Pembelajaran 4 Tema 7 Subtema 2 Sumber Energi

Salah satu sumber energi listrik ialah energi gerak air. Energi gerak air sanggup menggerakkan kincir air. Kincir air berputar bagai roda. Putaran kincir air ini akan menggerakkan generator listrik yang selanjutnya akan menghasilkan energi listrik. Kita pun sanggup menggandakan gerakan kincir air yang sedang berputar. Gerakan tersebut dalam senam disebut gerak meroda.

Gerakan meroda ialah gerakan memutar tubuh dengan perilaku awal menyamping arah gerakan dan acuan berat tubuh ketika berputar memakai kedua tangan dan kaki. Gerakan meroda merupakan latihan dengan acuan tangan yang dilakukan secara bergantian dengan singkat, selain itu ada ketika posisi tubuh yang terbalik (kepala berada di bawah).

Berikut ini cara melaksanakan teknik gerakan meroda pada senam lantai, yang sanggup anda lakukan sendiri maupun dengan santunan orang lain.

1. Tahap persiapan
  • Berdiri menghadap ke arah gerakan
  • Kedua kaki dibuka selebar pundak dan kedua lengan direntangkan serong atas.
2. Tahap pelaksanaan
  • Gerakan diawali dengan memakai tangan kiri atau kanan. Bila gerakan diawali dengan tangan kanan, letakkan telapak tangan pada matras yang diikuti kaki kiri terangkat lurus keatas. Selanjutnya tangan kirir diletakkan pada matras, kaki kanan terangkat lurus keatas hingga tubuh berdiri dengan tangan.
  • Segera turunkan kaki kanan ke matras disusul terangkatnya tangan kiri dari matras dan kaki kiri mendarat ke matras.
3. Akhir gerakan
  • Berdiri dengan perilaku menyamping arah gerakan dengan posisi kedua kaki membuka selebar bahu.
  • Sikap kedua lengan direntangkan ke atas disamping telinga.
Sekarang kita akan berlatih gerakan meroda. Saat melaksanakan gerakan meroda energi yang ada di dalam tubuhmu diubah menjadi energi gerak. Lakukanlah gerakan tersebut dengan berani dan percaya diri. Namun jangan lupa untuk tetap berhati-hati.

Ayo Pikirkan
Selain olahraga secara rutin kita juga harus makan dan minum yang bergizi. Gizi yang terkandung
di dalam masakan menciptakan tubuh kita sehat. Ketika kita sehat tubuh kita tidak merasa lemas atau lemah. Ketika sehat kita mempunyai energi yang cukup untuk melaksanakan kegiatan.

Salah satu jenis masakan yang baik untuk kesehatan ialah buah-buahan. Orang yang berjasa dalam menyediakan buah-buahan ialah para petani. Para petani telah bekerja keras mengeluarkan energinya semoga buah-buahan yang ditanamnya berbuah lebat.

Tanaman tersebut dirawat dan diberi pupuk semoga tumbuh subur. Setelah panen, petani mengangkut dan menjualnya ke pasar. Semua acara petani itu membutuhkan energi. Karena itu kita harus menghargai energi yang sudah dikeluarkan petani.

Menghargai jasa petani harus dimulai dari rumah. Misalnya ketika kita makan, makanlah secukupnya.
Jangan membuang-buang makanan. Makanan yang kita makan beraneka macam jenisnya. Semakin banyak macamnya semakin banyak orang yang berjasa pada kita.

Ada petani padi, petani sayur-sayuran, petani buah-buahan, peternak ikan atau ayam, pedagang,
dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, kini pikirkan perihal pakaian yang kita pakai.
  1. Siapa sajakah yang berjasa pada kita hingga kita sanggup berpakaian? Petani kapas, Peternak domba, pemintal benang, penenun kain, perancang busana, dan penjahit.
  2. Energi apa saja yang sudah dikeluarkan untuk menghasilkan selembar pakaian? Untuk menghasilkan selembar kain diperlukan energi kimia, energi gerak, dan energi listrik.
  3. Apa kewajiban yang harus kita laksanakan terhadap pakaian yang kita miliki? Kewajiban kita terhadap pakaian yang kita miliki ialah menggunakannya dengan baik dan merawatnya.
Lengkapilah tabel berikut ini.

Orang-orang yang berjasa menyediakan pakaianEnergi apa saja yang dipakai ketika sebuah pakaian dibuat
Petani KapasEnergi kimia
Peternak DombaEnergi kimia
Pemintal KapasEnergi Kimia dan Energi Gerak
PenenunEnergi kimia dan Energi gerak
Perancang busanaEnergi kimia dan Energi gerak
PenjahitEnergi Listrik dan Energi Gerak
Kewajiban kita terhadap pakaian:
Kewajiban kita terhadap pakaian ialah merawatnya semoga tidak cepat rusak alasannya untuk menciptakan sebuah pakaian diperlukan energi dan sumber daya alam yang tidak sedikit.
Kewajiban kita terhadap orang yang berjasa menyediakan pakaian:
Kewajiban kita terhadap orang berjasa menyediakan pakaian ialah menghargai perjuangan mereka dengan cara memakai pakaian sesuai kebutuhan dan merawatnya semoga tidak cepat rusak.
Ternyata begitu banyak orang yang telah berjasa kepada kita. Begitu banyak energi yang sudah dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan kita. Oleh alasannya itu kita harus bersyukur kepada Tuhan. Kita juga harus berterima kasih kepada mereka yang telah berjasa pada kita.

Ayo Berlatih
Untuk menciptakan sebuah baju seorang penjahit harus mempunyai banyak keterampilan. Salah satu keterampilan yang sangat penting bagi seorang penjahit ialah mengukur. Jika penjahit tidak mempunyai keterampilan tersebut maka baju yang dijahit mungkin tidak cocok ukurannya.

Berikut ini beberapa latihan mengukur. Perhatikanlah panjang sisi-sisi segi tiga berikut. Perhatikan jumlah batang korek api yang memanjang pada sisi segi tiga.

Segitiga merupakan salah satu berdiri datar dengan mempunyai 3 sisi, mungkin anda sedang membutuhkan rumus untuk mencari luas dan keliling segitiga. Untuk sanggup menghitung keliling dari sebuah segitiga sebelumnya kita harus tahu panjang ketiga sisi yang dimiliki oleh segitiga tersebut, alasannya keliling segitiga merupakan jumlah total dari panjang masing-masing sisinya.

0 Response to "Pembelajaran 4 Tema 7 Subtema 2 Sumber Energi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel