Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 3 Kebiasaan Makanku

Aku selalu minum air putih 8 gelas sehari. Tahukah kau manfaat dari kebiasaanku tersebut? Mengapa kita harus melakukannya?

Air putih merupakan sminuman segar dan sangat menyehatkan bagi seluruh anggota tubuh. Tak sanggup dibayangkan, kalau badan kita kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu yang relatif lama. Haus merupakan salah satu respon badan yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera. Berdasarkan faktanya, seluruh organ badan insan membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang banyak sekali kegiatan yang dilakukan.

Idealnya seseorang membutuhkan 8 (delapan) gelas air putih per harinya. Ini dikarenakan, banyak sekali kegiatan yang dilakukan yang sanggup menguras tenaga dan cairan yang berada di dalam tubuh.

Ayo Amati
Perhatikan grafik garis berikut.

Secara berpasangan, temukan paling sedikit 3 hal dari grafik tersebut.
  1. Kandungan air dalam badan paling banyak yaitu ketika bayi.
  2. Kandungan air dalam badan insan paling sedikit yaitu lanjut usia.
  3. Kandungan air dalam badan insan makin berkurang dengan bertambahnya umur
Apa lagi yang ingin kau ketahui? Tuliskan pertanyaan-pertanyaanmu.

Tahukah Kamu?
Dayu selalu minum air putih 8 gelas sehari. Ternyata kebiasaannya itu menciptakan fungsi otaknya semakin baik, sehingga ia sanggup berpikir dengan cepat dan tepat. Kulitnya juga terlihat segar dan tidak kusam. Dayu tidak pernah mengeluh tenggorokannya kering.

Pak Tagor menjelaskan bahwa air sangat penting bagi badan manusia. Air melancarkan peredaran makanan ke usus. Pak Togor juga menjelaskan bahwa kita harus minum air putih 8 gelas satu hari. Tujuannya untuk membantu peredaran darah.

Waktu yang sempurna untuk minum air putih yaitu 2 gelas ketika berdiri tidur, 2 gelas sebelum dan setelah makan, 3 gelas sebelum mandi, dan 1 gelas sebelum tidur.

Ayo Ceritakan
Ceritakan paling sedikit 3 hal perihal air putih menurut teks.

  1. Kebiasaan minum 8 gelas air perhari menciptakan fungsi otak semakin baik.
  2. Air sangat penting bagi badan insan alasannya yaitu sanggup melancarkan peredaran darah.
  3. Waktu yang sempurna untuk minum air yaitu 2 gelas ketika berdiri tidur, 2 gelas sebelum dan sduah makan, 3 gelas sebeum mandi, dan 1 gelas sebelum tidur.
Ayo Berlatih
Air putih sangatlah penting bagi badan manusia. Tadi Pak Tagor juga menjelaskan perihal kandungan air dalam badan insan dan waktu yang sempurna untuk minum air.

Data:
Di dalam badan manusia, kandungan air sanggup mencapai 80% persen pada bayi, 60% pada orang dewasa, dan 50% pada usia di atas 65 tahun

Dapatkah kau menciptakan grafik dari data di atas? Apa jenis grafik yang sanggup dipakai untuk data tersebut, grafik batang, lingkaran, atau garis?

Apakah grafik yang kau sajikan tepat? Mengapa?
Grafik garis dipakai untuk menyajikan data yang mempunyai waktu berurutan dari bayi-dewasa-dan usia lanjut.

Apa perbedaan antara grafik garis, grafik batang, dan grafik lingkaran?
  1. Diagram batang: Berbentung memanjang keatas, dengan bentuk ibarat balok.Grafik . Grafik ini dipakai apabila ingin mendapat grafik dalam bentuk camilan cantik (lingkaran) dari sebuah deret data tunggal. Fungsinya mengatakan bagaimana point data berafiliasi dengan keseluruhan data.batang dipakai untuk membandingkan nilai antar deret.
  2. Diagram garis: Hanya terdiri dari titik - titik, dan dihubungkan dengan garis. Diagram ini biasanya dipakai untuk menyajikan data statistik yang diperoleh menurut pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan.
  3. Diagram lingkaran: Berbentuk lingkaran, memakai ukuran derajat maupun persen.
Ayo Belajar
Seperti yang kita tahu, air sangatlah penting bagi badan manusia. Air bermanfaat sebagai cairan untuk badan kita. Jika kau bosan dengan air yang terasa tawar, kau sanggup menambahkannnya dengan lemon, jahe, gula, atau madu.
  1. Air lemon untuk membersihkan usus, sehingga mencegah sembelit dan diare.
  2. Air jahe membantu mengatasi perut kembung
  3. Madu sebagai antibiotik melawan bakteri penyakit

0 Response to "Pembelajaran 3 Tema 9 Subtema 3 Kebiasaan Makanku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel