Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 3 Melestarikan Peninggalan Kerajaan Islam

Bangsa kita mempunyai banyak benda peninggalan sejarah. Benda-benda tersebut menjadi pujian bangsa Indonesia. Oleh alasannya itu, sudah sepatutnya kita menghargainya. Apa saja bentuk penghargaan yang sanggup kita lakukan terhadap benda-benda peninggalan sejarah?

Tahukah Kamu?
Banyak peninggalan sejarah yang berumur ratusan atau bahkan ribuan tahun. Tidak mengherankan jikalau benda-benda peninggalan sejarah tersebut banyak yang rapuh. Bila tidak dirawat dengan baik, benda-benda sejarah akan rusak dan hancur. Merawat benda-benda peninggalan sejarah merupakan tanggung jawab kita semua.

Bagaimana cara merawatnya? Banyak cara yang sanggup dilakukan, salah satunya dengan mendirikan banyak museum. Kemukakan pendapatmu cara lain merawat benda-benda peninggalan sejarah.
  1. Membangun Museum . Museum yaitu sebuah forum yang berfungsi untuk merawat, memelihara, dan melestarikan semua hal yang sifatnya mengandung nilai sejarah. Museum mempunyai kiprah menyimpan, merawat, mengamankan dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya. 
  2. Menjaga dan merawat daerah-daerah cagar budaya dan benda bersejarah sanggup dilakukan oleh semua warga negara. Di kawasan cagar budaya biasanya terdapat banyak benda-benda peninggalan sejarah. Tugas kita yaitu turut menjaga biar benda-benda peninggalan sejarah tidak dirusak.
  3. Mengunjungi museum termasuk salah satu cara menghargai peninggalan sejarah. Kita sanggup mengunjungi peninggalan sejarah lainnya, contohnya candi, makam pahlawan, monumen, dan istana. 
  4. Menggunakan benda-benda peninggalan sejarah secara benar Benda-benda peninggalan sejarah yaitu kekayaan negara yang perlu dijaga kelestariannya. Ketika kita mengunjungi museum atau peninggalan sejarah lainnya. Benda-benda itu boleh dipakai untuk keperluan penelitian. 
Ayo Bacalah
Museum Fatahillah
Museum Fatahillah juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia. Museum ini terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2 Jakarta Barat. luas Musesum Fatahillah lebih dari 1.300 meter persegi.

Museum ini dahulu merupakan Gedung Balai Kota yang dibangun pada tahun 1707 hingga 1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Bangunan museum mirip Istana Dam di Amsterdam. Bangunan museum ini terdiri atas bangunan utama serta dua sayap di bab timur dan barat. Pada gedung ini juga terdapat bangunan-bangunan lain yang dipakai sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara.

Pada tanggal 30 Maret 1974, gedung ini diresmikan sebagai Museum Fatahillah. Keberadaan museum ini sangat penting, alasannya menyimpan dan merawat banyak sekali benda peninggalan sejarah.

Benda-benda koleksi yang sanggup dijumpai di museum ini, antara lain sejarah perjalanan Jakarta, replika peninggalan Kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, meriam kuno, mebel antik, keramik, gerabah, serta prasasti. Jumlah seluruh koleksi Museum Fatahillah mencapai 23.500 buah. Di antara koleksi sebanyak itu hanya 500 buah yang dipamerkan sedangkan sisanya disimpan.

Pahamilah bacaan di atas dengan seksama. Kemudain tulislah kembali sesuai dengan pemahaman dan bahasamu sendiri. Tuliskan pada kolom berikut
Museum Fatahillah terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2 Jakarta barat dengan luas lebih dari 1300 meter persegi. Pada tahun 1707 atas perintah Gubernur Jenderal J van Horn Gedung Balai Kota diubah menjadi museum. Pada tanggal 30 Maret 1947 Museum Fatahillah diremikan alasannya fungsinya yang sangat penting dalam merawat benda bersejarah. Museum ini mempunyai banyak sekali peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan Indonesia.
Tahukah Kamu?
Museum Radya Pustaka terletak di Kota Solo, Jawa Tengah. Museum ini termasuk salah satu museum tertua di Indonesia. Pada selesai tahun 2007 beberapa arca di Museum Radya Pustaka hilang dicuri dan dipalsukan. Untuk mengelabui petugas museum, arca-arca orisinil dibuatkan tiruannya. Kemudian, arca yang orisinil dicuri dan dijual.

Bagaimanakah perasaanmu mendengar gosip ini? Sangat memperihatinkan alasannya benda peninggalan sejarah yang sangat penting diambil orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Bolehkah kita menjual benda-benda peninggalan sejarah? Jelaskan alasanmu! Kita dihentikan menjual benda-benda peninggalan sejarah alasannya benda-benda tersebut sangat penting bagi perkembangan bangsa Indonesia selanjutnya.

Apakah dalam masalah ini, benda-benda peninggalan sejarah sudah dihargai? Menurut saya dengan adanya keajadian pencurian benda-benda peninggalan sejarah pertanda bahwa masih rendahnya penghargaan terhadap benda-benda peninggalan sejarah.

Ayo Amati
Amatilah lemari peninggalan sejarah koleksi Museum Fatahillah berikut. Kita sanggup menemukan jenis-jenis sudut pada lemari tersebut.

Karena merasa lelah, Lani mengajak ayahnya untuk menyewa sepeda onthel berkeliling Kompleks Museum Fathillah. Di Museum Fatahillah banyak disewakan sepeda onthel. Sepeda-sepeda tersebut disewakan, baik untuk dinaiki berkeliling museum maupun untuk sekedar untuk berfoto.

Salah satu komponen pada sepeda yaitu lampu. Lampu sepeda terhubung oleh dinamo. Pada dinamo terdapat magnet. Lampu pada sepeda merupakan pola penggunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari.

Apa fungsi magnet pada dinamo lampu sepeda?
Dinamo sepeda pada dasarnya yaitu sebuah magnet yang sanggup berputar dan sebuah kumparan tetap. Bila roda sepeda di putar dan pada dinamo akan memutar sehingga roda akan memutar magnet biasanya dinamo sanggup menghasilakan tegangan 6 hingga 12 Volt.

Bagaimana cara kerja magnet untuk menyalakan lampu sepeda?
  1. Kepala dinamo dihubungkan ke roda sepeda. Pada proses itulah terjadi perubalian energi gerak menjadi energi listrik. Generator (dinamo) merupakan alat yang prinsip kerjanya menurut induksi elektromagnetik. 
  2. Pada generator perubahan garis gaya magnet diperoleh dengan cara memutar kumparan di dalam medan magnet permanen. Karena dihubungkan dengan cincin geser, perputaran kumparan menjadikan GGL induksi. 
  3. Bagian utama dinamo sepeda yaitu sebuah magnet tetap dan kumparan yang disisipi besi lunak. Jika magnet tetap diputar, perputaran tersebut menjadikan GGL induksi pada kumparan. 
  4. Jika sebuah lampu pijar (lampu sepeda) dipasang pada kabel yang menghubungkan kedua ujung kumparan. lampu tersebut akan dilalui arus induksi. Akibatnya, lampu tersebut menyala. Nyala lampu akan makin jelas jikalau perputaran magnet tetap makin cepat (laju sepeda makin kencang). 
Mintalah temanmu untuk menaburkan atau menyembunyikan benda-benda terbuat dari besi, contohnya paku atau penjepit kertas di dalam ruang kelas. Kemudian carilah benda-benda tersebut dengan memakai elektromagnetik sederhana yang telah kau buat. Seberapa banyakkah benda-benda tersebut sanggup kau temukan dan kau tarik memakai elektromagnetik sederhana buatanmu?

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 3 Melestarikan Peninggalan Kerajaan Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel