Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 3 Perjuangan Pelestarian Lingkungan

Setiap hari kita membuang sampah. Sampah itu lama-lama menumpuk menjadi gunung sampah. Tahukah kau cora mengatasi sampah? Yuk, mencari fnformasi

Ayo Bacalah
Mendaur Ulang Sampah
Setiap hari kita membuang sampah, mulai dari bungkus permen, botol air mineral, kaleng kosong, dan kertas bekas. Kadang orang menumpuk sampah begitu saja. Sampah pun menggunung dan acak-acakan alasannya tidak ada yang berusaha mengurus dan mengelolanya. Sampah demikian disebut sampah liar.

Keberadaan sampah liar sangat mengganggu pemandangan. Sampah-sampah tersebut membuat limbah. Limbah tidak hanya merusak lingkungan, tapi juga membahayakan lingkungan hidup. Jika limbah mengotori pantai atau sungai, maka akan diharapkan waktu bertahun-tahun untuk membersihkannya. Limbah-limbah di sungai dan lout merusak tumbuhan dan mencelakai hewan yang di hidup di sungai dan laut. Dan, Limbah yang meresap ke tanah sanggup mencemari air tanah.

Padahal, kita sehari-hari mengkonsumsi air tanah untuk keperluan minum, memasak, mandi, dan sebagainya.

Daur ulang merupakan salah satu cara mengatasi sampah di sekitar kita. Daur ulang berarti mengolah atau memanfaatkan barang bekas atau sampah menjadi barang gres yang masih sanggup digunakan atau dimanfaatkan. Sebagai referensi botol-botol bekas dihancurkan dan dicetak menjadi botol-botol baru, atau dicat dan dilukis sehingga menjadi benda pajangan menarik di ruang tamu. Kertas bekas didaur ulang menjadi tisu toilet atau kertas tulis dengan kualitas rendah. Demikian pula logam dan plastik, keduanya sanggup dilebur dan dicetak ulang menjadi perkakas gres dengan kualitas rendah.

Ayo Simpulkan
Setelah membaca teks Mendaur Ulang Sampah apa kesimpulanmu perihal proses daur ulang sampah? Tuliskan simpulanmu pada kolom berikut!
Proses daur ulang sampah  dapat mengatasi sampah di sekitar kita.

Ayo Cari Tahu
1. Tahukah kau ancaman sampah plastik yang dibiarkan acak-acakan di tanah, juga plastik-plastik yang terkubur di dalam tanah? Coba carilah informasi mengenai hal tersebut. Lalu,buatlah laporan singkat hasil pencarianmu. Tuliskan laporanmu pada kolom berikut.

Salah satu faktor yang menimbulkan rusaknya lingkungan hidup yang hingga ketika ini yakni faktor pembuangan limbah sampah plastik. Kantong plastik telah menjadi sampah yang berbahaya dan sulit dikelola. Diperlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk membuat sampah bekas kantong plastik itu benar-benar terurai.

Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu bila proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.

2. Air sungai yang tercemari limbah sanggup didaur ulang sehingga sanggup dimanfaatkan kembali. Ada cara sederhana mendaur ulang air tercemar, yaitu dengan teknik penyaringan. Model teknik penyaringan tersebut sanggup digambarkan sebagai berikut.

Perhatikan gambar model teknik penyaringan air dengan saksama. Lalu carilah tahu, fungsi dari tiap materi penyusun alat penyaring tersebut. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.
  1. Kerikil, sebagai penyaring air yang pertama dan menyaring kotoran besar.
  2. Sabut kelapa, sebagai penyaring air tingkat kedua dan sebagai penyaring kotoran halus
  3. Ijuk, sebagai penyaring air ketiga dan menyaring kotoran halus
  4. Arang, sebagai penyaring air keempat dan sebagai penghilang bau
  5. Spon, sebagai penyaring air terakhir atau paling bawah dan merupakan penyaringan akhir
  6. Bak penampung mempunyai kegunaan untuk menampung air hasil saringan, kolam penampung sanggup memakai mangkok atau alat yang lain.

Ayo Amati
Amati banyak sekali gambar kerajinan hasil dour ulang barang bekas berikut. Bagaimana keunikan karya kerajinan tersebut? Jelaskan pada kolom di samping gambar!

Ayo lakukan
1. Bentuklah kelompok terdiri atas 6 hingga 8 anak. Selanjutnya, lakukan kunjungan
ke salah satu desa/kampung di sekitar tempat tinggalmu yang menjadi pusat pembuatan kerajinan. Lakukan pengamatan dan bilamana perlu lakukan wawancara dengan pemiliki perjuangan kerajinan tersebut. Melalui pengamatan dan wawancara, galilah informasi mengenai hal-hal berikut.
  1. Jenis kerajinan yang dibuat: Genteng Sokka
  2. Kapan perjuangan kerajinan dimulai? Sejak tahun 1950-an
  3. Bahan baku pembuatan kerajinan? Tanah Liat
  4. Berapa orang terlibat dalam pengerjaan kerajinan? Sekitar 14 orang
  5. Ke mana menjual hasil kerajinan? Ke kota-kota sekitar Kebumen
  6. Keunikan kerajinan tersebut dibandingkan dengan kerajinan dari tempat lainnya: Kerajinan genteng sokka Kebumen mempunyai bentuk yang berbeda dengan produk yang sama dari tempat lain.
2. Cari barang-barang bekas tidak terpakai di sekitar rumahmu. Adakah di antaranya yang terbuat dari kayu, kaleng, dan bambu? Barang-barang tersebut sanggup dimanfaatkan kembali menjadi barang bernilai guna. Sebagai referensi barang-barang hasil daur ulang berikut.

Siapkan barang bekas yang sudah kau peroleh. Buatlah barang bekas tersebut menjadi lebih mempunyai kegunaan dengan cora mengakibatkan barang kerajinan. Gunakan tiga gambar di atas menjadi sumber inspirasi. Jangan lupa mempersiapkan materi dan alat yang mungkin kau perlukan.

Isilah kolom berikut sebelum kau mulai bekerja.
Nama barang kerajinan yang akan dibuat: .Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Pot Bunga
Bahan:
  1. Botol plastik bekas
  2. Hiasan untuk mata
  3. Pupuk/tanah untuk menanam
  4. Tanaman
Alat :
  1. Gunting/cutter/pisau
  2. Paku

Uraian singkat langkah kerja
  1. Siapkan materi dan peralatan yang dibutuhkan
  2. Setelah semua sudah terkumpul, langkah selanjutnya yakni memotong botol plasting dengan pisau.
  3. Ukurannya dikira-kira saja atau lihat pada gambar.
  4. Beri sedikit hiasan sesuai keinginan. Jika ingin sesuai contohnya, tempelkan saja tutup botolnya sebagai verbal dan tambahkan mata boneka, kemudian tempel.
  5. Jangan lupa untuk melubangi pecahan bawah botol biar air tidak mengendap di dalam botol.
  6. Masukkan botol pupuk dan tanah ke dalam botol.
  7. Masukkan bibit tumbuhan yang ingin di tanam.

0 Response to "Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 3 Perjuangan Pelestarian Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel