Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari, Dan Bulan

Saatnya kita akan mengenal lebih dalam ihwal efek gerak Bulan terhadap Bumi. Mari kita pelajari bersama!

Ayo Cari Tahu
Ternyata gaya gravitasi yang dihasilkan Bulan dan Bumi sangat besar lengan berkuasa terhadap iklim yang terjadi di Bumi ini. Bulan mengelilingi Bumi dan bersama Bumi mengelilingi Matahari. Saat proses revolusi itulah terjadi efek terhadap kehidupan di Bumi. Apakah yang terjadi? Mari kita lakukan percobaan berikut.

Menguji Terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan
Alat dan Bahan
  1. Bola pingpong diumpamakan Bulan.
  2. Bola tenis diumpamakan Bumi.
  3. Lampu senter diumpamakan Matahari.
Cara Kerja

  1. Buat posisi menyerupai pada gambar (1) ! Coba kau perhatikan posisi Bulan, apakah menurutmu Bulan mendapatkan cahaya dari Matahari? Ya, tapi bulan mendapatkan cahaya matahari pada bab yang tidak menghadap ke bumi.
  2. Lakukan kegiatan di atas dengan posisi bola menyerupai pada gambar (2) ! Pada posisi menyerupai ini, bagaimana kenampakan Bulan dari bumi? Bulan terhalang oleh bayangan bumi.
  3. Diskusikan apa yang terjadi pada Bulan dan Matahari kalau dilihat dari Bumi pada kegiatan 1 dan 2! Apa yang sanggup kau simpulkan? Gerhana matahari terjadi ketika matahari, bulan dan bumi berada pada garis lurus dengan posisi bulan diantara matahari dan bumi (kegiatan 1). Sedangkan gerhana bulan terjadi ketika matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis lurus dengan posisi bumi terletak diantara matahari dan bulan.
Gerhana Bulan terjadi apabila posisi Bumi berada di antara Bulan dan Matahari. Perhatikan gambar berikut ini.

Perhatikan gambar di atas. Penumbra ialah bayangan kabur yang terjadi pada ketika gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (tidak tembus pandang) Bulan. Umbra ialah bayangan inti yang berada di bab tengah sangat gelap pada ketika terjadi gerhana Bulan.

Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan masuk ke dalam bayangan Bumi, sehingga Bulan tidak mendapatkan cahaya Matahari. Dari Bumi, ketampakan Bulan mula-mula seluruhnya terang, kemudian pelan-pelan agak gelap dan risikonya gelap semua. Perlahan-lahan Bulan akan tampak kembali hingga kelihatan seluruhnya.
  1. Bagaimana posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ketika terjadi gerhana? Matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis lurus.
  2. Tuliskan posisi-posisi Matahari, Bumi, Bulan, dan bayangan yang terbentuk yang menciptakan Bulan tampak tertutupi bayangan Bumi. Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus. Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan berada di penumbra dan umbra. Penumbra ialah bayangan kabur yang terjadi pada ketika gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (tidak tembus pandang). Umbra ialah bayangan inti yang berada di bab tengah sangat gelap pada ketika terjadinya gerhana Bulan.
  3. Apakah efek dari banyak dan sedikitnya bab Bulan yang tertutup bayangan Bumi? Diskusikan dengan temanmu dan buatlah prediksinya! Komunikasikan hasilnya di depan kelas! Ketika Bulan berada di penumbra disebut gerhana Bulan penumbra. Ketika Bulan sebagian berada di penumbra dan sebagian lagi berada di umbra disebut gerhana Bulan sebagian. Ketika Bulan berada di umbra disebut gerhana Bulan total.
Fakta Sains
Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan berada di penumbra dan umbra yang berlangsung selama lebih kurang 6 jam. Ketika Bulan berada di penumbra disebut gerhana Bulan penumbra. Ketika Bulan sebagian berada di penumbra dan sebagian lagi berada di umbra disebut gerhana Bulan sebagian. Ketika Bulan berada di umbra disebut gerhana Bulan total. Gerhana Bulan total berlangsung selama lebih kurang 1 jam 40 menit.

Pernahkah kau bayangkan, ketika di tempatmu terkena gerhana Bulan tanpa adanya sinar Bulan? Apa yang akan kau lakukan ketika itu? Tuliskan

Ayo Diskusikan
Saat kau ingin tidur di malam hari, jangan lupa untuk menggosok gigimu. Mengapa kita perlu menggosok gigi sebelum tidur? Diskusikan dengan temanmu dan sampaikan hasilnya di depan kelas. Tuliskan kesimpulan diskusimu pada kotak berikut!

Kuman akan semakin berkembang pada malam hari ketika kita sedang tidur, dimana verbal tidak melaksanakan aktivitas. Sikat gigi sebelum tidur itu sangat penting alasannya ialah basil itu tidak tidur, dan acara basil di malam hari biasanya akan meningkat 2 kali lipat dibandingkan pada siang hari. Saat tidur verbal kita tidak melaksanakan acara menyerupai makan, minum, atau ngobrol, air liur yang berfungsi sebagai antiseptik alami dalam verbal kita akan berkurang, sehingga kemampuan saliva yang berfungsi untuk menetralisir kuman-kuman dalam verbal juga berkurang. Untuk mencegah hal menyerupai itu kita perlu menggosok gigi sebelum tidur.

Untuk mengetahui bagaimana cara menggosok gigi yang benar, kau sanggup mencari petunjuk dari banyak sekali sumber. Kamu juga sanggup mendengarkan klarifikasi seorang dokter gigi untuk mengetahuinya. Kunjungilah puskesmas atau klinik terdekat. Sekolahmu juga sanggup mengundang dokter gigi.

Ayo Menulis
Setelah selesai melaksanakan kegiatan untuk mencari informasi, tuliskan apa yang kau ketahui ihwal kebersihan gigi!

Kebersihan gigi dan verbal yang jelek tidak hanya menyebabkan amis mulut, kerusakan gigi dan radang gusi, tetapi juga meningkatkan resiko penyakit  dan persoalan kesehatan lainnya. Cara paling sederhana ialah dengan menyikat gigi dua kali sehari yakni sehabis makan dan sebelum tidur.

Menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur ialah kegiatan rutin sehari-hari, tujuannya untuk menghilangkan partikel makanan, dan menjaga gusi biar bersih, membantu untuk menyingkirkan plak yang menyebabkan pembusukan, dan menciptakan napas menjadi segar. Sikat gigi yang sempurna dan rutin sanggup mencegah gusi dan karies gigi.

Cara-cara yang perlu diperhatikan ketika menggosok gigi antara lain sebagai berikut.
  1. Cara menyikat harus sanggup membersihkan semua deposit pada permukaan gigi dan gusi secara baik, terutama saku gusi dan ruang interdental.
  2. Gosok gusi dan gigi depan selama beberapa detik dalam gerakan melingkar
  3. Cara menyikat gigi harus sempurna dan efisien.
  4. Frekuensi menyikat gigi maksimal 3 x sehari sehabis makan pagi, makan siang dan sebelum tidur malam, atau minimal 2 x sehari sehabis makan pagi dan sebelum tidur malam.dan di akhiri berkumur mulut
  5. Waktu yang sempurna untuk menyikat gigi seharusnya tidak lebih dari 2 menit
  6. Ketika mulai menyikat gigi, tidak harus memakai tekanan pada gigi dan gusi. Anda juga harus memastikan bahwa Anda membersihkan permukaan masakan juga.
  7. Gunakan pasta gigi yang tepat. Pilihlah pasta gigi yang bisa mencegah sakit gigi, menghilangkan sensitivitas, dan radang gusi.
Ayo Amati
Bumi tidak sanggup dilepaskan dari Matahari dan Bulan. Seperti gravitasi yang dihasilkan keduanya sangat besar lengan berkuasa pada kehidupan di Bumi. Informasi pada tabel di bawah ini menjelaskan kekerabatan antara data masuk dan data keluar.
Data
Data MasukData Keluar
15
210
315
420
525
630
Buatlah pertanyaan berdasarkan tabel!
Bagaimana kekerabatan antara data masuk dan data keluar? Bagaimana kau menemukannya?

Ayo Analisis
Diskusikan dengan kelompokmu!
Dari data masuk tersebut, perhatikan data keluar!
Data MasukData Keluar
15
210
315
420
525
630
  1. Setiap data keluar dikalikan 5.
  2. Jika kau kalikan 1 dengan 5, maka hasilnya ialah 5 (sesuai).
  3. Jika kau kalikan 2 dengan 5, maka hasilnya ialah 10 (sesuai).
  4. Apa yang sanggup kau simpulkan? Data keluar sama dengan data masuk dikalikan 5.
Bagaimana kekerabatan tabel berikut? Bagaimana kekerabatan data masuk dan data keluar? Coba pikirkan.
Data MasukData Keluar
11 x 4 - 2 = 2
22 x 4 - 2 = 6
33 x 4 - 2 = 10
44 x 4 - 2 = 14
55 x 4 - 2 = 18
66 x 4 - 2 = 22
  1. Jika kau lihat pada data keluar selalu bertambah 4.
  2. Sekarang kita coba kalau hubungannya ialah dikali 4.
  3. Kita masukkan 1, maka 1 x 4 hasilnya 4.
  4. Ternyata, hasilnya tidak sesuai alasannya ialah yang diminta ialah 2.
  5. Kita kurangkan 4 dengan 2 hasilnya 2.
  6. Kita masukkan 5, maka 5x4 kemudian dikurangkan 2 hasilnya 18.
  7. Apa yang sanggup kau simpulkan? Data keluar sama dengan data masuk dikali 4 dikurangi 2.
Ayo Lakukan
Buat kelompok beranggotakan 4 siswa. Amati tabel berikut dan buatlah kekerabatan antara data masuk dan data keluar! Bagaimana kau menemukannya?
Kelompok 1
Data MasukData Keluar
11 x 3 - 1 = 2
22 x 3 - 1 = 5
33 x 3 - 1 = 8
44 x 3 - 1 = 11
Pola : Data masuk dikali 3 dikurangi 1.

Kelompok 2
Data MasukData Keluar
11 x 5 + 4 = 9
22 x 5 + 4 = 14
33 x 5 + 4 = 19
44 x 5 + 4 = 24
Pola : Data masuk dikali 5 ditambah 4.

Kelompok 3
Data MasukData Keluar
33 x 2 - 3 = 3
44 x 2 - 3 = 5
55 x 2 - 3 = 7
66 x 2 - 3 = 9
Pola : Data masuk dikali 2 dikurangi 3.

Kelompok 4
Data MasukData Keluar
44 x 4 + 1 = 17
55 x 4 + 1 = 21
66 x 4 + 1 = 25
77 x 4 + 1 = 29
Pola : Data masuk dikali 4 ditmbah 1.

Kerjakan soal-soal berikut!
Amati tabel dan temukan polanya!
Tuliskan bilangan yang masih tanda tanya.
b. Contoh 1 :
Data MasukData Keluar
55 x 3 + 6 = 21
66 x 3 + 6 = 24
77 x 3 + 6 = 27
88 x 3 + 6 = 30
99 x 3 + 6 = 33
1010 x 3 + 6 = 36
Pola : Data masuk dikali 3 ditambah 6
b. Contoh 2
Data MasukData Keluar
00 : 5 + 1 = 1
55 : 5 + 1 = 2
1010 : 5 + 1 = 3
1515 : 5 + 1 = 4
2020 : 5 + 1 = 5
2530 : 5 + 1 = 6
Pola : Data masuk dibagi 5 ditambah 1.

0 Response to "Pembelajaran 2 Tema 8 Subtema 3 Bumi Matahari, Dan Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel