Pembelajaran 2 Tema 7 Subtema 3 Melestarikan Peninggalan Kerajaan Islam

Lani dan ayah masih berada di Kompleks Museum Fatahillah. Lani melompat-lompat di tangga gedung Museum Fatahillah. Untuk menjaga keseimbangan semoga tidak jatuh, sambil melompat Lani berpeganggan pada pagar besi di samping tangga.

Ayo Diskusikan
Melompat termasuk gerak dinamis. Ada pula gerak statis. Apakah yang dimaksud gerak statis? Apakah yang dimaksud gerak dinamis? Diskusikan bersama temanmu.

Gerakan  statis yaitu gerakan yang dilakukan tidak dalam posisi bergerak. gerakan dinamis yaitu gerakan yang dilakukan dengan bergerak.

Contoh gerakan statis yaitu gerakan menengokkan kepala keatas dan kebawah, gerakan menekuk pendek-pendek panjang-panjang pada tangan atau gerakan kombinasi (bongkok jongkok bongkok tegak). tumpuan gerakan dinamis yaitu mengantung, menumpu, keseimbangan statis dan dinamis menarik. mendorong, berputar, meloncat dan melompat, exsplosive (menyentak / meledak ) dan sebagainya.

Gerakan-gerakan pada gambar di atas sanggup menjadi dasar pembentukan keterampilan dalam olahraga senam memakai alat. Lakukan latihan gerakan-gerakan tersebut dengan benar. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan aspek keselamatan, baik diri sendiri maupun orang lain.

Ayo Berlatih
Prosedur atau Langkah Kerja Membuat Mainan Kupu-Kupu Kertas
Mainan kupu-kupu kertas sanggup digantung pada sebuah tali. Ketika angin bertiup, mainan tersebut akan bergerak layaknya kupu-kupu yang sedang terbang. Bagaimana langkah kerja menciptakan mainan kupu-kupu kertas. Berikut langkah kerja menciptakan mainan kupu-kupu kertas.
1. Menyiapkan alat dan bahan. Usahakan memakai bahan-bahan dari bahan-bahan daur ulang atau bahan-bahan dengan harga yang murah.
2. Mencari sumber info atau contoh.
3. Proses pembuatan
Dalam proses pembuatan, harus diperhatikan hal-hal berikut.
a. Semua pekerjaan harus dilakukan dengan hati-hati, teliti, dan cermat.
b. Memperhatikan aspek keselamatan diri dan orang lain.
c. Menjaga konsentrasi, tidak bercanda, dan penuh tanggung jawab.
4. Setelah proses pembuatan.
a. Membersihkan bahan-bahan yang tidak terpakai.
b. Menyimpan kembali peralatan yang digunakan.
c. Menguji dan menyempurnakan hasil.
5. Mempresentasikan atau memperagakan hasil.

Ayo Bacalah
Memanfaatkan Benda-Benda Peninggalan Sejarah dengan Benar
Kamu sudah tahu bahwa benda-benda peninggalan sejarah merupakan kekayaan bangsa. Kita harus memanfaatkannya dengan benar. Benda-benda tersebut boleh dipakai untuk keperluan penelitian. Benda-benda peninggalan sejarah tersebut juga boleh dikunjungi.

Benda-benda peninggalan sejarah bukanlah milik pribadi, tetapi milik negara. Oleh alasannya yakni itu kita dilarang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi. Misalnya, kita dilarang memperjualbelikan benda-benda peninggalan sejarah. Segala bentuk jual beli benda-benda peninggalan sejarah melanggar hukum. Bagi pelakunya sanggup dituntut di pengadilan, bahkan sanggup dipenjara.

Lalu, bagaimanakah seharusnya kalau ada masyarakat yang menemukan benda-benda peninggalan sejarah? Apa yang harus dilakukan? Siapa pun yang menemukan benda-benda peninggalan sejarah wajib melaporkannya kepada pihak yang berwajib, menyerupai polisi, petugas museum, dan sebagainya. Tuliskan info penting yang terdapat pada bacaan di atas!
Benda peninggalan sejarah merupakan kekayaan bangsa sehingga harus dimanfaatkan dengan benar. Benda-benda bersejarah bukan merupakan barang eksklusif sehingga dilarang dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi. Kita dilarang memperjualbelikan benda peninggalan sejarah alasannya yakni hal tersebut melanggar hukum.
Melalui bacaan di atas kau mengetahui salah satu cara merawat dan menjaga benda-benda peninggalan sejarah. Sekarang buatlah daftar cara menjaga dan merawat benda-benda peninggalan sejarah lainnya. Mintalah pendapat teman-temanmu, kemudian tuliskan pada tabel berikut.
No.Nama TemanCara Menjaga dan Merawat Benda Peninggalan Sejarah
1.UdinKita harus memanfaatkan benda sejarah dengan benar
2.BeniKita dilarang menjual benda benda peninggalan sejarah
3.SitiSiapa yang menemukan benda sejarah wajib melaporkan kepada polisi, petugas museum dan sebagainya

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 7 Subtema 3 Melestarikan Peninggalan Kerajaan Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel