebah yang keluar dari sengat lebah pekerja tanpa akhir matinya lebah, Racun lebah keluar dari sengatnya dan risikonya ditampung untuk ramuan obat-obatan.
KesimpulanLebah-lebah tersebut melaksanakan kiprah masing-masing dengan baik sehingga terciptalah suatu kolaborasi untuk mencapai tujuan, yaitu hidup bersama dalam kedamaian dan mempunyai sarang yang penuh dengan makanan.

Kita sanggup mencontoh kehidupan lebah. Dalam keluarga, kita sanggup bekerja sama membantu menuntaskan pekerjaan rumah sehingga rumah kita akan selalu higienis dan nyaman. Bekerjasama lebih baik daripada bekerja sendiri-sendiri.

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel