Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 3 Kebiasaan Makanku

Lani gres saja membaca sebuah artikel wacana suatu masyarakat yang usia hidupnya mencapai lebih dari 100 tahun. Kondisi kesehatan mereka masih baik. Bagaimana hal itu dapat terjadi? Mari kita simak kisah berikut.

Manusia Tersehat dan Terpanjang Usianya.
Orang-orang Hunza yang tinggal di lereng Gunung Himalaya dikenal jarang sakit dan berumur panjang. Rata-rata usia mereka mencapai 120-140 tahun. Setelah para jago melaksanakan penelitian, ditemukan belakang layar mereka ada pada pola hidup dan makannya.

Mereka terbiasa menyebabkan buah-buahan segar dan sayuran sebagai bab dari sajian utama makanannya. Mereka jarang makan kuliner yang diolah atau dimasak. Mereka hanya sedikit sekali makan daging dan makan kuliner berlemak.

Mereka hidup di lereng gunung Himalaya, di barat bahari Kashmir, sebelah selatan Pakistan atau di barat daya Afganistan. Tempat ini dipenuhi oleh udara segar pegunungan yang bebas polusi.

Pada usia 85-100 tahun mereka masih dapat bekerja di ladang dan masih mempunyai gigi yang lengkap, tulang yang kokoh dan kulit yang sehat. Bahkan pada usia tersebut orang-orang Hunza masih aktif berolahraga. Sayuran hijau segar merupakan belakang layar suku Hunza supaya tulang mereka tetap kuat, gigi tetap utuh, dan kulit tetap sehat, meskipun mereka sudah mencapai usia 100 tahun.

Buat kesimpulan isi bacaan tersebut
Masyarakat suku Hunza hidup sehat sampai bau tanah alasannya mereka selalu mengonsumsi sayur dan buah setiap harinya

Ayo Diskusikan
Bersama 2 orang teman, diskusikan korelasi antara kebiasaan makan dengan kesehatan tubuh. Tuliskan alhasil pada skema berikut.
  1. Pola makan yang sehat merupakan hal yang sangat penting bagi kita semua supaya tubuh kita senantiasa tetap sehat dan terhindar dari banyak sekali macam penyakit baik yang ringan maupun yang berat.
  2. Selain menerapkan pola makan sehat, perlu dipadukan dengan penerapan pola hidup sehat menyerupai istirahat yang cukup, olah raga yang teratur dan cukup, hindari kebiasaan jelek menyerupai merokok, penuhi kebutuhan rohani menyerupai rekreasi dan bersosial, dan lain sebagainya.
  3. Cukupilah kebutuhan gizi kita setiap hari supaya tubuh kita senantiasa sehat.
  4. Perbanyaklah mengkonsumsi sayur-sayuran dan jangan terlalu banyak makan kuliner yang mengandung lemak menyerupai daging.
Ayo Mencoba
Bagaimana dengan kebiasaan makanmu sehari-hari? Sudahkah kau menerapkan kebiasaan makan sehat? Sekarang coba buat sebuah aktivitas harian wacana rencana mengonsumsi jenis-jenis kuliner yang akan kau lakukan setiap harinya.

Perhatikan pola di bawah ini.
WaktuKegiatanJenis kuliner dan nutrisinyaSudahBelum
06.00Makan PagiBubur ayam dengan telur
Buah jeruk yang kaya vitamin C
-
09.00Makan RinganBuah, bekal dari rumah atau beli di sekolah.-
12.00Makan SiangNasi, sayur, dan lauk-pauk
Pepaya
-
Dst----
Bandingkan rencana harian yang kau buat dengan milik temanmu. Bagaimana kesanmu terhadap hasil aktivitas harianmu? Hal-hal apa yang perlu diperbaiki?
Makan pagi belum sehat sehingga perlu diperbaiki.

0 Response to "Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 3 Kebiasaan Makanku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel