Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema 3 Kebiasaan Makanku

Pagi ini siswa kelas IV akan melaksanakan olahraga lari cepat 40 m. Sudahkah kau makan pagi ini? Makanan yang kita makan di pagi hari dibutuhkan sebagai sumber energi sehingga kita bisa melaksanakan acara tanpa merasa lemas. Karena kita akan melaksanakan acara olahraga yaitu lari jarak pendek, maka pastikan kau sudah makan pagi dengan kandungan nutrisi yang cukup.

Sebelum memulai berolahraga, biasakan untuk berdoa terlebih dahulu. Setelah kau sanggup melaksanakan gerakan start dengan benar, kau akan melaksanakan beberapa permainan lari jarak pendek. Ikuti instruksi gurumu!

SPRINT 40 meter (LARI CEPAT)
A. Pembelajaran lari
Bentuk-bentuk pembelajaran teknik dasar lari jarak pendek antara lain sebagai berikut.
a. Permainan hitam – hijau dengan posisi telunjur
  1. Guru menciptakan siswa menjadi dua kelompok (A = Hitam dan B = Hijau) dengan posisi duduk telunjur dan telapak kaki setiap anak beradu dengan telapak kaki pasangannya.
  2. Setiap kelompok dengan posisi start bangun dan sambil mendengarkan kode Hitam atau Hijau.
  3. Jika di sebut “Hitam”, maka kelompok A (Hitam) cepat balik arah terus lari cepat hingga batas yang sudah ditentukan. Kelompok B (Hijau) cepat mengejar dan menangkap A (Hitam).
  4. Kemudian kembali lagi ke kawasan semula, siap melaksanakan perlombaan. Sebaliknya, jikalau disebut Hijau, kelompok Hijau balik arah terus lari hingga batas yang ditentukan, kelompok Hitam (A) mengejar dan menangkapnya.
  5. Begitulah perlombaan itu dilakukan.

b. Lari berkelompok dengan mengambil kerikil secara estafet
  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang sama banyak.
  2. Guru menyiapkan lintasan lari dari garis start hingga finish dengan jarak 8-10 meter.
  3. Di garis finish guru menyiapkan kerikil yang sama banyaknya untuk setiap kelompok
  4. Setelah ada kode dari guru, barisan kelompok yang paling depan berlari menuju garis finish dan mengambil satu batu. lalu kembali lagi ke garis start dan dilanjutkan anggota kelompok berikutnya
  5. Setiap kelompok berlomba mengambil kerikil sebanyak mungkin dalam kurun waktu yang sudah ditentukan oleh guru
  6. Begitu seterusnya hingga waktu yang ditentukan habis.

c. Latihan lari memakai teknik start jongkok.
  1. Guru menciptakan lintasan lari dengan jarak 40 meter.
  2. Siswa melaksanakan lomba lari memakai startt jongkok.
  3. Guru mengambil catatan waktu yang diraih siswa.
  4. Begitu seterusnya hingga semua siswa melaksanakan perlombaan.
Tahukah Kamu?
Saat kegiatan olahraga, semua siswa kelas IV tampak mempunyai energi yang cukup. Hal ini terjadi alasannya yaitu semua siswa telah makan sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan. Tahukah kau wacana pentingnya makanan? Coba diskusikan dengan temanmu!

Manfaat Makan Pagi
Makan dan minum yang dilakukan sebelum jam 9 pagi, sanggup memenuhi 15-30 persen kebutuhan gizi harian anak. Tingginya persentase kebutuhan nutrisi yang terpenuhi ketika makan pagi menawarkan pentingnya untuk mengawali kebiasaan makan rutin setiap hari. Inilah beberapa manfaat makan pagi yang perlu kau ketahui

1. Meningkatkan kemampuan fisik
Makan menciptakan fisik jadi meningkat dan bersemangat menjalani aktivitasnya. Karena jikalau tidak makan, selain kurangnya energi, kau juga menjadi tidak disiplin, dan agenda makannya tidak teratur, fisik lemah dan merasa lemas ketika beraktivitas.

2. Meningkatkan Konsentrasi
Makan pagi secara rutin, menciptakan daya tangkap jadi meningkat dan lebih berkonsentrasi ketika belajar. Fokus dan konsentrasi yang optimal, memengaruhi kemampuan membaca dan berhitung. Sehingga, pemahaman belajarmu pun akan menjadi lebih gampang dan prestasimu juga mengalami kenaikan,

3. Jarang sakit
Makan secara rutin menciptakan kau jarang mengalami sakit dan pusing. Nutrisi yang terkandung dalam hidangan makan, menciptakan tubuh berenergi untuk menjalankan kegiatan.

4. Kebutuhan gizi tercukupi
Manfaat makan pagi juga menghindari risiko kekurangan gizi dan obesitas (kelebihan berat badan). Pemberian nutrisi cukup lewat kuliner yang dikonsumsi, kuat terhadap pertumbuhan fisik dan mental.

5. Menciptakan kebiasaan sehat
Membiasakan makan pagi akan mendatangkan kebiasaan. Sebaiknya, penuhi nutrisi makan dengan mengonsumsi kuliner yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Pastikan kau sudah kenyang ketika makan sehingga bersemangat menjalani aktivitas.

Setiap hari, anak usia sekolah, terutama 7-13 tahun membutuhkan 1.800 kkal- 2050 kkal, dan protein 45-50 gram untuk memenuhi gizi mereka. Makan pagi akan membantu meningkatkan tumbuh kembang dan pengembangan potensi.

Ayo Cari Tahu
Sekarang coba cari data wacana kebiasaan makan kuliner sehat teman-temanmu di waktu pagi. Tuliskan dalam bentuk tabel. Perhatikan contoh.

Ayo Diskusikan
Buat sebuah hidangan makan pagi. Tuliskan pada sketsa berikut.

Bandingkan hidangan yang kau buat dengan hidangan buatan temanmu. Temukan persamaan dan perbedaannya. Kalian juga sanggup berdiskusi wacana cara menyeimbangkan nutrisinya.

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 9 Subtema 3 Kebiasaan Makanku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel