Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 3 Memelihara Ekosistem

Pentingnya Belajar ihwal Keuangan Sejak Kecil
Pada hari itu, para siswa salah satu sekolah dasar di Jakarta mendapat kesempatan untuk mencar ilmu ihwal keuangan. Mereka mencar ilmu keuangan melalui sebuah aktivitas khusus ihwal keuangan. Dalam aktivitas tersebut, para siswa mencar ilmu dasar-dasar pengetahuan ihwal keuangan, terutama mengenal uang dan perbankan.

Program ini menunjukkan kegiatan yang menarik, alasannya ialah para siswa tidak mencar ilmu ibarat biasanya. Mereka mencar ilmu melalui sebuah permainan. Para siswamelakukan dua macam permainan, yaitu permainan komputer berjudul “Ayo Menabung” dan permainan monopoli. Selain bermain, permainan dengan memakai komputer ini juga menunjukkan pengetahuan ihwal perbedaan uang orisinil dan uang palsu. Selain itu dikenalkan juga tata cara menabung di bank, mengenal petugas di bank, dan cara memakai Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Penyelenggara aktivitas ini berharap, aktivitas ini sanggup membantu para guru untuk menunjukkan klarifikasi dan pengetahuan kepada siswa ihwal dunia keuangan dan perbankan. Bahkan di dalam permainan komputer dan monopoli, diharapkan siswa sanggup membuatkan nilai-nilai kolaborasi peduli terhadap sesama dan saling menolong tanpa membeda-bedakan latar belakangnya. Selain itu, aktivitas ini pun diharapkan sanggup membantu siswa untuk mengenal nilai uang dan bisa menggunakannya secara bijak dan hidup hemat.

Ayo Lakukan
Berdasarkan bacaan di atas, buatlah beberapa daftar pertanyaan, kemudian pilihlah dua pertanyaan di antaranya untuk dituliskan ke dalam Kartu Tanya. Bergabunglah dengan kelompok piketmu, kemudian bahas pertanyaan dari setiap orang, termasuk pertanyaanmu. Tuliskan hasil diskusi kelompok ke dalam selembar kertas, kemudian bacakanlah di depan kelas!

Membuat Ringkasan Bacaan
Tentukanlah kalimat utama dari setiap paragraf di atas. Lalu, buatlah sebuah ringkasan ihwal bacaan di atas. Gunakanlah kotak di bawah ini untuk menentukan kalimat utama dan menuliskan ringkasanmu!
  1. Siswa mencar ilmu keuangan
  2. Program menunjukkan kegiatan menarik
  3. Program sanggup membantu guru
Dengan menentukan kalimat utama pada masing-masing paragraf, kau akan sanggup menemukan ide pokok setiap paragraf pada sebuah bacaan. Membuat ringkasan dengan memakai kalimat utama akan membantumu memahami isi bacaan tanpa kehilangan inti dari bacaan tersebut.

Pasar Tradisional dan Pasar Modern
Kamu tentu mempunyai pengalaman mengunjungi sebuah pasar, baik itu pasar tradisional maupun pasar modern. Bersama dengan sahabat sebangku atau sahabat di sebelahmu, lengkapilah diagram venn berikut untuk menuliskan perbedaan dan persamaan kedua jenis pasar tersebut!

Membuat Simulasi Hari Pasar
Pasar merupakan salah satu daerah berlangsungnya kegiatan ekonomi masyarakat. Pada ketika melaksanakan transaksi jual-beli, selalu ada barang atau jasa yang ditawarkan. Pembeli dan penjual merupakan dua komponen penting dalam melaksanakan kegiatan ekonomi pada sebuah pasar.

Pernahkah kau mengunjungi sebuah pasar tradisional? Apa saja yang kau lihat di sana? Siapa saja yang kau lihat di sana? Kegiatan apa yang terjadi di pasar? Hari ini kau akan menciptakan Simulasi Hari Pasar di kelasmu. Kamu akan dibagi dalam kelompok-kelompok. Lalu, ikutilah petunjuk di bawah ini:
  1. Tentukan barang apa yang akan kau jual. Ingat, kau tidak akan menjual barang sebenarnya. Kamu akan menciptakan barang yang akan kau jual dengan memakai bahan-bahan yang ada di kelas atau sekolah.
  2. Buatlah sejumlah barang yang akan kau jual secukupnya untuk dijual hari itu.
  3. Tentukan harga barang yang akan kau jual dan bagaimana kau akan menjualnya: satuan, ditimbang, atau dalam pak, atau lainnya.
  4. Aturlah barang-barang jualanmu di meja kelas semenarik mungkin.
  5. Undanglah siswa kelas lain untuk berbelanja di tempatmu.
  6. Mereka juga tidak akan memakai uang sebenarnya, tetapi memakai uang mainan.
  7. Bekerja samalah dengan anggota kelompokmu untuk sanggup menjual barang sebanyak-banyaknya.
  8. Hitunglah pendapatan yang dihasilkan dari penjualan tersebut
Tuliskanlah pengalamanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
  1. Bagaimana pendapatmu ihwal kegiatan Simulasi Hari Pasar?
  2. Manfaat apa yang kau dapatkan?
  3. Bagaimana kau bekerja sama dengan sahabat sekelompok
  4. Apakah pentingnya saling menolong dalam kegiatan tersebut? Ceritakanlah!
  5. Sikap-sikap apa saja yang diharapkan biar kelompokmu sanggup mencapai tujuan yang diinginkan melalui kegiatan Simulasi Hari Pasar?
Ayo Menulis
Membuat Pantun
Buatlah sebuah pantun nasihat atau jenaka yang terdiri dari paling sedikit tiga bait. Tema pantunmu kali ini ihwal pentingnya perilaku tolong menolong dalam bekerja sama dengan orang lain. Lalu bacakanlah pantunmu di depan kelas sebelum kau menempelkan pantunmu di dinding kelas. Setelah itu, simaklah pantun-pantun karya temanmu yang lain! Kini kelasmu mempunyai kumpulan pantun nasihat atau jenaka dengan tema yang sama! Kamu bisa membaca pantun-pantun yang ditempelkan di dinding oleh teman-temanmu! Tuliskan pantunmu pada kotak di bawah ini!
1.Buah jambu buah kedondong
Jatuh ke tanah menimpa batu
Hidup harus tolong menolong
Tanpa diupah alasannya ialah membantu
2.Gajah perang melawan gajah
Seekor pelanduk mati di tengah
Jika sering melaksanakan sedekah
Banyak saudara doktrin bertambah
3.Ke Pontianak membeli tembikar
Beli tembikar isinya penuh
Anak sekolah jangan bertengkar
Jika bertengkar banyak musuh
4.Tinggi batang pohon bambu
Tumbuh di sebelah pohon duku
Engkau dan saya ialah satu
Walau beda ras dan suku
5.Merah warna pucuk daun kurma
Paling cocok taruh di pinggiran
Marilah semua duduk bersama
Saling bicara tukar pikiran
6.Pohon ceri ditanam di huma
Petik buahnya masukkan kantong
Saling memberi saling menerima
Saling bantu tolong menolong
7.Di sana gunung di sini gunung
Di tengah-tengah gunung batu
Daripada saling singgung
Lebih baik saling membantu
8.Ambil segulung tali bambu
Sudah diambil mari diikat
Jika saling bantu membantu
Tak ada pekerjaan berat
9.Buah kelapa buah rambutan
Bakar sampah api membara
Jadilah anak suka persahabatan
Agar bertambah jumlah saudara
10.Pergi ke pasar beli berondong
Pagar rumah kayu petai
Mari saling tolong menolong
Agar duduk masalah cepat selesai
Ayo Bacalah
Jenis Lembaga Pendidikan
Pendidikan merupakan hak seluruh warga negara Indonesia. Hal itu sudah ada dan diatur di dalam UUD 1945. Pelaksanaan pendidikan biasanya dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan, yang juga diatur oleh negara.

Di Indonesia terdapat empat jenjang pendidikan yang diatur sesuai tingkat perkembangan penerima didik. Yang pertama ialah jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD). PAUD bertujuan untuk membina bawah umur yang gres lahir sampai usia enam tahun dengan menunjukkan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Kedua, pendidikan dasar yang merupakan jenjang pendidikan awal 9 tahun pertama masa sekolah. Jenjang pendidikan dasar dilakukan untuk menunjukkan persiapan jenjang pendidikan menengah. Ketiga, pendidikan menengah, yang merupakan jenjang lanjutan dari pendidikan dasar untuk mempersiapkan siswa menuju jenjang pendidikan tinggi. Keempat ialah jenjang pendidikan tinggi. Jenjang pendidikan tinggi merupakan jenjang yang meliputi program–program pendidikan yang dilakukan oleh perguruan tinggi.

Pendidikan di Indonesia dilaksanakan dengan memakai beberapa jalur, yaitu jalur pendidikan formal atau sekolah, jalur pendidikan luar sekolah, yaitu pendidikan non formal dan informal. Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah. Jalur pendidikan ini mempunyai jenjang pendidikan yang jelas, mulai pendidikan dasar, menengah, sampai pendidikan tinggi. Sedangkan pendidikan luar sekolah yang termasuk non formal, ialah PAUD, TPA (Tempat Penitipan Anak), Taman Pendidikan atau sekolah minggu. Selain itu banyak sekali kursus, bimbingan mencar ilmu juga termasuk pendidikan luar sekolah non formal. Pendidikan informal ialah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan mencar ilmu mandiri.

Terdapat beberapa jenis pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia. Jenis pendidikan ialah kelompok yang didasarkan pada kekhususan tujuan pendidikan dalam sebuah satuan pendidikan. Jenis pendidikan itu antara lain, pendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan akademik, pendidikan profesi, pendidikan vokasi, pendidikan keagamaan dan pendidikan khusus. Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah. Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan penerima didik untuk bekerja dalam bidang tertentu. Bentuk sekolahnya ialah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pendidikan akademik merupakan pendidikan tinggi aktivitas sarjana dan pascasarjana, bertujuan untuk penguasaan ilmu
pengetahuan. Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi sesudah aktivitas sarjana untuk mempersiapkan penerima didik memasuki suatu profesi tertentu.

Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi biar penerima didik mempunyai pekerjaan dengan keahlian tertentu. Pendidikan keagamaan merupakan pendidikan dasar, menengah, dan tinggi yang mempersiapkan penerima didiknya untuk menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan ihwal aliran agama. Sedangkan pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk penerima didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

Ayo Lakukan
Membuat Peta Pikiran
Banyak sekali isu gres yang ada dalam bacaan di atas! Dengan memakai peta pikiran kau sanggup memilah informasi-informasi itu dan melihat korelasi antar isu tersebut.

Membuat Presentasi ihwal Lembaga Pendidikan
Dengan memakai peta pikiran yang kau buat, pilihlah salah satu topik dari salah satu forum pendidikan yang ada di dalam bacaan. Carilah banyak sekali isu dari forum pendidikan tersebut. Tuliskan informasi-informasi penting ihwal forum pendidikan tersebut pada sebuah karton ukuran A3. Sertakan beberapa gambar ihwal salah satu teladan forum pendidikan yang kau maksud beserta gambar-gambar kegiatan belajarnya. Presentasikanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas dengan penuh percaya diri. Simaklah juga presentasi dari kawan-kawanmu. Buatlah beberapa catatan penting dan menarik dari presentasi mereka.

Ayo Berkreasi
Mari Menggambar Ilustrasi
Ada banyak hal di sekelilingmu yang sanggup kau jadikan materi belajar. Salah satunya ialah pasar. Kamu sudah mengetahui apa saja yang ada pada sebuah pasar. Banyak hal menarik yang bisa kau dapatkan dari kegiatan di sana. Oleh alasannya ialah itu, buatlah sebuah gambar gambaran ihwal kegiatan di pasar yang menarik perhatianmu. Kamu sanggup menentukan pasar tradisional atau pasar modern untuk dijadikan sumber ide menciptakan gambaran gambar.

Gambarlah pada selembar kertas gambar ukuran A4. Gunakan teknik menggambar gambaran yang sudah kau pelajari sebelumnya. Gunakan pensil berwarna untuk menciptakan gambar ilustrasimu lebih hidup. Tuliskan beberapa kalimat untuk menjelaskan gambar ilustrasimu. Lalu, ceritakanlah isi gambar tersebut di depan kelas

0 Response to "Pembelajaran 6 Tema 8 Subtema 3 Memelihara Ekosistem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel