Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Flora Sahabatku
Saturday, June 2, 2018
Add Comment
Di lapangan akrab rumah Edo, ada sebuah pohon beringin. Pohon beringin itu tumbuh subur dan rindang. Anak-anak bahagia bermain di sekitar pohon itu. Udara di bawah pohon beringin sejuk sekali. Pohon beringin ialah salah satu pohon yang rindang daunnya. Pohon itu sanggup bertahan hidup hingga puluhan tahun.
Pohon beringin menahan abrasi dari air hujan. Akar pohon beringin juga menahan air di dalam tanah sehingga cadangan air tanah sanggup diperbanyak. Warga sekitar sanggup memakai airnya dalam waktu lama.
Daunnya yang rindang sanggup mengolah karbondioksida menjadi oksigen. Oksigen dibutuhkan makhluk hidup untuk bernafas. Warga menerima banyak manfaat dari pohon beringin. Oleh alasannya itu, semua warga ikut merawat pohon beringin.
Dengarlah baik-baik teks yang dibacakan. Kemudian ceritakan teks tersebut dengan bahasamu.
Setiap minggu, warga tolong-menolong membersihkan lingkungan. Pohon beringin juga ikut dirawat dan dibersihkan. Hal pertama yang dilakukan warga ialah memangkas. Ranting-ranting kecil yang tumbuh liar dipangkas. Warga juga membasmi parasit pada pohon beringin. Benalu ialah flora parasit yang tumbuh di dahan beringin. Benalu menumpang dan mengisap sari masakan pohon beringin.
Setelah itu, warga membersihkan akar beringin dari gangguan flora liar. Ilalang dan rerumputan yang tumbuh di sekitar akar ikut dibersihkan. Terakhir, warga membersihkan daun-daun kering yang berjatuhan
Setiap mingggu warga tolong-menolong membersihkan lingkungan. Pohon beringin juga dirawat dan dibersihkan dengan cara sebagai berikut : Pohon beringin dipangkas dan parasit yang ada dibersihkan. Akar beringin dibersihkan dari ilalang dan rerumputan dan daun-daun kering yang jatuh dibersihkan
Ayo Amati
Amatilah gambar-gambar berikut dengan saksama!
Urutan gambar yang benar menurut teks adalah:
Sekarang, ayo susun sebuah teks petunjuk yang sesuai dengan gambar-gambar yang telah kau urutkan! Gunakan tanda titik pada selesai kalimat dan karakter kapital pada awal kalimat dengan tepat.
Untuk merawat pohon beringin sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut
- Pangkaslah ranting-ranting kecil yang tumbuh liar.
- Bersihkan parasit yang ada di pohon beringin.
- Bersihkan akar beringin dari ilalang dan reumputan
- Bersihkan daun-daun kering yang berjatuhan.
Ayo Amati
Beni sangat suka bermain kucing-kucingan. Beni dan teman-teman bermain kucing-kucingan di bawah pohon beringin. Beni, Siti, Edo, Lani, dan Dayu membentuk lingkaran. Setelah diundi, Udin yang menjadi perebut bola.
Teman-teman melempar bola menghindari Udin. Udin berlari keluar masuk bulat merebut bola. Teman-teman menyanyikan sebuah lagu anak sambil bertepuk tangan. Akhirnya, Udin berhasil merebut bola dari Dayu. Dayu lalu berjaga menjadi perebut bola.
Ayo Lakukan
Berkumpullah di lapangan sekolahmu, berbaris membentuk bulat besar, putuskan siswa yang akan merebut bola dari luar dengan diundi. Mulailah bermain.
- Berkumpulah di lapangan sekolahmu dan bentuklah bulat besar.
- Tentukan dahulu siapa yang akan menjadi kucing yang kalah atau yang menang, lalu semua gambreng.
- Kalau yang jadi kucing yang menang, semua gambreng, tangan dikumpulkan bertumpuk, lalu nyanyi 'om pimpa alaium gambreng' sambil ngangkat tangan ke udara, lalu perlihatkan telapak tangan atau punggung tangan kita, terserah mau yang mana.
- Kalau salah satu ada yang beda, misal yang lain punggung tangan, satu orang telapak tangan, berarti ia yang menang, pribadi jadi kucing, harus mengejar ke mana bola dilemparkan dengan cara menangkapnya.
- Anak yang menjadi kucing akan kembali ke barisan kalau sanggup menangkap bola yang dilemparkan. Anak yang gagal menangka bola yang diarahkan akan bergantian menjadi kucing.
- Permainan terus berlanjut hingga selesai waktu yang ditentukan.
Ayo Berdiskusi
Di kelas, ibu guru mengatakan sebuah gambar kepada siswa. Mereka merasa mengenali gambar tersebut. Karena gambar tersebut ibarat dengan pohon di lapangan. Tempat mereka sering bermain. Tahukah kau gambar apa yang ditunjukkan oleh ibu guru? Melambangkan apakah gambar itu?Pertanyaan apakah yang timbul di benakmu dikala melihat gambar itu?
Ayo Amati
Di dada Garuda Pancasila ada 5 gambar yang melambangkan 5 sila Pancasila. Kamu telah mempelajari gambar bintang, lambang sila pertama. Gambar rantai, lambang sila kedua. Gambar pohon beringin melambangkan sila ketiga.
Bunyi sila ketiga ialah Persatuan Indonesia. Maknanya adalah, pohon beringin yang besar, berpengaruh dan teduh sanggup menaungi banyak orang. Seperti Negara Indonesia yang sanggup menaungi seluruh rakyatnya.
Pohon beringin mempunyai banyak sulur dan akar yang menjalar ke mana-mana. Sulur dan akar tersebut berasal dari pohon yang sama. Hal ini mencerminkan keragaman suku bangsa di Indonesia. Beragam suku namun tetap satu bangsa, bangsa Indonesia.
Ayo Lakukan
Amati lalu guntinglah gambar-gambar di bawah ini.
Tempel gambar yang sesuai dengan sila ketiga pada gambar pohon beringin. Bertanggung jawablah terhadap keselamatan diri sendiri dikala memakai benda tajam ibarat gunting.
0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Flora Sahabatku"
Post a Comment